Permasalahan Transmisi M/T pada SX4

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

krissandi
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Wed Jul 11, 2007 15:35

Post by krissandi »

Penjelasan bung Piterr sangat masuk akal. Kayaknya masalahnya di torsi. Coba deh jalan dgn AC off. Selain efek normal mesin menjadi lebih enteng juga ada pengaruhnya ke getaran yg berkurang.
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

krissandi wrote:Apakah 'power yang berkurang' juga dipengaruhi oleh pemakaian Premium?

Bagaimana masalah getar/bunyi ini di SX4 yang minum Pertamax?

Bung ekokw or bung piterr, sehari-2 isi Premium
atau Pertamax? Dari pertama saya selalu isi Premium, sekarang di KM 4000-an.
saya dulu emang sempat isi premium, sekarang selalu pertamax, bukan karena getaran berkurang kalo pake pertamax, tapi jauh lebih irit kalo diisi pertamax, pake premium konsumsi BBM nya sekitar 1:12 dalam kota, kalo pake pertamax bisa 1: 13 lebih, paling boros 1:12,7 an.... masalah torsi kecil memang salah satunya disebabkan karena ECU disesuaikan menggunakan premium, itu pasti, karena kalo dilihat rasio kompresi maka mesin ini layak mengkonsumsi pertamax. indikasi torsi kecil juga dapat dilihat dari mengoperasian A/C, jika A/C mati, sangat jarang terjadi bunyi bunyian. karena beban mesin ringan, mesin pun responsif nya terhadap injakan pedal bertambah, meskipun tarikan tidak beda jauh.
dony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22

Post by dony »

heee pasang unichip nich biar torsi bawah nambah dan jadi irit lagi.
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

sayang nya belum ada yang punya map unichip standar buat sx4, soalnya beda ama swift, gara gara throttle by wire nya
dony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22

Post by dony »

Apa benar sich dgn sistem t.by wire kicdown di a/t ada lagnya dibandingkan dgn yg mekanis, jauh lbh responsif yg mekanis dan utk irit hrsnya sistem t.wire lbh irit ya.
Wah repot juga ya , siapa tau udh ada pemakai SX4 yg pasang unichip diforum ini bisa bagi-2 hasilnya.
aldosk8
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Tue Jul 10, 2007 4:45

Post by aldosk8 »

setelah sx4 saya melewati 4000km, masalah bunyi yg sering terjadi pada saat masuk gigi 1 sudah hilang total. ternyata cara mengatasi masalah ini adalah dengan menekan pedal gas 1 detik sebelum melepas kopling. ini disebabklan respons gas yg telat kira2 1 detik karena teknologi drive by wirenya. untuk masuk ke gigi mundur, pedal kopling harus sedikit ditekan 1/4 dan pedal gas cukup ditekan pada saat jalan agar tidak menimbulkan suara "grk" tsb. informasi ini saya dapat dari forum sx4 di amrik. selamat mencoba! :wink:
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Re:

Post by piterr »

piterr wrote:
kopling confirm pake fluida, kalo masalah disetel sih pasti bisa untuk tinggi rendahnya. yang menjadi permasalahan saya kira berasal dari:
1. drive by wire--> menyebabkan telat respon seperti layaknya dbw di mobil lain
2. mungkin torsi putaran bawahnya agak kurang gede.

dari poin (1) dan (2) didapet hasil, kalo feeling gak tepat, terutama bagi yang biasa pake mobil ber throttle with wire a.k.a konvensional maka nginjek gas mesti lebih dulu dari pada angkat kopling, kalo bersamaan layaknya mobil konvensional, maka RPM akan turun ke 500 an, disitu bunyi bunyian akan mulai keluar, sedikit. saya udah pake sx4 sekitar 2 bulan, sampai sekarang hal itu masih kadang terjadi. yang masih jadi pemikiran, hal ini lebih sering terjadi di siang hari saat kondisi suhu udara panas panasnya (coba perhatiin dech), mungkin memang 'toque issue' berperan dalam hal ini. dimana saat udara panas maka udara yang disedot ke mesin untuk pembakaran mempunyai kerapatan molekul yang renggang, sehingga proses pembakaran kurang bagus, juga mengurangi power dari mesin. sehingga hal tersebut lebih sering terjadi. any comment?

