Oli Gardan dan Transmisi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Mrvin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 182
Joined: Tue Dec 29, 2015 1:59

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Mrvin »

odading0920 wrote: Mon Sep 28, 2020 3:49 Halo om-om, oli matic untuk alphard 2,4 cvt apa ya?

Gara-gara bocor ganti filter dan gasket matic, ga ada oli toyota dikasih oli honda cvtf katanya sama kok

Saya pakai sampai sekarang normal lebih gesit juga, lebih baik kuras lagi atau gimana ya?

Terima kasih
Hmmm sebetulnya lebih cocok kalo sesama cvt di honda pakenya HCF2. Honda cvtf biasanya buat jazz gd cvt yang jadul jadul, sdgkan cvt honda zaman now macam crv turbo, mobilio, brio, dkk pakenya HCF2

Saran saya sih flush aja buat long term nya, kalo budget tipis bisa pake aisin cfex, kalo mau yang lebih enak ya ptt automat CVT

Sekian
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

odading0920 wrote: Mon Sep 28, 2020 5:44
DOHC wrote:
odading0920 wrote: Mon Sep 28, 2020 4:42 Iya cvtf, bengkelnya cuma bilang saya jamin biasa kok pakai

Soalnya ga ada bengkel yang berani bongkar matic ganti filter dan untuk kuras oli juga tidak ada yang bisa daerah tangerang

Kira-kira ada saran tidak bengkelnya yang bisa kuras oli matic alphard? Dan pakai oli toyota cvt fe tidak apa? Karena setau saya pakainya toyota ct

O iya cc apaan ya? Catalyst? Alphard tahun 2010

Terima kasih

Ohh my bad

Maksud saya TC, torque converter

Bengkel nya ga bisa ganti filter atf ? Selamat om, anda telah salah masuk bengkel

Di SM ad 2 user yg punya bengkel d tangsel sana, coba aj om tanya mbah Marmut (garasi 58) atau mbah bebonk (autocartrix)..
Iya sudah 5 bengkel ( oli dan umum), cuma bisa ganti oli saja beberapa liter karena alphard ga ada dipnya ga berani ganti filter matic dan tidak bisa kuras

Iya setau saya alphard ada tc, cuma saya bingung cari referensi lagi tc kebanyakan ada di matic biasa kalau cvt hanya belt jadi ya terima kata-kata bengkel yang berani bongkar pasang saja daripada bocor terus oli maticnya
Matic cvt (umumnya ad) pake TC om.. jd slaen belt, mreka jg pake TC.. kcuali matic honda cvt gen pertama, itu ga pake TC.. tp honda yg gen earth dream cvt ud smuanya pake TC.. makanya td saya blg honda cvtf ama hcf2 aj beda.. cvtf utk yg non TC gen pertama.. kl cvt aisin di toyota kayanya smua pake TC

Mmg d body gearbox ga ad tulisan apa2 om ? Atau bawa aj ke beres, mustinya mreka bisa
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
odading0920
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Sun Sep 20, 2020 16:22
Location: Indonesia
Daily Vehicle: vellfire

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by odading0920 »


Mrvin wrote:
odading0920 wrote: Mon Sep 28, 2020 3:49 Halo om-om, oli matic untuk alphard 2,4 cvt apa ya?

Gara-gara bocor ganti filter dan gasket matic, ga ada oli toyota dikasih oli honda cvtf katanya sama kok

Saya pakai sampai sekarang normal lebih gesit juga, lebih baik kuras lagi atau gimana ya?

Terima kasih
Hmmm sebetulnya lebih cocok kalo sesama cvt di honda pakenya HCF2. Honda cvtf biasanya buat jazz gd cvt yang jadul jadul, sdgkan cvt honda zaman now macam crv turbo, mobilio, brio, dkk pakenya HCF2

Saran saya sih flush aja buat long term nya, kalo budget tipis bisa pake aisin cfex, kalo mau yang lebih enak ya ptt automat CVT

Sekian
Sesuai pemikiran saya yang browsing terus perbedaan 2 oli itu, tapi dia selalu bilang ya bedanya cvtf buat mobil lama dan hcf2 baru

Saya rada kesel pas itu dan cari bengkel yang bisa benerin susah bahkan bengkel resmi jadi terpaksa sampai ditanya berulang kali supaya kalau ada masalah ada jaminan

