Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by maskopat »

mandala1 wrote:warna wajib pak 'item' he...he...,, dijanjiin sih +/- 1 bulan tapi mudah2an akhir mei ini dah keluar, sepertinya akan menjadi penantian yg cukup panjang....hahahaha.....
warna orang yang cinta mobil nih... :big_weee:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by Abu2 »

mandala1 wrote:^^wakakak..... iya setelah lama hanya bisa membayangkan kegagahan mobil bro fortunerman, akhirnya bentar lagi bisa kesampean nyamain deh....
He....he..... Sekali lagi "vote for 42ner,, ciakakakak.......... :big_peace:

aiiih...boleh dah, nanti kapan2 aku mampir ke cilegon tempatnya om Dalaman, ppinjem 42ner nya ya :ungg:
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by mandala1 »

Bole....bole.....tapi jgn juga bawain oleh2 kemplang dari lamupng yee..... :upss:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by Risol1 »

roadtrain99 wrote:Sorry kalo kepanjangan, borongan nih hehehe...
roadtrain99 wrote:siapa tau ada definisi lain gitu..jd kan nambah2 info jg. sebab gw bingung kelas gimana. pk kelas yg sama lah suv biar gampang, anggapan umum jg begitu.
roadtrain99 wrote:Hahaha..jd dibahas panjang lebar gini, sbnrnya dr kalimat gw udah clear mau tau jika ada kelas yg lain diluar suv/cuv. mkanya gw nanya biar ga salah paham.
bukan utk debat & bukan utk koreksi. kalo koreksi gw pasti tulis: ‘salah itu, bukan begitu’ dll. kalo merasa dikoreksi, ya jangan, krn gw ga koreksi hehehe.
Comment saya kemaren itu merujuk pada comment anda yg #2 diatas (terutama yg di-bold dan underline). Di tulisan tsb, terdengar dan mengarah spt koreksi karena:
1. Tulisan awal saya kan menyebutkan "Fort dan Santa Fe BEDA kelas"
2. Di tulisan anda diatas, tertulis "PAKE kelas yg sama lah SUV biar gampang, ANGGAPAN UMUM JUGA BEGITU"
Nah kalo dilihat 2 kalimat diatas, kelihatan kalo kalimat ke2 terdengar spt koreksi ke kalimat1.
Intinya adalah kita kan nulis di forum, bukan pelajaran bahasa indonesia, jadi kalo ada salah2 penggunaan kata2, tanda baca, grammatical error, dll semestinya dimaklumi aja. Yg penting kita ngerti arti dari tulisan tersebut.

Tapi kalo bro Roadtrain engga merasa spt, itu ya berarti saya yg salah tangkep.....sorry kalo gitu. :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by Risol1 »

roadtrain99 wrote:kira2, menurut pengamatan lo, karakter apa yg ingin tyt tonjolkan dgn mesin 2tr-fe di 42ner /pun prado yg berembel lc, sementara tyt punya mesin lebih kecil namun lebih power? nanya betulan lho.
Sebenernya kalo bro RT liat bahasan2 pada 2 hari belakangan ini (di thread ini), kita banyakan lagi ngomongin ttg "kebiasaan" toyota yg membagi jenis2 mesinnya untuk kategori truk (body on frame dan RWD/4WD) yg berlainan dengan kategori sedan (monokok/unibody dan FWD/AWD). Menurut "kebiasaan" tsb (jg bisa diihat dari tabel yg dikasi Fortunerman diatas), kelihatan jelas bahwa masing2 produk (truk vs sedan) udah punya "jalur" mesin sendiri2.....Jadi sebenernya balik lagi ke company policy yg mengharuskan Fort u/ pake mesin 2TR, bukan mesin 2AZ punyanya camry.

