Panduan Memilih MoGe ( >=400cc)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 393
- Joined: Thu Apr 05, 2007 5:31
Panduan Memilih MoGe ( >=400cc)
Kayaknya punya MOGE asik juga
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1237
- Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
- Location: Surabaya
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 238
- Joined: Thu Jan 04, 2007 15:25
- Location: Neo Venezia
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 750
- Joined: Mon Jan 29, 2007 3:34
Re: Panduan Memilih MoGe ( >=400cc)
setuju!!!!!!!:DNissanLovers wrote:Kayaknya punya MOGE asik juga

ayo2 gabung disini peminat moge!!! (biar promonya gampang wkakakakakak)

@nissanlovers
lagi pengen punya apa bro?

orang biasa dengan teman-teman luar biasa
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
- Location: Depok
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 986
- Joined: Wed Feb 23, 2005 5:24
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 750
- Joined: Mon Jan 29, 2007 3:34
CMIIW:
moge = motor dengan kapasitas mesin >= 400cc
definisi / ukuran ini dipakai dengan asumsi bahwa mesin 400cc memiliki perbedaan performa yg cukup signifikan dengan kategori mesin2 dibwahnya
tingkatan2 cc pada setiap merek berbeda2.
umumnya jepang menganut 400 - 600 - 1000 (beberapa ada yg 750)
Untuk touring Honda juga ada yg besar2 (1300cc ST), goldwing, and valkarey
sedangkan Ducati cenderung meningkat cc nya ( dulu monster paling kecil 400cc lalu ada yg 600 skrg monster dimulai dari 695cc) top nya mesin Ducati 1100cc skrg
kalau harley ada yg 883cc, 1200, 1400, 1600 dsb.
itu dari kategori mesin
kalau dari segi fungsional bnyk sekali macemnya: ada yang touring, sport-touring, sport, off-road, adventure, dll
nah sekarang tinggal sesuaikan dengan kita nih:
1. kegemaran kita apa? seneng sport? touring? dll
2. budget yg dimiliki
ini penting karena akan membuat kita lebih mudah memilih alias membatasi pilihan2 yg sudah di luar budget
3. kondisi fisik
kalo fisik kurang mendukung ya diharapkan memahami diri sendiri dan tidak memaksakan keinginan daripada tidak bisa menghandle motor dan jatuh malah bahaya. ingat ketiban moge beda rasanya dengan ketiban motor bebek
4. karakter motor
setiap motor punya karakter yg beda2 (mesin 2 silinder spt Ducati punya torque yang besar sehingga lebih responsif terhadap bukaan gas) so jgn main betot aja!
mesin 4 silinder seperti moge2 jepang punya hi rev power yg OKs bgt! and suara yg lebih melengking
harley? suaranya bisa bikin lalu lintas di depan minggir
yg terakhir:
kemampuan kita berkendara (nah ini yg paling penting!!!! terutama untuk tipe sportbike)
banyak orang yg napsu dengan model2 top of the line dari kategori sportbike. padahal kemampuan ridingnya masih minim. bukannya saya mengatakan tidak boleh beli yg besar dan kencang, tapi kalau kita beli sebaiknya dipelajari dulu karakternya dan jgn napsu lgsg menggeber gas untuk kepuasan batin dan lebih parah lagi.. untuk show-off!!!!
inti dari membeli moge adalah mencari kepuasan berkendara
(bagaimana kita menaklukan motor kita dan mengeluarkan potensinya)
itu tantangannya!!!
(pengendalian diri vs napsu)
bukan gengsi atau gaya2an!!!
saya selalu camkan "jgn pernah pamer kalo punya moge.... lu pikir orang lain ga bisa beli? mereka cuma ngga mau aja!!"
dan "jgn show-off deh ntar jatoh diketawain malunya double"
ingat iklan castrol!!!

semoga bermanfaat
moge = motor dengan kapasitas mesin >= 400cc
definisi / ukuran ini dipakai dengan asumsi bahwa mesin 400cc memiliki perbedaan performa yg cukup signifikan dengan kategori mesin2 dibwahnya

tingkatan2 cc pada setiap merek berbeda2.
umumnya jepang menganut 400 - 600 - 1000 (beberapa ada yg 750)
Untuk touring Honda juga ada yg besar2 (1300cc ST), goldwing, and valkarey

sedangkan Ducati cenderung meningkat cc nya ( dulu monster paling kecil 400cc lalu ada yg 600 skrg monster dimulai dari 695cc) top nya mesin Ducati 1100cc skrg
kalau harley ada yg 883cc, 1200, 1400, 1600 dsb.
itu dari kategori mesin
kalau dari segi fungsional bnyk sekali macemnya: ada yang touring, sport-touring, sport, off-road, adventure, dll
nah sekarang tinggal sesuaikan dengan kita nih:
1. kegemaran kita apa? seneng sport? touring? dll
2. budget yg dimiliki
ini penting karena akan membuat kita lebih mudah memilih alias membatasi pilihan2 yg sudah di luar budget

