Oli Gardan dan Transmisi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11336
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote: Wed Jul 15, 2020 2:57
________________________________________________________________

By the way kmrn ganti lendir matic Honda mobilio,
pakai CTVF Honda HCF-2 di beres soe-ta bandung.

harga lendirnya di beres murah banget, relatif lbh murah dibanding toko2 online yg jual perlendiran :mky_01:

tuang 3.4 liter dgn interval ganti 2 thn / 20rb KM
hasilnya josssss, lbh responsif, toel dikit gasnya udh meluncur.

jadi sebetulnya spec ATF bawaan beres udh cukup, yg penti gantinya lbh sering aja.
insya Allah awet.

lbh bagus lagi klo tiap 2x ganti oli mesin, juga ganti CVTF, jadi filter ATFnya jg lbh awet dan gak cepat kotor.

Dgn gas toel dikit udh jalan, mesin pun lbh efisien, apalagi lendir mesin pake Q8 0W20, maknyusss :big_grin:
emang enak ya .... sy jg pikir udah cukup kualitasnya hcf2 ahond itu. makanya penasaran sm yg pake merk lain. amsoil cvt jg masuk spec selain aisin cfex.

perlu summon Om @Indeskey testinya gmn yg pake cfex. bedanya signifikan ngga.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by evanbngdor »

Omnibus wrote: Wed Jul 15, 2020 5:01
evanbngdor wrote: Wed Jul 15, 2020 4:45
kompresorz wrote: Wed Jul 15, 2020 3:08


transmisi kijang n fortuner sering sifting ky film fas furius sambil mentokin spido awet aja tuh....dengan modif lipatin tenaga mesin...
kadang bawa batu...gak kdodoran tuh...

berarti emang transmisi kuat...


kijang dilawan...tiada 2 nya....



:ngacir:
Kalo AT nya sih aman Om, karena masih diprotect sama komputer shiftingnya. Temen saya jg nyetir AT ala2 MT, dari L dulu sampe redline abis itu oper ke 2. Tp kalo shifting MT nya kayak film2 mah paling lama setahun jg minimal kopling jebol itu
:mky_04:
mending kopling jebol, synchromesh rontok om wkwkwk

apalagi pas ngoper nyangkut dulu kreekkk krrreeekkk hahahaha

that's the beauty of MT. pake MT ga seru kl ga gaya FnF
Iya minimal kopling jebol kan saya bilang. Kalo shiftingnya akurat kayak robot sih ngga akan sampe bunyi krekkkkkkkk
:mky_01:

OOT Dikit, Karimun AGS itu koplingnya juga boros ternyata. Banyak yg ngalamin kopling udah minta ganti di KM 20rb. Gejala nya geter2 waktu start/ shifting, selain itu juga pas shifting jdnya kasar.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

kompresorz wrote: Wed Jul 15, 2020 3:08
evanbngdor wrote: Wed Jul 15, 2020 2:41

Kalo mau bener2 bersih sih begitu oli lama dibuang sampe habis, tuang oli baru kira-kira 0,5 liter biarin aja ngalir jd kayak sirkulasi. Setelah itu baru diisi lg.

Seumur2 sih saya ngga pernah ada masalah sama transmisi, perawatannya ya sederhana aja, ganti oli transmisi tiap 20rb km atau maksimal setahun, sama shiftingnya ya jangan kayak di film fast&furious
:mky_01:

transmisi kijang n fortuner sering sifting ky film fas furius sambil mentokin spido awet aja tuh....dengan modif lipatin tenaga mesin...
kadang bawa batu...gak kdodoran tuh...

berarti emang transmisi kuat...


kijang dilawan...tiada 2 nya....



:ngacir:
Kijang mah kuat, d amrik sana transmisi nya dipake d tacoma atai tundra.. buat narik2 perahu atau bawa material sambil lari2 d jalan tol panjang2.. gapapa

Kl cuman sekedar buat jalan2 cantik d dalem kota mah entenggg
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by benzz89 »

DOHC wrote:
kompresorz wrote: Wed Jul 15, 2020 3:08
evanbngdor wrote: Wed Jul 15, 2020 2:41

Kalo mau bener2 bersih sih begitu oli lama dibuang sampe habis, tuang oli baru kira-kira 0,5 liter biarin aja ngalir jd kayak sirkulasi. Setelah itu baru diisi lg.