Kenapa company (Toyota) policynya seperti itu?
IMO, -ini educated guess lagi nih- Sama seperti image2 yg ingin toyota tanamkan di produk2 truknya yg lain (spt LC200, Prado, FJ Cruiser, 4 Runner, dll), mungkin Toyota ingin fortuner ini juga punya karakteristik mesin truk yg "low-revving, high-torque" spt di kebanyakan produk2 truknya yg lain. Toyota mungkin juga berpikir bahwa pembeli mobil2 spt ini (Truk), biasanya lebih perlu torsi gede di RPM bawah untuk towing, untuk off road, untuk ngangkut barang berat, dll....Dan sebaliknya pembeli2 mobil jenis ini gak gitu perlu power setinggi yg diharapkan dari pembeli2 produk sedannya.

Ambil contoh aja LC 200 deh, kita semua udah gak ada yg sangsi lagi kan ttg image yg ingin ditonjolkan oleh toyota di LC200 ini.
Toyota gak pengen produk flagshipnya (di jajaran truk) ini dipandang sebelah mata oleh kompetitiornya. Nah makanya toyota pasang mesin 3UR-FE (5700cc V8, 381hp@5600rpm, 543Nm@3600rpm) di LC200 terbaru. Sebenernya toyota punya mesin 1UR-FSE (4600cc V8, 380hp@6400rpm, 500Nm@4100rpm) ATAU mesin 2UR-FSE (5000cc V8, 389hp@6400rpm, 520Nm@4000rpm) yg dipake di Toyota Celsior/Lexus LS yg jauh lebih kecil isi silindernya tapi punya power yg sama/lebih gede dari pada mesin 3UR tsb.

Bisa dilihat bahwa mesin 3UR punya torsi yg lebih gede di putaran bawah dibanding mesin 1UR/2UR, sedangkan mesin 3UR kalah di power dibandingkan dengan mesin 1UR/2UR.
Jadi walaupun bro RT berpikir bahwa toyota lebih bagus mencangkokkan mesin 1UR/2UR (dan bukan mesin 3UR) di LC200 (sama spt pemikiran bro RT kenapa gak pakein mesin 2AZ aja di Fortuner?), tetep aja toyota gak bisa lakukan itu karena image yg ingin dibangun toyota di LC 200 berbeda dengan pemikiran bro RT.

Nah analogi tsb sama aja dengan kenapa toyota cangkokkin mesin 2TR instead of 2AZ, cuma beda kelas mesin aja yg disesuaikan dengan pasar yg dituju.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by Risol1 »

roadtrain99 wrote:Sebnrnya gw pk cth camry 2.4ltr vs 2.7ltr 42ner utk point out ga hanya krn jumlah cyl/cc lebih lalu menang power, pasti ada yg lain. Krn ada jg kok mesin accord 2.4 4cyl powernya diatas santa fe 2.7 v6. Seblmnya risol bilang santa fe wajar menang power krn konfigurasinya v6 dibanding 42ner yg hanya 4cyl. Gw percaya nya pasti ada hal lainnya jg, bs jd salah 1 nya yg disebut risol company rules..
Betul, saya juga bilang beda power karena santa fe itu mesin konfigurasi V6 sedangkan Fort cuma inline 4 itu cuma "Educated Guess" saya sendiri. saya juga ngerti banyak mesin2 yg isi silinder lebih kecil tapi bisa produce output yg lebih besar. jawaban "tebak2an" lain adalah spt comment saya diatas bahwa toyota ingin supaya torsi Fort gede di putaran bawah (toyota ingin nunjukkin Fort sebagai mobil "kuda beban yg baik", sedangkan Hyundai pengen nunjukkin Santa Fe sbg "mobil tinggi tapi seenak sedan dengan power besar", dll......beda filosofinya.

Kalo "company policy" atau "company rules" kan cuma jawaban standard sebenernya, apapun pertanyaannya bisa dijawab dengan jawaban "company policy". Maksud saya dengan "Educated Guess" adalah tebak2an kita melalui data/fakta yg ada ttg kenapa diberlakukannya company policy/rules tsb.
roadtrain99 wrote:atau, hm..yg diesel lah, biar sama jumlah cyl nya. cc 42ner > santa fe, tp hp&torque < santa fe. gw cm bs 'loh kok gitu ya?' kesannya tyt agak 1/2 hati kasih teknology ke d4d, pdhal tyt lebih raksasa dari hyundai. apalagi spt risol bilang, hybrid aja bs apalagi up power. atau mungkin krn hati2 thd market?.
"Tebak2" lagi nih: Sekali lagi mungkin karena perbedaan jalur mesin2 tsb. Santa Fe pake mesin "sedan", Fort pake mesin khusus "truk". Toyota sebenernya juga punya mesin diesel CRD 2200cc 4cyl yg dikhusus kan untuk segment sedan dan crossover(yg sekarang dipake Lexus IS) yg outputnya 175ps.