3. kondisi fisik
kalo fisik kurang mendukung ya diharapkan memahami diri sendiri dan tidak memaksakan keinginan daripada tidak bisa menghandle motor dan jatuh malah bahaya. ingat ketiban moge beda rasanya dengan ketiban motor bebek

4. karakter motor
setiap motor punya karakter yg beda2 (mesin 2 silinder spt Ducati punya torque yang besar sehingga lebih responsif terhadap bukaan gas) so jgn main betot aja!

mesin 4 silinder seperti moge2 jepang punya hi rev power yg OKs bgt! and suara yg lebih melengking

harley? suaranya bisa bikin lalu lintas di depan minggir

yg terakhir:
kemampuan kita berkendara (nah ini yg paling penting!!!! terutama untuk tipe sportbike)
banyak orang yg napsu dengan model2 top of the line dari kategori sportbike. padahal kemampuan ridingnya masih minim. bukannya saya mengatakan tidak boleh beli yg besar dan kencang, tapi kalau kita beli sebaiknya dipelajari dulu karakternya dan jgn napsu lgsg menggeber gas untuk kepuasan batin dan lebih parah lagi.. untuk show-off!!!!
inti dari membeli moge adalah mencari kepuasan berkendara
(bagaimana kita menaklukan motor kita dan mengeluarkan potensinya)
itu tantangannya!!!




bukan gengsi atau gaya2an!!!
saya selalu camkan "jgn pernah pamer kalo punya moge.... lu pikir orang lain ga bisa beli? mereka cuma ngga mau aja!!"



dan "jgn show-off deh ntar jatoh diketawain malunya double"



ingat iklan castrol!!!



semoga bermanfaat

orang biasa dengan teman-teman luar biasa
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Kayanya definisi spt ini rada kurang tepat. Dulu pernah di-post di sini juga bahwa ada moge yang hanya ber-cc 250 (4 silinder sebaris), tapi aku cari-cari nggak ketemu lagi postingannya.alvika99 wrote:moge = motor dengan kapasitas mesin >= 400cc
Mito yang hanya 125cc juga bisa dikatagorikan sebagai moge.
Definisi moge mnrtku yang paling tepat adalah berdasarkan tenaga yang dihasilkannya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 750
- Joined: Mon Jan 29, 2007 3:34
mmm.. sory bukannya mito 125 itu sportbike macam cbr 150R?
bodynya sih lumayan mirip "abangnya"
tenaga sekitar 30hp (cukup besar sih compared to motor2 kebanyakan disini bro)
anyway, memang definisi ini masih blur bgt sih
apalg untuk yg 400cc kebawah
kalo yang 1000 dkk sih ngga ada yg berani ganggu gugat

bodynya sih lumayan mirip "abangnya"

tenaga sekitar 30hp (cukup besar sih compared to motor2 kebanyakan disini bro)

