Matic Carens LS
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Wed Jul 18, 2007 2:10
Matic Carens LS
Temans,
Akhir-akhir ini, saya punya keinginan mau ganti ke mobil matic. Tapi selama ini saya menggunakan mobil manual (Terrano) dan belum pernah sekalipun cobain mobil matic. Disini saya mau tanya, apa aja keuntungan pake mobil matic, dan kelemahan mobil matic apa aja ? perawatan mobil matic ribet gak ya ? Trus akselerasinya lemot gak ?.
Saya sih minatnya sama Kia Carens LS, karena harga secondnya lumayan terjangkau, thanks atas informasinya.
Akhir-akhir ini, saya punya keinginan mau ganti ke mobil matic. Tapi selama ini saya menggunakan mobil manual (Terrano) dan belum pernah sekalipun cobain mobil matic. Disini saya mau tanya, apa aja keuntungan pake mobil matic, dan kelemahan mobil matic apa aja ? perawatan mobil matic ribet gak ya ? Trus akselerasinya lemot gak ?.
Saya sih minatnya sama Kia Carens LS, karena harga secondnya lumayan terjangkau, thanks atas informasinya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 327
- Joined: Thu Jul 06, 2006 9:36
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Wed Jul 18, 2007 2:10
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 327
- Joined: Thu Jul 06, 2006 9:36
iya juga sih.cuma kadang2 antara satu mobil manual dng lainnya, ada yg lbh enteng koplingnya.
Cuma anda bener kok bro kl ngelirik mobil matic,salah satu alasan saya hijrah dr terrano ke mobil saya yg skrg yg matic ya karena itu, jenuh pk manual dng kondisi jln di jakarta.dng matic, jln kemana2 lbh enjoy, kl buat saya lho
Cuma anda bener kok bro kl ngelirik mobil matic,salah satu alasan saya hijrah dr terrano ke mobil saya yg skrg yg matic ya karena itu, jenuh pk manual dng kondisi jln di jakarta.dng matic, jln kemana2 lbh enjoy, kl buat saya lho
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 327
- Joined: Thu Jul 06, 2006 9:36
O iya, kl kesan saya sih, soal perawatan, paling nanti yg agak mahal ganti oli ATF setiap kelipatan 40 rb, Cuma krn km di mobil saya blm reach 40 rb, ya jadi saya blm bisa cerita soal mahalnya, tp yg pasti kampas rem mobil saya udh diganti (menurut rekomendasi dr bengkel resmi) biarpun saya blm ngerasain ada penurunan performa rem, kata mrk mobil matic lbh cpt aus, bener enggaknya saya sih gak terlalu ngerti.
Soal tarikan? Buat saya sih udh cukup lah, saya udh tua
, udh gak prefer tarik2an, saya lbh concern ke arah econo drive.jd kl ada yg mau nyalip, biasanya saya lsg kasih ajah 
Soal tarikan? Buat saya sih udh cukup lah, saya udh tua


-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Wed Jul 18, 2007 2:10
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 327
- Joined: Thu Jul 06, 2006 9:36
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 327
- Joined: Thu Jul 06, 2006 9:36
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Matik kelebihannya:
1. kalo makenya bener, mobil matik itu sebenernya no/less maintenance
2. Ganti oli transmisi jaraknya lebih lama dari mobil manual. (dulu pake manual setiap 2x ganti oli mesin, saya selalu 1x ganti oli transmisi), sekarang mobil2 matik kaluaran baru bisa sampe 100 rb km baru dianjurkan kuras oli transmisi (kurang lebih 6-7 tahun sekali dengan asumsi pemakaian normal per tahun). Kayanya gua juga engga pernah ganti kopling deh...
3. enak banget kalo sering kejebak macet.
4. dulu banyak persepsi kalo mobil matik itu gampang rusak /gak reliable, sekarang udah berbalik 180 derajat, matik di mobil2 keluaran baru itu sebenernya reliable sekali.
kekurangan:
1. Rem cepet aus bukan karena bawaan transmisinya automatik, tapi karena kita nginjek rem di mobil matik lebih banyak/sering dari pada nyetir mobil manual. misalnya pas lampu merah, banyak pengemudi mobil matik injak terus rem mobilnya, gak di oper ke N. akibatnya rem cepet aus. (mobil manual aja kalo injek kopling terus pas lampu merah, kopling bentaran aja aus). Juga mobil matik itu bener2 bergantung pada rem untuk menghentikan laju mobil. kalo MT, penghentian laju mobil bisa dibantu engine break.
2. tarikan terutama kalo lagi nanjak engga segarang MT....kalo mao enak, transmisi matik mestinya dipasangkan dengan mesin 2000cc ke atas.
3. makenya jangan kasar....misal pas mundur di R, jangan langsung tuas dipindah ke D sebelom mobil benar2 berhenti....
4. kalo udah sama2 rusak, matik lebih mahal
5. Harus sedia kabel jumper di mobil kalo batere tiba2 soak
1. kalo makenya bener, mobil matik itu sebenernya no/less maintenance
2. Ganti oli transmisi jaraknya lebih lama dari mobil manual. (dulu pake manual setiap 2x ganti oli mesin, saya selalu 1x ganti oli transmisi), sekarang mobil2 matik kaluaran baru bisa sampe 100 rb km baru dianjurkan kuras oli transmisi (kurang lebih 6-7 tahun sekali dengan asumsi pemakaian normal per tahun). Kayanya gua juga engga pernah ganti kopling deh...
3. enak banget kalo sering kejebak macet.
4. dulu banyak persepsi kalo mobil matik itu gampang rusak /gak reliable, sekarang udah berbalik 180 derajat, matik di mobil2 keluaran baru itu sebenernya reliable sekali.
kekurangan:
1. Rem cepet aus bukan karena bawaan transmisinya automatik, tapi karena kita nginjek rem di mobil matik lebih banyak/sering dari pada nyetir mobil manual. misalnya pas lampu merah, banyak pengemudi mobil matik injak terus rem mobilnya, gak di oper ke N. akibatnya rem cepet aus. (mobil manual aja kalo injek kopling terus pas lampu merah, kopling bentaran aja aus). Juga mobil matik itu bener2 bergantung pada rem untuk menghentikan laju mobil. kalo MT, penghentian laju mobil bisa dibantu engine break.
2. tarikan terutama kalo lagi nanjak engga segarang MT....kalo mao enak, transmisi matik mestinya dipasangkan dengan mesin 2000cc ke atas.
3. makenya jangan kasar....misal pas mundur di R, jangan langsung tuas dipindah ke D sebelom mobil benar2 berhenti....
4. kalo udah sama2 rusak, matik lebih mahal
5. Harus sedia kabel jumper di mobil kalo batere tiba2 soak
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 358
- Joined: Fri Feb 24, 2006 0:24
Re: Matic Carens LS
Saya beli carens LS sejak thn 2000, dipake anak gwa kuliah, sampe 2 bulan lalu (gwa jual)..OK banget, nggak ada satupun masalah dengan maticnya sampe KM 60 rb an. Jual krn pengen ganti aja, buan ada masalah di mobilnya.terrano_putra wrote:Temans,
perawatan mobil matic ribet gak ya ? Trus akselerasinya lemot gak ?.
Saya sih minatnya sama Kia Carens LS, karena harga secondnya lumayan terjangkau, thanks atas informasinya.
Setuju kalo matic emang lebih utamakan perawatan aja. Tiap 20-25 rb kuras olie nya n nggak 'kasar' pakenya.
Selama gwa pake 7 thn, seinget gwa cuman ganti kampas rem, koil, filter-2 udara n bensin, dinamo wiper serta shock. Tentu tune up n ban juga lah..but dengan maticnya no problemo.
Kalo lemot sih itu karakter matic kebanyakan yah, jangan bandingin ama manual. Yg jelas di Jkt nggak pegel deh...

