Over drive pada Livina

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Over drive pada Livina

Post by ichsan_n »

Isen2 aja nih, sembari nunggu livina yang KAGA TAU kapan dikirimnya.. Fungsi overdrive pada matic livina itu bagusnya di pencet sebelum kita jalan atau pas lagi jalan? dan apakah akan rusak kalo kita pencet on/of keseringan disaat mobil sudah jalan?
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

Karakteristik mobil dengan transmisi otomatis itu ialah semua perpindahan gigi terjadi pada putaran mesin (RPM) rendah. Kalau kita dalam posisi mau menyusul kendaraan lain, seandainya mobil kita menggunakan transmisi manual, gigi dipindahkan ke yang lebih rendah 4->3 atau 3->2 terasa RPM naik... Nah kalau mobil kita menggunakan transmisi otomatis, kita harus "kick down" (injek pedal gas secara mendadak) atau OVERDRIVE kita matikan (lampu indikator menyala "OFF"). Pada saat itu kita akan mendapatkan putaran mesin (RPM) tinggi. Jadi OVERDRIVE harus aktif terus dan kita non-aktifkan (OFF) kalau hendak menyusul kendaraan lain. Setelah itu harus di aktifkan kembali. Selain itu kadang-2 boleh juga dinon-aktifkan pada waktu kendaraan sedang dalam posisi menanjak yang panjang (tidak pendek/curam). Semoga penjelasan ini bisa dimengerti.
Dari Solo ke Oslo
Image
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Wah makasih buat penjelasannya... namun pernah disarankan oleh mekanik bahwa sebaiknya overdrive jangan sering digunakan pada saat mobil sudah jalan. jadi sebaiknya dari awal start (tentukan mau on terus atau off terus) karena kalau digunakan sering2 ditengah jalan, umurnya katanya tidak akan lama, apa benar?
€lj€p€ wrote:Karakteristik mobil dengan transmisi otomatis itu ialah semua perpindahan gigi terjadi pada putaran mesin (RPM) rendah. Kalau kita dalam posisi mau menyusul kendaraan lain, seandainya mobil kita menggunakan transmisi manual, gigi dipindahkan ke yang lebih rendah 4->3 atau 3->2 terasa RPM naik... Nah kalau mobil kita menggunakan transmisi otomatis, kita harus "kick down" (injek pedal gas secara mendadak) atau OVERDRIVE kita matikan (lampu indikator menyala "OFF"). Pada saat itu kita akan mendapatkan putaran mesin (RPM) tinggi. Jadi OVERDRIVE harus aktif terus dan kita non-aktifkan (OFF) kalau hendak menyusul kendaraan lain. Setelah itu harus di aktifkan kembali. Selain itu kadang-2 boleh juga dinon-aktifkan pada waktu kendaraan sedang dalam posisi menanjak yang panjang (tidak pendek/curam). Semoga penjelasan ini bisa dimengerti.
NissanLovers
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 393
Joined: Thu Apr 05, 2007 5:31

Post by NissanLovers »

XCI 056







Watch the Tachometer

Because tachometers are no longer limited to performance models, more drivers than ever have a chance to pay attention to engine speed as well as road speed. This allows you to find the engine's most efficient rpm and stay close to that point whenever feasible. What speed is that?

The exact figure depends on the engine but is typically the speed at which it produces the greatest torque output. For economy's sake, it's generally wise to remain below 3,000 rpm most of the time and to shift into the next gear before the engine gets much beyond its optimum rpm level. Too low an engine speed does nothing for your finances, so running below 1,500 isn't ordinarily a good idea.

Get the Most from Your Automatic Transmission

An automatic transmission liberates you from shifting gears yourself, but nothing is free, and an engine must work a little harder and use a bit more gas to transmit power through an automatic transmission than a manual. For proof, look no further than EPA fuel economy estimates, which are invariably lower for an automatic transmission than for that same vehicle equipped with a manual transmission. Still, there are some things you can do to maximize fuel efficiency in an automatic-transmission vehicle.

