Nissan Grand Livina Type apa pilihan anda?

Mau mengadakan polling? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Nissan Grand Livina type apa yg dibeli/di-indent?

1.5 SV
5
6%
1.5 XV M/T
18
22%
1.5 XV A/T
14
17%
1.8 XV M/T
11
14%
1.8 XV A/T
12
15%
1.8 Ultimate M/T
11
14%
1.8 Ultimate A/T
10
12%
 
Total votes: 81

HasanFenny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31

Post by HasanFenny »

kutkuy wrote:walah cover sign nya mahal banget yah? 450rb? bukan biasanya paling mentok 250rb? innova aja gede gitu 400rb, 500rb+cet&pasang
namanya jg mobil laris manis....accessories manis pula harganya

@kucluk
thx berat bos, ada waktu mampir kesana deh. toko itu deh prnh pasang yah ?
itu harganya utk yaris oem kan yah ?

ayo donk...sapa yg tau sigma dimana ? penasaran ama computer chip livina nih

panel kayu livina mahal yah ? mo ngincer yg murah beerapaan yah ?
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

HasanFenny wrote:panel kayu livina mahal yah ? mo ngincer yg murah beerapaan yah ?
dicat sendiri aja bos...biar murah... :lol:

yang gw tau sih kalo yg original bisa jutaan tuh per set...bener ga? :D
Image
User avatar
kutkuy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 936
Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
Location: BROQUET cuma 70rb!!

Post by kutkuy »

HasanFenny wrote: panel kayu livina mahal yah ? mo ngincer yg murah beerapaan yah ?
Kalau mau coba boleh datang ke Bandung Oto Butik, denger2 dia punya mesin yg bisa nge"print" permukaan apa aja (asal jangan soft) buat dibuat pattern, dari carbon fiber sampe kayu jenis apa aja. Mau ditulisin nama sekalian juga bisa, namanya juga di print.
Harga terus terang ga tau, tergantung banyaknya dan tingkat kesulitannya kali yah.... denger2 juga dia lagi mau nge-print seluruh dashboard buat demo, kita tunggu aja coba :)
HasanFenny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31

Post by HasanFenny »

@hansen
dicat sendiri kalo jadinya jelek sayang brg mentahnya donk brp keburu jelek ga bisa dibenerin ?
harga sih ada yg jual di bridal mobil.com 625rb kalo ga salah

@kutkuy
wah jauh amir ke bandung ? ga bisa euy
mudah2an ada cabang jualannya di jkt, kabarin yah bos. Oh iya, emblemnya sdh gue pesen bos, tunggu ada org kesana, baru bisa dititip bw ke indo, harganya RMB 37 (kurs biasanya 1215, tp hr ini tinggi tuh)
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

HasanFenny wrote:@hansen
dicat sendiri kalo jadinya jelek sayang brg mentahnya donk brp keburu jelek ga bisa dibenerin ?
harga sih ada yg jual di bridal mobil.com 625rb kalo ga salah
maksud gw dicetak gitu kyk yg bro kutkuy bilang...
kutkuy wrote:Kalau mau coba boleh datang ke Bandung Oto Butik, denger2 dia punya mesin yg bisa nge"print" permukaan apa aja (asal jangan soft) buat dibuat pattern, dari carbon fiber sampe kayu jenis apa aja. Mau ditulisin nama sekalian juga bisa, namanya juga di print.
Harga terus terang ga tau, tergantung banyaknya dan tingkat kesulitannya kali yah.... denger2 juga dia lagi mau nge-print seluruh dashboard buat demo, kita tunggu aja coba :)
Image
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

habis baca thread livina-kijang-avanza yang udah di locked. sampe ketawa.

kalo gua malah lebih pilih livina yang ketahuan bisa spin....over power, paling bisa dikoreksi pake kaki kanan dan kiri.

nah kalo kijang dan avanza.....dari picture keliatan gak spin, . atau malah mobilnya gak kuat narik berhenti ditempat jadi pas di jepret keliatan seperti gak spin , malahan mundur....:D:D:D :peace:
Image
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

handling wrote:habis baca thread livina-kijang-avanza yang udah di locked. sampe ketawa.

