Meningkatkan kinerja Innova
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Meningkatkan kinerja Innova
Pertama tama saya menulis Thread ini bukanlah karena saya orang yg berkepentingan dengan merek ybs., tetapi hanya sekedar sharing yg siapa tahu berguna bagi pemilik mobil yg dimaksud.
Utk Innova VVT-i 2.0 gasoline :
Engine :
Light tuning :
1. Tuning TPS (DC 50 rb.)
2. Poles TB (Throttle Body) (DC 50 rb.)
3. Tuning MAP sensor, dengan memasang filter kecil pada selang vacuum MAP sensor. (DC = harga filter kecilnya)
4. JFC air filter (DC 250 rb.)
Advanced tuning :
1. Kansai exhaust system, dmana dameter exhaust pipe diturunkan dr 2,5" menjadi 2,25" utk memperbaiki pumping power pada RPM rendah. (DC sekitar 2,2 jt.di SAKI)
2. Max. 2A, utk menyelaraskan pola aliran udara pada intake manifold. (DC sekitar 1,6 jt.)
Percobaan di atas sudah terbukti memperbaiki pumping power pada RPM rendah dan membuat kons. BBM sedikit lebih baik.
Suspension (berlaku genral baik VVT-i maupun D4 D) :
Coil spring suspensi belakang yang renggang2 memgakibatkan bantingan agak kaku terutama bila mobil dibebani scr ringan.
Solusinya adalah menggantinya dengan per Mercedes W123 (Tiger) yaitu per depan Tiger utk suspensi belakang Innova, dimana diameter per Tiger sama persis dengan per blkg Ipah, hanya harus dipotong 1,5 - 2 ulir agar ketinggian bag belakang Ipah tetap sama. (DC Rp. 650 rb.)
Maka kenyamanan si Ipah langsung terasa "naik kelas". Test di tol yg permukaannya kurang smooth spt Cipularang / T.B. Simatupang sangat terasa bedanya.
End of part one.
Utk Innova VVT-i 2.0 gasoline :
Engine :
Light tuning :
1. Tuning TPS (DC 50 rb.)
2. Poles TB (Throttle Body) (DC 50 rb.)
3. Tuning MAP sensor, dengan memasang filter kecil pada selang vacuum MAP sensor. (DC = harga filter kecilnya)
4. JFC air filter (DC 250 rb.)
Advanced tuning :
1. Kansai exhaust system, dmana dameter exhaust pipe diturunkan dr 2,5" menjadi 2,25" utk memperbaiki pumping power pada RPM rendah. (DC sekitar 2,2 jt.di SAKI)
2. Max. 2A, utk menyelaraskan pola aliran udara pada intake manifold. (DC sekitar 1,6 jt.)
Percobaan di atas sudah terbukti memperbaiki pumping power pada RPM rendah dan membuat kons. BBM sedikit lebih baik.
Suspension (berlaku genral baik VVT-i maupun D4 D) :
Coil spring suspensi belakang yang renggang2 memgakibatkan bantingan agak kaku terutama bila mobil dibebani scr ringan.
Solusinya adalah menggantinya dengan per Mercedes W123 (Tiger) yaitu per depan Tiger utk suspensi belakang Innova, dimana diameter per Tiger sama persis dengan per blkg Ipah, hanya harus dipotong 1,5 - 2 ulir agar ketinggian bag belakang Ipah tetap sama. (DC Rp. 650 rb.)
Maka kenyamanan si Ipah langsung terasa "naik kelas". Test di tol yg permukaannya kurang smooth spt Cipularang / T.B. Simatupang sangat terasa bedanya.
End of part one.
Last edited by Turboman on Wed Apr 18, 2007 10:03, edited 2 times in total.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1632
- Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21
Bung Turboman, anda memang pintar. Anda benar ngerti teknis mobil... Saya malah orang awam dalam hal teknis mesin dalam. Cuman tau simple seperti piston, crankshaft etc....
Nanti mudah mudahan anda bisa bantu pemilik Livina meningkatkan performa mobil mereka lebih dashyat lagi.... Dengar mesin HR dan MR punya aftermarket kit yang bisa boost power lebih gila lagi...
Nanti mudah mudahan anda bisa bantu pemilik Livina meningkatkan performa mobil mereka lebih dashyat lagi.... Dengar mesin HR dan MR punya aftermarket kit yang bisa boost power lebih gila lagi...
