Rem Cakram Mekanis GL100
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
- Location: Indonesia
Rem Cakram Mekanis GL100
Bro, gw baru beli GL100 bekas nih Bro <==buseeeett jadul banget, niatnya sih buat ganti, pegel pake si vartex n buat penghematan BBM.
Pengen tanya, rem GL100 menggunakan cakram mekanis (bukan hidrolis) apakah bisa dibikin mati (ngunci) ketika di rem abis (seperti cakram hidrolis)? soalnya setelah diresto, dan jeroan kaliper (yang fungsinya kayak kaliper di cakram hidrolis) diganti semua ternyata masih aja belum bisa ngerem mati ketika di rem abis. Ketika iseng2 gw setting sendiri malah rodanya ngunci ga bisa jalan. Klo kata orang bengkel emang itu nasibnya cakram mekanis yang ga bisa sama persis dengan cakram hidrolis. (gw ngetesnya dengan cara ngeburn out, tapi ga bisakarena rem depan tetap aja ga bisa ngunci)
thx
Pengen tanya, rem GL100 menggunakan cakram mekanis (bukan hidrolis) apakah bisa dibikin mati (ngunci) ketika di rem abis (seperti cakram hidrolis)? soalnya setelah diresto, dan jeroan kaliper (yang fungsinya kayak kaliper di cakram hidrolis) diganti semua ternyata masih aja belum bisa ngerem mati ketika di rem abis. Ketika iseng2 gw setting sendiri malah rodanya ngunci ga bisa jalan. Klo kata orang bengkel emang itu nasibnya cakram mekanis yang ga bisa sama persis dengan cakram hidrolis. (gw ngetesnya dengan cara ngeburn out, tapi ga bisakarena rem depan tetap aja ga bisa ngunci)
thx
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
- Location: Indonesia
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 114
- Joined: Thu Sep 08, 2005 13:28
Re: Rem Cakram Mekanis GL100
namanya juga mekanis om...budzaemon wrote:Bro, gw baru beli GL100 bekas nih Bro <==buseeeett jadul banget, niatnya sih buat ganti, pegel pake si vartex n buat penghematan BBM.
Pengen tanya, rem GL100 menggunakan cakram mekanis (bukan hidrolis) apakah bisa dibikin mati (ngunci) ketika di rem abis (seperti cakram hidrolis)? soalnya setelah diresto, dan jeroan kaliper (yang fungsinya kayak kaliper di cakram hidrolis) diganti semua ternyata masih aja belum bisa ngerem mati ketika di rem abis. Ketika iseng2 gw setting sendiri malah rodanya ngunci ga bisa jalan. Klo kata orang bengkel emang itu nasibnya cakram mekanis yang ga bisa sama persis dengan cakram hidrolis. (gw ngetesnya dengan cara ngeburn out, tapi ga bisakarena rem depan tetap aja ga bisa ngunci)
thx
gaya yg dihasilkan ya tergantung kuat ato tidaknya tangan ente nariknye...
palingan ganti kaliper megapro...hiks..masuk gak ya...?


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
- Location: Indonesia
Re: Rem Cakram Mekanis GL100
niatnya sih pgn diganti kaliper hidrolis n master rem variasi, tapi kayaknya sayang ngeluarin duitnya (wong motor bekas aja kok) :-Pweechoo wrote:namanya juga mekanis om...budzaemon wrote:Bro, gw baru beli GL100 bekas nih Bro <==buseeeett jadul banget, niatnya sih buat ganti, pegel pake si vartex n buat penghematan BBM.
Pengen tanya, rem GL100 menggunakan cakram mekanis (bukan hidrolis) apakah bisa dibikin mati (ngunci) ketika di rem abis (seperti cakram hidrolis)? soalnya setelah diresto, dan jeroan kaliper (yang fungsinya kayak kaliper di cakram hidrolis) diganti semua ternyata masih aja belum bisa ngerem mati ketika di rem abis. Ketika iseng2 gw setting sendiri malah rodanya ngunci ga bisa jalan. Klo kata orang bengkel emang itu nasibnya cakram mekanis yang ga bisa sama persis dengan cakram hidrolis. (gw ngetesnya dengan cara ngeburn out, tapi ga bisakarena rem depan tetap aja ga bisa ngunci)
thx
gaya yg dihasilkan ya tergantung kuat ato tidaknya tangan ente nariknye...
palingan ganti kaliper megapro...hiks..masuk gak ya...?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 481
- Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
- Location: Jakarta
wah ngmongin GL100 jd ingat 10thn lalu bawa GL100 punya teman boncengan ngebut di ancol tiba2 truk didepan rem mendadak sedangkan tuh motor udah di rem hbs2an tetap nyelonong aja. sedih nya lg pulang dari ancol dorong dari pantai sampai gunung sahari gara2 ban bocor. padahal ke ancol mau liat moge kan wkt itu ancol bike week. yg dtg naik HD, CBR 900, YZF750 dll. ada jg sih yg naik GL tapi GL1500 (goldwing).

