Tanya A/T Jazz VTEC 2007
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 806
- Joined: Thu Jun 15, 2006 3:58
Tanya A/T Jazz VTEC 2007
ceritanya gini :
gw sempet jajal jazz VTEC dgn A/T jakarta - surabaya dgn berbagai kondisi jalan tentunya.
sebagai org awam masalah transmisi automatis ternyata pas gw amati ada bbrp hal yg terjadi :
- posisi full automatis
buat lg ngobrol santai dlm kota padat lalulintas ya enak2 aja. tp ga responsif blas... (bgt)
- posisi semi tanpa campur tangan pengemudi
mirip2 ama full auto tp agak responsif dikit. untuk naik gigi pindahnya agak kecepetan. turunnya sih normal2 aja
- posisi semi dgn pengemudi kejam pecicilan
awalnya mirip2 full jg.. tp ketika gw manual nurunin gigi saat rpm agak tinggi maka untuk naeknya lagi dia agak nahan dirpm tinggi. klo semi tanpa campur tangan sblomnya.. dia dah maen naek gigi sblom rpmnya tinggi.
pertanyaannya :
- apakah pengamatan gw itu benar?
- jika benar apa berlaku buat semua mobil A/T?
- apakah ECU A/T mengenali pengemudi kejam (membaca attitude pengemudi)?
sim sim terima kasim..
gw sempet jajal jazz VTEC dgn A/T jakarta - surabaya dgn berbagai kondisi jalan tentunya.
sebagai org awam masalah transmisi automatis ternyata pas gw amati ada bbrp hal yg terjadi :
- posisi full automatis
buat lg ngobrol santai dlm kota padat lalulintas ya enak2 aja. tp ga responsif blas... (bgt)
- posisi semi tanpa campur tangan pengemudi
mirip2 ama full auto tp agak responsif dikit. untuk naik gigi pindahnya agak kecepetan. turunnya sih normal2 aja
- posisi semi dgn pengemudi kejam pecicilan
awalnya mirip2 full jg.. tp ketika gw manual nurunin gigi saat rpm agak tinggi maka untuk naeknya lagi dia agak nahan dirpm tinggi. klo semi tanpa campur tangan sblomnya.. dia dah maen naek gigi sblom rpmnya tinggi.
pertanyaannya :
- apakah pengamatan gw itu benar?
- jika benar apa berlaku buat semua mobil A/T?
- apakah ECU A/T mengenali pengemudi kejam (membaca attitude pengemudi)?
sim sim terima kasim..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: Tanya A/T Jazz VTEC 2007
Maksudnya tuas posisi D ya?saptaaji wrote: - posisi full automatis
buat lg ngobrol santai dlm kota padat lalulintas ya enak2 aja. tp ga responsif blas... (bgt)
Kalo ini tuas posisi S ya? lalu tiptronic dinyalakan?saptaaji wrote: - posisi semi tanpa campur tangan pengemudi
mirip2 ama full auto tp agak responsif dikit. untuk naik gigi pindahnya agak kecepetan. turunnya sih normal2 aja
- posisi semi dgn pengemudi kejam pecicilan
awalnya mirip2 full jg.. tp ketika gw manual nurunin gigi saat rpm agak tinggi maka untuk naeknya lagi dia agak nahan dirpm tinggi. klo semi tanpa campur tangan sblomnya.. dia dah maen naek gigi sblom rpmnya tinggi.
Kalo dari pertanyaan u, selama ini memang begitulah apa adanya matic...
walaupun gw ga punya matic, tapi gw dah coba beberapa merk.. dari yaris,jazz,dan x-trail... paling fitur2nya aja beda...
Kalo ECU, setau gw begitu2 aja de... soalnya dia tuh komputer statis, bukan komputer dinamis kayak komp rumahan...
Kalo programnya dari sononya dah gitu, ya gitu terus... ga berubah2...
Menurut gw kayaknya sugesti orang2aja deh, ECU bisa berubah2...