During acceleration, listen as the engine note rises and then falls to get a sense of when the transmission is reaching the "top" of one gear ratio and changing down to the next lower ratio. Also, watch the needle on the tachometer climb up the rpm range and descend correspondingly. Remember, the higher the rpm, the more fuel you're burning.

Some automatic transmissions tend to stay in lower gears a little too long for peak economy. You can sometimes coax the transmission into shifting to high gear earlier than usual by letting up on the gas as you pass 30 mph or so. Then, once it's in top gear, continue to accelerate very gradually.

Watch That Little OD Light

Virtually all manual and automatic transmissions have an overdrive gear that can be employed to save fuel. It's usually the highest-numbered gear (or gears), and it lets the engine run at a slower speed (or lower rpm) while the car maintains the same road speed.

If you're looking to save gas, get into an overdrive gear as soon as possible and stay there until you need the extra power afforded by a lower gear.

With an automatic transmission, a lot of that decision making is out of your hands. Automatics tend to move to the highest gear on their own, precisely to save fuel; at cruising speeds, overdrive (OD) kicks in. But you can shift into and out of OD. On newer cars, it's usually done via a button on the shift lever. Typically, an "OD" light illuminates in the instrument panel when an automatic is shifted out of OD. If you have inadvertently shifted out of OD, press the button to get back in for optimal fuel economy.
NissanLovers
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 393
Joined: Thu Apr 05, 2007 5:31

Post by NissanLovers »

OD (Over Drive) kira2 sama dg jika kita menggunakan gigi 5 di M/T.

Saya selalu switched OD ON (yellow light OUT) jika saya bisa jalan lebih dari 80 kpj, untuk fuel saving
klo kira2 jalannya gak selancar diatas, OD akan tetap OFF (yellow light ON)

Akan terlihat bila kita mulai narik, RPM 3000-an,bila speed mendekat ke 80 kpj, switched ON OD akan terlihat engine RPM menurun dg speed yg sama (silakan baca artikel dibawah ini huruf merah)

-------------------------------------------------------------------------------------------------

Overdrive
By definition, an overdrive has a faster output speed than input speed. It's a speed increase -- the opposite of a reduction. In this transmission, engaging the overdrive accomplishes two things at once. If you read How Torque Converters Work, you learned about lockup torque converters. In order to improve efficiency, some cars have a mechanism that locks up the torque converter so that the output of the engine goes straight to the transmission.

In this transmission, when overdrive is engaged, a shaft that is attached to the housing of the torque converter (which is bolted to the flywheel of the engine) is connected by clutch to the planet carrier. The small sun gear freewheels, and the larger sun gear is held by the overdrive band. Nothing is connected to the turbine; the only input comes from the converter housing. Let's go back to our chart again, this time with the planet carrier for input, the sun gear fixed and the ring gear for output.

Ratio = 1 / (1 + S/R) = 1 / ( 1 + 36/72) = 0.67:1

So the output spins once for every two-thirds of a rotation of the engine. If the engine is turning at 2000 rotations per minute (RPM), the output speed is 3000 RPM. This allows cars to drive at freeway speed while the engine speed (RPM) stays nice and slow.

Gear

Input

Output

Fixed

Gear Ratio
1st

30-tooth sun

72-tooth ring

Planet carrier

2.4:1
2nd

30-tooth sun

Planet carrier

36-tooth ring

2.2:1
Planet carrier

72-tooth ring

36-tooth sun

0.67:1

Total 2nd

1.47:1
3rd

30- and 36-tooth suns

72-tooth ring

1.0:1
OD

Planet carrier

72-tooth ring

36-tooth sun

0.67:1
Reverse

36-tooth sun

72-tooth ring

Planet carrier

-2.0:1
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4361
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Post by kunaskun »

kasarnya itu OVERDRIVE akan selalu menaikkan posisi transmisi lebih tinggi dari gigi seharusnya sehingga beban mesin akan berkurang yang ditandai dengan menurunnya rpm. ujung2nya konsumsi bensin irit. AFAIK yah :)
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Nggg.. jadi di on off selagi jalan ngga bakalan ngerusak transmisi? ngga perlu dari posisi diam ngidupin OD nya yah?