Seumur2 sih saya ngga pernah ada masalah sama transmisi, perawatannya ya sederhana aja, ganti oli transmisi tiap 20rb km atau maksimal setahun, sama shiftingnya ya jangan kayak di film fast&furious
:mky_01:

transmisi kijang n fortuner sering sifting ky film fas furius sambil mentokin spido awet aja tuh....dengan modif lipatin tenaga mesin...
kadang bawa batu...gak kdodoran tuh...

berarti emang transmisi kuat...


kijang dilawan...tiada 2 nya....



:ngacir:
Kijang mah kuat, d amrik sana transmisi nya dipake d tacoma atai tundra.. buat narik2 perahu atau bawa material sambil lari2 d jalan tol panjang2.. gapapa

Kl cuman sekedar buat jalan2 cantik d dalem kota mah entenggg
Jadi bijimane Om kelep, Aisin Warner A 340 apakah bisa nyampe gopek ceng kilometer umurnya kah?

Asumsi + ATF cooler + ATF keraton + sering2 ganti ATF & strainernya nya + angkut2 batu kaya mobilnya Om Kompre + pedal to kampret? [emoji1]
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11336
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

benzz89 wrote: Wed Jul 15, 2020 9:35
DOHC wrote:
kompresorz wrote: Wed Jul 15, 2020 3:08


transmisi kijang n fortuner sering sifting ky film fas furius sambil mentokin spido awet aja tuh....dengan modif lipatin tenaga mesin...
kadang bawa batu...gak kdodoran tuh...

berarti emang transmisi kuat...


kijang dilawan...tiada 2 nya....



:ngacir:
Kijang mah kuat, d amrik sana transmisi nya dipake d tacoma atai tundra.. buat narik2 perahu atau bawa material sambil lari2 d jalan tol panjang2.. gapapa

Kl cuman sekedar buat jalan2 cantik d dalem kota mah entenggg
Jadi bijimane Om kelep, Aisin Warner A 340 apakah bisa nyampe gopek ceng kilometer umurnya kah?

Asumsi + ATF cooler + ATF keraton + sering2 ganti ATF & strainernya nya + angkut2 batu kaya mobilnya Om Kompre + pedal to kampret? [emoji1]
built like a tank

200 tahun jg ga rusak2 om :mky_02: :big_biglaugh:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

benzz89 wrote: Wed Jul 15, 2020 9:35
DOHC wrote:
kompresorz wrote: Wed Jul 15, 2020 3:08


transmisi kijang n fortuner sering sifting ky film fas furius sambil mentokin spido awet aja tuh....dengan modif lipatin tenaga mesin...
kadang bawa batu...gak kdodoran tuh...

berarti emang transmisi kuat...


kijang dilawan...tiada 2 nya....



:ngacir:
Kijang mah kuat, d amrik sana transmisi nya dipake d tacoma atai tundra.. buat narik2 perahu atau bawa material sambil lari2 d jalan tol panjang2.. gapapa

Kl cuman sekedar buat jalan2 cantik d dalem kota mah entenggg
Jadi bijimane Om kelep, Aisin Warner A 340 apakah bisa nyampe gopek ceng kilometer umurnya kah?

Asumsi + ATF cooler + ATF keraton + sering2 ganti ATF & strainernya nya + angkut2 batu kaya mobilnya Om Kompre + pedal to kampret? [emoji1]
Kl a340 4 speed sehh saya ga tau, tp mustinya jg kuat, dipake buat supra resing gapapa

Tp kl aisin ac60e, d forum tacoma mamarika sana ud perna ad yg report jalan 150 rebu miles, buka karter oli matic masi bersih, ga ad problem apa2

Jd yah mustinya gopeceng kilo bsa lah

Toyota getuu lohh :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by benzz89 »


DOHC wrote:
benzz89 wrote: Wed Jul 15, 2020 9:35
DOHC wrote: Kijang mah kuat, d amrik sana transmisi nya dipake d tacoma atai tundra.. buat narik2 perahu atau bawa material sambil lari2 d jalan tol panjang2.. gapapa

Kl cuman sekedar buat jalan2 cantik d dalem kota mah entenggg
Jadi bijimane Om kelep, Aisin Warner A 340 apakah bisa nyampe gopek ceng kilometer umurnya kah?

