Oli mesin yg pas buat Mio
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
Oli mesin yg pas buat Mio
Mo nanya neh, ... kalo oli mesin yang pas dan enak buat mesin skuter mio dan awet, kira-kira pake apa yah, mungkin dari sodare2 ada pengalaman, bisa sharing neh....trims.. 
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
Re: Oli mesin yg pas buat Mio
Nahh.. kebetulan topik nya sama.. tapi ini another question... hehehe.. mau tanya, kalau motor matic saya dikasih oli mobil itu ngga papa sih? masalahnya udah pernah tes dikasih castrol magnated dan.. wueeenakkk tenannn!! tapi ngga tau efek jangka lamanya apa.. ada yang tahu? sebagai info.. saya beri Api service yang sama 20-50sf
mansetha wrote:Mo nanya neh, ... kalo oli mesin yang pas dan enak buat mesin skuter mio dan awet, kira-kira pake apa yah, mungkin dari sodare2 ada pengalaman, bisa sharing neh....trims..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Sat May 05, 2007 3:07
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 228
- Joined: Wed Apr 21, 2004 7:10
- Location: depan komputer
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
setuju, formula oli untuk mobil beda ama oli motor, untuk oli motor lebih kompleks.... sebaiknya pake oli khusus motor...bako wrote:aye c pake Repsol Moto Sintetico 10W-40...
bwt CVT nya pake oli mesin grade 10W-40...
ok kok gag pernah masalah..
setau gw c oli mobil dan mtor beda loh.. oli motor lebih kuat karena kerja mesin motor lebih keras dari mobil... mending jgn pake oli mobil lah bro..
jadi untuk mio atau skuter sejenis, pake oli yang agak encer dg sae 10W-40,.... hem.... ada pengalaman lain silahkan...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1121
- Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03
Waakkss.. gitu yah.. thanks banget bro buat infonya. Olinya gw samain jg dah sama sampean
bako wrote:aye c pake Repsol Moto Sintetico 10W-40...
bwt CVT nya pake oli mesin grade 10W-40...
ok kok gag pernah masalah..
setau gw c oli mobil dan mtor beda loh.. oli motor lebih kuat karena kerja mesin motor lebih keras dari mobil... mending jgn pake oli mobil lah bro..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
- Location: JAKARTA
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
- Location: JAKARTA
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 228
- Joined: Wed Apr 21, 2004 7:10
- Location: depan komputer
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
- Location: JAKARTA
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 228
- Joined: Wed Apr 21, 2004 7:10
- Location: depan komputer
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Fri Jul 06, 2007 4:09
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Sat Sep 22, 2007 13:29
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Mon Feb 19, 2007 10:35
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 228
- Joined: Wed Apr 21, 2004 7:10
- Location: depan komputer
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: Oli mesin yg pas buat Mio
wah, oli scooter (matic) boleh pake oli mobil. kenapa? karena oli mobil tidak mengandung aditif antiselip kopling, sama dengan mesin matic, tidak ada sistem kopling yang terendam oli. malah, bisa menambah performa, dengan banyaknya pilihan oli. jangan takut, selama pemakaian standar oli mesin mobil bisa dipake. Asal spek viskositas sama.
Beda dengan mesin motor biasa, sistem kopling terendam oli, jadi kalo pake mesin mobil kemungkinan besar bisa slip kopling.
Beda lagi dengan oli girbox. oli ini cuma 100 cc. harusnya pake oli khusus, seperti rekomendasi pabrik aja, ato kalo kebetulan kehabisan (soalnya dulu tanya di bengkel resmi jg blm ada), pake oli gardan yang paling cair (jangan yang kental). lebih mirip oli mesin, tapi untuk oli gardan lo,
Beda dengan mesin motor biasa, sistem kopling terendam oli, jadi kalo pake mesin mobil kemungkinan besar bisa slip kopling.
Beda lagi dengan oli girbox. oli ini cuma 100 cc. harusnya pake oli khusus, seperti rekomendasi pabrik aja, ato kalo kebetulan kehabisan (soalnya dulu tanya di bengkel resmi jg blm ada), pake oli gardan yang paling cair (jangan yang kental). lebih mirip oli mesin, tapi untuk oli gardan lo,
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Wed Jan 23, 2008 8:02
Re: Oli mesin yg pas buat Mio
Setuju sama tulisan Cloud. Scooter Matic bisa pake oli mesin mobil.
Di tabloid otomotif pernah dibahas mengenai anjuran pemakaian oli mobil buat scooter matic. Masalahnya kebanyakan oli mobil itu dijual dalam kemasan 5 liter jarang yang 1 liter. Tapi malah bisa buat patungan sesama kelompok pengguna scooter matic.
