Chevrolet Captiva, How Much n When?

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

alvin_kiak
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: Tue Mar 27, 2007 10:18

Re: Chevrolet Captiva, How Much n When?

Post by alvin_kiak »

conan wrote:
Mr. Alvin, maaf aku belum ada info harga versi dieselnya. Setahu aku, versi diesel ini kemungkinan tidak akan diluncurkan bersamaan dengan versi bensin, tapi akan menyusul kemudian. Tapi tentu masih ada kemungkinan diluncurkan secara bersamaan (jika memungkinkan).

Untuk versi bensin, moga2 benar bisa di bawah Rp 250 juta, tapi menurutku rasanya tidak akan semurah itu, mengapa? Karena mesinnya 2.4L, bukan 2.0L. Setahu aku, tidak ada varian low bermesin bensin 2.0L.

Tapi Mr. Alvin, versi diesel Captiva ini lebih unggul segalanya dari versi bensinnya, Anda bisa baca2 review2 yang sudah ada. Dan karena mesin dieselnya 2.0L, menurutku harganya tidak akan berbeda terlalu jauh dengan versi bensin 2.4L. Harga mesin diesel modern memang lebih mahal daripada mesin bensin, dengan segala keunggulannya, tapi efisiensi mesin diesel modern yang lebih tinggi dari mesin bensin memungkinkan engine displacement yang lebih kecil (2.0L), dengan horsepower yang tidak beda jauh dengan mesin bensin 2.4L, tapi tentunya dengan torque yang JAUH lebih besar. Hasilnya, tenaga yang jauh lebih berlimpah pada putaran bawah (yang jauh lebih sering dibutuhkan dalam penggunaan sehari-hari), dan konsumsi bahan bakar yang JAUH lebih irit. Mesin diesel 2.0L saja sudah jauh lebih irit daripada mesin bensin dengan displacement sama 2.0L, apalagi kalau dibandingkan dengan mesin bensin ber-displacement lebih besar (2.4L) yang tentu lebih boros lagi.

Untuk bahan bakar juga rasanya tidak masalah dengan ketersediaan bahan bakar diesel bermutu tinggi dewasa ini, dan akan semakin banyak SPBU yang menyediakannya. Selain PertaDEX dari Pertamina, Petronas dan Shell, tahun ini kabarnya TOTAL dan CHEVRON juga akan membangun SPBU di Jakarta. Juga masih ada GULF.

Untuk kualitas diesel ( catatan saja : 'solar' itu merk dagang Pertamina, bukan nama bahan bakar diesel. Solar 'kan artinya = matahari, tidak ada hubungannya dengan diesel fuel. Di negara lain bahan bakar diesel ya disebut diesel saja, tidak ada jenis 'solar'), menurut kadar sulfurnya, aku merekomendasikan :

No 1 : PertaDEX dari Pertamina, dengan kadar solar 250 s/d 300 ppm.
No 2 tapi mungkin setara juga dengan PertaDEX : Diesel dari Petronas.
No 3 : Diesel dari Shell. Kadar sulfur masih cukup tinggi (kalau tidak salah, masih 3000 ppm), tapi sudah dilengkapi aditif yang diperlukan agar bekerja baik pada mesin commonrail).
No 4 : Biosolar (konon kadar sulfurnya rendah, tapi menurutku hal ini masih perlu dibuktikan karena Solar campurannya yang memiliki kadar sulfur rendah hanya yang berasal dari kilang Balongan -tempat produksi PertaDEX juga-, dugaanku untuk setiap SPBU kadar sulfurnya bisa berbeda-beda).
No 5 : Solar biasa (hanya jika terpaksa).
Wow, lengkap banget penjelasan dari bos Conan..
Thanks.. Tapi sengsaranya, gw di daerah nih bos, ga ada yg namanya PertaDex cs. Pertamax Plus aja kmrn nunggu ampir 2 thn setelah jkt, baru masuk sini, mbl gw terpaksa ilang garansi mesinnya krn minum premium biasa setaon pertama, hikssss..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22020
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Chevrolet Captiva, How Much n When?