Iya mau kuras, tapi lagi cari bengkel yang bisa kuras dan nentuin berapa banyak olinya rata-rata pada nolak bahkan bengkel resmi dan langganan cuma bisa ganti beberapa liter
odading0920
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Sun Sep 20, 2020 16:22
Location: Indonesia
Daily Vehicle: vellfire

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by odading0920 »


DOHC wrote:
odading0920 wrote: Mon Sep 28, 2020 5:44
DOHC wrote:
Ohh my bad

Maksud saya TC, torque converter

Bengkel nya ga bisa ganti filter atf ? Selamat om, anda telah salah masuk bengkel

Di SM ad 2 user yg punya bengkel d tangsel sana, coba aj om tanya mbah Marmut (garasi 58) atau mbah bebonk (autocartrix)..
Iya sudah 5 bengkel ( oli dan umum), cuma bisa ganti oli saja beberapa liter karena alphard ga ada dipnya ga berani ganti filter matic dan tidak bisa kuras

Iya setau saya alphard ada tc, cuma saya bingung cari referensi lagi tc kebanyakan ada di matic biasa kalau cvt hanya belt jadi ya terima kata-kata bengkel yang berani bongkar pasang saja daripada bocor terus oli maticnya
Matic cvt (umumnya ad) pake TC om.. jd slaen belt, mreka jg pake TC.. kcuali matic honda cvt gen pertama, itu ga pake TC.. tp honda yg gen earth dream cvt ud smuanya pake TC.. makanya td saya blg honda cvtf ama hcf2 aj beda.. cvtf utk yg non TC gen pertama.. kl cvt aisin di toyota kayanya smua pake TC

Mmg d body gearbox ga ad tulisan apa2 om ? Atau bawa aj ke beres, mustinya mreka bisa
Iya sebelumnya pas dikasih tau mau pakai oli cvtf saya sempat browsing, sudah tau bedanya. Tapi pas saya cocokin dengan key tc alphard dapatnya hanya at biasa, mungkij efek jarang yang pakai alphard urus sendiri jadi minim informasi di internet

Di tempat masukin olinya ada dicek cuma lupa apa tulisannya intinya jadi pilih cvt, udah 3 beres pada bingung padahal sudah saya tungguin biar mereka cari referensi atau mikir dulu untuk jawab alphard bisa kuras oli matic ga, ganti filter matic, dan cara ukur olinya
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

odading0920 wrote: Mon Sep 28, 2020 11:32
DOHC wrote:
odading0920 wrote: Mon Sep 28, 2020 5:44 Iya sudah 5 bengkel ( oli dan umum), cuma bisa ganti oli saja beberapa liter karena alphard ga ada dipnya ga berani ganti filter matic dan tidak bisa kuras

Iya setau saya alphard ada tc, cuma saya bingung cari referensi lagi tc kebanyakan ada di matic biasa kalau cvt hanya belt jadi ya terima kata-kata bengkel yang berani bongkar pasang saja daripada bocor terus oli maticnya
Matic cvt (umumnya ad) pake TC om.. jd slaen belt, mreka jg pake TC.. kcuali matic honda cvt gen pertama, itu ga pake TC.. tp honda yg gen earth dream cvt ud smuanya pake TC.. makanya td saya blg honda cvtf ama hcf2 aj beda.. cvtf utk yg non TC gen pertama.. kl cvt aisin di toyota kayanya smua pake TC

Mmg d body gearbox ga ad tulisan apa2 om ? Atau bawa aj ke beres, mustinya mreka bisa
Iya sebelumnya pas dikasih tau mau pakai oli cvtf saya sempat browsing, sudah tau bedanya. Tapi pas saya cocokin dengan key tc alphard dapatnya hanya at biasa, mungkij efek jarang yang pakai alphard urus sendiri jadi minim informasi di internet

Di tempat masukin olinya ada dicek cuma lupa apa tulisannya intinya jadi pilih cvt, udah 3 beres pada bingung padahal sudah saya tungguin biar mereka cari referensi atau mikir dulu untuk jawab alphard bisa kuras oli matic ga, ganti filter matic, dan cara ukur olinya
Beres binggung ?? uda biasa itu, ngisi atf ANKI reborn aj mreka binggung

nehh ad video cara ganti filter, ama ngisi atf nya alphard om, itu cvt k111.. kmungkinan masi mirip2 ama cvt alphard om

https://www.youtube.com/watch?v=WqaynI2tDjk

buka oil pan, cabut filter lama, ganti filter baru, skalian buang atf yg stuck di valve body, lalu pasang lg oil pan nya... isi atf kira2 5-6 literan, panasin mesin, sambil idle, buka baut cek level atf nya, buang yg kelebihan.. done !!