[quote="NissanLovers"]XCI 056
sukasuka_man
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Apr 22, 2007 16:50

Post by sukasuka_man »

ichsan_n wrote:Wah makasih buat penjelasannya... namun pernah disarankan oleh mekanik bahwa sebaiknya overdrive jangan sering digunakan pada saat mobil sudah jalan. jadi sebaiknya dari awal start (tentukan mau on terus atau off terus) karena kalau digunakan sering2 ditengah jalan, umurnya katanya tidak akan lama, apa benar?
Aneh....overdrive digunakan sejak start.
Trus apa guna overdrive dong.

Setau ane sih, overdrive itu lebih banyak digunakan kalo kita perlu tarikan/tenaga lebih, misal untuk menyalip.
Kalo dimanual, sama dengan kita turun 1 gigi untuk dapet tarikan yang lebih baik.
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

sukasuka_man wrote:
ichsan_n wrote:Wah makasih buat penjelasannya... namun pernah disarankan oleh mekanik bahwa sebaiknya overdrive jangan sering digunakan pada saat mobil sudah jalan. jadi sebaiknya dari awal start (tentukan mau on terus atau off terus) karena kalau digunakan sering2 ditengah jalan, umurnya katanya tidak akan lama, apa benar?
Aneh....overdrive digunakan sejak start.
Trus apa guna overdrive dong.

Setau ane sih, overdrive itu lebih banyak digunakan kalo kita perlu tarikan/tenaga lebih, misal untuk menyalip.
Kalo dimanual, sama dengan kita turun 1 gigi untuk dapet tarikan yang lebih baik.
Terbalik mas,,, kondisi normalnya "overdrive" itu ialah posisi sedang digunakan ("ON") sejak start. Pada waktu kita perlu tarikan/tenaga lebih, itu dimatikan (tidak digunakan / kondisi "OFF"). Setelah itu harus dikembalikan lagi ke "ON".
Perhatikan saja lampu indikatornya.
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
Merovingian
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 110
Joined: Fri Apr 14, 2006 9:53

Post by Merovingian »

Overdrive setau saya untuk meningkatkan efisiensi tapi gantinya tarikan agak kurang, jadi lebih baik digunakan di tol atau jalan sepi aja. bukan kondisi stop n go. pada saat kecepatan berapa sebaiknya diaktifkan lebih baik baca manualnya mobil biasanya ada. biasanya sih pada saat high speed cruising (bukan racing) > 80 km/h.
sukasuka_man
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Apr 22, 2007 16:50

Post by sukasuka_man »

€lj€p€ wrote:Terbalik mas,,, kondisi normalnya "overdrive" itu ialah posisi sedang digunakan ("ON") sejak start. Pada waktu kita perlu tarikan/tenaga lebih, itu dimatikan (tidak digunakan / kondisi "OFF"). Setelah itu harus dikembalikan lagi ke "ON".
Perhatikan saja lampu indikatornya.
Ups sorry terbalik yah. Jadi kalo off malah overdrivenya bekerja ya.
maxhari
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: Thu Apr 26, 2007 4:20