Post by Turboman »

conan wrote:
alvin_kiak wrote:
No 1 : PertaDEX dari Pertamina, dengan kadar solar 250 s/d 300 ppm.
No 2 tapi mungkin setara juga dengan PertaDEX : Diesel dari Petronas.
No 3 : Diesel dari Shell. Kadar sulfur masih cukup tinggi (kalau tidak salah, masih 3000 ppm), tapi sudah dilengkapi aditif yang diperlukan agar bekerja baik pada mesin commonrail).
No 4 : Biosolar (konon kadar sulfurnya rendah, tapi menurutku hal ini masih perlu dibuktikan karena Solar campurannya yang memiliki kadar sulfur rendah hanya yang berasal dari kilang Balongan -tempat produksi PertaDEX juga-, dugaanku untuk setiap SPBU kadar sulfurnya bisa berbeda-beda).
No 5 : Solar biasa (hanya jika terpaksa).

Menambahkan apa yg ditulis oom Conan :

1. DEX still the best so far (in Indonesian market)

2. Yg akan setara dgn DEX adalah Gulf D-Xtra, walau SPBU nya belum beroperasi tetapi mereka akan menjual dalam kemasan jerigen 20 liter, utk harga sedang menunggu konfirmasi dr pihak Sigma RP.

3. Biosolar di Jkr rata rata sulphurnya sudah cukup rendah, melihat dr warnanya yg rata2 cukup bening, kemungkinan kadar sulphur sekitar 500 - 1000 ppm. Utk biosolar yg recommended di SPBU Jl. Industri, SPBU Jl. Latumeten, SPBU yg jalan Gatoto Subroto biosolarnya agak sedikit ngempos kalau di bejek. Tendean lumayan. Utk info SPBU2 lain yg oke bisa tanya di milis [email protected]

Drawback dr biosolar adalah kandungan additive-nya yg agak kurang, terlihat kalau dituang berbusa, tetapi additive banyak tersedia di pasar, kita manfaatkan kadar sulfur yg cukup rendah dr biosolar serta harganya yg ekonomis (karena di subsidi).

4. Petronas, diperkirakan kadar sulphur mirip dengan biosolar, additive sudah oke, dituang nggak berbusa (detergent additive bersifat anti surface tension juga). Hanya saja harganya mendekati DEX :(

5. Shell Diesel, per 1 April kadar sulphurnya menjadi 3500 ppm (previously 5000 ppm). Additive nya memang oke banget, tetapi sulfurnya yg terlalu tinggi, padahal di negara2 ASEAN lainnya Shell menjual Diesel fuel bersulfur 500 - 50 ppm, di Filipina Shell Dieseoline Ultra 500 ppm, di Sing. Shell Diesel 50 ppm, di Thailand juga sulphurnya setara DEX.

Percobaan seorang rekan menggunakan Shell Diesel di Innova D4 D dlm jangka panjang suara mesinnya jadi agak berisik.


Koreksi kalau salah.
alvin_kiak
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: Tue Mar 27, 2007 10:18

Re: Chevrolet Captiva, How Much n When?

Post by alvin_kiak »

Turboman wrote:

Menambahkan apa yg ditulis oom Conan :

1. DEX still the best so far (in Indonesian market)

2. Yg akan setara dgn DEX adalah Gulf D-Xtra, walau SPBU nya belum beroperasi tetapi mereka akan menjual dalam kemasan jerigen 20 liter, utk harga sedang menunggu konfirmasi dr pihak Sigma RP.

3. Biosolar di Jkr rata rata sulphurnya sudah cukup rendah, melihat dr warnanya yg rata2 cukup bening, kemungkinan kadar sulphur sekitar 500 - 1000 ppm. Utk biosolar yg recommended di SPBU Jl. Industri, SPBU Jl. Latumeten, SPBU yg jalan Gatoto Subroto biosolarnya agak sedikit ngempos kalau di bejek. Tendean lumayan. Utk info SPBU2 lain yg oke bisa tanya di milis [email protected]

Drawback dr biosolar adalah kandungan additive-nya yg agak kurang, terlihat kalau dituang berbusa, tetapi additive banyak tersedia di pasar, kita manfaatkan kadar sulfur yg cukup rendah dr biosolar serta harganya yg ekonomis (karena di subsidi).