Asumsi + ATF cooler + ATF keraton + sering2 ganti ATF & strainernya nya + angkut2 batu kaya mobilnya Om Kompre + pedal to kampret? [emoji1]
Kl a340 4 speed sehh saya ga tau, tp mustinya jg kuat, dipake buat supra resing gapapa

Tp kl aisin ac60e, d forum tacoma mamarika sana ud perna ad yg report jalan 150 rebu miles, buka karter oli matic masi bersih, ga ad problem apa2

Jd yah mustinya gopeceng kilo bsa lah

Toyota getuu lohh :big_weee:
Kalo kate Om Kompre... di rudal aja masih jalan yah itu Atoyot di medan perang timur tengah sana... gopek ceng kilometer sih kayanya lewatlah itu aisin warner A340 Hahahah... [emoji1787]

Atoyot = Piece of Mind...githu lohhh [emoji6]
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11336
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

sy iseng2 bikin hitungan utk ANF atau ANKI Diesel berapa kali harus ganti ATF sampai oli baru yg beda merk contentnya bisa 100% di dalam gearbox. metode yg dipakai drain & fill dari oil pan tanpa lepas selang oil cooler. metode paling basic krn memang mau nyantai DIY nya. hasilnya kl mau mendekati 100% oli baru masuk di gearbox harus 12x ganti, ya tentu ini dgn penggantian ke-5 dan seterusnya sudah menjadi diminishing returns alias penambahan content oli baru di gearbox sdh semakin kecil sehingga cost-benefit ratio nya sdh less desirable. target sy hanya 4x ganti dlm interval 2k km yg hasil akhirnya ada kira2 84% oli baru di dalam gearbox dgn total yg diperlukan 14 liter oli baru. hari ini baru beres mengerjakan yg ke 3 jadi baru ada kira2 75% content oli baru di gearbox.

ini cuma iseng2 aja sekalian sharing siapa tau ada yg kepingin tau khususnya yg biasa ganti ATF dgn metode manual spt sy. :big_smoking:

New Oil Content ATF Fortuner.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by benzz89 »


Omnibus wrote:sy iseng2 bikin hitungan utk ANF atau ANKI Diesel berapa kali harus ganti ATF sampai oli baru yg beda merk contentnya bisa 100% di dalam gearbox. metode yg dipakai drain & fill dari oil pan tanpa lepas selang oil cooler. metode paling basic krn memang mau nyantai DIY nya. hasilnya kl mau mendekati 100% oli baru masuk di gearbox harus 12x ganti, ya tentu ini dgn penggantian ke-5 dan seterusnya sudah menjadi diminishing returns alias penambahan content oli baru di gearbox sdh semakin kecil sehingga cost-benefit ratio nya sdh less desirable. target sy hanya 4x ganti dlm interval 2k km yg hasil akhirnya ada kira2 84% oli baru di dalam gearbox dgn total yg diperlukan 14 liter oli baru. hari ini baru beres mengerjakan yg ke 3 jadi baru ada kira2 75% content oli baru di gearbox.

ini cuma iseng2 aja sekalian sharing siapa tau ada yg kepingin tau khususnya yg biasa ganti ATF dgn metode manual spt sy. :big_smoking:

New Oil Content ATF Fortuner.jpg
Set deh 14 liter oli baru... gak salah kata suhu Bebong pernah inform bahwa kalau benar2 mau 100% baru itu oli ATF nya tanpa kecampur2 ama oli lama yah segituan juga habisnya.

Kalau begini mah ANF Om Omni yang tadinya mau dipakai sampai 30 taon bisa mundur lagi jadi 60 taon... kaga rusak2 itu maticnya & banyak pabrik mobil pada tutup.