Post by maxhari »

sukasuka_man wrote:
€lj€p€ wrote:Terbalik mas,,, kondisi normalnya "overdrive" itu ialah posisi sedang digunakan ("ON") sejak start. Pada waktu kita perlu tarikan/tenaga lebih, itu dimatikan (tidak digunakan / kondisi "OFF"). Setelah itu harus dikembalikan lagi ke "ON".
Perhatikan saja lampu indikatornya.
Ups sorry terbalik yah. Jadi kalo off malah overdrivenya bekerja ya.
Wee...terbalik lagi deh....
Gini....Jika Overdrive "on" maksudnya adalah transmisi dapat mencapai gigi tertinggi (gigi 4)secara otomatis (seperti gigi 5 pada manual transmisi) tujuannya adalah untuk menurunkan putaran mesin / rpm sehingga menghemat BBM pada kecepatan tinggi. Sedang pada Overdrive "off", mesin membatasi gigi di bawah gigi tertinggi (gigi 3), sehingga pada kita membutuhkan torsi kita harus meng "off" kan Overdrive (seperti menurunkan gigi pada transmisi manual)...
User avatar
soraksorai
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Sat Apr 28, 2007 6:02

Post by soraksorai »

Weleh..weleh.. inilah topik yang paling sering bikin bingung newbie...

Ingat-ingat:
1. overdrive ON = lampu led di dashboard OFF (mati)
2. overdrive OFF = lampu led di dashboard ON (nyala)

Default-nya: Overdrive ON
Artinya: Mesin memakai jumlah maksimum gigi transmisi. (misal: Livina maksimum 4 gear)

HANYA kalau dibutuhkan: Overdrive di OFF (boleh sambil mobil berjalan)
Artinya: Mesin memakai jumlah gear minus 1 (misal: Livina hanya memakai maksimum gigi 3, tidak akan dipindahkan ke gigi 4)

Jadi gigi 4 adalah OVERDRIVE. Kita bisa lihat dari perbandingan gear pada brosur2 mobil. Umumnya gigi 3 adalah 1:1, gigi 4 adalah 1:0,[cencored]

Tanya:
Kalo mobil sedang jalan 120 km/jam, boleh nggak menekan tombol overdrive sehingga menjadi OFF (led ON)?

Jawab:
Boleh. Jika Anda membutuhkan torsi besar sesaat, misalnya: butuh untuk menyalip mobil di depan kita, atau melewati tanjakan/turunan yang tinggi dan panjang. Efeknya adalah turun gigi dari gigi4 ke gigi3, seperti pada manual transmission.

Tanya lagi:
Boleh nggak dari awal mula start mobil, langsung ke Overdrive OFF?

Jawab:
Boleh. Tapi tidak disarankan, karena bbm akan lebih boros, RPM cenderung lebih tinggi dari biasanya. Gigi4 tidak akan pernah dipakai. Lampu led didashboard menyala terus. Efeknya tarikan akan lebih responsif.
=== 2ZR-FXE, L15Z1, K24Z9, MZR L 2.0, L15A7, 3.6L V6, 2.5 LCV, 2.4L G4KC, 2.0 TDI, K3-VE, 1.8 Nu MPi, 1.4L, 2TR-FE, QR25DE, SR20DE, 2.6 V6, W124 M103, 1.8 7K, 1.3 2E
sukasuka_man
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Apr 22, 2007 16:50

Post by sukasuka_man »

Sip bos sorak sorai
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Oke, jadi apakah simplenya begini.. awal jalan dari rumah, lampu led overdrive mati.. lalu saat mau menyalip di jalan, saya pencet tombol overdrive, lampu led OD menyala.. dan mobil akan mampu untuk menyalip lebih cepat, begitu?

yang gw bingung dari tulisan dibawah, dikatakan saat jalan 120 bila ingin menyalip maka pencet itu tombol overdrive (led OD di dashboard nyala) untuk mendapatkan torsi lebih besar (bensin lebih boros). Tapi disisi lain dikatakan OD ON kalau LEd OD didashboard off? walahh.. yang mana nih.

atau gini deh, mobil akan lebih boros kalau lampu OD di dashboard nyala (on) atau mati (off). pake patokan lampu indikatornya saja dah..
soraksorai wrote:Weleh..weleh.. inilah topik yang paling sering bikin bingung newbie...