Genjot terus... wakakaka.. udah ah... ha3...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 806
- Joined: Thu Jun 15, 2006 3:58
hehehehe... lupa bilang.. gw selalu di D trus.. on/off tritroniknya ada dibawah stir. L1 ama L2 ga pernah gw jajal..
ECU khan maen flowchart jg... jika anu anu anu maka ini ini ini, jika tdak maka itu itu itu.. bisa jd klo kita turunin manual saat semi maka ECU nyuru tahan rpm agak tinggi.. gitu pikiran awam gw..
mau genjot.. yg digenjot blom nongol... sabarrrr....
ECU khan maen flowchart jg... jika anu anu anu maka ini ini ini, jika tdak maka itu itu itu.. bisa jd klo kita turunin manual saat semi maka ECU nyuru tahan rpm agak tinggi.. gitu pikiran awam gw..
mau genjot.. yg digenjot blom nongol... sabarrrr....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 380
- Joined: Mon May 21, 2007 6:55
- Location: Surabaya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 806
- Joined: Thu Jun 15, 2006 3:58
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
Bos sapta, untuk pengguna matic pertama kali, Jazz bukan tolak ukur yang baik perihal performa matic secara keseluruhan. Pasalnya, Jazz menggunakan transmisi otomatis tipe CVT berbeda dengan transmisi otomatis konvensional. CVT tidak menggunakan gigi, tapi pulley yang membesar mengecil mengikuti gear ratio yang diprogram, sementara matic konvensional menggunakan gigi dengan gear ratio tetap. Kalau dilihat secara teknis di brosur atau media promosi lainnya, perbandingan gear ratio Jazz/City itu (contoh) 1~5, berbeda dengan matic konvensional yang menyebutkan gear ratio di masing-masing gigi.
Yang bos rasakan waktu nyalain mode tiptronic-nya itu sebenernya diboongin sama CVT-nya. Gear ratio sekarang "diemulasikan" jadi dapet deh perasaan pindah gigi, padahal giginya tetep ompong. Jadi gear pada CVT sebenernya bisa lebih dari 7, kalau mau 10 juga bisa, tapi pendek-pendek perpindahannya.
Kalau mau baca lebih lanjut, silahkan klik dibawah ini.
http://www.howstuffworks.com/automatic-transmission.htm
Yang bos rasakan waktu nyalain mode tiptronic-nya itu sebenernya diboongin sama CVT-nya. Gear ratio sekarang "diemulasikan" jadi dapet deh perasaan pindah gigi, padahal giginya tetep ompong. Jadi gear pada CVT sebenernya bisa lebih dari 7, kalau mau 10 juga bisa, tapi pendek-pendek perpindahannya.
Kalau mau baca lebih lanjut, silahkan klik dibawah ini.
http://www.howstuffworks.com/automatic-transmission.htm
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 806
- Joined: Thu Jun 15, 2006 3:58
kekekekek... namanya jg minjem boss.. sip.. ini info yg bagus buat gw.piterr wrote:yeee jazz / city mana ada L1 dan L2, adanya cuma D,S dan L, perbedaan nya, mode S menaikkan putaran mesin 500 rpm lbh tinggi ketimbang mode D di posisi throttle yang sama, sedangkan mode L menaikkan 700 rpm dari mode D di posisi throttle yang sama.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 806
- Joined: Thu Jun 15, 2006 3:58
ow... pantas gw hajar turunin gigi pake cara biadab asik2 aja.. hehehe.. triptronicnya biem aja kali ya yg dijajal..??Midi_Amp wrote:Bos sapta, untuk pengguna matic pertama kali, Jazz bukan tolak ukur yang baik perihal performa matic secara keseluruhan. Pasalnya, Jazz menggunakan transmisi otomatis tipe CVT berbeda dengan transmisi otomatis konvensional. CVT tidak menggunakan gigi, tapi pulley yang membesar mengecil mengikuti gear ratio yang diprogram, sementara matic konvensional menggunakan gigi dengan gear ratio tetap. Kalau dilihat secara teknis di brosur atau media promosi lainnya, perbandingan gear ratio Jazz/City itu (contoh) 1~5, berbeda dengan matic konvensional yang menyebutkan gear ratio di masing-masing gigi.