Mana minumnya Amsoil lagi itu matic... weleh... weleh... weleh... lebih mihul dari red wine & anggur tjap orang tua nya Om Kompre [emoji28]
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11336
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

benzz89 wrote: Thu Jul 16, 2020 3:43
Omnibus wrote:sy iseng2 bikin hitungan utk ANF atau ANKI Diesel berapa kali harus ganti ATF sampai oli baru yg beda merk contentnya bisa 100% di dalam gearbox. metode yg dipakai drain & fill dari oil pan tanpa lepas selang oil cooler. metode paling basic krn memang mau nyantai DIY nya. hasilnya kl mau mendekati 100% oli baru masuk di gearbox harus 12x ganti, ya tentu ini dgn penggantian ke-5 dan seterusnya sudah menjadi diminishing returns alias penambahan content oli baru di gearbox sdh semakin kecil sehingga cost-benefit ratio nya sdh less desirable. target sy hanya 4x ganti dlm interval 2k km yg hasil akhirnya ada kira2 84% oli baru di dalam gearbox dgn total yg diperlukan 14 liter oli baru. hari ini baru beres mengerjakan yg ke 3 jadi baru ada kira2 75% content oli baru di gearbox.

ini cuma iseng2 aja sekalian sharing siapa tau ada yg kepingin tau khususnya yg biasa ganti ATF dgn metode manual spt sy. :big_smoking:


New Oil Content ATF Fortuner.jpg
Set deh 14 liter oli baru... gak salah kata suhu Bebong pernah inform bahwa kalau benar2 mau 100% baru itu oli ATF nya tanpa kecampur2 ama oli lama yah segituan juga habisnya.

Kalau begini mah ANF Om Omni yang tadinya mau dipakai sampai 30 taon bisa mundur lagi jadi 60 taon... kaga rusak2 itu maticnya & banyak pabrik mobil pada tutup.

Mana minumnya Amsoil lagi itu matic... weleh... weleh... weleh... lebih mihul dari red wine & anggur tjap orang tua nya Om Kompre [emoji28]
iya habis belasan liter om. ini terakhir eksekusi hampir 5 botol. keluar 3.650 mL eh masuknya malah 3.890 mL. tambah yg terbuang 400 mL pas check bolt. :big_biglaugh:

no problemo yg penting keinginan terpenuhi. baru oli belum seberapa dibanding org yg hobinya eksotis. meskipun dimana2 yg namanya perlendiran pasti buang uang. :mky_03:

beli 6 botol sisa 1
Screenshot_20200716_114640_com.tokopedia.tkpd~2.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Thu Jul 16, 2020 4:44
benzz89 wrote: Thu Jul 16, 2020 3:43
Omnibus wrote:sy iseng2 bikin hitungan utk ANF atau ANKI Diesel berapa kali harus ganti ATF sampai oli baru yg beda merk contentnya bisa 100% di dalam gearbox. metode yg dipakai drain & fill dari oil pan tanpa lepas selang oil cooler. metode paling basic krn memang mau nyantai DIY nya. hasilnya kl mau mendekati 100% oli baru masuk di gearbox harus 12x ganti, ya tentu ini dgn penggantian ke-5 dan seterusnya sudah menjadi diminishing returns alias penambahan content oli baru di gearbox sdh semakin kecil sehingga cost-benefit ratio nya sdh less desirable. target sy hanya 4x ganti dlm interval 2k km yg hasil akhirnya ada kira2 84% oli baru di dalam gearbox dgn total yg diperlukan 14 liter oli baru. hari ini baru beres mengerjakan yg ke 3 jadi baru ada kira2 75% content oli baru di gearbox.

ini cuma iseng2 aja sekalian sharing siapa tau ada yg kepingin tau khususnya yg biasa ganti ATF dgn metode manual spt sy. :big_smoking:


New Oil Content ATF Fortuner.jpg
Set deh 14 liter oli baru... gak salah kata suhu Bebong pernah inform bahwa kalau benar2 mau 100% baru itu oli ATF nya tanpa kecampur2 ama oli lama yah segituan juga habisnya.

Kalau begini mah ANF Om Omni yang tadinya mau dipakai sampai 30 taon bisa mundur lagi jadi 60 taon... kaga rusak2 itu maticnya & banyak pabrik mobil pada tutup.