4. Petronas, diperkirakan kadar sulphur mirip dengan biosolar, additive sudah oke, dituang nggak berbusa (detergent additive bersifat anti surface tension juga). Hanya saja harganya mendekati DEX :(

5. Shell Diesel, per 1 April kadar sulphurnya menjadi 3500 ppm (previously 5000 ppm). Additive nya memang oke banget, tetapi sulfurnya yg terlalu tinggi, padahal di negara2 ASEAN lainnya Shell menjual Diesel fuel bersulfur 500 - 50 ppm, di Filipina Shell Dieseoline Ultra 500 ppm, di Sing. Shell Diesel 50 ppm, di Thailand juga sulphurnya setara DEX.

Percobaan seorang rekan menggunakan Shell Diesel di Innova D4 D dlm jangka panjang suara mesinnya jadi agak berisik.


Koreksi kalau salah.

Emang harga PertaDEX brp si bos seliter?
hanzz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 111
Joined: Tue Jul 13, 2004 18:53

Post by hanzz »

Saya setuju bener :
1. DEX (the best) !
2. Petronas
3. Shell (butut) ampir engga beda dgn Biosolar kali ?! :P

Udah dicoba di my Ipah D4D.
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Versi 4WD. Biar lebih ngiler..... :D

Image
Last edited by uch on Mon Apr 02, 2007 4:17, edited 1 time in total.
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

WP wrote:
Winata wrote: Tertarik?
Angka segini bagaikan mimpi aja nih... Why? See Hyundai Santa Fe, sama2 CBU dari Korea, dan fiturnya juga lengkap...apalagi dibilang selengkap Touareg dkk dari Eropa.. hampir mustahil bisa under 300 juta...
Betul.. Kayaknya di Indo belum ada mobil yg punya fitur ESP dan self levelling suspension yg harganya dibawah RP 400 jt.. :D Even Harrier masih dibawah Captiva kalo dari segi fitur. Kalo dibawah 300 jt berarti (seperti biasa) bakal banyak yg akan disunat... :(
User avatar
boilers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1023
Joined: Wed Dec 01, 2004 10:17

Post by boilers »

Modelnya sih ok yah ... wah, sekarang mid SUV makin ramai aja nih, ada GV, New CRV, X-Trail, Fortuner, Escape dan Captiva ... Bagus sih, dengan makin ketatnya persaingan tentunya kita customer yang diuntungkan :D

Semoga ATPM2 lain tidak lagi meng-spec down features & accesories mobilnya karena semakin ketatnya kompetisi... :)
Blue
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Wed Aug 25, 2004 14:47

Post by Blue »

Yup setuju, dan semoga harganya tidak terlalu mahal....
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Kalo sekilas info di Otomotif benar, torsi Captiva 2.4 BENSIN akan maksimal di RPM 2200. 240Nm/2200.

Made in Korea rasa Eropa...?
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Dont care korea. Yang penting built in quality. Teman2 disini ada ga yang sudah indeht captiva???????????????
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Post by ween »

uch wrote:
WP wrote:
Winata wrote: Tertarik?
Betul.. Kayaknya di Indo belum ada mobil yg punya fitur ESP dan self levelling suspension yg harganya dibawah RP 400 jt.. :D Even Harrier masih dibawah Captiva kalo dari segi fitur. Kalo dibawah 300 jt berarti (seperti biasa) bakal banyak yg akan disunat... :(
kalau mbl dgn fitur esp dibawah 300jt ada koq....
renault clio,mercedes a-class,toyota ist,opel zafira.....trus apalagi yah?
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

ween wrote:
uch wrote:
WP wrote: Betul.. Kayaknya di Indo belum ada mobil yg punya fitur ESP dan self levelling suspension yg harganya dibawah RP 400 jt.. :D Even Harrier masih dibawah Captiva kalo dari segi fitur. Kalo dibawah 300 jt berarti (seperti biasa) bakal banyak yg akan disunat... :(
kalau mbl dgn fitur esp dibawah 300jt ada koq....
renault clio,mercedes a-class,toyota ist,opel zafira.....trus apalagi yah?
Maksudnya mobil SUV.. Kalo yg cilik2 sih mungkin ada... :D [mode ngelas ON]
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

itulah mengapa kok rasanya susah banget buat yakin harganya bisa under 300 juta dengan fitur seperti yg dikatakan bung Winata...