Yang bos rasakan waktu nyalain mode tiptronic-nya itu sebenernya diboongin sama CVT-nya. Gear ratio sekarang "diemulasikan" jadi dapet deh perasaan pindah gigi, padahal giginya tetep ompong. Jadi gear pada CVT sebenernya bisa lebih dari 7, kalau mau 10 juga bisa, tapi pendek-pendek perpindahannya.
Kalau mau baca lebih lanjut, silahkan klik dibawah ini.
http://www.howstuffworks.com/automatic-transmission.htm
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Boss pengguna Jazz A/T, ati2 kalo suka high speed tapi makenya di full auto, karena engine brake sangat tidak bisa diandalkan. Kalo perlu melakukan pengereman tiba2 apalagi panic brake, waduh... kampas rem Anda kasian banget... tidak dibantu oleh efek engine brake. Kalo lagi kebut2an, lebih baik gunakan 7 speed mode, jadi kita bisa kendalikan transmisi seolah manual, perlunya untuk memunculkan efek engine brake pada saat pengereman, supaya kampas rem tidak cpt abisnya....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 806
- Joined: Thu Jun 15, 2006 3:58
iya beda bgt ngerem pake full auto ama semiauto 7 speed.. pakeman yg semiauto..JESKONENG wrote:Boss pengguna Jazz A/T, ati2 kalo suka high speed tapi makenya di full auto, karena engine brake sangat tidak bisa diandalkan. Kalo perlu melakukan pengereman tiba2 apalagi panic brake, waduh... kampas rem Anda kasian banget... tidak dibantu oleh efek engine brake. Kalo lagi kebut2an, lebih baik gunakan 7 speed mode, jadi kita bisa kendalikan transmisi seolah manual, perlunya untuk memunculkan efek engine brake pada saat pengereman, supaya kampas rem tidak cpt abisnya....
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Mon Jul 31, 2006 11:19
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Mon Jul 31, 2006 11:19
Re: Tanya A/T Jazz VTEC 2007
ada 2 barang yg bisa dipasang buat menipu ecu a/t honda jazz / fitsaptaaji wrote:ceritanya gini :
gw sempet jajal jazz VTEC dgn A/T jakarta - surabaya dgn berbagai kondisi jalan tentunya.
sebagai org awam masalah transmisi automatis ternyata pas gw amati ada bbrp hal yg terjadi :
- posisi full automatis
buat lg ngobrol santai dlm kota padat lalulintas ya enak2 aja. tp ga responsif blas... (bgt)
- posisi semi tanpa campur tangan pengemudi
mirip2 ama full auto tp agak responsif dikit. untuk naik gigi pindahnya agak kecepetan. turunnya sih normal2 aja
- posisi semi dgn pengemudi kejam pecicilan
awalnya mirip2 full jg.. tp ketika gw manual nurunin gigi saat rpm agak tinggi maka untuk naeknya lagi dia agak nahan dirpm tinggi. klo semi tanpa campur tangan sblomnya.. dia dah maen naek gigi sblom rpmnya tinggi.
pertanyaannya :
- apakah pengamatan gw itu benar?
- jika benar apa berlaku buat semua mobil A/T?
- apakah ECU A/T mengenali pengemudi kejam (membaca attitude pengemudi)?
sim sim terima kasim..
1. vtrc / variable transmission ratio controller = sesuai namanya ratio cvt loe bisa disetel ulang pake alat ini
2. lfc / learning function controller = yg ini supaya ngga repot sebentar2 mesti kalibrasi cvt , soalnya itu cvt kaya yg loe bilang , menyesuaikan driving style pengemudinya , jd yah lama2 suka jadi dodol , kaya jd lemot gt respon`nya, apalagi kalo abis oprek2 mesin...