suzuki sx4 review
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Tue Jul 10, 2007 4:45
suzuki sx4 review
Hi semua. salam kenal, nama saya aldo. blom ada yang ngereview suzuki sx4 ya? ini pendapat saya tentang mobil ini.
yang gw sukai dari mobil ini:
- dari bentuk kl menurut gw sih keren bngt. pantatnya mirip mini cooper yg disilangkan dengan crv baru.
- interior juga nyaman, luas, rapih dan dashboard gak bergetar.
- posisi menyetir sangat nyaman
- pemakaian BBM sampai saat ini (baru 3000km) cukup irit untuk dalam kota yaitu rata2 11.5km/liter, dan luar kota rata2 13.5km/liter (sedikit kecewa krn di iklannya bilang bisa sampai 17km/liter. jangan percaya sm iklan) cuma sayangnya sepertinya harus pakai pertamax coz di manual dibilang minimal ron 91.
- kalau dibawa ngebut sangat stabil (120kmph) di by pass bali. suspensi cukup keras buat ngebut, tapi juga cukup empuk buat offroad.
- gw sangat suka warna sunlight copper sx4 gw.
yang gw gak suka dari mobil ini:
- pilar A di sebelah kanan cukup mengganggu pemandangan. kadang2 kaget ngeliat motor nyalib dr kanan krn gak kelihatan.
- setahu gw gak bisa pake premium, walaupun premium tanpa timbal karena oktan harus minimal 91. sedangkan premium oktannya 88. tapi gw blom pernah coba premium, jd munkin saja gw salah.
- susah cari spbu di luar denpasar yg jual pertamax. plus mahal bngt rp7000/liter.
-trus untuk versi transmisi manual, kita perlu membiasakan diri dengan memasukkan gigi 1 nya, krn cara lepas koplingnya agak beda dng mobil lain. gas hrs cukup ditekan.
- hati2 kalau baca buku panduan suzuki versi indonesianya. banyak informasi yang gak disebut. contohnya di panduan indonesia disebutkan bahwa pakai bensin timbal dng ron 88 diperbolehkan, padahal di panduan aslinya yg bhs inggris disebutkan sama sekali tidak boleh pakai bensin bertimbal. lebih baik percaya sama buku panduan bhs inggris, krn isinya lengkap dan langsung dicetak dari pabrik sx4 jepang. sedangkan sepertinya buku panduan bahasa indonesia ditujukan kpd konsumen yg membuat keputusan membeli mobil berdasarkan harga bensin premium.
yup untuk saat ini itu aja dulu. tolong berikan feed back jika ada yang pernah mereview mobil ini juga. saya juga sangat wellcome kalau ada pertanyaan dari teman2.
kalau ada yang pernah pakai bensin premium untuk mobil ini tolong kasih pendapatnya tentang performanya.
oya mungkin saya rencana mau pasang pelapis cat tuff kote dinol. kira2 bagus gak? worth it gak? ada yang pernah pakai?
thanks
yang gw sukai dari mobil ini:
- dari bentuk kl menurut gw sih keren bngt. pantatnya mirip mini cooper yg disilangkan dengan crv baru.
- interior juga nyaman, luas, rapih dan dashboard gak bergetar.
- posisi menyetir sangat nyaman
- pemakaian BBM sampai saat ini (baru 3000km) cukup irit untuk dalam kota yaitu rata2 11.5km/liter, dan luar kota rata2 13.5km/liter (sedikit kecewa krn di iklannya bilang bisa sampai 17km/liter. jangan percaya sm iklan) cuma sayangnya sepertinya harus pakai pertamax coz di manual dibilang minimal ron 91.
- kalau dibawa ngebut sangat stabil (120kmph) di by pass bali. suspensi cukup keras buat ngebut, tapi juga cukup empuk buat offroad.
- gw sangat suka warna sunlight copper sx4 gw.
yang gw gak suka dari mobil ini:
- pilar A di sebelah kanan cukup mengganggu pemandangan. kadang2 kaget ngeliat motor nyalib dr kanan krn gak kelihatan.
- setahu gw gak bisa pake premium, walaupun premium tanpa timbal karena oktan harus minimal 91. sedangkan premium oktannya 88. tapi gw blom pernah coba premium, jd munkin saja gw salah.