anyway, memang definisi ini masih blur bgt sih

apalg untuk yg 400cc kebawah


kalo yang 1000 dkk sih ngga ada yg berani ganggu gugat



orang biasa dengan teman-teman luar biasa
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
- Location: Depok
nohhh...!!!
kl mo ngikutin panduan milih moge, gw rasa hrs mulai dr sosok motor yg ber-CC kecil ato speed yg rendah terlebih dahulu...
setelah dirasa mampu mengendalikan ato mengoperasikan motor2 yg ber-CC kecil, kemudian bolehlah menggunakan motor yg ber-CC lbh besar... begitu seterusnya sesuai kapasitas budget dan nyali...
kl untuk teknis penggunaan motor2 kenceng, bener spt yg dikasi tau ama bro Alvika...!
kl gw sih ndak tau, gak pernah make soalnya... hehehe...
:P
yg gw bingung, moge itu apaan sih?
gw jd ikut2an ngomongin moge... yg ada kan motor, mobil, becak, bus, sepeda, etc...
CMIIW...
contoh pengklasifikasian kendaraan bermotor coba gw ambil deh dr bikepics.com:
- Scooters & Moped
- ATV / Quad
- Offroad, MX & SM
- Cruiser
- Road Bike
- Sport Bike
HONDA:
- Offroad
- Motocross
- Sport
- Cruiser/ standard
- Touring/ sport touring
SUZUKI:
- Scooter
- ATV (utility sport, sport, kids atv)
- Motorcycles (Sportbike, Cruiser, motocross, touring, standard, dual sport, supermoto, offroad, kids)
tp ada baiknya, biar semua dpt pencerahan... info pengklasifikasian motor diambil dr peraturan milik Kepolisian RI ato Dep. Perhubungan...
:D
ckckckck....
ada gak yah...?
kl mo ngikutin panduan milih moge, gw rasa hrs mulai dr sosok motor yg ber-CC kecil ato speed yg rendah terlebih dahulu...
setelah dirasa mampu mengendalikan ato mengoperasikan motor2 yg ber-CC kecil, kemudian bolehlah menggunakan motor yg ber-CC lbh besar... begitu seterusnya sesuai kapasitas budget dan nyali...

kl untuk teknis penggunaan motor2 kenceng, bener spt yg dikasi tau ama bro Alvika...!
kl gw sih ndak tau, gak pernah make soalnya... hehehe...

yg gw bingung, moge itu apaan sih?
gw jd ikut2an ngomongin moge... yg ada kan motor, mobil, becak, bus, sepeda, etc...

CMIIW...
contoh pengklasifikasian kendaraan bermotor coba gw ambil deh dr bikepics.com:
- Scooters & Moped
- ATV / Quad
- Offroad, MX & SM
- Cruiser
- Road Bike
- Sport Bike
HONDA:
- Offroad
- Motocross
- Sport
- Cruiser/ standard
- Touring/ sport touring
SUZUKI:
- Scooter
- ATV (utility sport, sport, kids atv)
- Motorcycles (Sportbike, Cruiser, motocross, touring, standard, dual sport, supermoto, offroad, kids)
tp ada baiknya, biar semua dpt pencerahan... info pengklasifikasian motor diambil dr peraturan milik Kepolisian RI ato Dep. Perhubungan...

ckckckck....

