warna orang yang cinta mobil nih...mandala1 wrote:warna wajib pak 'item' he...he...,, dijanjiin sih +/- 1 bulan tapi mudah2an akhir mei ini dah keluar, sepertinya akan menjadi penantian yg cukup panjang....hahahaha.....

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
warna orang yang cinta mobil nih...mandala1 wrote:warna wajib pak 'item' he...he...,, dijanjiin sih +/- 1 bulan tapi mudah2an akhir mei ini dah keluar, sepertinya akan menjadi penantian yg cukup panjang....hahahaha.....
mandala1 wrote:^^wakakak..... iya setelah lama hanya bisa membayangkan kegagahan mobil bro fortunerman, akhirnya bentar lagi bisa kesampean nyamain deh....
He....he..... Sekali lagi "vote for 42ner,, ciakakakak..........
Comment saya kemaren itu merujuk pada comment anda yg #2 diatas (terutama yg di-bold dan underline). Di tulisan tsb, terdengar dan mengarah spt koreksi karena:roadtrain99 wrote:Sorry kalo kepanjangan, borongan nih hehehe...roadtrain99 wrote:siapa tau ada definisi lain gitu..jd kan nambah2 info jg. sebab gw bingung kelas gimana. pk kelas yg sama lah suv biar gampang, anggapan umum jg begitu.roadtrain99 wrote:Hahaha..jd dibahas panjang lebar gini, sbnrnya dr kalimat gw udah clear mau tau jika ada kelas yg lain diluar suv/cuv. mkanya gw nanya biar ga salah paham.
bukan utk debat & bukan utk koreksi. kalo koreksi gw pasti tulis: ‘salah itu, bukan begitu’ dll. kalo merasa dikoreksi, ya jangan, krn gw ga koreksi hehehe.
Sebenernya kalo bro RT liat bahasan2 pada 2 hari belakangan ini (di thread ini), kita banyakan lagi ngomongin ttg "kebiasaan" toyota yg membagi jenis2 mesinnya untuk kategori truk (body on frame dan RWD/4WD) yg berlainan dengan kategori sedan (monokok/unibody dan FWD/AWD). Menurut "kebiasaan" tsb (jg bisa diihat dari tabel yg dikasi Fortunerman diatas), kelihatan jelas bahwa masing2 produk (truk vs sedan) udah punya "jalur" mesin sendiri2.....Jadi sebenernya balik lagi ke company policy yg mengharuskan Fort u/ pake mesin 2TR, bukan mesin 2AZ punyanya camry.roadtrain99 wrote:kira2, menurut pengamatan lo, karakter apa yg ingin tyt tonjolkan dgn mesin 2tr-fe di 42ner /pun prado yg berembel lc, sementara tyt punya mesin lebih kecil namun lebih power? nanya betulan lho.
Betul, saya juga bilang beda power karena santa fe itu mesin konfigurasi V6 sedangkan Fort cuma inline 4 itu cuma "Educated Guess" saya sendiri. saya juga ngerti banyak mesin2 yg isi silinder lebih kecil tapi bisa produce output yg lebih besar. jawaban "tebak2an" lain adalah spt comment saya diatas bahwa toyota ingin supaya torsi Fort gede di putaran bawah (toyota ingin nunjukkin Fort sebagai mobil "kuda beban yg baik", sedangkan Hyundai pengen nunjukkin Santa Fe sbg "mobil tinggi tapi seenak sedan dengan power besar", dll......beda filosofinya.roadtrain99 wrote:Sebnrnya gw pk cth camry 2.4ltr vs 2.7ltr 42ner utk point out ga hanya krn jumlah cyl/cc lebih lalu menang power, pasti ada yg lain. Krn ada jg kok mesin accord 2.4 4cyl powernya diatas santa fe 2.7 v6. Seblmnya risol bilang santa fe wajar menang power krn konfigurasinya v6 dibanding 42ner yg hanya 4cyl. Gw percaya nya pasti ada hal lainnya jg, bs jd salah 1 nya yg disebut risol company rules..