Mana minumnya Amsoil lagi itu matic... weleh... weleh... weleh... lebih mihul dari red wine & anggur tjap orang tua nya Om Kompre [emoji28]
iya habis belasan liter om. ini terakhir eksekusi hampir 5 botol. keluar 3.650 mL eh masuknya malah 3.890 mL. tambah yg terbuang 400 mL pas check bolt. :big_biglaugh:

no problemo yg penting keinginan terpenuhi. baru oli belum seberapa dibanding org yg hobinya eksotis. meskipun dimana2 yg namanya perlendiran pasti buang uang. :mky_03:

beli 6 botol sisa 1

Screenshot_20200716_114640_com.tokopedia.tkpd~2.jpg
Wakss, buka baut drain bawah skrg kluar 3.6 liter ???

Kmaren2 kan cuman 2.5an liter om ? Berarti dr pabrik tekor 1 literan donk
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11336
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Thu Jul 16, 2020 6:52
Wakss, buka baut drain bawah skrg kluar 3.6 liter ???

Kmaren2 kan cuman 2.5an liter om ? Berarti dr pabrik tekor 1 literan donk
kemaren2 emang selalu 3.5 liter om. he he he .....

mau tau caranya? tinggal dinyalain idle aja terus. nothing special, dr jaman tokisul AT keluarga ane juga begitu caranya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Thu Jul 16, 2020 11:00
DOHC wrote: Thu Jul 16, 2020 6:52
Wakss, buka baut drain bawah skrg kluar 3.6 liter ???

Kmaren2 kan cuman 2.5an liter om ? Berarti dr pabrik tekor 1 literan donk
kemaren2 emang selalu 3.5 liter om. he he he .....

mau tau caranya? tinggal dinyalain idle aja terus. nothing special, dr jaman tokisul AT keluarga ane juga begitu caranya.
Nyalain idle ??maksud nya buka baut drain sembari nyalain mesin ampe atf berenti kluar om ?
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 509
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by RezPrat »

Nanya dong Om..Kalau kuras oli matic anki diesel 2019 pakai mesin ATF changer di Shop&drive habis berapa liter Om?

Trus kira2 KM berapa bagus nya kuras? Ane rencana mau pakai PTT atau Q8
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11336
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Thu Jul 16, 2020 11:03
Omnibus wrote: Thu Jul 16, 2020 11:00
DOHC wrote: Thu Jul 16, 2020 6:52
Wakss, buka baut drain bawah skrg kluar 3.6 liter ???

Kmaren2 kan cuman 2.5an liter om ? Berarti dr pabrik tekor 1 literan donk
kemaren2 emang selalu 3.5 liter om. he he he .....

mau tau caranya? tinggal dinyalain idle aja terus. nothing special, dr jaman tokisul AT keluarga ane juga begitu caranya.
Nyalain idle ??maksud nya buka baut drain sembari nyalain mesin ampe atf berenti kluar om ?
ane PM aja om, ga enak disini ya
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11039
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

Omnibus wrote: Thu Jul 16, 2020 12:58
DOHC wrote: Thu Jul 16, 2020 11:03
Omnibus wrote: Thu Jul 16, 2020 11:00

kemaren2 emang selalu 3.5 liter om. he he he .....

mau tau caranya? tinggal dinyalain idle aja terus. nothing special, dr jaman tokisul AT keluarga ane juga begitu caranya.
Nyalain idle ??maksud nya buka baut drain sembari nyalain mesin ampe atf berenti kluar om ?
ane PM aja om, ga enak disini ya

saya juga mau di PM mbah.... nanti biaya konsultasi saya kirim lewat fax.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11336
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

marmut wrote: Thu Jul 16, 2020 13:03
Omnibus wrote: Thu Jul 16, 2020 12:58
DOHC wrote: Thu Jul 16, 2020 11:03

Nyalain idle ??maksud nya buka baut drain sembari nyalain mesin ampe atf berenti kluar om ?
ane PM aja om, ga enak disini ya

saya juga mau di PM mbah.... nanti biaya konsultasi saya kirim lewat fax.
lah kebalik.... ane yg kirim tagihannya lewat fax, si mbah kirim uangnya ke ane. enak aje ..... :mky_07:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Thu Jul 16, 2020 12:58
DOHC wrote: Thu Jul 16, 2020 11:03
Omnibus wrote: Thu Jul 16, 2020 11:00

kemaren2 emang selalu 3.5 liter om. he he he .....

