NASIB INJEKSI...
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 645
- Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
- Location: Jakarta
NASIB INJEKSI...
Kini telah hadir dua motor berteknologi injeksi menggantikan teknologi karburator, bebek Honda Supra PGMFI dan yang akan keluar Sport Yamaha Vixion150. Tapi hamba masih belum mengerti, bagaimanakah karakteristik injeksi ini. Dari segi performa dan perawatan. Bagaimanakah nasibnya kelak? Mengingat injeksi butuh bensin yang bagus dan bersih, dan pertamina belum sepenuhnya bisa menyediakan kualitas pertamax ke seluruh indonesia secara merata, akankah injeksi menjadi tidak sebandel karburator? Padahal bila turing roling hard ke pelosok2, bensin yang kualitas bagus itu sulit ditemukan.
Mungkin pengalaman dari yang sudah bermobil, bagaimanakah tips menggunakan kendaraan berteknologi ini. Go injeksi tanpa ragu, atau masih mempunyai catatan2 kecil? Mari kita bahas injeksi sampai tuntas.
Mungkin pengalaman dari yang sudah bermobil, bagaimanakah tips menggunakan kendaraan berteknologi ini. Go injeksi tanpa ragu, atau masih mempunyai catatan2 kecil? Mari kita bahas injeksi sampai tuntas.
semoga selamat sampai duluan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1237
- Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
- Location: Surabaya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 750
- Joined: Mon Jan 29, 2007 3:34
Mesin dengan teknologi injeksi lebih irit dan efisien dalam penggunaan bahan bakar karena menggunakan injector (bensin langsung disemprotkan ke dalam ruang bakar)
dengan cara ini bahan bakar yg digunakan lebih terukur dan sesuai dengan kebutuhan mesin. Gejala terlalu banyak bensin masuk ke dalam ruang bakar akibat terlalu cepat/banyak memutar grip gas bisa diminimalkan oleh mesin injeksi karena sudah didukung oleh semacam Engine Control Unit yg mengatur besarnya pasokan yg dibutuhkan oleh mesin pada rentang RPM tertentu.
Intinya kita memberikan sekian % dari cara kita mengontrol motor kita kepada ECU tersebut. (cthnnya di MotoGP - riders Ducati hanya mengontrol 1 silinder saja melalui respon langsung bukaan gasnya dan silinder sisanya diatur oleh komputer untuk menghindari overspin pada saat keluar tikungan. atau rossi yg cuma 2 silinder)
Intinya dengan sistem injeksi aliran tenaga akan lebih smooth dibandingkan dengan mesin karburator.
Masalahnya:::::
1. Sistem injeksi menggunakan injektor (penyemprot bensin) dengan diameter yg sgt kecil --> untuk motor cc kecil seperti di Indo lebih kecil lg ukurannya, sehingga tidak boleh tersumbat. yg bisa menyebabkan tersumbat antara lain: BENSIN KOTOR, ADITIF yg tidak menyatu dengan bensin dan memiliki ukuran partikel yg berpotensi menyumbat aliran bensin. Kerak /karat pada tangki.
2. Sistem injeksi yg sifatnya memuluskan tenaga tidak begitu berarti untuk motor2 dengan cc / tenaga kecil -- sorry no offense
-- karena perbedaannya tidak terlalu kerasa. (harap diingat bahwa dalam sebagian kasus dengan menggunakan sistem injeksi akan menurunkan sedikit tenaga motor (karena tujuan efisiensi bhn bakar dan kemulusan penyaluran tenaga)
3. Khusus untuk melibas banjir,
Mesin injeksi lebih rawan terhadap banjir jadi harap waspada dan jgn main terjang seperti pake karburator yg kalo mogok di tengah banjir lebih gampang diperbaiki hehehehe
Kesimpulan:
Mesin injeksi memang terobosan dalam teknologi otomotif. Mungkin bisa kita pertimbangkan juga bahwa dengan mesin injeksi kita bisa membantu mengurangi polusi karena efisiensi pembakaran
tenaga juga lebih smooth dan kalo pagi lebih gampang nyalain motor hehehe
Like it or not sepertinya dalam beberapa tahun mendatang injeksi akan menggantikan karburator. dan saya yakin sih bahwa kedepannya sistem ini akan lebih berkembang dan dapat mengatasi kekurangannya saat ini.
NAH, yg susah adalah bensinnya nih.... gmn caranya dapet bensin bersih dan berkualitas????
sekian dulu kebawelan saya.... moga bermanpaat