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Wed Sep 20, 2006 15:33
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2396
- Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
- Location: Jakarta and Bandung
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Utk Jazz & Fit pakarnya kalau nggak salah yg namanya pak Rudy dr RS atau Lestari Motor yach ?frontier wrote:Bung Turboman, tolong dong.. masuk ke thread "modif jazz disini tempatnya".... kasih kita2 masukan apa aja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan performa Jazz VTEC ataupun iDSI.... Trims !!!
saya juga baru dengar, karena ada 1 rekan yg mau tuning Jazz-nya, nanti kalau udah berhasil saya juga mau dengar sharing beliau.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2396
- Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
- Location: Jakarta and Bandung
Sip sip.. thanx oom Turboman.. nanti tak kontak.. :pTurboman wrote:Wah kebetulan sekali oom datsu, utk light tuning Vios merp. salah 1 mobil yg berhasil.datsu wrote:oom Turboman.. kalo light tuning buat Vios ada gak yah? udah mulai kerasa kurang bertenaga nii? abis terakhir carbon clean 20ribu KM yang lalu..
Coba kontak oom Andreas - Phoenix di 0818763649
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
Thanx infonya.... saya tunggu hsl tuning Jazz Lestari Motor... kalo perlu, untuk komparasi, kita test rame2 antara mobil hasil tuning LM, Jeskoneng dan mobil Jazz standar pabrik (sama2 VTEC matic/manual).... mohon Pak Turboman bersedia mengaturnya, jika perlu dengan vericom (pinjam punya siapa ya ?)Turboman wrote:Utk Jazz & Fit pakarnya kalau nggak salah yg namanya pak Rudy dr RS atau Lestari Motor yach ?frontier wrote:Bung Turboman, tolong dong.. masuk ke thread "modif jazz disini tempatnya".... kasih kita2 masukan apa aja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan performa Jazz VTEC ataupun iDSI.... Trims !!!
saya juga baru dengar, karena ada 1 rekan yg mau tuning Jazz-nya, nanti kalau udah berhasil saya juga mau dengar sharing beliau.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Thu Sep 28, 2006 0:37
- Location: on land
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Tue Mar 27, 2007 4:21
- Location: Jakarta City
Re: Meningkatkan kinerja Innova
Pak, bisa dipasang/beli dimana ? Maksudnya yang udah ready begitu, jadi kita tinggal bayar dan nikmatin aja. Ngak kudu harus renov sendiri.Suspension (berlaku genral baik VVT-i maupun D4 D) :
Coil spring suspensi belakang yang renggang2 memgakibatkan bantingan agak kaku terutama bila mobil dibebani scr ringan.
Solusinya adalah menggantinya dengan per Mercedes W123 (Tiger) yaitu per depan Tiger utk suspensi belakang Innova, dimana diameter per Tiger sama persis dengan per blkg Ipah, hanya harus dipotong 1,5 - 2 ulir agar ketinggian bag belakang Ipah tetap sama. (DC Rp. 650 rb.)

Thanks
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Meningkatkan kinerja Innova
diesel wrote:Pak, bisa dipasang/beli dimana ? Maksudnya yang udah ready begitu, jadi kita tinggal bayar dan nikmatin aja. Ngak kudu harus renov sendiri.Solusinya adalah menggantinya dengan per Mercedes W123 (Tiger) yaitu per depan Tiger utk suspensi belakang Innova, dimana diameter per Tiger sama persis dengan per blkg Ipah, hanya harus dipotong 1,5 - 2 ulir agar ketinggian bag belakang Ipah tetap sama. (DC Rp. 650 rb.)![]()
Thanks
Cahaya - DTMF (Dutamas Patmawati)
9021) 72793677
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 977
- Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
- Location: sby
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
MAP iya.msm wrote:Pak Turbo mau tanya nih
TPS itu singkatan apa?
Apakah Throttle Position Sensor?
MAP?
Pak Turbo kalo misalnya diameter pipa knalpot dibesarin bukannya lebih menambah power untuk high rpm-nya?
Thanks.
Mesin 1 TR-FE dengan cc 2000 dan 136 bhp diberi pipa exhaust 2,5" kebesaran, sebabnya kenapa nah ada penjelasan lengkap di thread posisi kenalpot pengaruh nggak, posting2 Prof. Penyuturbo.