"Tebak2" lagi nih: Sekali lagi mungkin karena perbedaan jalur mesin2 tsb. Santa Fe pake mesin "sedan", Fort pake mesin khusus "truk". Toyota sebenernya juga punya mesin diesel CRD 2200cc 4cyl yg dikhusus kan untuk segment sedan dan crossover(yg sekarang dipake Lexus IS) yg outputnya 175ps.roadtrain99 wrote:atau, hm..yg diesel lah, biar sama jumlah cyl nya. cc 42ner > santa fe, tp hp&torque < santa fe. gw cm bs 'loh kok gitu ya?' kesannya tyt agak 1/2 hati kasih teknology ke d4d, pdhal tyt lebih raksasa dari hyundai. apalagi spt risol bilang, hybrid aja bs apalagi up power. atau mungkin krn hati2 thd market?.
Sebenernya yg saya mao ungkapkan dari comment saya diatas adalah: Dari manapun asalnya alasan beda power 2 civic type-r tsb, sebenernya alesan yg sama bisa diaplikasikan untuk menjawab pertanyaan bro RT ttg kenapa mesin Fortuner berbeda/lebih kecil output powernya dibanding camry. Itu ajaroadtrain99 wrote:official. itu dpt dari "5th gear", keduanya di test di circuit yg sama, hasilnya yg jap version lebih kencang skitar 2 dtk.Risol1 wrote:Saya gak tau ini jawaban official dari pihak Honda sendiri atau jawaban "Educated Guess" bro Roadtrain sendiri.roadtrain99 wrote:tentang company policy, jgn kan beda merk. yg satu merk/pabrikan aja begitu. cth civic type R versi japan dgn Uk aja udah beda power. Dikarenakan honda nya ga expect org2 di uk butuh power spt yg di japan...bukan soal ga terima, cm sekedar wonder aja 2tr-fe sedemikian tenaganya pdhal cc nya besar, apalg utk 7seater suv. jika tyt nya release reason why (which i dont think they will), gw ga bertanya. Namun klo guessing educatedly, knp dipasang di 42ner/prado, tak ayal supaya ada variant supaya market range nya besar.Risol1 wrote:Intinya: kalo kita udah bisa "menerima" jawaban/alasan dari Honda diatas kenapa ada perbedaan power mesin dari 2 civic type r (2 mobil yg sama bentuk dan tujuannya yaitu buat balapan/performance), masa sih susah banget untuk kita mengakui bahwa mungkin toyota juga pake alesan yg sama di kasus perbedaan power mesin camry dan fortuner (apalagi contohnya lebih ekstrim yaitu 2 mobil yg beda bentuk dan peruntukkan), yaitu "Dikarenakan Toyota-nya ga expect pemilik Fortuner butuh power lebih gede daripada pemilik camry" atau "Dikarenakan Toyota-nya ga expect pemilik camry butuh torsi lebih gede daripada pemilik Fortuner" atau "Dikarenakan Toyota-nya ga expect pemilik SUV butuh performance yg fantastis spt pemilik Camry". Ketiga kemungkinan alesan2 tsb cuma dibolak-balik aja, intinya sih sama seperti alesan bro Roadtrain ttg perbedaan power 2 civic type r diatas.
gw ga berani berandai2 dgn pk reason dari honda itu ke tyt ini lho.
Terus terang saya tulis comment saya diatas (mindset bahwa "mesin fortuner = mesin jelek/murahan") karena merujuk pada comment bro RT yg dibawah ini:roadtrain99 wrote:wah, gw rasanya cm bilang santa fe both diesel/petrol lebih ok, bukan berarti yg di 42ner jelek/murahan. gw jg ga maksud mesin 42ner 2.7 murahan negatif, namun harga. Arti -an dibelakang bs sbg lebih, spt "mendingan ambil yg murahan aja ah" maksudnya yg lebih murah. bukan spt kata2 di film “dasar murahan..†hehehe..contoh aja.Risol1 wrote:Jadi kalo kita menganalisa dari alesan yg bro roadtrain kemukakan diatas ttg perbedaan power 2 civic type r, maka ada juga dong kemungkinan bahwa berbedaan power mesin camry dengan fortuner juga spt itu, BUKAN karena mesin fortuner jelek/murahan sehingga gak bisa nyamain powernya mesin camry…
Kalo memang kita udah punya mindset bahwa "mesin fortuner = mesin jelek/murahan" ya susah......kita gak akan bisa menerima pendapat lain/masukkan lain yg mungkin lebih masuk akal daripada cuma alasan yg ada di mindset kita tsb
gw bukan ber mindset aneh thd mobil nya ya, sebab gw liat di sm byk pendapat2 dgn kata2 yg indah & tinggi sehingga gw curious, apa iya mobil ini sebagus itu.