- susah cari spbu di luar denpasar yg jual pertamax. plus mahal bngt rp7000/liter.
-trus untuk versi transmisi manual, kita perlu membiasakan diri dengan memasukkan gigi 1 nya, krn cara lepas koplingnya agak beda dng mobil lain. gas hrs cukup ditekan.
- hati2 kalau baca buku panduan suzuki versi indonesianya. banyak informasi yang gak disebut. contohnya di panduan indonesia disebutkan bahwa pakai bensin timbal dng ron 88 diperbolehkan, padahal di panduan aslinya yg bhs inggris disebutkan sama sekali tidak boleh pakai bensin bertimbal. lebih baik percaya sama buku panduan bhs inggris, krn isinya lengkap dan langsung dicetak dari pabrik sx4 jepang. sedangkan sepertinya buku panduan bahasa indonesia ditujukan kpd konsumen yg membuat keputusan membeli mobil berdasarkan harga bensin premium.
yup untuk saat ini itu aja dulu. tolong berikan feed back jika ada yang pernah mereview mobil ini juga. saya juga sangat wellcome kalau ada pertanyaan dari teman2.
kalau ada yang pernah pakai bensin premium untuk mobil ini tolong kasih pendapatnya tentang performanya.
oya mungkin saya rencana mau pasang pelapis cat tuff kote dinol. kira2 bagus gak? worth it gak? ada yang pernah pakai?
thanks
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 75
- Joined: Fri May 18, 2007 12:10
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
udah ada koq yang review SX4 secara singkat, saya juga udah nge review bro. mengenai bensin, bisa koq pake premium, khan sejak juli 2006 premium udah bebas timbal.... di owner manual yang bahasa inggris juga disebutin koq, bahkan boleh pake octan 85, meskipun octan 85 ini standar jepang ato mungkin eropa, tapi yang penting unleaded, dan kayaknya pertamina udah support untuk octan 88 dengan spek unleaded
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Tue Jul 10, 2007 4:45
wah thanks nih buat masukannya. sangat di wellcome. sx4 nya bro piterr & batchmania pakai premium? ngegelitik gak? alasan gw bilang sx4 gak bisa minum ron85 soalnya di tutup tangki sx4 gw ada sticker yang melarang menggunakan bensin bertimbal, dan menurut buku panduan versi inggrisnya disebut bahwa mobil sx4 yang ditutup tangkinya ada sticker "unleaded fuel only" ini harus pakai ron 91. menurut panduan inggris kalau kita pakai ron 91, ganti oli mesin juga bisa tiap 10000km, sedangkan kalau pake ron85 /bertimbal kita harus ganti oli tiap 5000km. jadi in the long run mungkin lebih hemat pake pertamax kali yah. maklum gw pertama kali cuma dapat panduan yg bhs inggris, jadi itu gw baca duluan n jadiin acuan. panduan indonya baru gw dapat 2 minggu yg lalu, trus lumayan banyak info yang disingkatin dan kadang saling berlawanan infonya. tapi yg paling melenceng adalah info bensinnya aja. sisanya cuma disingkatin.
gw setuju sm bung batchmania, gw juga suka banget sama mobil ini. tp jujur aja pilar A pengemudi agak bikin blindspot. thats all.
oya sx4 yang bros punya transmisi manual bukan? ngerasa ada kesulitan jalan pada gigi 1 dan mundur dari posisi berhenti? kadang2 sx4 gw ngeluarin suara "grrrrk", terkesan seperti gigi-giginya gak bertemu dengan baik. tapi kalau gas dikerasin dikit semuanya normal lagi. apalagi kalau di jalanan tanjakan yang berbatu, wuih harus ngegas cukup banyak man!! tolong beri masukannya ya.
oya, gw baru nemu review sx4nya. ternyata dibagian suv ya??? padahal nih mobil lebih masuk ke mobil compact hatchback. thanks
gw setuju sm bung batchmania, gw juga suka banget sama mobil ini. tp jujur aja pilar A pengemudi agak bikin blindspot. thats all.
oya sx4 yang bros punya transmisi manual bukan? ngerasa ada kesulitan jalan pada gigi 1 dan mundur dari posisi berhenti? kadang2 sx4 gw ngeluarin suara "grrrrk", terkesan seperti gigi-giginya gak bertemu dengan baik. tapi kalau gas dikerasin dikit semuanya normal lagi. apalagi kalau di jalanan tanjakan yang berbatu, wuih harus ngegas cukup banyak man!! tolong beri masukannya ya.