kalo gua malah lebih pilih livina yang ketahuan bisa spin....over power, paling bisa dikoreksi pake kaki kanan dan kiri.

nah kalo kijang dan avanza.....dari picture keliatan gak spin, . atau malah mobilnya gak kuat narik berhenti ditempat jadi pas di jepret keliatan seperti gak spin , malahan mundur....:D:D:D :peace:
iya GLnya kuat banget yah...ampe spin bannya... :lol: kompetitornya yg laen, melorotttt... :P :lol:
Image
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

Hansen wrote:
handling wrote:habis baca thread livina-kijang-avanza yang udah di locked. sampe ketawa.

kalo gua malah lebih pilih livina yang ketahuan bisa spin....over power, paling bisa dikoreksi pake kaki kanan dan kiri.

nah kalo kijang dan avanza.....dari picture keliatan gak spin, . atau malah mobilnya gak kuat narik berhenti ditempat jadi pas di jepret keliatan seperti gak spin , malahan mundur....:D:D:D :peace:
iya GLnya kuat banget yah...ampe spin bannya... :lol: kompetitornya yg laen, melorotttt... :P :lol:
kesimpulannya :

kalo yang di pict , itu hasil analisa sales yyt.
kalo analisa orang awam, yyt nya gak kuat nanjak/diem di tempat/melorot....:D :peace:
Image
User avatar
kutkuy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 936
Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
Location: BROQUET cuma 70rb!!

Post by kutkuy »

waduh pada pro GL semua nih.... seruuu... seruu...!!! :lol:
User avatar
kutkuy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 936
Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
Location: BROQUET cuma 70rb!!

Post by kutkuy »

HasanFenny wrote: @kutkuy
wah jauh amir ke bandung ? ga bisa euy
mudah2an ada cabang jualannya di jkt, kabarin yah bos. Oh iya, emblemnya sdh gue pesen bos, tunggu ada org kesana, baru bisa dititip bw ke indo, harganya RMB 37 (kurs biasanya 1215, tp hr ini tinggi tuh)
waduh thanks a lot bung hasanFenny! coba tanya disana bisa ngga beli keyless entry yg pake kartu dipasang di indo? hehehe menarik banget tuh kalo bisa
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Post by GTR »

iya, malah GL nya terlihat full muatan dibanding mobil2 lainnya, terlihat dari celah2 roda belakangnya.
Dari foto itu, yg sangat jelas adalah menunjukkan(menceritakan) tenaga begitu besar sampai terlihat melebihi traksi roda (spin).
Foto yg mobil lainnya tidak bergerak itu sama sekali (at least belum) menunjukkan/menggambarkan situasi apa pun & tidak korelasi langsung spt kronologis pada tulisannya.
User avatar
kutkuy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 936
Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
Location: BROQUET cuma 70rb!!

Post by kutkuy »

hahahah tread udah di locked jadi pindahnya kesini 8)
M-90
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Tue Dec 04, 2007 2:54

Post by M-90 »

Sharing pengalaman gw mengenai GL.
Temen kantor gw ada yg pake GL 1.5 M/T juga mengalami kesulitan di tanjakan Mal Semanggi dengan kondisi beban penuh dan gw sendiri ikut sebagai penumpang GL tsb.
Pada saat menaiki tanjakan Mall Semanggi, dia harus ngegas lebih dalam supaya bisa naik dan GLnya tidak melorot mundur. Sebelumnya temen gwpake Avanza 1.3 G dan tidak ada kesulitan pada tanjakan yg sama walopun kondisi full load.

Jadi spin yg terjadi sangat masuk akal untuk GL 1.5 di tanjakan pada kondisi full load dimana GL 1.5 pada putaran mesin 200-2500 rpm tenaganya ngempos (gw udah bbrp kali Test Drive GL). Seharusnya utk GL 1.5 jika diperuntukkan utk MPV atau people carrier, NMI harusnya mengubah final gear dgn yg lebih besar walopun konsekuensinya Top Speed turun. Nggak perlulah MPV keluarga bisa lari 200 kph. Jika mau mobil bisa 200 kph beli sedan bukan MPV.

