Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Mesin Innova (1TR-FE) masih pake sensor MAF (Mass Air Flow) sebaiknya tidak pakai filter udara jenis "cotton-oiled" spt merk JFC ato K&N krn akan menyebabkan sensor MAF lebih mudah kotor (kontaminasi uap oli) shg ECU akan membaca "rich" & pemakaian bensin jadi lebih boros.
Utk membersihkan sensor MAF bisa pake alkohol ato spray khusus pembersih MAF spt merk "CFC" yg dijual di ACE ware.
Thx for the info pak
Alternative lain sebetulnya juga bisa pakai air filter kertas buatan Sakura, itu masih lebih free flow drpd air filter standardnya, walau nggak se free flow JFC / K&N.
Kayaknya musti cek / bersihkan MAF sensor secara berkala aja.
abdoel wrote:Kalo sensor temperatur udara inno vvti ada di belakang grile tepatnya dibalik lambang toyota, warnanya hitam.
Pak Smatic,
kalo MAF itu ditambahi potensiometer gimana? jadi bisa diatur tegangannya.
thx
salam,
Thx for the correction.
Anyway rekan2 yg juga sudah melakukan experiment & hasilnya terbukti boleh di share di sini
"Racun" bensin utk Ipah 2.0 VVT-i yg recommended adalah :
Methorel Octane Booster (MOB) baik yg generasi pertama maupun yg kedua.
Percobaan pada Innova seri E dengan bensin premium + MOB G1 penumpang 6 orang di jalan Pantura kons. BBM mencapai 1:12 - 1:13 driving style normal + AC on !!
Komponen biaya per liter BBM hanya Rp. 200 (MOB G1) & Rp. 280 (MOB G2), dimana MOB G2 lebih perform lagi dibanding yg G1.
Hingga hari ini MOB merp. additive BBM utk gasoline yg paling recommended, kinerjanya mengalahkan Bardahl / Coastal, etc.
Hmm bukannya menyelam sambil minum air, coba aja tune semi sport di provis, jujur aku blum nyoba. tapi kalo liat testimonial di websitenya sih kayaknya menyakinkan. auh ah gelap http://www.provis.co.id
Methorel Octane Booster (MOB) baik yg generasi pertama maupun yg kedua.
Percobaan pada Innova seri E dengan bensin premium + MOB G1 penumpang 6 orang di jalan Pantura kons. BBM mencapai 1:12 - 1:13 driving style normal + AC on !!
Komponen biaya per liter BBM hanya Rp. 200 (MOB G1) & Rp. 280 (MOB G2), dimana MOB G2 lebih perform lagi dibanding yg G1.
Hingga hari ini MOB merp. additive BBM utk gasoline yg paling recommended, kinerjanya mengalahkan Bardahl / Coastal, etc.
buset innova bensin jd 1:12-1:13 dalam kota, bung turboman (MOB) belinya dimana yah???trus apakah ada alat bwat bikin innova jd irit sm seperti mempergunakan (MOB)
abdoel wrote:
Pak Turbo,
kalo pake MAP sensor berarti harus ada selang vakum dari manifold menuju sensor MAP, terus letak selang vakum ini dimana ?
sedangkan sensor yg diatas box filter itu gak ada selangnya. dan dari manifold hanya ada selang yg ke booster rem.
mohon pencerahannya ?
Nanti kalau kebetulan ketemu lagi ama pemilik mobilnya tak potoin deh.
Yup MAP sensor yg dihubungkan dengan selang vakum ke intake manifold, sedang sensor yg ada di atas box air filter itu adalah Air Temp. sensor. CMIIW
Utk selang MAP sensor aslinya selang polos menuju intake, modifikasinya dengan menambah filter kecil spt. pada selang MAP sensor di D4 D, utk detailnya bisa telp. ke Phoenix.
Bung Turboman,
Mesin Innova (1TR-FE) masih pake sensor MAF (Mass Air Flow) sebaiknya tidak pakai filter udara jenis "cotton-oiled" spt merk JFC ato K&N krn akan menyebabkan sensor MAF lebih mudah kotor (kontaminasi uap oli) shg ECU akan membaca "rich" & pemakaian bensin jadi lebih boros.
Utk membersihkan sensor MAF bisa pake alkohol ato spray khusus pembersih MAF spt merk "CFC" yg dijual di ACE ware.
Kok dari beberapa rekan yang pake JFC ataupun King Dragon nggak merasa konsumsi bbm lebih boros....
Pake JFC atau King Dragon ada konsekuensinya lho. Musti rajin bersihkan filter, at least 1 bulan sekali, supaya hasilnya maksimal.
Turboman wrote:
Percobaan pada Innova seri E dengan bensin premium + MOB G1 penumpang 6 orang di jalan Pantura kons. BBM mencapai 1:12 - 1:13 driving style normal + AC on !!.
buset innova bensin jd 1:12-1:13 dalam kota, bung turboman (MOB) belinya dimana yah???trus apakah ada alat bwat bikin innova jd irit sm seperti mempergunakan (MOB)
Di Pantura bro, bukan dalam kota.