oya, gw baru nemu review sx4nya. ternyata dibagian suv ya??? padahal nih mobil lebih masuk ke mobil compact hatchback. thanks
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 228
- Joined: Wed Apr 21, 2004 7:10
- Location: depan komputer
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
pake premium gak masalah, beda tenaga nya juga gak terlalu berasa, cuma memang saya isinya sering pake pertamax+, soalnya dibelakang perumahan ada menyediakan P+. kalo masalah bunyi di gigi1 dan mundur, saya kira hanya masalah kebiasaan akan TBW nya.... selengkap nya baca di bagian lain yang mereview hal inialdosk8 wrote:wah thanks nih buat masukannya. sangat di wellcome. sx4 nya bro piterr & batchmania pakai premium? ngegelitik gak? alasan gw bilang sx4 gak bisa minum ron85 soalnya di tutup tangki sx4 gw ada sticker yang melarang menggunakan bensin bertimbal, dan menurut buku panduan versi inggrisnya disebut bahwa mobil sx4 yang ditutup tangkinya ada sticker "unleaded fuel only" ini harus pakai ron 91. menurut panduan inggris kalau kita pakai ron 91, ganti oli mesin juga bisa tiap 10000km, sedangkan kalau pake ron85 /bertimbal kita harus ganti oli tiap 5000km. jadi in the long run mungkin lebih hemat pake pertamax kali yah. maklum gw pertama kali cuma dapat panduan yg bhs inggris, jadi itu gw baca duluan n jadiin acuan. panduan indonya baru gw dapat 2 minggu yg lalu, trus lumayan banyak info yang disingkatin dan kadang saling berlawanan infonya. tapi yg paling melenceng adalah info bensinnya aja. sisanya cuma disingkatin.
gw setuju sm bung batchmania, gw juga suka banget sama mobil ini. tp jujur aja pilar A pengemudi agak bikin blindspot. thats all.
oya sx4 yang bros punya transmisi manual bukan? ngerasa ada kesulitan jalan pada gigi 1 dan mundur dari posisi berhenti? kadang2 sx4 gw ngeluarin suara "grrrrk", terkesan seperti gigi-giginya gak bertemu dengan baik. tapi kalau gas dikerasin dikit semuanya normal lagi. apalagi kalau di jalanan tanjakan yang berbatu, wuih harus ngegas cukup banyak man!! tolong beri masukannya ya.
oya, gw baru nemu review sx4nya. ternyata dibagian suv ya??? padahal nih mobil lebih masuk ke mobil compact hatchback. thanks
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Tue Jul 10, 2007 4:45
bung Bako. sebenarnya waktu pertamakali gw dapat sx4, masalah transmisinya benar2 terasa. bahkan di jalan berbatu sering selip. tapi setelah di service pertama untuk 1000km, ada yg disetting ulang sm mekanik (katanya dia cuma setting koplingnya aja), sehingga sekarang sudah terasa lebih baik/normal, tapi kalau ngelepas kopling perlahan-lahan tanpa tekan gas, bunyi "grrreekk" itu masih muncul sedikit. sebenarnya kalau kita sudah terbiasa dng karakter kopling sx4 ini, kita bisa menghindari bunyi itu. apa mungkin ini hanya masalah di sx4 yang 1.5liter? kalau sx4 sesungguhnya kan awd, jadi transmisinya mungkin lebih mulus.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Mon Jul 09, 2007 6:23
warna SX4 azzure grey
Hi Guysss
gua juag lagi indent yang silky silver matic, katanya sih pertengahan agustus ada yang cancel warna azzure grey,
buat bro2 sekalian ada yang punya gambar SX4 yang azzure grey gak?
thanks sebelumnya :lol:
gua juag lagi indent yang silky silver matic, katanya sih pertengahan agustus ada yang cancel warna azzure grey,
buat bro2 sekalian ada yang punya gambar SX4 yang azzure grey gak?