intinya, perlu cari bengkel yg punya scanner utk baca suhu atf, krn cek level atf nya harus di suhu 40 derajat..

cara nya sebenernya mirip ama cek atf anki atau anf.. cuman yahh begitulah kualitas sdm beres sini, harap maklum
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
odading0920
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Sun Sep 20, 2020 16:22
Location: Indonesia
Daily Vehicle: vellfire

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by odading0920 »

DOHC wrote:
odading0920 wrote: Mon Sep 28, 2020 11:32
DOHC wrote: Matic cvt (umumnya ad) pake TC om.. jd slaen belt, mreka jg pake TC.. kcuali matic honda cvt gen pertama, itu ga pake TC.. tp honda yg gen earth dream cvt ud smuanya pake TC.. makanya td saya blg honda cvtf ama hcf2 aj beda.. cvtf utk yg non TC gen pertama.. kl cvt aisin di toyota kayanya smua pake TC

Mmg d body gearbox ga ad tulisan apa2 om ? Atau bawa aj ke beres, mustinya mreka bisa
Iya sebelumnya pas dikasih tau mau pakai oli cvtf saya sempat browsing, sudah tau bedanya. Tapi pas saya cocokin dengan key tc alphard dapatnya hanya at biasa, mungkij efek jarang yang pakai alphard urus sendiri jadi minim informasi di internet

Di tempat masukin olinya ada dicek cuma lupa apa tulisannya intinya jadi pilih cvt, udah 3 beres pada bingung padahal sudah saya tungguin biar mereka cari referensi atau mikir dulu untuk jawab alphard bisa kuras oli matic ga, ganti filter matic, dan cara ukur olinya
Beres binggung ?? uda biasa itu, ngisi atf ANKI reborn aj mreka binggung

nehh ad video cara ganti filter, ama ngisi atf nya alphard om, itu cvt k111.. kmungkinan masi mirip2 ama cvt alphard om

https://www.youtube.com/watch?v=WqaynI2tDjk

buka oil pan, cabut filter lama, ganti filter baru, skalian buang atf yg stuck di valve body, lalu pasang lg oil pan nya... isi atf kira2 5-6 literan, panasin mesin, sambil idle, buka baut cek level atf nya, buang yg kelebihan.. done !!

intinya, perlu cari bengkel yg punya scanner utk baca suhu atf, krn cek level atf nya harus di suhu 40 derajat..

cara nya sebenernya mirip ama cek atf anki atau anf.. cuman yahh begitulah kualitas sdm beres sini, harap maklum
Iya saya cari di internet susah, nemu yang luar kebanyakan pakai alat saya kira di beres bisa taunya ga ngerti juga padahal sudah saya bantu emang ga ada alatnya pakai computer cek odb atau apa gitu hahaha

Sama persis, berarti saya harus ganti gasketnya lagi ya? Ini filter dan gasketnya sudah diganti baru padahal, cuma olinya saja honda cvtf

Rasa sih enak banget ga kayak awal seperti bawa fortuner, padahal fortuner sampai 100k masih aman pemakaian normal sih 11 tahun baru inisiatif ganti sendiri olinya cuma adanya shell di bengkel langganan
Herrianto
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Sun Aug 23, 2020 2:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Herrianto »

DOHC wrote: Mon Sep 28, 2020 13:32
odading0920 wrote: Mon Sep 28, 2020 11:32
DOHC wrote:
Beres binggung ?? uda biasa itu, ngisi atf ANKI reborn aj mreka binggung

nehh ad video cara ganti filter, ama ngisi atf nya alphard om, itu cvt k111.. kmungkinan masi mirip2 ama cvt alphard om

https://www.youtube.com/watch?v=WqaynI2tDjk

buka oil pan, cabut filter lama, ganti filter baru, skalian buang atf yg stuck di valve body, lalu pasang lg oil pan nya... isi atf kira2 5-6 literan, panasin mesin, sambil idle, buka baut cek level atf nya, buang yg kelebihan.. done !!

intinya, perlu cari bengkel yg punya scanner utk baca suhu atf, krn cek level atf nya harus di suhu 40 derajat..