Alesan lain kenapa power output lebih kecil juga mungkin karena untuk menyesuaikan BBM yg jelek (karena mesin 2.5D4D ini kan banyak dipake oleh produk2 toyota di negara berkembang), mungkin juga karena feature2 mesinnya kalah dengan Hyundai CRD misal gak ada VGT dll, atau karena toyota belum ada mesin "truk" diesel yg terbaru lagi, atau karena Hyundai 2.2l CRD menggunakan teknologi lebih baru daripada toyota D4D, atau harga mesin 2.5l D4D lebih murah dari 3.0l D4D sehingga bisa pangkas harga jual Fortuner, dll.....Atau seperti kata bro RT "Toyota agak 1/2 hati kasi teknologi ke D4D (yg ujung2nya berbalik pada policynya toyota lagi)".....ya bisa aja semua kemungkinan2 tsb
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by Risol1 »

roadtrain99 wrote:
Risol1 wrote:
roadtrain99 wrote:tentang company policy, jgn kan beda merk. yg satu merk/pabrikan aja begitu. cth civic type R versi japan dgn Uk aja udah beda power. Dikarenakan honda nya ga expect org2 di uk butuh power spt yg di japan...
Saya gak tau ini jawaban official dari pihak Honda sendiri atau jawaban "Educated Guess" bro Roadtrain sendiri.
official. itu dpt dari "5th gear", keduanya di test di circuit yg sama, hasilnya yg jap version lebih kencang skitar 2 dtk.
Risol1 wrote:Intinya: kalo kita udah bisa "menerima" jawaban/alasan dari Honda diatas kenapa ada perbedaan power mesin dari 2 civic type r (2 mobil yg sama bentuk dan tujuannya yaitu buat balapan/performance), masa sih susah banget untuk kita mengakui bahwa mungkin toyota juga pake alesan yg sama di kasus perbedaan power mesin camry dan fortuner (apalagi contohnya lebih ekstrim yaitu 2 mobil yg beda bentuk dan peruntukkan), yaitu "Dikarenakan Toyota-nya ga expect pemilik Fortuner butuh power lebih gede daripada pemilik camry" atau "Dikarenakan Toyota-nya ga expect pemilik camry butuh torsi lebih gede daripada pemilik Fortuner" atau "Dikarenakan Toyota-nya ga expect pemilik SUV butuh performance yg fantastis spt pemilik Camry". Ketiga kemungkinan alesan2 tsb cuma dibolak-balik aja, intinya sih sama seperti alesan bro Roadtrain ttg perbedaan power 2 civic type r diatas.
bukan soal ga terima, cm sekedar wonder aja 2tr-fe sedemikian tenaganya pdhal cc nya besar, apalg utk 7seater suv. jika tyt nya release reason why (which i dont think they will), gw ga bertanya. Namun klo guessing educatedly, knp dipasang di 42ner/prado, tak ayal supaya ada variant supaya market range nya besar.
gw ga berani berandai2 dgn pk reason dari honda itu ke tyt ini lho.
Sebenernya yg saya mao ungkapkan dari comment saya diatas adalah: Dari manapun asalnya alasan beda power 2 civic type-r tsb, sebenernya alesan yg sama bisa diaplikasikan untuk menjawab pertanyaan bro RT ttg kenapa mesin Fortuner berbeda/lebih kecil output powernya dibanding camry. Itu aja :mrgreen:

sekali lagi kalo ngeliat mesin2 "truk" nya Toyota, jangan dibandingin sama mesin2 sedannya karena bakalan keliatan lebih kecil semua powernya, tapi memang gitu toyota punya RD policy.
Misalnya spt contoh diatas: Mesin LC200 3UR yg punya 5700cc cuma produce 381 hp, bandingin dengan mesin Celsior/Lexus LS yg "cuma" 4600cc tapi bisa produce hp yg sama (380hp), atau mesin 2UR yg "cuma" 5000cc tapi bisa produce hp yg lebih besar (389 hp). Kalo begini, apakah kita juga akan menyangsikan "koq mesin 5700cc cuma sedemikian tenaganya padahal cc-nya besar?", sama spt comment bro RT diatas.

kalo logika kenapa mesin2 (yg menurut bro RT) "kecil" ini dipasang di mobil2 segede Prado/Fort? Ya banyak jawabnya:
1. Mungkin karena positioningnya mesin2 tsb ya memang untuk Fort/Prado, sama kaya alphard aja....mobil segede bagong gitu dipakein mesin 2.4l doang.....mesin yg sama dipake oleh toyota corolla di US. Kalo orang US liat spt itu pasti mereka pada kaget.....tapi memang positioningnya mesin 2.4l (2AZ) tsb - menurut Toyota - cocok dipake di Alphard sekalipun.
2. Menyesuaikan dgn karena Market yg dituju: Daya beli masyarakat, mahal/murahnya harga BBM, kondisi jalan di market yg dituju, dll.....Kaya di Middle East, Fortuner banyakan pake yg V6 4000cc karena daya beli masy tinggi, BBM murah, jalanannya juga lurus2/panjang2 jadi enak buat cruising, juga mungkin culturenya middle eastern yg demen SUV mesin gambot, ya dikasilah sama toyota mesin 4000cc di Fortuner. Tapi yg saya mao tekankan adalah sebenernya gak ada yg salah dengan mesin 2TR 2.7l....Di sini kebetulan pihak toyota menyimpulkan bahwa Fort lebih cocok dipakein mesin 2.7l dgn segala pertimbangan diatas.
3. Betul kata bro RT, untuk memperlebar range suatu produk. Contoh paling gampangnya adalah kasus toyota Prado yg dikasi mesin ini (2TR). membuat prado lebih terjangkau u/ segala kebutuhan. karena kebutuhan orang kan macem2 ada yg pengen mesin gede, ada yg pengen mobil truk tapi budget terbatas, dll....nah dengan mengaplikasi mesin 2TR di Prado, diharapkan pasar prado jadi lebih luas.......Tapi sekali lagi gak ada yg salah dengan mesin tsb.......sama aja kaya misalnya camry 2.4l dengan 3.5l. Di US atau Middle East mungkin banyakan 3.5 yg laku, sedangkan di sini banyakan 2.4l, tapi 2.4l gak lebih jelek dari 3.5l
4. Dll, Dll
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by Risol1 »