mau tau caranya? tinggal dinyalain idle aja terus. nothing special, dr jaman tokisul AT keluarga ane juga begitu caranya.
Nyalain idle ??maksud nya buka baut drain sembari nyalain mesin ampe atf berenti kluar om ?
ane PM aja om, ga enak disini ya
mantepp

ta tunggu ya om

idem ama si mbah, wang nya saya kirim pake burung gereja
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
radhitya
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sat Jul 18, 2020 3:22

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by radhitya »

Dear om turbo.
Ane pengguna all new ertiga, ane bingung buat milih oli transmisi yang tepat yang competibel dg aw-1, antara q8 auto jk / q8 D VI. Berikut ane ambil dari web q8.
Q8 auto jk
Aisin Warner = jws 3309, 3324, AW-1, etc
Suzuki = 3314,3317
Q8 auto D VI
Aisin Warner = jws 3309, 3324, AW-1
Suzuki = 3309, 3317, AW-1 etc
Kira2 cocok yang mana om?
Atau ada oli yang lbh bagus utk transmisi all new ertiga?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21997
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli AT Honda crv 2013

Post by Turboman »

arielaar08 wrote:Permisi numpang tanya nih.. sy pakai honda crv tahun 2013, bulan 8 tahun 2019 lalu sempat ganti oli AT, nah trnyata bengkel nya salah kasi oli AT yg seharus nya pake ATF DW-1 malah di ksi ATF Z1 dan baru ketahuan nya hari ini karena sy blakangan ini ngrasa pas bawa mobil agak aneh, pas di gas terus di lepas pedal gas terasa spt shift down nya ada hentakan atau kurang smooth gtu, dan seperti kyk engine break gtu. Mohon pencerahan nya suhu2 sekalian.
Honda 5 AT mmg bisa pake either Z1 / DW1

pastikan aja olinya ASLI

hati2 krn HGO acdc nya bejibunnnnn
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21997
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

AGSA wrote:@om turbo: Om kalau utk toyota Harrier tua 2.400 cc thn 2008 yg perlu oli t4 mendingan ptt automat apa afw+ ya? Sama mau nanya ini cara nya gerlong gmn ya kok saya cari d youtube tdk ada apa ada nama lain utk kuras gerlong?
Kalo mau tarikan enteng ya Automat A1

Tutorial ala Gerlong ya cuman ada di SM ini, search aja pake fitur search

kalo cari di yutub ya pasti munculnya ttg area Geger Kalong......akakakkaka
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21997
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

blloewy wrote:WTA...untuk Transmisi MT.
Misalkan syarat pabrikan 75W-80 tp dikasi 85W-90 efeknya apa ya?
Lalu ada metode kuras juga kah? Kuras nya per brp rb km kalau penggantian tiap 20rb km atau 2 thn?
Krn selama ini taunya ya ganti oli MT aja, ngga paham ada kuras juga. :ungg:
awal2 ga masalah

lama2 jadi kurang enak

pengalaman dulu pernah isi 80W90 ke Trans Panther..........gak lama buang deh......akakakakak
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21997
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

radhitya wrote:Dear om turbo.
Ane pengguna all new ertiga, ane bingung buat milih oli transmisi yang tepat yang competibel dg aw-1, antara q8 auto jk / q8 D VI. Berikut ane ambil dari web q8.
Q8 auto jk
Aisin Warner = jws 3309, 3324, AW-1, etc
Suzuki = 3314,3317
Q8 auto D VI
Aisin Warner = jws 3309, 3324, AW-1
Suzuki = 3309, 3317, AW-1 etc
Kira2 cocok yang mana om?
Atau ada oli yang lbh bagus utk transmisi all new ertiga?
mau ekonomis pake aja PTT LV1

meet AW1
Screenshot_2020-07-18-13-59-31-915_com.google.android.apps.docs.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by zzzprince »

Pingin tuang ke GNKI Dono Manual bensin, ada yg pernah coba oli dibawah?

Kapasitas gardan dan transmisi brpa liter yak. Thank you
IMG_20200718_180554.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21997
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

zzzprince wrote:Pingin tuang ke GNKI Dono Manual bensin, ada yg pernah coba oli dibawah?

Kapasitas gardan dan transmisi brpa liter yak. Thank you
IMG_20200718_180554.jpg
cocok

oli gardan nya sy pake di Kijang tua
* Bukan ajakan Beli *