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 555
- Joined: Fri Nov 03, 2006 15:39
- Location: BanDoEnK!!!
yg gw ga ngerti tuh knp sih di indo koq motor2 yg cc nya diatas 250cc kudu pake surat2 yg susah untuk didapatkann dan perlu biaya mahal??
C'mon, give me your hand!
Let's cut loose until we reach our limit
So we can reach the horizon
Ooh! Clash! Into the rolling morning light
Flash! I'm in the coolest driver's high
Towards the best finale!! Yeah..!!
Let's cut loose until we reach our limit
So we can reach the horizon
Ooh! Clash! Into the rolling morning light
Flash! I'm in the coolest driver's high
Towards the best finale!! Yeah..!!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
- Location: Depok
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 481
- Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
- Location: Jakarta
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
hahaha ini bener banget kemarin di sby ada yang beli fatboy limited edition 100 tahun harley,padahal dia ngak bisa naik motor,jadi cuman buat dipajang ama dipanasin aja hehehealvika99 wrote:CMIIW:
moge = motor dengan kapasitas mesin >= 400cc
definisi / ukuran ini dipakai dengan asumsi bahwa mesin 400cc memiliki perbedaan performa yg cukup signifikan dengan kategori mesin2 dibwahnya![]()
tingkatan2 cc pada setiap merek berbeda2.
umumnya jepang menganut 400 - 600 - 1000 (beberapa ada yg 750)
Untuk touring Honda juga ada yg besar2 (1300cc ST), goldwing, and valkarey![]()
sedangkan Ducati cenderung meningkat cc nya ( dulu monster paling kecil 400cc lalu ada yg 600 skrg monster dimulai dari 695cc) top nya mesin Ducati 1100cc skrg
kalau harley ada yg 883cc, 1200, 1400, 1600 dsb.
itu dari kategori mesin
kalau dari segi fungsional bnyk sekali macemnya: ada yang touring, sport-touring, sport, off-road, adventure, dll
nah sekarang tinggal sesuaikan dengan kita nih:
1. kegemaran kita apa? seneng sport? touring? dll
2. budget yg dimiliki
ini penting karena akan membuat kita lebih mudah memilih alias membatasi pilihan2 yg sudah di luar budget![]()
3. kondisi fisik
kalo fisik kurang mendukung ya diharapkan memahami diri sendiri dan tidak memaksakan keinginan daripada tidak bisa menghandle motor dan jatuh malah bahaya. ingat ketiban moge beda rasanya dengan ketiban motor bebek![]()
4. karakter motor
setiap motor punya karakter yg beda2 (mesin 2 silinder spt Ducati punya torque yang besar sehingga lebih responsif terhadap bukaan gas) so jgn main betot aja!![]()
mesin 4 silinder seperti moge2 jepang punya hi rev power yg OKs bgt! and suara yg lebih melengking![]()
harley? suaranya bisa bikin lalu lintas di depan minggir![]()
yg terakhir:
kemampuan kita berkendara (nah ini yg paling penting!!!! terutama untuk tipe sportbike)
banyak orang yg napsu dengan model2 top of the line dari kategori sportbike. padahal kemampuan ridingnya masih minim. bukannya saya mengatakan tidak boleh beli yg besar dan kencang, tapi kalau kita beli sebaiknya dipelajari dulu karakternya dan jgn napsu lgsg menggeber gas untuk kepuasan batin dan lebih parah lagi.. untuk show-off!!!!
inti dari membeli moge adalah mencari kepuasan berkendara
(bagaimana kita menaklukan motor kita dan mengeluarkan potensinya)
itu tantangannya!!!![]()
(pengendalian diri vs napsu)
![]()
![]()
bukan gengsi atau gaya2an!!!
saya selalu camkan "jgn pernah pamer kalo punya moge.... lu pikir orang lain ga bisa beli? mereka cuma ngga mau aja!!"![]()
![]()
![]()
dan "jgn show-off deh ntar jatoh diketawain malunya double"![]()
![]()
![]()
ingat iklan castrol!!!![]()
![]()
semoga bermanfaat
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 645
- Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
- Location: Jakarta
iya memang seperti itu, pajak barang mewah 2kali lipat harga aslinya. mungkin motor2 diatas 250cc itu atau yang jenisnya impor termasuk barang mewah kali.riofhaloho wrote:^iya yah... apa krn kebijakan pemerintah untuk industri sepeda motor emang spt itu?
ato buat ngejaga industri otomotif nasional biar gak melempem kl motor2 dr luar dibiarin bebas diperjual belikan...!
ato krn infrastruktur di indonesia yg gak pantes dan blom siap dilalui ama motor2 diatas 250 cc?
semoga selamat sampai duluan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 750
- Joined: Mon Jan 29, 2007 3:34
@uch
bandit 400 bnyk diminati bro buat yg mau moge murmer hehehe (apalg yg bodong harganya sama atau malah kurang dari Honda Tiger
)
@riofhaloho
hehe untuk motor 250cc ke atas pajaknya uda mahal bro (kalo ga salah dari 60% - 130%)
kebijakan pemerintah memang sangat memberatkan orang Indonesia untuk naik moge
cth:
thn 2001 bea masuk 75jt. 2002 --> 95jt. 2003 --> 100jt. 2004 --> 110jt 2005 -->120jt. 2006 -->135jt.
(ini sih kasarnya aja yah....n belom termasuk bea balik nama untuk bikin STNK 30jtan) nah itung sendiri deh harga aslinya tuh motor!!! ga beda jauh sama yg tertulis di internet
coba bandingkan dengan motor2 nasional
@mpoezz
pasang mata pasang telinga bro!! siapa tau nanti dia bosen. Lgsg TAWAR!!!!
@jojo & gehu 10
bener bro diatas 250cc sdh termasuk barang mewah makanya digenjet pake pajak hihihihi lucunya Indonesia nih ya... meskipun uda begitu tinggi pajaknya....masih ada aja orang2 yg beli (lha kalo kaya gini mana mau pemerintah nurunin pajaknya
)
@riofhaloho
bro di buku daftar bea cukai malah ngga lengkap daftarnya (Ducati cuma ada 8 macem pdhal overall ada 27 model) harley juga gitu
apalg yg jepang dan sekarang lg marak supermoto macam KTM dll hhihi tambah bingung nyari di daftar
tapi sepertinya skrg sudah ada perbaikan dan semakin dilengkapi daftarnya (tapi....tetep aja pajaknya
)

bandit 400 bnyk diminati bro buat yg mau moge murmer hehehe (apalg yg bodong harganya sama atau malah kurang dari Honda Tiger