cara nya sebenernya mirip ama cek atf anki atau anf.. cuman yahh begitulah kualitas sdm beres sini, harap maklum
Kalau ngomong Reborn jadi ingat mobil Bos saya, Reborn bensin waktu jaman Reborn awal-awal keluar.
Baru jalan seribu lebih, gearbox nya udah jedug-jedug. Komplain ke beres, dibilangnya mesti nginep semingguan, kemungkinannya ada cacat di gearbox, walaahhh.... :big_dunno: Waktu itu memang ramai keluhan New Innova & New Fortuner banyak yang bermasalah di gearbox nya.
Karena ogah nginepin mobil sampai seminggu lebih, akhirnya coba bawa ke Toda yang di Cideng. Dicek sama montirnya (ngolong ke bawah), katanya kemungkinan ATF nya kurang sekitar 1,5 liter :ungg:
Ya udah sekalian kuras, isi pakai Toyota WS. Sampai sekarang sudah jalan hampir 40ribu km masih aman tanpa kendala :big_grin:
Waktu itu saya ingat ATF yang keluar dari gearbox warnanya udah coklat butek, padahal mobil jalannya juga belum nyampe 2000km.

Regards,
Herrianto.
deimosh
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Fri Jul 19, 2019 2:52
Location: jakarta
Daily Vehicle: HRV

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by deimosh »

pagi suhu mau nanya , oli gardan anki diesel matic berapa lama yaa pemakain KM nya. soalnya kalo setiap transmisi ke R lepas rem suka ada bunyi deg dulu tapi pas awal dari n ke R aja. apakah ini penyebab gardan atau emang harus ganti oli ATF yaa. atau emang udah saatnya flushin oli atf ?

OLI atf si anki merk apa yaa yang sesuai budget kisaran 80 - 100 per liter. PTT ? atau ada saran lain.

makasih SM.
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3939
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by yanuarra »

Kemasan 2020 dan 2019 :mky_04:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2922
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by josomba »

yanuarra wrote: Sat Oct 03, 2020 10:12 Kemasan 2020 dan 2019 :mky_04:
Screenshot_20201003-191408_Gallery.jpg
Pantesan .... Kemaren cfex, pas dateng owe bingung, perasaan di tempat mbah marmut botolnya ga kek gini
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
Mrvin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 182
Joined: Tue Dec 29, 2015 1:59

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Mrvin »

deimosh wrote: Thu Oct 01, 2020 5:43 pagi suhu mau nanya , oli gardan anki diesel matic berapa lama yaa pemakain KM nya. soalnya kalo setiap transmisi ke R lepas rem suka ada bunyi deg dulu tapi pas awal dari n ke R aja. apakah ini penyebab gardan atau emang harus ganti oli ATF yaa. atau emang udah saatnya flushin oli atf ?

OLI atf si anki merk apa yaa yang sesuai budget kisaran 80 - 100 per liter. PTT ? atau ada saran lain.

makasih SM.
Mungkin atf nya udh jelek atau berkurang

Biasanya anki/anf mulai jelek atf nya di sekitar 15rb km an

The best yang cocok buat 2gd yang tahan panas ya ptt automat LV1 sih
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

yanuarra wrote: Sat Oct 03, 2020 10:12 Kemasan 2020 dan 2019 :mky_04:
Aisin nihon ??

Bukannya isinya buatan Kixx korea yah ?
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3939
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by yanuarra »

DOHC wrote: Sun Oct 04, 2020 3:06
yanuarra wrote: Sat Oct 03, 2020 10:12 Kemasan 2020 dan 2019 :mky_04:
Aisin nihon ??

Bukannya isinya buatan Kixx korea yah ?
Ngga tau mbah... ganti kemasan doang atau ganti vendor kurang paham :big_biglaugh:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

yanuarra wrote: Sun Oct 04, 2020 3:57
DOHC wrote: Sun Oct 04, 2020 3:06
yanuarra wrote: Sat Oct 03, 2020 10:12 Kemasan 2020 dan 2019 :mky_04:
Aisin nihon ??

Bukannya isinya buatan Kixx korea yah ?
Ngga tau mbah... ganti kemasan doang atau ganti vendor kurang paham :big_biglaugh:
Itu stiker2 putih nya coba aj dikletekin mbah, ntar kliatan d buatan mana
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3939
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by yanuarra »

DOHC wrote: Sun Oct 04, 2020 4:00
yanuarra wrote: Sun Oct 04, 2020 3:57
DOHC wrote: Sun Oct 04, 2020 3:06

Aisin nihon ??