Kalo diliat sekilas, comment bro RT tsb bernada konotatif thd mesin Fortuner, apalagi ada informasi/kata2 tambahan (spt: "gw jg heran pdhal sama2 4cyl cc nya beda jauh, gimana kalo sama") yg menguatkan bahwa comment tsb bernada konotatif.roadtrain99 wrote: yg 4cyl lah, camry 2.4 dohc vvti output nya hampir 170hp/224nm, 42ner 2.7 dohc vvti skitar 160hp/240nm.
gw jg heran pdhal sama2 4cyl cc nya beda jauh, gimana kalo sama..tyt pinter bgt trik kasih mesin murah dipsg ke suv biar laris. sah sah aja.
Hehehe.....Nah ini kan salah satu contoh nitpick lagiroadtrain99 wrote:simpel kan ga berarti buruk. simpel itu maksudnya spt why bother starting over from 0 when all the sources are prepared.Risol1 wrote:"Taktik" spt ini Kalo dilihat dari sudut yg negatif, memang kayaknya fortuner itu jelek karena dibuat tanpa research yg dalam (kalo kata bro Roadtrain diatas bikin Fort "dgn cara tersimpel"), hanya main tempel2 aja dari komponen2 mobil lain.
Tapi kalo "Taktik" yg sama tsb dilihat dari sudut yg positif, sebenernya taktik ini cukup "genius" juga karena fortuner bisa dapet komponen2 yg cukup bagus dengan harga yg cukup murah karena modal RD yg kecil. Juga kalo diliat2, "taktik" tempel2 ini udah diterapkan toyota sejak berpuluh2 tahun lalu jadi udah terbukti cukup ampuh di bidang kualitas produk maupun dibidang sales yg bagus pula.
kt taktiknya jgn pk " dong hehee..nanti dikira lain.
Nah semua kata2 bro RT diatas ingin saya simpulkan menjadi 1 kata yaitu "Taktik". Kalo di liat di tulisan bro RT yg saya quote, gak ada satu kata "Taktik" pun yg ditulis/dipake oleh bro RT. Nah pada saat saya mao kasi comment ttg tulisan bro RT diatas, saya cuma mao menyimpulkan semua tulisan tsb kedalam 1 kata, makanya saya namakan "Taktik" (dalam tanda kutip).roadtrain99 wrote:Utk 42ner, mungkin tyt berpikir supaya income lebih dgn cara tersimpel. Sasis pake hilux, ga perlu cetakan baru, tambah struktur atap belakang, mesin terkecil/termurah dari prado, ga terlalu byk research test ini itu, interior & material level ipah dll. Laku? yes, buktinya byk pembelinya di indo termasuk lo.
namanya jg dagang..se fancy apa istilah tetep pointnya biar sales tinggi...
Setuju dan sorry juga bro kalo seakan2 comment saya bilang bahwa bro RT liat taktik (gak pake kutiproadtrain99 wrote:simpel kan ga berarti buruk. simpel itu maksudnya spt why bother starting over from 0 when all the sources are prepared.
spt yg dibilang disini http://www.kaysfeld.dk/ITtraining/Engli ... rtuner.htm
BY GEORGE WONG, Star Motoring, Malaysia. (Sunday November 6, 2005) Visually, the Fortuner is a mix of old and new – the rear end has styling cues from the first Lexus RX300 and the front is similar to the Hilux’s. Despite many shared components between the Hilux, Innova and Fortuner to keep production costs down, different body-styles set them apart.
Gw liat trik ini dari positif ya, makanya gw anggap tyt pintar liat pasar. paham ekonomi pun begitu, hasil banyak dgn usaha seminimal mungkin. Intinya cost cutting. jika gw tyt, hal yg sama akan gw lakukan, terlebih punya nama, apalg di indo ini sangat brand minded, ada yg ingin gaya dsb. Ga salah, jgn dinegatifin, memang begitu adanya. pasti ada yg pernah liat jaguar atau alphard isi premium, dll...