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
- Location: JAKARTA
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
satu2nya cara sih tes jalan bro...kalo masih smooth ganti giginya semestinya masih bagus tuh...coba juga kickdownnya....masih enak ngga? kalo dah jerking atau kasar atau agak nendang, hati2 bro....
tapi kadang2 cuma karena ATF nya kotor aja sih, bukan karena transmisinya dah ampir jebol....
abis itu perhatiin lagi pas tongkat transmisi digeser dari P ke R atau ke D....susah ngga digesernya? kalo susah biasanya paw locknya udah gak bagus lagi.... mahal bro benerinnya. supaya paw lock engga cepet rusak, kalo parkir tanjakan atau turunan, biasakan pake rem parkir. jadi yang megang roda itu rem parkir bukan transmisi.....
tapi kadang2 cuma karena ATF nya kotor aja sih, bukan karena transmisinya dah ampir jebol....
abis itu perhatiin lagi pas tongkat transmisi digeser dari P ke R atau ke D....susah ngga digesernya? kalo susah biasanya paw locknya udah gak bagus lagi.... mahal bro benerinnya. supaya paw lock engga cepet rusak, kalo parkir tanjakan atau turunan, biasakan pake rem parkir. jadi yang megang roda itu rem parkir bukan transmisi.....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Sat Dec 18, 2004 16:43
sebetulnya kebanyakan produsen udah kasih ATF yang lifetime. Pengertian "lifetime" disini adalah umur pakai mobil, contohnya dijepang lifetime mobil itu 5 tahun (100rb) -- setelah itu di daur ulang 
tapi untuk kondisi di indonesia yg macet dan cara mengemudi matic yg buruk , bisa menyebabkan durasi penggantian ATF lebih cepat

tapi untuk kondisi di indonesia yg macet dan cara mengemudi matic yg buruk , bisa menyebabkan durasi penggantian ATF lebih cepat
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Sat Dec 18, 2004 16:43
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Tue Jan 22, 2008 4:19
Re: Matic Carens LS
nyetir mobil matic gampang-gampang susah..
yang penting tau hal yang paling dasar aja saya rasa udah cukup.
modalnya cuma gas ama rem doank. kurang lebih sama seperti naik motor matic jaman sekarang.
klo mau stater tetep perlu injek rem atau pastikan posisi transmisi ada di posisi P.
mau info lebih lanjut bisa liat di duniabengkel.com
yang penting tau hal yang paling dasar aja saya rasa udah cukup.
modalnya cuma gas ama rem doank. kurang lebih sama seperti naik motor matic jaman sekarang.
klo mau stater tetep perlu injek rem atau pastikan posisi transmisi ada di posisi P.
mau info lebih lanjut bisa liat di duniabengkel.com
Nongkrong Bareng Anak Bengkel di http://duniabengkel.com
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 249
- Joined: Thu Jan 06, 2011 6:00
Re: Matic Carens LS
mhon info lebih medalam tntang carens LS bro2 sekalian, naksir berat neh
tntang perawatan,penyakit2, driving impression, FC, dll
tntang perawatan,penyakit2, driving impression, FC, dll