Ingat-ingat:
1. overdrive ON = lampu led di dashboard OFF (mati)
2. overdrive OFF = lampu led di dashboard ON (nyala)

Default-nya: Overdrive ON
Artinya: Mesin memakai jumlah maksimum gigi transmisi. (misal: Livina maksimum 4 gear)

HANYA kalau dibutuhkan: Overdrive di OFF (boleh sambil mobil berjalan)
Artinya: Mesin memakai jumlah gear minus 1 (misal: Livina hanya memakai maksimum gigi 3, tidak akan dipindahkan ke gigi 4)

Jadi gigi 4 adalah OVERDRIVE. Kita bisa lihat dari perbandingan gear pada brosur2 mobil. Umumnya gigi 3 adalah 1:1, gigi 4 adalah 1:0,[cencored]

Tanya:
Kalo mobil sedang jalan 120 km/jam, boleh nggak menekan tombol overdrive sehingga menjadi OFF (led ON)?

Jawab:
Boleh. Jika Anda membutuhkan torsi besar sesaat, misalnya: butuh untuk menyalip mobil di depan kita, atau melewati tanjakan/turunan yang tinggi dan panjang. Efeknya adalah turun gigi dari gigi4 ke gigi3, seperti pada manual transmission.

Tanya lagi:
Boleh nggak dari awal mula start mobil, langsung ke Overdrive OFF?

Jawab:
Boleh. Tapi tidak disarankan, karena bbm akan lebih boros, RPM cenderung lebih tinggi dari biasanya. Gigi4 tidak akan pernah dipakai. Lampu led didashboard menyala terus. Efeknya tarikan akan lebih responsif.
mazonka
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: Sat Apr 29, 2006 18:32

Post by mazonka »

gampangnya
Overdrive di tekan kalo butuh akselerasi sampai RPM tinggi
kalo jalan normal2 aja gak usah ditekan
Std abis

bantu sodara jual tanah, ayo dicek ayo dicek
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=4572
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

Tunggu GL nya datang saja, terus praktekan.. perhatikan lampu di dashboard dan rasakan torque nya... tapi injak gas nya jangan di kagetin karena ini istilahnya lain lagi yaitu "kickdown". Efeknya hampir sama.... OK... jadi nanti kalau GL nya datang.. panggil suhu-2 SMers...
Dari Solo ke Oslo
Image
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Nahh ini jelas.. jadi kalo mau nyalib gw pencet yah itu OD (indikator di dashboard nyala / ON)... sipp. sippp
mazonka wrote:gampangnya
Overdrive di tekan kalo butuh akselerasi sampai RPM tinggi
kalo jalan normal2 aja gak usah ditekan
livinaku
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Wed Apr 25, 2007 2:05

Post by livinaku »

bung ichsan kalau jalan dijakarta dantol harus pakai O/D on / bekerja tapi lampu indikator tidak menyala epeknya bensin lebih irit perpindahan gigi pd rpm 2000
kalau mau menyalip cukup tekan gas dalam2/KICK DOWN

kalau anda ada didaerah puncak pakai O/D OFF lampu indikator hidup O/D OFF disini epeknya perpindahan gigi pada rpm tinggi jadi lebih boros tapi tarikan oke
User avatar
soraksorai
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Sat Apr 28, 2007 6:02

Post by soraksorai »

ichsan_n wrote: atau gini deh, mobil akan lebih boros kalau lampu OD di dashboard nyala (on) atau mati (off). pake patokan lampu indikatornya saja dah..
Mobil lebih boros kalo lampu OD menyala.
Lampu OD menyala berarti:
- Gigi tertinggi adalah 3 (bukan 4).
- Perpindahan gigi matic ada pada RPM yang lebih tinggi
- Tarikan mesin lebih terasa bertenaga.