Kita lihat saja, apakah mesin LC200 akan dibilang "mesin murah" juga atau tidakMesin LC200 3UR yg punya 5700cc cuma produce 381 hp, bandingin dengan mesin Celsior/Lexus LS yg "cuma" 4600cc tapi bisa produce hp yg sama (380hp), atau mesin 2UR yg "cuma" 5000cc tapi bisa produce hp yg lebih besar (389 hp). Kalo begini, apakah kita juga akan menyangsikan "koq mesin 5700cc cuma sedemikian tenaganya padahal cc-nya besar?", sama spt comment bro RT diatas.
Kalo Fortuner kayaknya "harus" pake warna item, apalagi kalo mao keliatan kaya mobil dinasnya bupati Serangmandala1 wrote:warna wajib pak 'item' he...he...,, dijanjiin sih +/- 1 bulan tapi mudah2an akhir mei ini dah keluar, sepertinya akan menjadi penantian yg cukup panjang....hahahaha.....
kalo gubernurnya sih pake LC200Risol1 wrote:Kalo Fortuner kayaknya "harus" pake warna item, apalagi kalo mao keliatan kaya mobil dinasnya bupati Serangmandala1 wrote:warna wajib pak 'item' he...he...,, dijanjiin sih +/- 1 bulan tapi mudah2an akhir mei ini dah keluar, sepertinya akan menjadi penantian yg cukup panjang....hahahaha.....
Hehehe bro Maskopat ni bingung melulumaskopat wrote:nah, ane makin bingung nih..
engine toyota UR, dipake bareng di sedan dan truknya..
misalnya ini: http://en.wikipedia.org/wiki/Toyota_UR_engine#1UR-FE
dipake di Tundra, Lexus LS dan GS..![]()
so? apakah ini sesuai dengan company policy yang kita bicarakan?
Kalo kita liat tulisan yg saya garis bawahi diatas, saya memakai kata "Biasanya", bukan kata "Pasti" karena ada pengecualian di bbrp pengaplikasian mesin2 tsb dan juga karena nature-nya sebuah teknologi yg selalu berubah2 sesuai dengan perkembangan jaman.Risol1 wrote: Kalo dari pengamatan saya, biasanya toyota itu memasang jenis mesin di produk2nya berdasarkan 2 kriteria besar:
1. Platform: Biasanya ada beda jenis mesin yg dipasang di mobil monokok/unibody dengan mobil body on frame.
2. Gerak Roda: Biasanya ada beda jenis mesin antara produk FWD/AWD dengan produk RWD/4WD.
Kalo bupati di Bali sih 2 mobil dinasnya - Camry + Fortuner.maskopat wrote:kalo gubernurnya sih pake LC200
bupatinya kalo gak salah harrier deh..
Ha ha...ini kan foto dari artikel http://www.motortrend.com/roadtests/suv ... index.htmlroadtrain99 wrote:cukup kasar kah jalan ini?
Udah MotorTrend yg bilang, mudah2an percayaThere is no transfer case or low range, as in most "pure" sport/utes. But this is by design, and in keeping with the RX 300's mission to excel in all-weather driveability and light-duty off-roading, as opposed to maximum rock crawling
Sebenernya biasa aja lho taktik sharing segala macem gini. BMW dari berbagai seri share mesin, Nissan VQ engine dipake di 10 mobil kali, Harrier juga bisa strategi yg mirip dgn Camry-based platform dan mesin Camrynya. Cadillac Escalade juga dr truck, moncongnya pun sama persis dgn trucknya. Mesin Civic ke CR-V. Tujuannya emang menghemat biaya R&D dan bisa untung gede.maskopat wrote:salut juga dengan strategi toyota dalam industri otomotif..![]()
Ada bosz..Mitsubishi Challenger (SUV) / Mitsubishi Triton (Truck) / Mitsubishi Zinger (MPV)maskopat wrote:tapi kan ga kayak hilux, ipah dan fortie om.. satu platform untuk 3 mobil.