thanks sebelumnya :lol:
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Tue Jul 10, 2007 4:45
setelah melewati 4000km, sepertinya problem bunyi yang suka timbul pada saat masuk gigi 1 itu sudah menghilang.horee!!! kita memang perlu membiasakan diri nekan pedal gas lebih awal 1 detik sebelum lepas kopling, krn ternyata respons gas agak terlambat 1 detik krn sistem drive by wire nya. dng cara ini, bunyi ggrrrkkk itu hilang total. ini aku dapat tip dari website forum sx4 dr amrik.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
Re: warna SX4 azzure grey
gw ada, ntar gw post ya sesampai kantorwilliemania wrote:Hi Guysss
gua juag lagi indent yang silky silver matic, katanya sih pertengahan agustus ada yang cancel warna azzure grey,
buat bro2 sekalian ada yang punya gambar SX4 yang azzure grey gak?
thanks sebelumnya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 75
- Joined: Fri May 18, 2007 12:10
ouch gituh bentar lagi nih masih 3200..aldosk8 wrote:setelah melewati 4000km, sepertinya problem bunyi yang suka timbul pada saat masuk gigi 1 itu sudah menghilang.horee!!! kita memang perlu membiasakan diri nekan pedal gas lebih awal 1 detik sebelum lepas kopling, krn ternyata respons gas agak terlambat 1 detik krn sistem drive by wire nya. dng cara ini, bunyi ggrrrkkk itu hilang total. ini aku dapat tip dari website forum sx4 dr amrik.
neken gaz lebih awal ga bantu bos, begitu kopling dilepas RPM langsung drop dibawah 500 jadi bunyi
kalo gw lebih sering nahan kopling dibanding teken gas lebihd alem
lebih parah kalo jalan lambat ditanjakan tanpa kopling, rpm 200-300 bunyi gregek2
terpaksa kopling diinjek dan gas lebih diteken, salah beli harusnya yg AT
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Tue Jul 10, 2007 4:45
wah gak tahu ya mr batchmania. problem suara itu sudah hilang total dari sx4 saya kalau pakai cara tekan pedal gas duluan. emang sih kadang2 muncul dikit kalau lupa nekan gasnya dulu. yang jelas skrng jalan pelan di bukit juga sudah gak bersuara. justru yang AT dibilang kurang responsif. oya mungkin mobilnya sekali2 perlu digeber dari posisi diam. coz sx4 saya skrng mau mulai jalannya pelan2 atau lngsng ngebut sudah gak nimbulin suara. tapi tetap saja caranya sedikit berbeda dari mobil yg pakai kopling konvensional. selamat mencoba. ps, settingn kopling ku sempat ditune oleh suzuki pada saat ganti oli 1000km. sejak itu mulai enakan. oya, waktu suzuki adain test drive sx4 mereka pakai yg AT, kira 2 ada yg sadar gak knp mereka gak test drive yg MT? itu pasti karena Suzuki memang sudah tahu problem ini. coz selama ini mobil test drive swift, vitara, dll selalu MT. Licik juga ya suzuki! anyways, yg penting sx4 gw sudah bagusan transmisinya. menurut forum sx4 eropa, kopling yg dipakai sx4 kurang bagus dan suara tsb timbul karena tidak terjadinya slip pada kopling. kopling yg bgus harus bisa slip pada saat berjalan dr posisi diam. itulah mengapa sx4 yg AT gak berbunyi karena transmisinya / kopling ATnya bisa slip.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 327
- Joined: Thu Jul 06, 2006 9:36
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Thu Jul 26, 2007 7:53
- Location: pinggiran Depok
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 39
- Joined: Sat Dec 22, 2007 15:14
Re:
Kayaknya mimpi kalau premium tanpa timbal itu, khususnya di denpasar, jadi yang tinggal di Bali kayaknya ngga ada pilihan lain selain pertamax, disamping keterbatasan SPBU yang menjual pertamax... CMIIW.piterr wrote:udah ada koq yang review SX4 secara singkat, saya juga udah nge review bro. mengenai bensin, bisa koq pake premium, khan sejak juli 2006 premium udah bebas timbal.... di owner manual yang bahasa inggris juga disebutin koq, bahkan boleh pake octan 85, meskipun octan 85 ini standar jepang ato mungkin eropa, tapi yang penting unleaded, dan kayaknya pertamina udah support untuk octan 88 dengan spek unleaded
Why? Karena swift saya brand new pakai premium jalan 1500 an km udah kerasa payah... sekarang switch pertamax agak mendingan, itupun dengan dicampur octane booster, kalau ngga masih knocking. padahal dulu pas pertama kali pakai pertamax biasa ngga knocking. Jadi ini kira-kira disebabkan mungkin oleh catalytic converter nya agak mampet, atau ruang bakar kotor... still pertamax isn't enough at the moment, karena (mungkin) kompresi mesin naik gara2 combustion chamber kotor, jadinya pertamax still not enough. Sekarang saya lagi rajin pakai fuel conditioner buat bersihin ruang bakar, supaya pakai pertamax aja cukup...