Bukannya isinya buatan Kixx korea yah ?
Ngga tau mbah... ganti kemasan doang atau ganti vendor kurang paham :big_biglaugh:
Itu stiker2 putih nya coba aj dikletekin mbah, ntar kliatan d buatan mana
Terjawab mbah :mky_02:
IMG_20201004_111458.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

yanuarra wrote: Sun Oct 04, 2020 4:15
DOHC wrote: Sun Oct 04, 2020 4:00
yanuarra wrote: Sun Oct 04, 2020 3:57

Ngga tau mbah... ganti kemasan doang atau ganti vendor kurang paham :big_biglaugh:
Itu stiker2 putih nya coba aj dikletekin mbah, ntar kliatan d buatan mana
Terjawab mbah :mky_02:
IMG_20201004_111458.jpg
Sudah kuduga :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
johnrowe
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Tue Jun 23, 2020 12:17
Location: Barking, UK
Daily Vehicle: audi

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by johnrowe »

Om Turbo, a couple of months prior I changed the LC move oil, the specs requested GL3 75W-90, purchased the oil, and was given the GL4 80W-90 manual transmission oil, since, in such a case that the LV75W isn't appropriate and LV75W is reasonable for the most recent vehicle, is that genuine uncle and what isn't an issue over the long haul by utilizing an oil that is somewhat thicker than determination.


Regards,
Apex Auto Parts
User avatar
gentongxz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 733
Joined: Sat Sep 19, 2015 17:13

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by gentongxz »

maaf kalo salah kamar..,gimana cara cari forum sekitar koil mobil yha? atau ada linknya..,mau tanya seputarn koil innova,makasih. (di cari di search keluarnya coil /per). :big_childish:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by maastricht889 »

gentongxz wrote: Wed Oct 07, 2020 11:00 maaf kalo salah kamar..,gimana cara cari forum sekitar koil mobil yha? atau ada linknya..,mau tanya seputarn koil innova,makasih. (di cari di search keluarnya coil /per). :big_childish:
Ada masalah apa om koil innovanya? Kemarin sy kebetulan br ganti koil di innova bengsin, kena 2 biji sy ganti semua. Gejalanya mobil kaya limp mode, cm bisa jalan pelan sama mesin pincang2 ape bodi goyang2 hebat kemarin. Innova E MT 2010, km 156rb. Busi jg ganti semuanya, kejadian 2 minggu lalu
User avatar
gentongxz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 733
Joined: Sat Sep 19, 2015 17:13

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by gentongxz »

erwinign wrote: Wed Oct 07, 2020 11:05
gentongxz wrote: Wed Oct 07, 2020 11:00 maaf kalo salah kamar..,gimana cara cari forum sekitar koil mobil yha? atau ada linknya..,mau tanya seputarn koil innova,makasih. (di cari di search keluarnya coil /per). :big_childish:
Ada masalah apa om koil innovanya? Kemarin sy kebetulan br ganti koil di innova bengsin, kena 2 biji sy ganti semua. Gejalanya mobil kaya limp mode, cm bisa jalan pelan sama mesin pincang2 ape bodi goyang2 hebat kemarin. Innova E MT 2010, km 156rb. Busi jg ganti semuanya, kejadian 2 minggu lalu
mesinnya kayak bergetar gitu..,tenaga pincang..,tadi sdh ganti 4 busi,bersihkan throtel body..,dan cek sendir 4 koilnya..
yg no 3 di cabut responnya kecil..,yg 3 lagi responnya besar..( responnya seperti pas di cabut dia bergetar makin kuat,pas di colok lagi getarannya berkurang) nah yg no 3 gak gitu .
dan mau tanya kodenya kan 90919-t2001 apa harus sama semua?
dan saya lihat harganya kok ada yg 200 ampe 1 jutaan.., mrk bilang ori 300ribuan dan 200rban..made in indonesia..,ada juga ex jepang dan singapore 240rb juga.jadi bagusnya gimana?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