Tapi kalo memang ternyata bisa begitu kenyataannya yaa baguslah..
Last edited by WP on Sat Apr 07, 2007 16:44, edited 1 time in total.
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
geli2
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Sun Oct 01, 2006 7:39

Post by geli2 »

Coba liat di http://www.mobilku.com/cgi-bin/index.cgi?p=6008&id=584

Sementara berlangsung Bangkok International Motor Show 2007. Cek lagi harga Captiva 2.4 liter bensin 2WD : B1.15 juta !!!
Kalo di-convert ke rupiah : 320-jutaan ... wew
Itu musti tambah lagi 5% untuk masuk Indo ...., yah sepertinya perkiraan para suhu SM ga meleset, huhuhu...

Kalo mau yg 4WD tambah lagi 80-an juta (Baht 300 ribu)
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

geli2 wrote:Coba liat di http://www.mobilku.com/cgi-bin/index.cgi?p=6008&id=584

Sementara berlangsung Bangkok International Motor Show 2007. Cek lagi harga Captiva 2.4 liter bensin 2WD : B1.15 juta !!!
Kalo di-convert ke rupiah : 320-jutaan ... wew
Itu musti tambah lagi 5% untuk masuk Indo ...., yah sepertinya perkiraan para suhu SM ga meleset, huhuhu...

Kalo mau yg 4WD tambah lagi 80-an juta (Baht 300 ribu)
SALAH, BUKAN BEGITU cara menghitungnya. Harga mobil di Thailand, rata-rata jauh lebih mahal daripada harga mobil di Indo. Kalau tidak percaya, silakan hitung harga-harga mobil lain pada artikel di atas.

Contohnya harga Audi A3 yang 3 juta Baht lebih, = hampir Rp 800 juta.
Di sini tidak sampai Rp 500 juta.
geli2
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Sun Oct 01, 2006 7:39

Post by geli2 »

Mmm, gimana dong cara ngitungnya? memang 320 jutaan kemahalan ya? Posting bung Conan bikin saya kaget, soalnya pake teriak-teriak gitu heheh...

Oh ya, knp thread ini adem ayem ya? Padahal Captive sepertinya keren juga, jika bisa murah ...
<Start><IFRAME></IFRAME><End>
plasworld88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 327
Joined: Thu Jul 06, 2006 9:36

Post by plasworld88 »

di thread lain, ada yg bilang harganya udh ampir pasti di level 240 -260 jt.
kl bener segini harganya dan gak dispec down (soalnya katanya CBU dr Thailand), gue musti acung jempol.
Ini mobil bakalan ngeganggu pasar CRV, Xtrail and Fortuner (yg emang udh kemahalan). Let's see.
alvin_kiak
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: Tue Mar 27, 2007 10:18

Post by alvin_kiak »

plasworld88 wrote:di thread lain, ada yg bilang harganya udh ampir pasti di level 240 -260 jt.
kl bener segini harganya dan gak dispec down (soalnya katanya CBU dr Thailand), gue musti acung jempol.
Ini mobil bakalan ngeganggu pasar CRV, Xtrail and Fortuner (yg emang udh kemahalan). Let's see.
Info yg gw dapet dari temen yg Chevy Indo, harganya bersaing dengan CR-V, silakan diprediksi :lol:
Launching Juli.
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

alvin_kiak wrote:
plasworld88 wrote:di thread lain, ada yg bilang harganya udh ampir pasti di level 240 -260 jt.
kl bener segini harganya dan gak dispec down (soalnya katanya CBU dr Thailand), gue musti acung jempol.
Ini mobil bakalan ngeganggu pasar CRV, Xtrail and Fortuner (yg emang udh kemahalan). Let's see.
Info yg gw dapet dari temen yg Chevy Indo, harganya bersaing dengan CR-V, silakan diprediksi :lol:
Launching Juli.
Rp 275 jt an...?? Kalo gitu bener donk Otomotif pertama kali ngasih perkiraan. Dulu mereka ngasih clue "lebih murah dari Fortuner.."
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

wah harga all new CRV termurah 2.0 M/T 272jt...
alvin_kiak
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: Tue Mar 27, 2007 10:18

Post by alvin_kiak »

Gw juga naksir ma Captiva, semoga CBU full spec, ngga dispec-down...
Tapi spare parts Chevy gmn ya? mahal n langka ngga? Trus, utk yg di daerah yg ga ada cabang resmi Chevy gmn ya, after sales service = ga bisa diharapkan sama sekali donk?
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Ikut penasaran, tadi saya telp GMI. Tapi tetap aja nggak dikasih harga pastinya. Cuma dikasih range Rp 270-Rp 300 jt.