roadtrain99 wrote:
Risol1 wrote:Jadi kalo kita menganalisa dari alesan yg bro roadtrain kemukakan diatas ttg perbedaan power 2 civic type r, maka ada juga dong kemungkinan bahwa berbedaan power mesin camry dengan fortuner juga spt itu, BUKAN karena mesin fortuner jelek/murahan sehingga gak bisa nyamain powernya mesin camry…
Kalo memang kita udah punya mindset bahwa "mesin fortuner = mesin jelek/murahan" ya susah......kita gak akan bisa menerima pendapat lain/masukkan lain yg mungkin lebih masuk akal daripada cuma alasan yg ada di mindset kita tsb
wah, gw rasanya cm bilang santa fe both diesel/petrol lebih ok, bukan berarti yg di 42ner jelek/murahan. gw jg ga maksud mesin 42ner 2.7 murahan negatif, namun harga. Arti -an dibelakang bs sbg lebih, spt "mendingan ambil yg murahan aja ah" maksudnya yg lebih murah. bukan spt kata2 di film “dasar murahan..” hehehe..contoh aja.
gw bukan ber mindset aneh thd mobil nya ya, sebab gw liat di sm byk pendapat2 dgn kata2 yg indah & tinggi sehingga gw curious, apa iya mobil ini sebagus itu.
Terus terang saya tulis comment saya diatas (mindset bahwa "mesin fortuner = mesin jelek/murahan") karena merujuk pada comment bro RT yg dibawah ini:
roadtrain99 wrote: yg 4cyl lah, camry 2.4 dohc vvti output nya hampir 170hp/224nm, 42ner 2.7 dohc vvti skitar 160hp/240nm.
gw jg heran pdhal sama2 4cyl cc nya beda jauh, gimana kalo sama..tyt pinter bgt trik kasih mesin murah dipsg ke suv biar laris. sah sah aja.
Kalo diliat sekilas, comment bro RT tsb bernada konotatif thd mesin Fortuner, apalagi ada informasi/kata2 tambahan (spt: "gw jg heran pdhal sama2 4cyl cc nya beda jauh, gimana kalo sama") yg menguatkan bahwa comment tsb bernada konotatif.
Di comment diatas, Bro RT pun gak menulis "Murahan", yg tulis murahan mungkin saya yg saya derived dari kata "Murah" nya bro RT. Nah karena inilah, saya tulis "mindset bahwa "mesin fortuner = mesin jelek/murahan" di comment saya.
Sekali lagi kalo kata "Murah" yg ditulis diatas tidak bernada konotatif/merendahkan, ya sorry berarti ane yg salah tuduh :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by Risol1 »

roadtrain99 wrote:
Risol1 wrote:"Taktik" spt ini Kalo dilihat dari sudut yg negatif, memang kayaknya fortuner itu jelek karena dibuat tanpa research yg dalam (kalo kata bro Roadtrain diatas bikin Fort "dgn cara tersimpel"), hanya main tempel2 aja dari komponen2 mobil lain.

Tapi kalo "Taktik" yg sama tsb dilihat dari sudut yg positif, sebenernya taktik ini cukup "genius" juga karena fortuner bisa dapet komponen2 yg cukup bagus dengan harga yg cukup murah karena modal RD yg kecil. Juga kalo diliat2, "taktik" tempel2 ini udah diterapkan toyota sejak berpuluh2 tahun lalu jadi udah terbukti cukup ampuh di bidang kualitas produk maupun dibidang sales yg bagus pula.
simpel kan ga berarti buruk. simpel itu maksudnya spt why bother starting over from 0 when all the sources are prepared.
kt taktiknya jgn pk " dong hehee..nanti dikira lain.
Hehehe.....Nah ini kan salah satu contoh nitpick lagi :mrgreen:
Seperti yg saya katakan diatas, sebaiknya sih kita gak usah koreksi gaya penulisan orang lain (kalo yg ini kayaknya udah jelas2 koreksi :mrgreen: ).

"Taktik" di tulisan saya maksudnya memang bukan kata Taktik beneran, Kata taktik tsb merupakan rangkuman dari tulisan anda di bawah ini (yg juga saya quote ketika saya menggunakan kata "Taktik" tsb):
roadtrain99 wrote:Utk 42ner, mungkin tyt berpikir supaya income lebih dgn cara tersimpel. Sasis pake hilux, ga perlu cetakan baru, tambah struktur atap belakang, mesin terkecil/termurah dari prado, ga terlalu byk research test ini itu, interior & material level ipah dll. Laku? yes, buktinya byk pembelinya di indo termasuk lo.
namanya jg dagang..se fancy apa istilah tetep pointnya biar sales tinggi...
Nah semua kata2 bro RT diatas ingin saya simpulkan menjadi 1 kata yaitu "Taktik". Kalo di liat di tulisan bro RT yg saya quote, gak ada satu kata "Taktik" pun yg ditulis/dipake oleh bro RT. Nah pada saat saya mao kasi comment ttg tulisan bro RT diatas, saya cuma mao menyimpulkan semua tulisan tsb kedalam 1 kata, makanya saya namakan "Taktik" (dalam tanda kutip).