gentongxz wrote: Wed Oct 07, 2020 11:09
erwinign wrote: Wed Oct 07, 2020 11:05
gentongxz wrote: Wed Oct 07, 2020 11:00 maaf kalo salah kamar..,gimana cara cari forum sekitar koil mobil yha? atau ada linknya..,mau tanya seputarn koil innova,makasih. (di cari di search keluarnya coil /per). :big_childish:
Ada masalah apa om koil innovanya? Kemarin sy kebetulan br ganti koil di innova bengsin, kena 2 biji sy ganti semua. Gejalanya mobil kaya limp mode, cm bisa jalan pelan sama mesin pincang2 ape bodi goyang2 hebat kemarin. Innova E MT 2010, km 156rb. Busi jg ganti semuanya, kejadian 2 minggu lalu
mesinnya kayak bergetar gitu..,tenaga pincang..,tadi sdh ganti 4 busi,bersihkan throtel body..,dan cek sendir 4 koilnya..
yg no 3 di cabut responnya kecil..,yg 3 lagi responnya besar..( responnya seperti pas di cabut dia bergetar makin kuat,pas di colok lagi getarannya berkurang) nah yg no 3 gak gitu .
dan mau tanya kodenya kan 90919-t2001 apa harus sama semua?
dan saya lihat harganya kok ada yg 200 ampe 1 jutaan.., mrk bilang ori 300ribuan dan 200rban..made in indonesia..,ada juga ex jepang dan singapore 240rb juga.jadi bagusnya gimana?
Lah bahkan yg ori innova reborn aj made in indonesia koq

Ikutin aj nomer parts yg sama ama bawaan mobil, trus cari yg denso indonesia
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
gentongxz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 733
Joined: Sat Sep 19, 2015 17:13

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by gentongxz »

DOHC wrote: Wed Oct 07, 2020 11:53
gentongxz wrote: Wed Oct 07, 2020 11:09
erwinign wrote: Wed Oct 07, 2020 11:05

Ada masalah apa om koil innovanya? Kemarin sy kebetulan br ganti koil di innova bengsin, kena 2 biji sy ganti semua. Gejalanya mobil kaya limp mode, cm bisa jalan pelan sama mesin pincang2 ape bodi goyang2 hebat kemarin. Innova E MT 2010, km 156rb. Busi jg ganti semuanya, kejadian 2 minggu lalu
mesinnya kayak bergetar gitu..,tenaga pincang..,tadi sdh ganti 4 busi,bersihkan throtel body..,dan cek sendir 4 koilnya..
yg no 3 di cabut responnya kecil..,yg 3 lagi responnya besar..( responnya seperti pas di cabut dia bergetar makin kuat,pas di colok lagi getarannya berkurang) nah yg no 3 gak gitu .
dan mau tanya kodenya kan 90919-t2001 apa harus sama semua?
dan saya lihat harganya kok ada yg 200 ampe 1 jutaan.., mrk bilang ori 300ribuan dan 200rban..made in indonesia..,ada juga ex jepang dan singapore 240rb juga.jadi bagusnya gimana?
Lah bahkan yg ori innova reborn aj made in indonesia koq

Ikutin aj nomer parts yg sama ama bawaan mobil, trus cari yg denso indonesia
Pak DOCH tadi ada tanya ke tokopedia..,dia bilang t2001 produk lama ..dan bisa di pakai t2008.., link ini https://www.t*k*pedia.com/bengkelparts/coil-kijang-innova-fortuner-hilux ..,gimana menurut Pak DOCH kalo ok saya ambil neh besok thu barang.. :big_grin:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

gentongxz wrote: Wed Oct 07, 2020 11:09
erwinign wrote: Wed Oct 07, 2020 11:05
gentongxz wrote: Wed Oct 07, 2020 11:00 maaf kalo salah kamar..,gimana cara cari forum sekitar koil mobil yha? atau ada linknya..,mau tanya seputarn koil innova,makasih. (di cari di search keluarnya coil /per). :big_childish:
Ada masalah apa om koil innovanya? Kemarin sy kebetulan br ganti koil di innova bengsin, kena 2 biji sy ganti semua. Gejalanya mobil kaya limp mode, cm bisa jalan pelan sama mesin pincang2 ape bodi goyang2 hebat kemarin. Innova E MT 2010, km 156rb. Busi jg ganti semuanya, kejadian 2 minggu lalu
mesinnya kayak bergetar gitu..,tenaga pincang..,tadi sdh ganti 4 busi,bersihkan throtel body..,dan cek sendir 4 koilnya..
yg no 3 di cabut responnya kecil..,yg 3 lagi responnya besar..( responnya seperti pas di cabut dia bergetar makin kuat,pas di colok lagi getarannya berkurang) nah yg no 3 gak gitu .
dan mau tanya kodenya kan 90919-t2001 apa harus sama semua?
dan saya lihat harganya kok ada yg 200 ampe 1 jutaan.., mrk bilang ori 300ribuan dan 200rban..made in indonesia..,ada juga ex jepang dan singapore 240rb juga.jadi bagusnya gimana?
kl sy ga mau beli 2x krn kena zonk apalagi ini electrical component, ecu controlled, important dan long lasting. jd sy pasti belinya genuine part di bengkel resmi.
User avatar
gentongxz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 733
Joined: Sat Sep 19, 2015 17:13