dengan cara ini bahan bakar yg digunakan lebih terukur dan sesuai dengan kebutuhan mesin. Gejala terlalu banyak bensin masuk ke dalam ruang bakar akibat terlalu cepat/banyak memutar grip gas bisa diminimalkan oleh mesin injeksi karena sudah didukung oleh semacam Engine Control Unit yg mengatur besarnya pasokan yg dibutuhkan oleh mesin pada rentang RPM tertentu.
Intinya kita memberikan sekian % dari cara kita mengontrol motor kita kepada ECU tersebut. (cthnnya di MotoGP - riders Ducati hanya mengontrol 1 silinder saja melalui respon langsung bukaan gasnya dan silinder sisanya diatur oleh komputer untuk menghindari overspin pada saat keluar tikungan. atau rossi yg cuma 2 silinder)
Intinya dengan sistem injeksi aliran tenaga akan lebih smooth dibandingkan dengan mesin karburator.
Masalahnya:::::
1. Sistem injeksi menggunakan injektor (penyemprot bensin) dengan diameter yg sgt kecil --> untuk motor cc kecil seperti di Indo lebih kecil lg ukurannya, sehingga tidak boleh tersumbat. yg bisa menyebabkan tersumbat antara lain: BENSIN KOTOR, ADITIF yg tidak menyatu dengan bensin dan memiliki ukuran partikel yg berpotensi menyumbat aliran bensin. Kerak /karat pada tangki.
2. Sistem injeksi yg sifatnya memuluskan tenaga tidak begitu berarti untuk motor2 dengan cc / tenaga kecil -- sorry no offense

3. Khusus untuk melibas banjir,

Mesin injeksi lebih rawan terhadap banjir jadi harap waspada dan jgn main terjang seperti pake karburator yg kalo mogok di tengah banjir lebih gampang diperbaiki hehehehe
Kesimpulan:
Mesin injeksi memang terobosan dalam teknologi otomotif. Mungkin bisa kita pertimbangkan juga bahwa dengan mesin injeksi kita bisa membantu mengurangi polusi karena efisiensi pembakaran

Like it or not sepertinya dalam beberapa tahun mendatang injeksi akan menggantikan karburator. dan saya yakin sih bahwa kedepannya sistem ini akan lebih berkembang dan dapat mengatasi kekurangannya saat ini.
NAH, yg susah adalah bensinnya nih.... gmn caranya dapet bensin bersih dan berkualitas????

sekian dulu kebawelan saya.... moga bermanpaat


orang biasa dengan teman-teman luar biasa
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
mesin dengan sistem pengembunan konvesional pake karburator yang memiliki kelemahan bisa terpengaruh keadaan cuaca. sedangkan pada sistem injeksi tidak. Dengan sistem injeksi memang betul lebih effisien karena sudah memakai sistem digital cuman kudu ati2 pada komponen digitalnya jangan kena/masuk air, seperti mobil ijeksi juga. soal bensin saya pake boil ijeksi dan bensin premium biasa, nggak papa tuh oke aja (asal saringan bbm nya ok)......
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 25
- Joined: Wed Mar 07, 2007 4:46
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 701
- Joined: Wed Oct 12, 2005 4:59
- Location: JABOTABEK
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
- Location: JAKARTA
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
terima kasih atas sanjungannya..sandz wrote:jadi, apakah pertamax di indonesia bener2 pas buat mesin injeksi ? apa mau pake premium ?
@ mansetha : bro, avatar lu muantebzzz banget.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
IMHO, Bro mensetha itu benar. Injeksi atau karburator nggak ada hubungan langsung dgn premium atau pertamax.
Yg menentukan apakah premium atau pertamax adalah kompresi mesinnya. Gw jg nggak ngerti mendalam sih...
Tapi kayaknya, kompresi mesin berhubungan dgn masalah timing pengapian, timing ini berhubungan dgn titik ledak (?) bbm, titik ledak ini berhubungan dgn tingkat RON (octan) BBM. Kalo salah sila dikorek2 si.
Yg menentukan apakah premium atau pertamax adalah kompresi mesinnya. Gw jg nggak ngerti mendalam sih...