Hal2/gaya penulisan spt ini sebenernya tergantung masing2 orang dan udah biasa pula saya liat di tulisan2 yg sifatnya casual ataupun formal. Misalnya, kalo ada 1 penulisan spt ini:
"Karena anaknya susah sekali makan, maka seorang ibu biasanya menyuapi anaknya ketika si anak sedang asik menonton film kartun sehingga perhatian si anak terpecah."
Abis itu misalnya ada si A yg komentar: Wah "Taktik" nya boleh juga nih si ibu. Si A tulis "Taktik" untuk merangkum isi 1 paragraf tsb.
Nah apakah si A salah waktu nambahin tanda kutip di kata Taktik tsb? Ada yg bilang iya, tapi ada juga yang bilang gak.
Gitu lho maksudnya :mrgreen: Soalnya jujur saja saya gak ada waktu untuk ngecek ke peraturan tata bahasa Indonesia ttg penggunaan tanda kutip yg benar. Kalo buat saya pribadi sih, saya gak peduli itu orang mao ngomong pake grammar yg salah, atau tanda baca yg salah sekalipun asal saya ngerti maksud yg ingin disampaikannya...... :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by Risol1 »

roadtrain99 wrote:simpel kan ga berarti buruk. simpel itu maksudnya spt why bother starting over from 0 when all the sources are prepared.
spt yg dibilang disini http://www.kaysfeld.dk/ITtraining/Engli ... rtuner.htm
BY GEORGE WONG, Star Motoring, Malaysia. (Sunday November 6, 2005) Visually, the Fortuner is a mix of old and new – the rear end has styling cues from the first Lexus RX300 and the front is similar to the Hilux’s. Despite many shared components between the Hilux, Innova and Fortuner to keep production costs down, different body-styles set them apart.

Gw liat trik ini dari positif ya, makanya gw anggap tyt pintar liat pasar. paham ekonomi pun begitu, hasil banyak dgn usaha seminimal mungkin. Intinya cost cutting. jika gw tyt, hal yg sama akan gw lakukan, terlebih punya nama, apalg di indo ini sangat brand minded, ada yg ingin gaya dsb. Ga salah, jgn dinegatifin, memang begitu adanya. pasti ada yg pernah liat jaguar atau alphard isi premium, dll...
Setuju dan sorry juga bro kalo seakan2 comment saya bilang bahwa bro RT liat taktik (gak pake kutip :mrgreen: ) tsb dari sisi negatif.
FortunerMan

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by FortunerMan »

Ini point yg sangat bagus.
Mesin LC200 3UR yg punya 5700cc cuma produce 381 hp, bandingin dengan mesin Celsior/Lexus LS yg "cuma" 4600cc tapi bisa produce hp yg sama (380hp), atau mesin 2UR yg "cuma" 5000cc tapi bisa produce hp yg lebih besar (389 hp). Kalo begini, apakah kita juga akan menyangsikan "koq mesin 5700cc cuma sedemikian tenaganya padahal cc-nya besar?", sama spt comment bro RT diatas.
Kita lihat saja, apakah mesin LC200 akan dibilang "mesin murah" juga atau tidak :P
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by Risol1 »

mandala1 wrote:warna wajib pak 'item' he...he...,, dijanjiin sih +/- 1 bulan tapi mudah2an akhir mei ini dah keluar, sepertinya akan menjadi penantian yg cukup panjang....hahahaha.....
Kalo Fortuner kayaknya "harus" pake warna item, apalagi kalo mao keliatan kaya mobil dinasnya bupati Serang :mrgreen:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by maskopat »