Kalo punya duit lebih boleh coba tuh Fastron Full Synthetics, kalo gak salah SAE 5W50 API SM, 1Ltr harganya 100rb.an ... hehehe mahal bro ... tapi pelumas produk pertamina ini boleh diaplikasikan ke scooter matic. Sekali-sekali boleh dong ngerasain pelumasnya mobil mewah buat motor kesayangan.... bakalan maknyuuusssss.
Di tabloid otomotif pernah dibahas mengenai anjuran pemakaian oli mobil buat scooter matic. Masalahnya kebanyakan oli mobil itu dijual dalam kemasan 5 liter jarang yang 1 liter. Tapi malah bisa buat patungan sesama kelompok pengguna scooter matic.
Kalo punya duit lebih boleh coba tuh Fastron Full Synthetics, kalo gak salah SAE 5W50 API SM, 1Ltr harganya 100rb.an ... hehehe mahal bro ... tapi pelumas produk pertamina ini boleh diaplikasikan ke scooter matic. Sekali-sekali boleh dong ngerasain pelumasnya mobil mewah buat motor kesayangan.... bakalan maknyuuusssss.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: Oli mesin yg pas buat Mio
kalo gitu ngapain ya JASO bikin spec MB?
tanya ken-apa?
saya juga masih bingung nih.. maklum baru punya matic..
rencana mau isi shell biru sih.. hehehehe...
tanya ken-apa?
saya juga masih bingung nih.. maklum baru punya matic..
rencana mau isi shell biru sih.. hehehehe...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Oli mesin yg pas buat Mio
Lama banget gak ke jawab yar1210g wrote:kalo gitu ngapain ya JASO bikin spec MB?
tanya ken-apa?
saya juga masih bingung nih.. maklum baru punya matic..
rencana mau isi shell biru sih.. hehehehe...
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Oli mesin yg pas buat Mio
AFAIK
Spec oli JASO MB ada miripnya spt oli mesin Gasoline era API SG / SH dimana kadar ZDDP masih sekitar 1200 - 1300 ppm
Mesin skutik butuh oli ZDDP tinggi karena :
- RPM tinggi, per katup lebih keras, rocker arm menekan cam lebih kuat, butuh antiwear lebih tinggi
- Air cooled, panas lebih tinggi
So kalau mau pakai oli mesin mobil maka pakai oli yg kadar antiwear totalnya mencapai sekitar 1300 ppm, biasanya oli2 butik macam Redline / Ams / RP seri XPR
Oli yg kadar ZDDP nya tinggi juga = oli Heavy Duty Diesel API CI-4 or backwards, kadar ZDDP sekitar 1300 an ppm
Oli API SM = Big NO ! (ZDDP cuman 800 ppm)
Spec oli JASO MB ada miripnya spt oli mesin Gasoline era API SG / SH dimana kadar ZDDP masih sekitar 1200 - 1300 ppm
Mesin skutik butuh oli ZDDP tinggi karena :
- RPM tinggi, per katup lebih keras, rocker arm menekan cam lebih kuat, butuh antiwear lebih tinggi
- Air cooled, panas lebih tinggi
So kalau mau pakai oli mesin mobil maka pakai oli yg kadar antiwear totalnya mencapai sekitar 1300 ppm, biasanya oli2 butik macam Redline / Ams / RP seri XPR
Oli yg kadar ZDDP nya tinggi juga = oli Heavy Duty Diesel API CI-4 or backwards, kadar ZDDP sekitar 1300 an ppm
Oli API SM = Big NO ! (ZDDP cuman 800 ppm)
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Oli mesin yg pas buat Mio
Wah kalo amannya ya pake yg buat matic aja ya omTurboman wrote:AFAIK
Spec oli JASO MB ada miripnya spt oli mesin Gasoline era API SG / SH dimana kadar ZDDP masih sekitar 1200 - 1300 ppm
Mesin skutik butuh oli ZDDP tinggi karena :
- RPM tinggi, per katup lebih keras, rocker arm menekan cam lebih kuat, butuh antiwear lebih tinggi
- Air cooled, panas lebih tinggi
So kalau mau pakai oli mesin mobil maka pakai oli yg kadar antiwear totalnya mencapai sekitar 1300 ppm, biasanya oli2 butik macam Redline / Ams / RP seri XPR
Oli yg kadar ZDDP nya tinggi juga = oli Heavy Duty Diesel API CI-4 or backwards, kadar ZDDP sekitar 1300 an ppm
Oli API SM = Big NO ! (ZDDP cuman 800 ppm)