Buat rekan2 pro GL, no offense yah. Gw hanya sharing pengalaman dengan GL temen gw.
Peace.
User avatar
kutkuy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 936
Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
Location: BROQUET cuma 70rb!!

Post by kutkuy »

M-90 wrote:Sharing pengalaman gw mengenai GL.
Temen kantor gw ada yg pake GL 1.5 M/T juga mengalami kesulitan di tanjakan Mal Semanggi dengan kondisi beban penuh dan gw sendiri ikut sebagai penumpang GL tsb.
Pada saat menaiki tanjakan Mall Semanggi, dia harus ngegas lebih dalam supaya bisa naik dan GLnya tidak melorot mundur. Sebelumnya temen gwpake Avanza 1.3 G dan tidak ada kesulitan pada tanjakan yg sama walopun kondisi full load.

Jadi spin yg terjadi sangat masuk akal untuk GL 1.5 di tanjakan pada kondisi full load dimana GL 1.5 pada putaran mesin 200-2500 rpm tenaganya ngempos (gw udah bbrp kali Test Drive GL). Seharusnya utk GL 1.5 jika diperuntukkan utk MPV atau people carrier, NMI harusnya mengubah final gear dgn yg lebih besar walopun konsekuensinya Top Speed turun. Nggak perlulah MPV keluarga bisa lari 200 kph. Jika mau mobil bisa 200 kph beli sedan bukan MPV.

Buat rekan2 pro GL, no offense yah. Gw hanya sharing pengalaman dengan GL temen gw.
Peace.
wah bagus bagus.... akhirnya ada yg test sendiri.... thanks buat inputnya M-90!

hayooo... lapor ke NMI suruh betulin nih gearnya.... APV arena juga katanya udah dibenerin tuh gear rationya biar irit bensin.... apa mungkin ini tujuan NMI di setel begitu untuk FC reason?
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Post by GTR »

Sptnya gear ratio GL diset relatif kecil (malah mirip sedan) utk cruising & ngejar FC yah (contoh:soluna genio/estilo esteem vios), bukan untuk stop-go traffic/instant-launch yg value total gear-ratio nya besar2 (spt suv2, apv avz xenia innova).
Jadi perlu konsentrasi clucth-engagement nya kalo GL di tanjakan dgn beban berat.
Yg a/t ga masalah krn masih ada slip kopling (pilihan ideal).
Kontribusi gear ratio GL ke driving experience nya, jadi lebih smooth dan relax driving mirip sedan.
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

kutkuy wrote:waduh pada pro GL semua nih.... seruuu... seruu...!!! :lol:
saya tidak pro GL atau pun merk lain, cuma analisa apa adanya sesuai logika saja...dan supaya tidak terlalu mudah percaya orang ngomong ini dan itu :Peace:

-------------------------------------
M-90 wrote:Sharing pengalaman gw mengenai GL.
Temen kantor gw ada yg pake GL 1.5 M/T juga mengalami kesulitan di tanjakan Mal Semanggi dengan kondisi beban penuh dan gw sendiri ikut sebagai penumpang GL tsb.
Pada saat menaiki tanjakan Mall Semanggi, dia harus ngegas lebih dalam supaya bisa naik dan GLnya tidak melorot mundur. Sebelumnya temen gwpake Avanza 1.3 G dan tidak ada kesulitan pada tanjakan yg sama walopun kondisi full load.

Jadi spin yg terjadi sangat masuk akal untuk GL 1.5 di tanjakan pada kondisi full load dimana GL 1.5 pada putaran mesin 200-2500 rpm tenaganya ngempos (gw udah bbrp kali Test Drive GL). Seharusnya utk GL 1.5 jika diperuntukkan utk MPV atau people carrier, NMI harusnya mengubah final gear dgn yg lebih besar walopun konsekuensinya Top Speed turun. Nggak perlulah MPV keluarga bisa lari 200 kph. Jika mau mobil bisa 200 kph beli sedan bukan MPV.