Risol1 wrote:
mandala1 wrote:warna wajib pak 'item' he...he...,, dijanjiin sih +/- 1 bulan tapi mudah2an akhir mei ini dah keluar, sepertinya akan menjadi penantian yg cukup panjang....hahahaha.....
Kalo Fortuner kayaknya "harus" pake warna item, apalagi kalo mao keliatan kaya mobil dinasnya bupati Serang :mrgreen:
kalo gubernurnya sih pake LC200
bupatinya kalo gak salah harrier deh.. :big_weee:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by Abu2 »

apalagi item solid kayak warna harrier/RX350.. :e-whistle:

ada gak ya 42ner warna item solid... :e-think:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by maskopat »

nah, ane makin bingung nih..
engine toyota UR, dipake bareng di sedan dan truknya..
misalnya ini: http://en.wikipedia.org/wiki/Toyota_UR_engine#1UR-FE
dipake di Tundra, Lexus LS dan GS.. :big_peace:

so? apakah ini sesuai dengan company policy yang kita bicarakan?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by Risol1 »

maskopat wrote:nah, ane makin bingung nih..
engine toyota UR, dipake bareng di sedan dan truknya..
misalnya ini: http://en.wikipedia.org/wiki/Toyota_UR_engine#1UR-FE
dipake di Tundra, Lexus LS dan GS.. :big_peace:

so? apakah ini sesuai dengan company policy yang kita bicarakan?
Hehehe bro Maskopat ni bingung melulu :mrgreen: .....nih saya quote lagi tulisan saya sebelomnya:
Risol1 wrote: Kalo dari pengamatan saya, biasanya toyota itu memasang jenis mesin di produk2nya berdasarkan 2 kriteria besar:
1. Platform: Biasanya ada beda jenis mesin yg dipasang di mobil monokok/unibody dengan mobil body on frame.
2. Gerak Roda: Biasanya ada beda jenis mesin antara produk FWD/AWD dengan produk RWD/4WD.
Kalo kita liat tulisan yg saya garis bawahi diatas, saya memakai kata "Biasanya", bukan kata "Pasti" karena ada pengecualian di bbrp pengaplikasian mesin2 tsb dan juga karena nature-nya sebuah teknologi yg selalu berubah2 sesuai dengan perkembangan jaman.
Nah mesin 1UR-FE ini adalah salah satu pengecualian di point 1 saya diatas (ttg platform), tapi tetep valid di point ke 2 ttg gerak roda. Mesin 1UR-FE memang akan dipake di Tundra model 2010 untuk gantiin mesin lama 2UZ-FE (V8 4700cc) yg juga dipake di LC Cygnus generasi yg lalu. Tapi mesin tsb akan dimodifikasi sehingga tetep memenuhi kriteria truk toyota yg biasanya punya ciri "torsi dan power max di rpm rendah". Makanya output powernya pun turun ke 310hp@5600rpm dari standard output mesin 1UR-FE yg semestinya mengeluarkan 342hp@6400rpm. Cuma 1 varian Tundra aja yg pake mesin 1UR ini, varian Tundra yg lain masih pake mesin 1GR-FE dan 3UR-FE. Kalo dari logika, mungkin pemilihan mesin ini lebih ekonomis untuk toyota karena udah sama2 mesin khusus RWD.

Begitu juga dengan kriteria no2 diatas (gerak roda), ada gak pengecualiannya?
Ada juga misal contoh mesin 1zz-fe yg dipake oleh corolla (FWD) dan juga dipake oleh lotus elise (RWD), atau mesin 1zz-fed yg dipake oleh toyota celica (FWD) dan juga oleh toyota MR2 (RWD). Tapi tetep valid di kriteria1 diatas ttg kesamaan platform.

Kalo kemaren2 yg bro Maskopat tanyakan adalah pemakaian mesin 2GR-FE di Fortuner. Nah kalo ini, udah melanggar kriteria 1 dan 2 diatas, jadi IMO, kecil kemungkinan mengaplikasikan mesin 2GR-FE di Fortuner. Hehehe.....Tapi siapa sih yg tau ttg masa depan? :mrgreen:
FortunerMan

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by FortunerMan »

maskopat wrote:kalo gubernurnya sih pake LC200
bupatinya kalo gak salah harrier deh.. :big_weee:
Kalo bupati di Bali sih 2 mobil dinasnya - Camry + Fortuner.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by maskopat »

yah, maaf Om kalo saya bingung terus.. :big_peace:
makasih banyak om Risol.. salut nih dengan knowledge om Risol.. :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
salut juga dengan strategi toyota dalam industri otomotif.. :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
FortunerMan