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 25
- Joined: Wed Mar 07, 2007 4:46
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
Ya itu karena harga lebih mahal daripada supra X biasa, padahal untuk kelas bebek teknologi Ijeksi kurang begitu perlu, konsumen mending milih motor besar sekalian atau motor setengah besar (kayak thunder 125). tambah dikit dapet new megapro.anak_singkong wrote:gimana tuh kabarnya sih Supri eX PGMFI? koq jarang ada dijalanan JaBoDeTaBek yah?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 246
- Joined: Wed Feb 21, 2007 7:40
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
- Location: Depok
gw yakin, motor2 yang akan diproduksi oleh produsen otomotif kedepannya akan dikasih yg versi injeksi... krn emisi gas buang hrs bener2 dikurangin dan akibat sumber bahan bakar yg makin menipis... jd arah produksinya akan sgt jelas untuk penghematan sumber energi (bbm)...
cuman waktunya doank yg belom pasti, apakah 5 ato 10 tahun lg akan terealisasi ato malah lbh lama... mungkin saat ini dlm proses coba2 ato sedang melakukan persiapan yg bener2 matang kearah tsb...
mau gak mau, kita semua hrs belajar ttg injeksi... pa' lagi yg pingin make moge... kl gak ngerti injeksi, ntar ngandalin mekanik dibengkel mulu...
kl dikasih injeksi, seharusnya diterapin teknologi ride by wire jg... kan keren tuh....
motor udah gak make kabel gas lg, tp udah dibantu ama alat elektronik yg berfungsi untuk nyesesuain putaran handle gas ditangan ke karbu ato injeksi (jd spt make remote mobil2an yg make kabel) cmiiw...
kl skrg mah, mungkin dr produsen otomotif msh nerapin sistem nothing to lose kl ngeluarin motor injeksi... kl laku yah syukur
, kl gak laku... ngeluarin versi yg make karburator.... 
cuman waktunya doank yg belom pasti, apakah 5 ato 10 tahun lg akan terealisasi ato malah lbh lama... mungkin saat ini dlm proses coba2 ato sedang melakukan persiapan yg bener2 matang kearah tsb...

mau gak mau, kita semua hrs belajar ttg injeksi... pa' lagi yg pingin make moge... kl gak ngerti injeksi, ntar ngandalin mekanik dibengkel mulu...

kl dikasih injeksi, seharusnya diterapin teknologi ride by wire jg... kan keren tuh....


kl skrg mah, mungkin dr produsen otomotif msh nerapin sistem nothing to lose kl ngeluarin motor injeksi... kl laku yah syukur