Dikasi pipa 2,25" lebih enak, pumping power RPM rendah improve, paketnya di SAKI ada, mungkin skg tempat2 lain juga ada yg bikin.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Obat yg paling enak saat ini : Amsoil ADF.Good_boy86 wrote:@turboman
gw mau nanya nih...
untuk innova diesel, "racun" yang perlu ditambahkan untuk solarnya ada ga??
misal yang untuk bersiin injector, tapi obatnya dimasukin ke tangki bbm nya..![]()
thanks
Ketika dicampur efeknya spt Redline CFSC di mesin gasoline, 2 - 3 hari pertama mesin kadang2 ada sedikit getar saat stasioner, cleaning agent bekerja, lewat itu tarikan lebih galak ! Terutama RPM rendahnya..........asik deh pokoke

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Wed Sep 20, 2006 15:33
Pak Turbo,Turboman wrote:MAP iya.msm wrote:Pak Turbo mau tanya nih
TPS itu singkatan apa?
Apakah Throttle Position Sensor?
MAP?
Pak Turbo kalo misalnya diameter pipa knalpot dibesarin bukannya lebih menambah power untuk high rpm-nya?
Thanks.
Mesin 1 TR-FE dengan cc 2000 dan 136 bhp diberi pipa exhaust 2,5" kebesaran, sebabnya kenapa nah ada penjelasan lengkap di thread posisi kenalpot pengaruh nggak, posting2 Prof. Penyuturbo.
Dikasi pipa 2,25" lebih enak, pumping power RPM rendah improve, paketnya di SAKI ada, mungkin skg tempat2 lain juga ada yg bikin.
kalo pake MAP sensor berarti harus ada selang vakum dari manifold menuju sensor MAP, terus letak selang vakum ini dimana ?
sedangkan sensor yg diatas box filter itu gak ada selangnya. dan dari manifold hanya ada selang yg ke booster rem.
mohon pencerahannya ?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
abdoel wrote:Pak Turbo,Turboman wrote:.msm wrote:
kalo pake MAP sensor berarti harus ada selang vakum dari manifold menuju sensor MAP, terus letak selang vakum ini dimana ?
sedangkan sensor yg diatas box filter itu gak ada selangnya. dan dari manifold hanya ada selang yg ke booster rem.
mohon pencerahannya ?
Nanti kalau kebetulan ketemu lagi ama pemilik mobilnya tak potoin deh.
Yup MAP sensor yg dihubungkan dengan selang vakum ke intake manifold, sedang sensor yg ada di atas box air filter itu adalah Air Temp. sensor. CMIIW
Utk selang MAP sensor aslinya selang polos menuju intake, modifikasinya dengan menambah filter kecil spt. pada selang MAP sensor di D4 D, utk detailnya bisa telp. ke Phoenix.
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Sun Apr 08, 2007 0:57
Re: Meningkatkan kinerja Innova
bung turbo tempat tuning tersebut dimana yah??kalo bisa kasih alamat lengkap sama contact numbernya trus biayanya brapa??berhubung saya punya innova bensin di rumah..Turboman wrote: Utk Innova VVT-i 2.0 gasoline :
Engine :
Light tuning :
1. Tuning TPS (DC 50 rb.)
2. Poles TB (Throttle Body) (DC 50 rb.)
3. Tuning MAP sensor, dengan memasang filter kecil pada selang vacuum MAP sensor. (DC = harga filter kecilnya)
4. JFC air filter (DC 250 rb.)
Advanced tuning :
1. Kansai exhaust system, dmana dameter exhaust pipe diturunkan dr 2,5" menjadi 2,25" utk memperbaiki pumping power pada RPM rendah. (DC sekitar 2,2 jt.di SAKI)
2. Max. 2A, utk menyelaraskan pola aliran udara pada intake manifold. (DC sekitar 1,6 jt.)
Percobaan di atas sudah terbukti memperbaiki pumping power pada RPM rendah dan membuat kons. BBM sedikit lebih baik.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Latest update for 2.0 VVT-i 1 TR-FE
Latest update for 2.0 VVT-i 1 TR-FE from Phoenix (in Trial) :
VVT-I: Pake busi X-Trail, produk asli jepang, lbh muahal..kyk-nya
cocok buat dalam kota/jarak tol dalam kota..moga2 krn ini nggak banyak
modif utk irit yg makan biaya..range angka lbh panas..LFR5A-11 mirip
ama yg di iridium LFR5AIX-11..mustinya nggak ada problem..aslinya
LFR6C-11..type agak dingin..cocok buat jalan jauh (long)..