Gitu aja kok pusing...
=== 2ZR-FXE, L15Z1, K24Z9, MZR L 2.0, L15A7, 3.6L V6, 2.5 LCV, 2.4L G4KC, 2.0 TDI, K3-VE, 1.8 Nu MPi, 1.4L, 2TR-FE, QR25DE, SR20DE, 2.6 V6, W124 M103, 1.8 7K, 1.3 2E
User avatar
skylion
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: Wed Apr 11, 2007 8:03

Post by skylion »

€lj€p€ wrote:Tunggu GL nya datang saja, terus praktekan.. perhatikan lampu di dashboard dan rasakan torque nya... tapi injak gas nya jangan di kagetin karena ini istilahnya lain lagi yaitu "kickdown". Efeknya hampir sama.... OK... jadi nanti kalau GL nya datang.. panggil suhu-2 SMers...
jadi kalo kickdown tidak perlu pencet o/d, begitu bukan?
dipuncak bisa kickdown2 saja tanpa pencet o/d?
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

skylion wrote: jadi kalo kickdown tidak perlu pencet o/d, begitu bukan?
dipuncak bisa kickdown2 saja tanpa pencet o/d?


efek RPM tinggi pada "kickdown" hanya sesaat / sebentar. Setelah beberapa detik, gigi akan kembali normal ke Overdrive yaitu gigi paling tinggi.
Di puncak, kita memerlukan tenaga (RPM tinggi) selama perjalanan untuk menanjak.. jadi lebih baik O/D dimatikan (lampu indikator menyala ada tulisan "OFF"). Kondisi menurun juga diperlukan untuk "engine brake" (mengurangi laju kendaraan dengan menggunakan mesin bukan rem di roda supaya rem tidak panas).
Dari Solo ke Oslo
Image
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Mantaafff... thanks broo.. kaga pusing lagi
soraksorai wrote:
ichsan_n wrote: atau gini deh, mobil akan lebih boros kalau lampu OD di dashboard nyala (on) atau mati (off). pake patokan lampu indikatornya saja dah..
Mobil lebih boros kalo lampu OD menyala.
Lampu OD menyala berarti:
- Gigi tertinggi adalah 3 (bukan 4).
- Perpindahan gigi matic ada pada RPM yang lebih tinggi
- Tarikan mesin lebih terasa bertenaga.

Gitu aja kok pusing...
nurtaranto
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Sat Mar 24, 2007 2:51

Post by nurtaranto »

saran sy klo u d dalam kota dimana lalu lintas padat n macet (kec hampir tidak bisa d atas 60kmh), OD d offkan dalam arti gigi maksimal hanya sampe 3 aja.

konsumsi bensin malah bisa lebih efisien karena kondisi stop n go lebih butuh torsi, n biasanya jk OD off maka gigi akan pindah d rpm pd torsi maksimum.

klo OD on maka belum torsi maks udah pindah gigi, mesin malah mendapat beban lebih n kejadian ini terus menerus terjadi (dalkot gitu loh) jd boros deh bensinnya

klo d tol ato d luar kota dg kec rata2 d atas 60 kmh baru OD d on (gigi sampe 4).

ini hanya sharing sy aja yg udah make mobil matic selama 2 th...
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

Dibeberapa mobil yang menggunakan A/T, kadang-2 ada tambahan / feature switch "POWER", "ECONOMY", "SNOW"....

Intinya hanya mengatur saat perpindahan gigi.. tanpa mematikan O/D atau memindah gigi ke 2 yaitu :
"POWER" perpindahan gigi pada RPM tinggi
"ECONOMY" perpindahan gigi pada RPM sedang..
"SNOW" perpindahan gigi pada RPM sangat rendah supaya ban tidak selip. Bisa diibaratkan SNOW dengan LUMPUR... iyakhan supaya ban tidak selip kalau dilumpur kita tidak boleh pakai gigi terlalu rendah (1).

Tapi untuk sehari-hari... di kota...feature ini jarang sekali dipakai..
Dari Solo ke Oslo
Image