-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 38
- Joined: Sun Apr 09, 2006 11:05
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 246
- Joined: Wed Feb 21, 2007 7:40
memang sih mungkin bakal jadi trend motor pake FI tapi kan kembali ke harga, motor FI apalagi pake ride by wire impiannya bro rio pasti harganya selangit lagian FI kan tekno lama honda fire blade kan dah ada sejak jadul cuma FI baru aja diterapin di Indonesia dan ketauan kan kurang laku biz mahal banget tapi klo motor bahan bakarnya pake air gw langsung beli meski mahal2 gw paksain kan enak abis bahan bakar tinggal cari sumur.....wakakak
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 645
- Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
- Location: Jakarta
sebelumnya terima kasih atas penjelasan bro alvika dan mansetha, dan bro2 lainya, setidaknya sudah lebih cerah kepala saya ini.
iya sih, kemunculan injeksi terutama karena masalah peraturan gas buang yang tingkat polusinya semakin kecil. kalau negara kita sekarang baru memasuki euroII, mungkin kedepannya injeksi akan semakin marak lagi seiring ketatnya peraturan itu.
jadi pakai premiumpun tak masalah untuk injeksi. OK kesimpulannya sekian dulu, karena warnetnya mau tutup nih.
-wassalam-
iya sih, kemunculan injeksi terutama karena masalah peraturan gas buang yang tingkat polusinya semakin kecil. kalau negara kita sekarang baru memasuki euroII, mungkin kedepannya injeksi akan semakin marak lagi seiring ketatnya peraturan itu.
jadi pakai premiumpun tak masalah untuk injeksi. OK kesimpulannya sekian dulu, karena warnetnya mau tutup nih.
-wassalam-
semoga selamat sampai duluan
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Sat Jul 07, 2007 16:39
new bee SupraX 125 PGM FI
hadooh ikutan ah, gw br beli suprax 125 pgm fi. blm ada sminggu. tarikan emg kerasa beda, wlo pada posisi gigi gede yg biasanya mesin ngempos maksa jln,skrg ngga lg. seolah2 tuh motor tau bgt ini kegedean gigi,jd bensin diatur spy ga kesan "nggerojog bensin" (salahkah perasaanku?). 100 km (rata2 jrk tempuh 25 km/hari jln macet terusss) butuh 3 liter pertamax dg oli Castrol (dgr2 bisa ampe 1:50). yg jls gw msh mo eksperimen ma oli. keknya pake Castrol 4T (botol putih) mesin lbh panas klo kontak dah OFF alias msk garasi/ud dipake (ato smua mtor gini??). soal tarikan mah yahudd deh, ngga pernah ngerasa kebanyakan nge-gas (nurunin bensin) krn ini pasti ulah ECU yg ngatur semprotan bensin ke mesin (bukan sotoy ya, perasaan aja kok). yg jls, ini mtor emg jarang ada di jlnan. bener bgt nambah dikit dpt megapro tp inget....kdg yg namanya prestise (baca: klo gak mau pasaran) ngga ngukur duit coy LOL LOL LOL... tp biar gmn gw msh nunggu share dr elu2 pada, asal... ngga asbun ya bro! PEACE!!
Last edited by ariefabo on Sat Jul 07, 2007 17:47, edited 2 times in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1237
- Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
- Location: Surabaya
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 228
- Joined: Wed Apr 21, 2004 7:10
- Location: depan komputer
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1237
- Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
- Location: Surabaya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 481
- Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
- Location: Jakarta
injeksi yang gw tau klo noselnya udah tersumbat servicenya mahal dan rumit. pernah liat bengkel mobil yang sevice nosel injector. dengan mesin sevice dan proses yang rumit supaya semprotan yang di hasil kan kembali bagus dan merata.
klo motor pakai sistem drive by wire sih ogah deh, soalnya pernah bawa mobil honda stepwagon temen gw yang katanya drive by wire wkt di lampu merah startnya ada jeda waktu sewaktu kita injak pedal gas sama respon kendaraan. jadinya ngak spontan dan responsif.
kan kita naik motor selain sebagai alat transportasi juga having fun dong.
klo motor pakai sistem drive by wire sih ogah deh, soalnya pernah bawa mobil honda stepwagon temen gw yang katanya drive by wire wkt di lampu merah startnya ada jeda waktu sewaktu kita injak pedal gas sama respon kendaraan. jadinya ngak spontan dan responsif.
kan kita naik motor selain sebagai alat transportasi juga having fun dong.

ホンダ NSR レヌ バィク
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 645
- Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
- Location: Jakarta
betul bro, lagian di indonesia mah gak bakalan ada kali motor pake sistem drive by wire, kecanggihan gitu loh.
maka dari itu, injeksi juga butuh perhatian, filter bensin harus jangan terlalu kotor dan kualitas bahan bakar yang bagus.
mungkinkah bila sudah merakyat, perbaikan injeksi akan menjadi lebih murah?
maka dari itu, injeksi juga butuh perhatian, filter bensin harus jangan terlalu kotor dan kualitas bahan bakar yang bagus.
mungkinkah bila sudah merakyat, perbaikan injeksi akan menjadi lebih murah?
semoga selamat sampai duluan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1237
- Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
- Location: Surabaya
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 228
- Joined: Wed Apr 21, 2004 7:10
- Location: depan komputer