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by gentongxz »

Omnibus wrote: Wed Oct 07, 2020 11:58
gentongxz wrote: Wed Oct 07, 2020 11:09
erwinign wrote: Wed Oct 07, 2020 11:05

Ada masalah apa om koil innovanya? Kemarin sy kebetulan br ganti koil di innova bengsin, kena 2 biji sy ganti semua. Gejalanya mobil kaya limp mode, cm bisa jalan pelan sama mesin pincang2 ape bodi goyang2 hebat kemarin. Innova E MT 2010, km 156rb. Busi jg ganti semuanya, kejadian 2 minggu lalu
mesinnya kayak bergetar gitu..,tenaga pincang..,tadi sdh ganti 4 busi,bersihkan throtel body..,dan cek sendir 4 koilnya..
yg no 3 di cabut responnya kecil..,yg 3 lagi responnya besar..( responnya seperti pas di cabut dia bergetar makin kuat,pas di colok lagi getarannya berkurang) nah yg no 3 gak gitu .
dan mau tanya kodenya kan 90919-t2001 apa harus sama semua?
dan saya lihat harganya kok ada yg 200 ampe 1 jutaan.., mrk bilang ori 300ribuan dan 200rban..made in indonesia..,ada juga ex jepang dan singapore 240rb juga.jadi bagusnya gimana?
kl sy ga mau beli 2x krn kena zonk apalagi ini electrical component, ecu controlled, important dan long lasting. jd sy pasti belinya genuine part di bengkel resmi.
di Pekanbaru 1.25 harganya pak, made in thailand katanya ( di toko spare part resmi toyota--> toko rekomendasi dari bengkel resmi) :big_think: ..,sapa tau pulau jawa lebih murah dan ada di t*k*pedia..,jadi sekalian tambah point gitu pak.. :big_blushing:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

gentongxz wrote: Wed Oct 07, 2020 12:02
Omnibus wrote: Wed Oct 07, 2020 11:58
gentongxz wrote: Wed Oct 07, 2020 11:09

mesinnya kayak bergetar gitu..,tenaga pincang..,tadi sdh ganti 4 busi,bersihkan throtel body..,dan cek sendir 4 koilnya..
yg no 3 di cabut responnya kecil..,yg 3 lagi responnya besar..( responnya seperti pas di cabut dia bergetar makin kuat,pas di colok lagi getarannya berkurang) nah yg no 3 gak gitu .
dan mau tanya kodenya kan 90919-t2001 apa harus sama semua?
dan saya lihat harganya kok ada yg 200 ampe 1 jutaan.., mrk bilang ori 300ribuan dan 200rban..made in indonesia..,ada juga ex jepang dan singapore 240rb juga.jadi bagusnya gimana?
kl sy ga mau beli 2x krn kena zonk apalagi ini electrical component, ecu controlled, important dan long lasting. jd sy pasti belinya genuine part di bengkel resmi.
di Pekanbaru 1.25 harganya pak, made in thailand katanya ( di toko spare part resmi toyota--> toko rekomendasi dari bengkel resmi) :big_think:
yg genuine memang sering kali mahal. tapi jaminan mutu.

coil toyota ada 4 pin di kabel soketnya, artinya ada signal IgF yg kasih feedback ke ecu kl busi sdh ignite dgn betul. kl pakai coil yg abal2 ga ada jaminan ecu ga akan ngaco, bahkan bukan tdk mungkin merembet.

beli di bengkel resmi, kl ga ready stock suruh mrk indent ke TAM. beli di toko spare part paling amsiong bayar harga genuine dapatnya parts abal2.