M-90 wrote:
Final Gear yg lebih besar digunakan utk menghasilkan torsi yg lebih besar pd ban. Coba check final gear pd SUV & MPV yg rata2 angka final gearnya gede. Contoh aktual, Rush & Terios yg mesinnya sama dgn Avanza 1.5 digunakan final gear yg lebih gede agar torsi pd bannya lebih gede pd rpm yg sama dgn Avanza.
.
Final gear livina 4.067 (m/t), ini termasuk kategori mobil sedan seperti city , baleno , civic, etc...masih banyak lagi...
vios/galant hiu//ancer cedia /camry (deket2) kalo gak salah di 3.7xx .....lebih halus lagi....
new accord/odys di 4.4xx
mobil yang comfort umumnya final gearnya udah main di kisaran dibawah 4.5, malah pabrikan berusaha utk sekecil mungkin final gear nya (selama mobilnya dinilai masih kuat untuk dikasih final gear kecil) supaya tidak sering shifting di dalam kota dan irit/low rpm pada saat keluar kota.....itu saja udah bisa spin pada saat start mendadak. Apalagi mobil2 tersebut dikasih final gear 5.x, gejala spin malah akan lebih besar........
Lebih dari 5.x itu udah masuk kategori niaga.....lihat saja truk colt diesel, apv,espass, avanza., L300..etc..-...rasio 5.x
Kalo final gear GL mau diganti jadi 5.x bakalan bisa di jadi kan mobil pick up utk bawa barang berat...., saingan ama Carry, L300, Grand max, espass...etc....
Tentu saja bisa, rasio 4.x aja bisa, apalagi diganti jadi 5.x
tapi kalo rasio 5.x diganti jadi 4.x belum tentu , nanti truk nya malah gak bisa nanjak.....