meskipun topik ini sudah agak lama, saya tergelitik untuk meng update perkembangan investigasi saya akan masalah di kopling SX-4 manual. setalah saya amati dan perhatikan, ternyata permasalahan getaran bukan terjadi ayau disebabkan pada kopling mesin M15A ini. TAPI murni pada Manajemen mesin yang memang menyebabkan getaran di kisaran 600 RPM kebawah, kebetulan hal tersebut selama ini terjadi pada saat mobil mulai berjalan, dimana pelepasan kopling dan injakan gas tidak sinkron dan RPM turun mendekati area dibawah 600RPM, dan kita langsung merasakan getaran tersebut serta men suspect kopling nya yang masalah. Kenapa saya menarik kesimpulan tersebut? setelah servis 10.000 di beress, RPM idle mobil saya mulai ada kejanggalan, yakini idle nya naik turun antara 600 - 900 RPM saat AC hidup (saat AC mati kadang masih terjadi, namun jarang) nah, saat RPM ada di area 600 RPM tersebut. meskipun dalam keadaan gigi N (saat di lampu merah) mesin tetep aja geter meski tidak separah kalo start di RPM tersebut, karena tdk ada beban, tapi mesin TETAP bergetar. BINGO.... the problem is found..... saya langsung tarik kesimpulan, memang supply bensin atau campuran udara dan bensin di RPM tersebut bermasalah dan menyebabkan engine bergetar.

Demikian update dari saya, semoga berguna, buat IMNI atau yang punya akses kesana...... mohon di sampaikan ya.... atau mau ke Solo buat ngecek mobil nya hehehehe
batchmania
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: Fri May 18, 2007 12:10

Re: Permasalahan Transmisi M/T pada SX4

Post by batchmania »

sx ni emang aneh, klo ac nyala rpm malah turun, harusnya kan naek buat nambah power
MILL
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: Fri Mar 23, 2007 5:11
Location: Kelapa Gading

Re: Permasalahan Transmisi M/T pada SX4

Post by MILL »

Kalo gitu harusnya suzuki dah bisa ngatasin ya? Kan tinggal di hack engine managementnya.
Tinggal tunggu recall-nya aja nih.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Permasalahan Transmisi M/T pada SX4

Post by GTR »

hack ecu code tidak mudah, belum tentu bisa tanpa additional piggyback.
spt kasus deceleration-cut xeniavanza yg meng-hentak2 di rpm rendah tidak bisa begitu saja hack ecu codenya, kalo mungkin juga harus akses / kerjasama dgn prinsipalnya.
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Re: Permasalahan Transmisi M/T pada SX4

Post by piterr »

gw sih berharap, permasalahan akan terselesaikan dengan di CKD nya SX4 dan Neo Baleno bro.... toh mereka gak akan meluncurkan unit CKD tersebut jika masalah yg terdeteksi di unit CBU belum terselesaikan.... kalo IMNI ngeyel itu bukan masalah ya gw pasang unichip... hehehehe cuma kayaknya pak Gunadi boss nya IOMNI udah test drive ndiri tuh saat permasalahan ini mencuat, cuma memang penyelesaian nya tunggu dari hamamatsu tuh kayaknya... lama banget....

bro Naldo tolong dibantu doonk.....
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: Permasalahan Transmisi M/T pada SX4

Post by r1210g »

pake piggyback unichip aja... bisa terselesaikan pasti.. ha3...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Permasalahan Transmisi M/T pada SX4

Post by GTR »

iya selesai, masalah yg serap biayanya suzuki ya? :lol:
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: Permasalahan Transmisi M/T pada SX4

Post by r1210g »

wakakaka...
ya yang punya lah... sekalian PnP... kalo perlu pake turbo juga... wakakaka.../
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Permasalahan Transmisi M/T pada SX4

Post by GTR »

asyik, sekalian claim ke suzuki