Utk MOB bisa call pak Jimmy di 08562333333, itu yg di test MOB G1 & skg sudah ada yg generasi 2 nya.
Kalau utk modifikasi mesin supaya irit yg saya spt. posting2 sejak dr hal. 1 hingga di atas saya ini, sudah coba telp ke Phoenix ?
Pak Turboman, dimana kita bisa ndapetin brosur atau membaca hasil test performa mobil setelah menggunakan MOB ? Adakah efek sampingnya yang merugikan ?
Norival Fuel Enhancer Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
sukasuka_man wrote:
Kok dari beberapa rekan yang pake JFC ataupun King Dragon nggak merasa konsumsi bbm lebih boros....
Pake JFC atau King Dragon ada konsekuensinya lho. Musti rajin bersihkan filter, at least 1 bulan sekali, supaya hasilnya maksimal.
JFC / King Dragon scr umum bukannya lebih manitenance free drpd filter standard yg kertas itu oom sukasuka ?
Kita bisa pakai dlm jangka waktu lama tanpa bersihkan, paling kalau kotor di 1 sisi kita putar saja posisi air filter tsb. Kecuali kalo udah super duper kotor baru kita cuci dgn degreaser water based / detergen kuat.
Paling kita siapkan duster / semprotan angin kering yg di kaleng keluaran ACE hardware, buat bersihin MAF sensor 1 TR-FE / air temp sensor 2 KD-FTV kalau misalnya sensor tsb. sudah berlumur minyak, eniwei rata2 pemakai 1 TR-FE puas setelah pakai JFC / King Dragon
Turboman wrote:
JFC / King Dragon scr umum bukannya lebih manitenance free drpd filter standard yg kertas itu oom sukasuka ?
Kita bisa pakai dlm jangka waktu lama tanpa bersihkan, paling kalau kotor di 1 sisi kita putar saja posisi air filter tsb. Kecuali kalo udah super duper kotor baru kita cuci dgn degreaser water based / detergen kuat.
Paling kita siapkan duster / semprotan angin kering yg di kaleng keluaran ACE hardware, buat bersihin MAF sensor 1 TR-FE / air temp sensor 2 KD-FTV kalau misalnya sensor tsb. sudah berlumur minyak, eniwei rata2 pemakai 1 TR-FE puas setelah pakai JFC / King Dragon
Wah gitu ya Bro.... Ane lagi pengen ganti pake King Dragon nih.
Bung Turboman salam kenal,
Percobaan pada Innova seri E dengan bensin premium + MOB G1 penumpang 6 orang di jalan Pantura kons. BBM mencapai 1:12 - 1:13 driving style normal + AC on !!.
Apakah bahan bakar yang anda gunakan....pertamax/premium, Thx
erwin3108 wrote:
Percobaan pada Innova seri E dengan bensin premium + MOB G1 penumpang 6 orang di jalan Pantura kons. BBM mencapai 1:12 - 1:13 driving style normal + AC on !!.
Apakah bahan bakar yang anda gunakan....pertamax/premium, Thx
erwin3108 wrote:
Percobaan pada Innova seri E dengan bensin premium + MOB G1 penumpang 6 orang di jalan Pantura kons. BBM mencapai 1:12 - 1:13 driving style normal + AC on !!.
Apakah bahan bakar yang anda gunakan....pertamax/premium, Thx
Thanks
waduh... coba ngetesnya di jalur selatan donx, byar tau kondisi realnya..
soalnya jalur selatan rutenya wuedan tenan , dari mulai jalan nanjak, berkelok2 sampe jalan yang datar juga ada man!!
jadi kita bisa tau karakter mobil tersebut lebih dale m...
Udh ada yg nyoba pake innova di jalur selatan ga??
klo ada kasi tau donk gimana konsumsi BBM klo diisi premium..
erwin3108 wrote:
Percobaan pada Innova seri E dengan bensin premium + MOB G1 penumpang 6 orang di jalan Pantura kons. BBM mencapai 1:12 - 1:13 driving style normal + AC on !!.
Apakah bahan bakar yang anda gunakan....pertamax/premium, Thx
Thanks
waduh... coba ngetesnya di jalur selatan donx, byar tau kondisi realnya..
soalnya jalur selatan rutenya wuedan tenan , dari mulai jalan nanjak, berkelok2 sampe jalan yang datar juga ada man!!
jadi kita bisa tau karakter mobil tersebut lebih dale m...