Tapi dia jamin tidak ada spec down versi Indonesia. Cuman waktu saya coba pastiin apakah semua fitur yg tertulis dibeberapa website seperti sunroof, Anti Rolling Over, Electronic Stability Programme, Hill Descent Controll dan fitur2 lain akan lengkap di Captiva yg dijual di sini, dia ngelak diplomatis "... wah.. saya nggak hafal fiturnya. Tapi setahu saya yg dijual di Eropa pun nggak semua varian full spec..". Nah lho.. indikasi apa ini..?
plasworld88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 327
Joined: Thu Jul 06, 2006 9:36

Post by plasworld88 »

nah lho ! berarti persis kyk perkiraan gue jauh2 hari sebelumnya di range antara 275 - 300 jt, main di range CRV tp jelas di bawah Fortuner (yg 330 an varian termurahnya).
I bet Captiva di Indo gak bakal ada HDC (sejauh ini kyknya HDC adanya di level X3 paling rendah), CBU or not CBU, pasti feature ini di cut.
ESP ? gue terus terang jg gak yakin.
kl GMI bilng dijamin gak bakal ada spec down di sini, spec downnya di compare dr versi mana dulu? kan banyak celah buat mrk ngeles nantinya.
frankly speaking, gue agak2 pesimis sama ATPM2 di Indo, yg jelas2 banyak take benefit dr market's ignorance (pelopor and biangnya udh pasti, itu tuh.. T...)

anyway, back to topic, yg expect Captiva di bawah 250 jtan udh pasti gigit jari nih kyknya
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Ga specdown=versi sini adalah entry level di luar...
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Wah moga2 thread ini bakal booming juga kaya livina karena buat penasaran. Gw dah inden tapi harganya gw juga mulai ga pasti.

Yang pasti gw liat mobil2 chevy yang diimport dari thai ke indo specnya semua sama dan harganya bisa lebih murah dari thai. 320jt itu mungkin OTR mereka, jadi kalo mobil ini diimpor ke Indo ga mungkin harga OTR tetapi OFF THE ROAD alias belum ada pajaknya.

Dan ada fakta lagi nih kan saya dah bilang sebelumnya saya ini chevy user (optra). Pada waktu 2003 waktu dilaunching optra gw pikir harganya bisa 240jtan alias sedikit dibawah altis or civic masa itu. Setelah di lauching optra LT MT itu memberikan fitur yang lebih dibanding altis dan civic masa itu, kaya TNR, IMMOBILIZER, GEAR KNOB,JOK,TRIM,STEERING DIBALUT KULIT, FRONT ACTIVE HEAD REST, REMOTE ON STEERING WHEEL, DUAL AIRBAG, ABS, EBD harganya cuman 202jt loh. Kaget n langsung beli gw waktu di Gaikindo. Waktu tahun 2003 mana ada mobil yang seharga begitu memberikan fitur2 kaya gitu.

Perkiraan gw captiva bisa memberikan fitur yang lebih dan harganya bisa jauh atau at least sedikit di bawah CRV, ESCAPE, XTRAIL.
Kalo CAPTIVA biarpun memberikan nilai lebih tapi harganya imbang2 dengan kompetitornya bakal ga laku nih mobil, soalnya peminat chevy di Indo sangatlah sedikit dan mereka ga peduli apa itu fitur2nya.

Dan mengenai sparepart jangan takut lah tapi khusus jawa sudah bagus kok. Tapi luar jawa i don't know. Tapi uda ada pengantian manajemen dari GM yang berkomitmen untuk menambah sampai 52 dealer dan bengkel resmi di Seluruh INdo so ga usah takut.



i
Last edited by Winata on Wed Apr 11, 2007 16:20, edited 1 time in total.