@riofhaloho
hehe untuk motor 250cc ke atas pajaknya uda mahal bro (kalo ga salah dari 60% - 130%)
kebijakan pemerintah memang sangat memberatkan orang Indonesia untuk naik moge
cth:
thn 2001 bea masuk 75jt. 2002 --> 95jt. 2003 --> 100jt. 2004 --> 110jt 2005 -->120jt. 2006 -->135jt.
(ini sih kasarnya aja yah....n belom termasuk bea balik nama untuk bikin STNK 30jtan) nah itung sendiri deh harga aslinya tuh motor!!! ga beda jauh sama yg tertulis di internet

coba bandingkan dengan motor2 nasional

@mpoezz
pasang mata pasang telinga bro!! siapa tau nanti dia bosen. Lgsg TAWAR!!!!

@jojo & gehu 10
bener bro diatas 250cc sdh termasuk barang mewah makanya digenjet pake pajak hihihihi lucunya Indonesia nih ya... meskipun uda begitu tinggi pajaknya....masih ada aja orang2 yg beli (lha kalo kaya gini mana mau pemerintah nurunin pajaknya

@riofhaloho
bro di buku daftar bea cukai malah ngga lengkap daftarnya (Ducati cuma ada 8 macem pdhal overall ada 27 model) harley juga gitu


tapi sepertinya skrg sudah ada perbaikan dan semakin dilengkapi daftarnya (tapi....tetep aja pajaknya






orang biasa dengan teman-teman luar biasa
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 259
- Joined: Sun Jul 17, 2005 11:00
- Location: Jakarta
Bro Alvika bisnis moge ya.. info nya OK!
Kalo mau nyari naked bike macam Yamaha FZ-6 ato FZ-1 di indo dimana ya? Dan harga berapa?
Lagi liat-liat nih, lagi bandingin yang setara dengan Ducati Monster 695.
Kalo pake Ducati Multistrada ngga nyampe bo kakinya ... bisa blingsatan nanti kalo pas lampu merah..
Kalo mau nyari naked bike macam Yamaha FZ-6 ato FZ-1 di indo dimana ya? Dan harga berapa?
Lagi liat-liat nih, lagi bandingin yang setara dengan Ducati Monster 695.
Kalo pake Ducati Multistrada ngga nyampe bo kakinya ... bisa blingsatan nanti kalo pas lampu merah..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 471
- Joined: Tue Sep 21, 2004 15:43
- Location: Jakarta utara
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 750
- Joined: Mon Jan 29, 2007 3:34
wakakakak lucu bgt sih jujur ni bro aidanaidan wrote:Bro Alvika bisnis moge ya.. info nya OK!
Kalo mau nyari naked bike macam Yamaha FZ-6 ato FZ-1 di indo dimana ya? Dan harga berapa?
Lagi liat-liat nih, lagi bandingin yang setara dengan Ducati Monster 695.
Kalo pake Ducati Multistrada ngga nyampe bo kakinya ... bisa blingsatan nanti kalo pas lampu merah..

Ya bisnis kecil2an bro motor n mobil dulu belum pesawat

FZ-6 dan FZ-1 belum ada di indo jadi kalau mau harus masukin dulu bro. kalau bro berminat saya bisa masukin tapi untuk harga belum bisa pastikan. kisaran sih di atas 200 udah pasti

bro aidan, pakai Multistrada 620 aja bro kan lebih rendah tempat duduknya dan 13 kg lebih enteng dari yg 1000.
kebetulan saya ada promo yang sangat menarik untuk Ducati ST3, Multistrada 1000, Multistrada 1000SDS (Ohlins shock), dan Multistrada 620



orang biasa dengan teman-teman luar biasa
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 750
- Joined: Mon Jan 29, 2007 3:34
eh bos nongol bos nongol!!!herry_chen wrote:Bro alvin. Kl mtr sy termasuk apa yak.Hehe



kabooooerrrrr!!!!



mtr u?
most wanted sportbike

Honda CBR 1000 RR Repsol Replica

no further comments....
nih bro SMers kalo mau nanya gmn rasanya naek moge ya sama bro herry ini... atau bro mpoezz tuh (ya laen blom tau lg hehe maap kalo ngga kesebut)
orang biasa dengan teman-teman luar biasa
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 471
- Joined: Tue Sep 21, 2004 15:43
- Location: Jakarta utara
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 471
- Joined: Tue Sep 21, 2004 15:43
- Location: Jakarta utara