ホンダ NSR レヌ バィク
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
wah..Handy wrote:wah ngmongin GL100 jd ingat 10thn lalu bawa GL100 punya teman boncengan ngebut di ancol tiba2 truk didepan rem mendadak sedangkan tuh motor udah di rem hbs2an tetap nyelonong aja. sedih nya lg pulang dari ancol dorong dari pantai sampai gunung sahari gara2 ban bocor. padahal ke ancol mau liat moge kan wkt itu ancol bike week. yg dtg naik HD, CBR 900, YZF750 dll. ada jg sih yg naik GL tapi GL1500 (goldwing).
masih untung bs selamet..biar pulangnya ban bocor.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 481
- Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
- Location: Jakarta
iya masih untung ngak nabrak.
walau pakai discbrake dgn sistem hidrolik, kualitas kampas rem nya dan grip ban harus di perhatikan. gw pernah test motor bedua sama teman di pantai indah kapuk (PIK) gw rem pas 180km/h tapi rem depan gw ngak bekerja sama sekali. soalnya gw coba pakai kampas rem buatan honda lokal yg harganya cuma 1/10 dari kampas rem honda thailand. untung masih bisa rem dgn rem blkg dan engine brake dari gigi 6 ke gigi 1. besoknya lsg ganti yg produksi thailand. untuk rem harus bener di perhatikan klo suka gebut.
walau pakai discbrake dgn sistem hidrolik, kualitas kampas rem nya dan grip ban harus di perhatikan. gw pernah test motor bedua sama teman di pantai indah kapuk (PIK) gw rem pas 180km/h tapi rem depan gw ngak bekerja sama sekali. soalnya gw coba pakai kampas rem buatan honda lokal yg harganya cuma 1/10 dari kampas rem honda thailand. untung masih bisa rem dgn rem blkg dan engine brake dari gigi 6 ke gigi 1. besoknya lsg ganti yg produksi thailand. untuk rem harus bener di perhatikan klo suka gebut.

ホンダ NSR レヌ バィク
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Tue Jan 09, 2007 5:41
Susah cari orinya....
Wah, sekenceng itu ya?Handy wrote: gw rem pas 180km/h tapi rem depan gw ngak bekerja sama sekali. soalnya gw coba pakai kampas rem buatan honda lokal yg harganya cuma 1/10 dari kampas rem honda thailand. untung masih bisa rem dgn rem blkg dan engine brake dari gigi 6 ke gigi 1.
Saya nyari kampas rem ori yang ada mirip emas-emas-nya di seputaran bekasi gak nemu je.... Sekarang dah kalau ngerem depan gak ada nahan-nahannya. Beda jauh dibanding sebelumnya. Padahal palingan cuma buat jalan 8O-9O kpj lho.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
- Location: Indonesia
Handy wrote:iya masih untung ngak nabrak.
walau pakai discbrake dgn sistem hidrolik, kualitas kampas rem nya dan grip ban harus di perhatikan. gw pernah test motor bedua sama teman di pantai indah kapuk (PIK) gw rem pas 180km/h tapi rem depan gw ngak bekerja sama sekali. soalnya gw coba pakai kampas rem buatan honda lokal yg harganya cuma 1/10 dari kampas rem honda thailand. untung masih bisa rem dgn rem blkg dan engine brake dari gigi 6 ke gigi 1. besoknya lsg ganti yg produksi thailand. untuk rem harus bener di perhatikan klo suka gebut.
mo ganti hidrolik punya ori Honda sayang kayaknya Om, lagi pula aku juga ga ngebut2 kok... mo pake variasi tapi takut ga jaminan.. sekarang tuh motor masih nganggur di bengkel.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 481
- Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
- Location: Jakarta
klo mesinnya standard sih dgn rem yg standard jg udah cukup. soalnya dari pabrik kan pasti udah dihitung semuanya. tapi harus perhatikan kabel rem depannya jgn sampai waktu lg ngerem putus lg. bukanya sumpahin bro. pengalaman gw sendiri 4 kali lg jalan putus kabel kopling. yg terakhir 2 mgg lalu pas jam plg kantor jalan macet bgt lg.

ホンダ NSR レヌ バィク
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
- Location: Indonesia
waduh... serem juga yah... sebenernya rada was2 juga sih klo pake sistem kabel mekanis gitu, makanya mo ganti hidrolis aja.. thx broHandy wrote:klo mesinnya standard sih dgn rem yg standard jg udah cukup. soalnya dari pabrik kan pasti udah dihitung semuanya. tapi harus perhatikan kabel rem depannya jgn sampai waktu lg ngerem putus lg. bukanya sumpahin bro. pengalaman gw sendiri 4 kali lg jalan putus kabel kopling. yg terakhir 2 mgg lalu pas jam plg kantor jalan macet bgt lg.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 114
- Joined: Thu Sep 08, 2005 13:28
kalo gitu beli paket orinya garputala aja...budzaemon wrote: mo ganti hidrolik punya ori Honda sayang kayaknya Om, lagi pula aku juga ga ngebut2 kok... mo pake variasi tapi takut ga jaminan.. sekarang tuh motor masih nganggur di bengkel.
coba jajal Radja punya...
rata² harga part garputala lebih murah dari part sayapterbang...
kalo tetep mau sayapterbang...coba cari² part awanpro...jangan part Siti...
contoh... banyak kan yg ganti gir set + rante awanpro buat siti nya....?

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
- Location: Indonesia
sudah ganti Bro pake punya GLPro, sekarang malah didandanin ala jadul gitu deh n jadi operasional harian kuliah, si vartex gw pake weekend doank atw klo pas si GL ngambek.. soalnya mo dimodif manfaatin liburan semester...
(alasan laen pake si GL : ga kuat bayarin pertamax vartex buat harian, walaupun irit tapi harga 6400 seliter mulai berasa ke dompet)
(alasan laen pake si GL : ga kuat bayarin pertamax vartex buat harian, walaupun irit tapi harga 6400 seliter mulai berasa ke dompet)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 701
- Joined: Wed Oct 12, 2005 4:59
- Location: JABOTABEK
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
- Location: Indonesia