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Fri Jun 27, 2008 9:02
Re: suzuki sx4 review
mau nambahin nieah.....!!! untuk spec ron 88 pertamina sebenarnya sudah tanpa timbal untuk Jabotabek, tapi kesetabilan kualitas mungkin masih tanda tanya...
sebenernya spec indonesia bisa pakai premium ron88 hanya harus tanpa timbal, karena sudah memakai catalitic converter, jika memakai timbal pasti akan merusak catalitic converter....!!! dan jika berlanjut, ke komponen lainnya...!!!
sebenernya spec indonesia bisa pakai premium ron88 hanya harus tanpa timbal, karena sudah memakai catalitic converter, jika memakai timbal pasti akan merusak catalitic converter....!!! dan jika berlanjut, ke komponen lainnya...!!!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 438
- Joined: Sat May 05, 2007 5:48
Re: Re:
sekarang kondisinya gimana bro?switerajaya wrote:piterr wrote:Jadi ini kira-kira disebabkan mungkin oleh catalytic converter nya agak mampet, atau ruang bakar kotor... still pertamax isn't enough at the moment, karena (mungkin) kompresi mesin naik gara2 combustion chamber kotor, jadinya pertamax still not enough. Sekarang saya lagi rajin pakai fuel conditioner buat bersihin ruang bakar, supaya pakai pertamax aja cukup...
dah ga ngelitik lagi setelah di pakein fuel conditioner? pake merk apa?
dulu gw pernah ngalamin hal serupa (dapet bensin kotor, mesin jadi ngelitik)
tapi gw cobain pake fuel conditioner ampe 2x pemakaian ga ada peningkatan, akhirnya gw bawa ke bengkel aja langsung beres
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 39
- Joined: Sat Dec 22, 2007 15:14
Re: Re:
sekarang udah normal, tapi dompet ngga normal, karena pertamax udah 10300++ di sini. pake merk 'garis merah' bro, baru make 2 botol udah lumayan normal mobilnya, tapi sebelumnya sempat isi macam-macam tipe, namun yang terakhir ini yang signifikan kayanya.lucky_strike_21 wrote:sekarang kondisinya gimana bro?switerajaya wrote:piterr wrote:Jadi ini kira-kira disebabkan mungkin oleh catalytic converter nya agak mampet, atau ruang bakar kotor... still pertamax isn't enough at the moment, karena (mungkin) kompresi mesin naik gara2 combustion chamber kotor, jadinya pertamax still not enough. Sekarang saya lagi rajin pakai fuel conditioner buat bersihin ruang bakar, supaya pakai pertamax aja cukup...
dah ga ngelitik lagi setelah di pakein fuel conditioner? pake merk apa?
dulu gw pernah ngalamin hal serupa (dapet bensin kotor, mesin jadi ngelitik)
tapi gw cobain pake fuel conditioner ampe 2x pemakaian ga ada peningkatan, akhirnya gw bawa ke bengkel aja langsung beres
Re: suzuki sx4 review
SX4, swift, GV, semuanya boleh minum premium. Kl irit bahan bakar SX4 dibilang bisa 1:17, memang bisa koq bro aldo. Saya punya neo, matic, lari konstan 100 terus, bisa 1:16.1. Tidak hanya basa basi. Tinggal kita punya driving style aja. Untuk mengurangi gejala masalah pada transmisi manual, saya saranin coba pasang Super Compressor. Itu bisa naikkin RPM, karena menambahkan udara ke mesin. Harga kl ga salah 900Rb n bisa menyetel RPM mesin untuk idlenya. Lumayan efektif menurut saya, karena di Next G saya, idlenya main di 1000RPM terus. Dengan begitu, semoga bisa mengurangi efek dari permasalahan yang ada.