Buat rekan2 pro GL, no offense yah. Gw hanya sharing pengalaman dengan GL temen gw.
Peace.



1. Sorry nih.....bukannya kalo full load akan membuat traksi lebih bagus ???. kalo beban terlalu ringan malah memicu spin.
Sebagai contoh:
Gak semua mesin mobil selalu centre di tengah pada saat anda membuka kap mesin. Ada yang rada ke kiri, ada yang rada ke kanan.
kalo mesinnya cenderung ke sebelah kanan, tentu roda kanan akan menopang berat mesin lebih besar. sehingga traksi lebih bagus. Buktinya resiko spin akan lebih besar terjadi pada roda kiri.
Demikian sebaliknya.

2. Maaf saja kalo saya salah analisa.....Kalo spin sebenarnya kan tenaganya over, tidak sebanding dengan traksi ban....cukup dikoreksi dengan lepas kopling yang pas, atau kondisi ban udah aus. Kalo final gear dibesarin, justru akan membuat lebih spin, karena tenaga malah akan lebih besar..
kalo di drag race, rata2 mobil malah spin karena powernya over pada saat start (lantaran mobil nya dipretelin sampe seringan mungkin) , tapi solusinya menghindari spin bukan kecilin power, tapi latihan teknik imbangin kaki+kopling

Berlaku utk semua mobil, bukan hanya GL saja. :Peace:
Image
M-90
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Tue Dec 04, 2007 2:54

Post by M-90 »

Bro Handling, Ane juga tdk bermaksud menjelekkan GL ttp sharing pengalaman berdasarkan fakta. Lagipula Mall Semanggi tempat gw sering makan siang krn secara lokasi deket dgn ktr gw. Jadi bukan sekali 2 kali tuh GL temen gw agak kewalahan nanjak di tanjakan Mall semanggi jika diisi beban penuh.

Mendingan test drive aja GL 1,5 punya sodare atau temen. isi penuh 8 orang dgn bobot rata2 70 kg. Pilih tanjakan yg agak curam. Lalu bandingkan nanjak pake Avanza 1.3 M.T, APV, Kijang Kapsul apalagi dibanding Ipah dgn bobot yg sama. Coba lebih jago mana ??

Final Gear yg lebih besar digunakan utk menghasilkan torsi yg lebih besar pd ban. Coba check final gear pd SUV & MPV yg rata2 angka final gearnya gede. Contoh aktual, Rush & Terios yg mesinnya sama dgn Avanza 1.5 digunakan final gear yg lebih gede agar torsi pd bannya lebih gede pd rpm yg sama dgn Avanza.

Mohon maaf ye bagi penggemar GL jika ada yg tersinggung. Peace.
User avatar
kutkuy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 936
Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
Location: BROQUET cuma 70rb!!

Post by kutkuy »

jadi kesimpulan bung handling mengenai gambarnya itu tidak benar pas pengetesannya?
SALE SALE SALE!! BROQUET cuma 70rb!!! BARU! SEGEL!!
broquet.bandung et yahoo dot com
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

M-90 wrote:
Final Gear yg lebih besar digunakan utk menghasilkan torsi yg lebih besar pd ban. Coba check final gear pd SUV & MPV yg rata2 angka final gearnya gede. Contoh aktual, Rush & Terios yg mesinnya sama dgn Avanza 1.5 digunakan final gear yg lebih gede agar torsi pd bannya lebih gede pd rpm yg sama dgn Avanza.
.
Final gear livina 4.067 (m/t), ini termasuk kategori mobil sedan seperti city , baleno , civic, etc...masih banyak lagi...
vios/galant hiu//ancer cedia /camry (deket2) kalo gak salah di 3.7xx .....lebih halus lagi....
new accord/odys di 4.4xx

mobil yang comfort umumnya final gearnya udah main di kisaran dibawah 4.5, malah pabrikan berusaha utk sekecil mungkin final gear nya (selama mobilnya dinilai masih kuat untuk dikasih final gear kecil) supaya tidak sering shifting di dalam kota dan irit/low rpm pada saat keluar kota.....itu saja udah bisa spin pada saat start mendadak. Apalagi mobil2 tersebut dikasih final gear 5.x, gejala spin malah akan lebih besar........