VVT-I: MAF..dibagian tiang bagian yg menghadap ke arah saringan udara,
di coak utk mendapatkan respon yg cepat, krn VVT-I cenderung utk
lbh "nonjok" di rpm sekitar 2500 rpm...dgn di coak..mesin bereaksi
dari 1500rpm...
Demikian report
VVT-I: Pake busi X-Trail, produk asli jepang, lbh muahal..kyk-nya
cocok buat dalam kota/jarak tol dalam kota..moga2 krn ini nggak banyak
modif utk irit yg makan biaya..range angka lbh panas..LFR5A-11 mirip
ama yg di iridium LFR5AIX-11..mustinya nggak ada problem..aslinya
LFR6C-11..type agak dingin..cocok buat jalan jauh (long)..
VVT-I: MAF..dibagian tiang bagian yg menghadap ke arah saringan udara,
di coak utk mendapatkan respon yg cepat, krn VVT-I cenderung utk
lbh "nonjok" di rpm sekitar 2500 rpm...dgn di coak..mesin bereaksi
dari 1500rpm...
Demikian report
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Meningkatkan kinerja Innova
chaos_loki wrote:bung turbo tempat tuning tersebut dimana yah??kalo bisa kasih alamat lengkap sama contact numbernya trus biayanya brapa??berhubung saya punya innova bensin di rumah..Turboman wrote: Utk Innova VVT-i 2.0 gasoline :
Engine :
Light tuning :
1. Tuning TPS (DC 50 rb.)
2. Poles TB (Throttle Body) (DC 50 rb.)
3. Tuning MAP sensor, dengan memasang filter kecil pada selang vacuum MAP sensor. (DC = harga filter kecilnya)
4. JFC air filter (DC 250 rb.)
Advanced tuning :
1. Kansai exhaust system, dmana dameter exhaust pipe diturunkan dr 2,5" menjadi 2,25" utk memperbaiki pumping power pada RPM rendah. (DC sekitar 2,2 jt.di SAKI)
2. Max. 2A, utk menyelaraskan pola aliran udara pada intake manifold. (DC sekitar 1,6 jt.)
Light tuning 1 - 3 di Phoenix 0818763649
JFC AF banyak yg jual, PMK, DTMF, dll.
Kansai exhaust system : Standard Adi Knalpot (SAKI) 021 6252934
Max. 2A di Bengkel Rizor Bintaro 02170173512
Efek2 yg terbukti didapat dengan advanced tuning :
1. Exhaust system : pumping power RPM rendah lebih baik, suara dengung ketika berakselerasi dapat diminimalisir scr signifikan, bbrp user melaporkan sedikit perbaikan kons. BBM.
2. Max. 2A memperbaiki akselerasi 0-100 km/jam minimal 1 - 1,5 detik lebih cepat. Percobaan di lapangan ada yg bisa mendapat perbaikan hingga 3 detik lebih, yg semula 20 detikan improve menjadi 16 detik something.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 96
- Joined: Wed Nov 30, 2005 11:44
Bung Turboman,Turboman wrote:abdoel wrote:Pak Turbo,Turboman wrote: .
kalo pake MAP sensor berarti harus ada selang vakum dari manifold menuju sensor MAP, terus letak selang vakum ini dimana ?
sedangkan sensor yg diatas box filter itu gak ada selangnya. dan dari manifold hanya ada selang yg ke booster rem.
mohon pencerahannya ?
Nanti kalau kebetulan ketemu lagi ama pemilik mobilnya tak potoin deh.
Yup MAP sensor yg dihubungkan dengan selang vakum ke intake manifold, sedang sensor yg ada di atas box air filter itu adalah Air Temp. sensor. CMIIW
Utk selang MAP sensor aslinya selang polos menuju intake, modifikasinya dengan menambah filter kecil spt. pada selang MAP sensor di D4 D, utk detailnya bisa telp. ke Phoenix.
Mesin Innova (1TR-FE) masih pake sensor MAF (Mass Air Flow) sebaiknya tidak pakai filter udara jenis "cotton-oiled" spt merk JFC ato K&N krn akan menyebabkan sensor MAF lebih mudah kotor (kontaminasi uap oli) shg ECU akan membaca "rich" & pemakaian bensin jadi lebih boros.
Utk membersihkan sensor MAF bisa pake alkohol ato spray khusus pembersih MAF spt merk "CFC" yg dijual di ACE ware.