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by FortunerMan »

roadtrain99 wrote:cukup kasar kah jalan ini?
Image
Ha ha...ini kan foto dari artikel http://www.motortrend.com/roadtests/suv ... index.html
Di artikel tsb, penulisnya bilang
There is no transfer case or low range, as in most "pure" sport/utes. But this is by design, and in keeping with the RX 300's mission to excel in all-weather driveability and light-duty off-roading, as opposed to maximum rock crawling
Udah MotorTrend yg bilang, mudah2an percaya :P
FortunerMan

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by FortunerMan »

maskopat wrote:salut juga dengan strategi toyota dalam industri otomotif.. :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
Sebenernya biasa aja lho taktik sharing segala macem gini. BMW dari berbagai seri share mesin, Nissan VQ engine dipake di 10 mobil kali, Harrier juga bisa strategi yg mirip dgn Camry-based platform dan mesin Camrynya. Cadillac Escalade juga dr truck, moncongnya pun sama persis dgn trucknya. Mesin Civic ke CR-V. Tujuannya emang menghemat biaya R&D dan bisa untung gede.

Hare gene, jarang ada mobil mass production satu mesin + satu platform.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by maskopat »

tapi kan ga kayak hilux, ipah dan fortie om.. satu platform untuk 3 mobil.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by mandala1 »

^^ sebetulnya BMW juga ada berbagi platform menjadi 3 jenis bro... Seperti serie 5 = X5 = BMW V (model van) hanya saja jenis van ini sepertinya belom dipasarkan ke publik,, begitu juga dgn serie 3 = X3 = F3 (jenis van juga),,
Malahan mungkin acara 'berbagi mesin' lebih mudah dilakukan oleh BMW, mengingat hampir semua produk BMW menggunakan RWD. :frm_tumbright:
FortunerMan

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by FortunerMan »

maskopat wrote:tapi kan ga kayak hilux, ipah dan fortie om.. satu platform untuk 3 mobil.
Ada bosz..Mitsubishi Challenger (SUV) / Mitsubishi Triton (Truck) / Mitsubishi Zinger (MPV)
Atau dgn nama lainnya Pajero Sport / Triton / Fuzion

GM Theta platform malah banyak bener...http://en.wikipedia.org/wiki/GM_Theta_platform
* Short wheelbase
o Saturn Vue
o Daewoo Winstorm (also known as Chevrolet Captiva)
o Opel Antara
* Long wheelbase
o Chevrolet Equinox
o Pontiac [cencored]
o Suzuki XL7
o GMC Terrain

GM GMT platform http://en.wikipedia.org/wiki/GM_GMT_platform
o 2007 GMT900 Cadillac Escalade
o Chevrolet Silverado Regular Cab/Extended Cab/Crew Cab (GMT 901)
o GMC Sierra Regular Cab/Extended Cab/Crew Cab (GMT 902)
o Chevrolet Silverado HD (GMT 911)
o GMC Sierra HD (GMT 912)
o Hummer H2 Crew Cab (GMT 913)
* GMT 920
o Chevrolet Tahoe (GMT 921)
o GMC Yukon (GMT 922)
o Cadillac Escalade (GMT 926)

* GMT 930
o Chevrolet Suburban (GMT 931)
o GMC Yukon XL (GMT 932)
o Cadillac Escalade ESV (GMT 936)
* GMT 940
o Chevrolet Avalanche (GMT 941)
o Cadillac Escalade EXT (GMT 946)

Segudang contoh lainnya. Jadi sebenernya sharing sharing udah biasa...lumrah. Cuman execution di sales & marketingnya aja yg beda, ada yg sukses ada yg nggak.
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by Abu2 »

kalo gak salah sahring platform seberang merk juga ada..pernah baca dimana yah?

Nissan Frontier > Suzuki Equator.. Cmiiw :e-think:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pilih Hyundai Santa fe/ Toyota Fortuner??

Post by maskopat »

makasih om forti informasinya..

hah? XL7 basisnya GM theta? meluncur ke wikipedia dulu deh..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green