Lebih dari 5.x itu udah masuk kategori niaga.....lihat saja truk colt diesel, apv,espass, avanza., L300..etc..-...rasio 5.x
Kalo final gear GL mau diganti jadi 5.x bakalan bisa di jadi kan mobil pick up utk bawa barang berat...., saingan ama Carry, L300, Grand max, espass...etc....
Tentu saja bisa, rasio 4.x aja bisa, apalagi diganti jadi 5.x
tapi kalo rasio 5.x diganti jadi 4.x belum tentu , nanti truk nya malah gak bisa nanjak.....
Last edited by handling on Wed Dec 19, 2007 11:56, edited 3 times in total.
Image
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

kutkuy wrote:jadi kesimpulan bung handling mengenai gambarnya itu tidak benar pas pengetesannya?


mirip thread Top 1..... :P
Image
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3718
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: Nissan Grand Livina Type apa pilihan anda?

Post by satyr »

BTT ah

1.5 XR A/T kalo gw pilih
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
User avatar
kutkuy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 936
Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
Location: BROQUET cuma 70rb!!

Re:

Post by kutkuy »

handling wrote:
kutkuy wrote:jadi kesimpulan bung handling mengenai gambarnya itu tidak benar pas pengetesannya?


mirip thread Top 1..... :P
hehehehe bisa aja
SALE SALE SALE!! BROQUET cuma 70rb!!! BARU! SEGEL!!
broquet.bandung et yahoo dot com
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Nissan Grand Livina Type apa pilihan anda?

Post by maxx »

Analisa M-90 ga salah kok.. bener GL 1.5 MT ngempos di rpm 2000-2500 >> ngempos dalam arti rpm belet u/ beranjak..tp dibawah 2000 dan diatas 2500 sangat responsif. Ini dirasakah kalo diurut ... tp kalo dari awal sudah dibejeg gejala ngempos rpm 2000-2500 ga akan dirasakan... nah repotnya kalo u/ jalan nanjak ga mungkin bejeg dari awal pasti diurut, jadi u/ memastikan RPM ga ngempos/melorot .. musti bermain >2500rpm saat nanjak agak curam dg beban full load.
Yg membuat tambah sulit adalah.. jarak main pedal kopling GL 1.5 MT yg sedikit membuat kesulitan u/ mengontrol traksi agar dapat torsi max saat nannak .... banyak yg mati mesin saat ingin start jalan abis lampu merah.. krn ga biasa dg karakter kopling GL 1.5 MT, .. bahkan gw pernah coba hanya diteken2 dikit aja udah bisa u/ ganti gigi.. ga perlu injek kopling dalam2 u/ ganti gigi... disini ada hal yg perlu di perhatikan buat owner GL 1.5 MT .. jangan biasakan kaki menempel pada pedal kopling krn tanpa dirasakan plat kopling akan termakan dan cepat tipis!!

Bagusnya Semua diatas tidak tidak ada di GL 1.8 MT ... lega deghhhh gw :D

Analisa handling soal final gear, juga kaga salah kok... bener tuh .. lagi pula Nissan pasti sudah menganalisa u/ nyeting gear ratio.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3718
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: Nissan Grand Livina Type apa pilihan anda?

Post by satyr »

harusnya ada XR 1.8 M/T

pasti joss larinya...
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
ongko
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Fri Nov 09, 2007 8:30

Re: Nissan Grand Livina Type apa pilihan anda?

Post by ongko »

satyr wrote:harusnya ada XR 1.8 M/T

pasti joss larinya...
Setuju, terus full specs, ABS, EBD, SRS Airbag, Xenon, Rem Cakram empat roda, dll.

hehehe. jadi ngiler ngebayanginnya... slurpppppppppp...