Udh ada yg nyoba pake innova di jalur selatan ga??
klo ada kasi tau donk gimana konsumsi BBM klo diisi premium..
saya sudah dua kali bawa ipah bensin matic perjalanan malang-bandung PP lewat jogja
BBM pke premium + acetone
penumpang 4 dewasa + 2 anak kecil + barang bawaan
gaya mengemudi kayak bus eka, mira, sumber kencono dll
konsumsi BBM nya 1:10 - 11 km
di Nagrek gak bisa lari karena kehalang truk, lewat jln ini mesin juga gak kerasa berat.
yg kerasa berat itu saat dri bandung menuju ciater dan tangkuban prahu, mesin terasa berat sekali.
waduh... coba ngetesnya di jalur selatan donx, byar tau kondisi realnya..
soalnya jalur selatan rutenya wuedan tenan , dari mulai jalan nanjak, berkelok2 sampe jalan yang datar juga ada man!!
jadi kita bisa tau karakter mobil tersebut lebih dale m...
Udh ada yg nyoba pake innova di jalur selatan ga??
klo ada kasi tau donk gimana konsumsi BBM klo diisi premium..
Kalau menginginkan Torsi mesin yg lebih besar maka jawabannya adalah Innova D4 D or Ipah 2.7 (2TR-FE) if money is no object
Kebetulan saya sudah pernah pakai, tapi dimobil lain, di toyota altis, dan hasilnya menurut saya memuaskan.
Harga sekitar 4,5 jt sudah termasuk tuning+dyno+garansi. Apalagi untuk tipe yang sekarang ini map nya bisa dirubah rubah sesuai keperluan, ada 5 jenis setingan yang bisa dirubah kapan saja.
Untuk mobil saya, dibikin 5 setingan.
Pertamax plus, pertamax, shell extra, shell super, premium.
Jadi kalau mau rubah bensin, tangki saya biarkan habis sampai lampunya nyala, baru isi bensin full tank, jadi gak pernah khawatir mau isi bensin apapun jg, tergantung tanggal dan isi kantong...hehe. Kalo awal bulan, pertamax plus atau shell... klo akhir bulan premium aja.
Konsumsi bensin di tol (100 kph) sekitar 1:14 (altis 1ZZ FE)
Dalam kota lk 1:10 an.
Untuk powernya hasil dyno (pakai pertamax plus)
Standar
136 HP @ 5000 rpm
267 NM @ 4500 rpm
Hasil Tune
159 HP @ 6000 rpm
291 NM @ 4500 rpm.......... (hasil berbeda di setiap kendaraan)
Seharusnya bisa dipasang di innova dan bisa memberikan hasil yg baik juga, dan rasanya saya pernah lihat di bengkel ada yang pasang juga di innova, katanya konsumsi bensinnya bisa lebih baik... saya sendiri gak tanya tanya lagi berapa konsumsinya.
dp wrote:Untuk mobil saya, dibikin 5 setingan.
Pertamax plus, pertamax, shell extra, shell super, premium.
Jadi kalau mau rubah bensin, tangki saya biarkan habis sampai lampunya nyala, baru isi bensin full tank, jadi gak pernah khawatir mau isi bensin apapun jg, tergantung tanggal dan isi kantong...hehe.
apa setiap mo ganti jenis bbm, kudu sampai habis dulu/dikosongin tengkinya...? atawa langsung diisi aja ama jenis bbm yang kita mau...?
abdoel wrote:saya pake acetone sudah sejak tahun lalu. sampai sekarang sih OK2 aja ya.
yg jelas suara mesin jadi lebih halus, bensin lebih irit dan tarikannya juga lebih maknyus.
harganya juga murah 1L cuma 25rb
Kebetulan saya sudah pernah pakai, tapi dimobil lain, di toyota altis, dan hasilnya menurut saya memuaskan.
Harga sekitar 4,5 jt sudah termasuk tuning+dyno+garansi. Apalagi untuk tipe yang sekarang ini map nya bisa dirubah rubah sesuai keperluan, ada 5 jenis setingan yang bisa dirubah kapan saja.
Untuk mobil saya, dibikin 5 setingan.
Pertamax plus, pertamax, shell extra, shell super, premium.
Jadi kalau mau rubah bensin, tangki saya biarkan habis sampai lampunya nyala, baru isi bensin full tank, jadi gak pernah khawatir mau isi bensin apapun jg, tergantung tanggal dan isi kantong...hehe. Kalo awal bulan, pertamax plus atau shell... klo akhir bulan premium aja.
Konsumsi bensin di tol (100 kph) sekitar 1:14 (altis 1ZZ FE)
Dalam kota lk 1:10 an.
Untuk powernya hasil dyno (pakai pertamax plus)
Standar
136 HP @ 5000 rpm
267 NM @ 4500 rpm
Hasil Tune
159 HP @ 6000 rpm
291 NM @ 4500 rpm.......... (hasil berbeda di setiap kendaraan)
Seharusnya bisa dipasang di innova dan bisa memberikan hasil yg baik juga, dan rasanya saya pernah lihat di bengkel ada yang pasang juga di innova, katanya konsumsi bensinnya bisa lebih baik... saya sendiri gak tanya tanya lagi berapa konsumsinya.