Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Halo, saya mau minta masukkan donk kpd SMers yang sudah pro dan pengalaman. gua kan baru pertama kali mau beli mobil. kalo harga livina resmi cocok ama gua, pasti ambil livina.
nah yg gua mau tahu, hal2 apa aja sih yg perlu gua ketahui dari sisi pembelian mobil (bukan dr sisi spec mobil dll). misalnya, jaman dulu setau gua, kalo beli mobil, langsung minta dikasih anti karat di kolong mobilnya. nah jaman sekarang masih ada ga sih.
nah hal2 apa aja nih yg gua dapet, atau, kalo musti tambah uang, biasanya tambah berapa duit ke showroom. atau lebih baik cari bengkel khusus? atau hal2 apa aja yg mustinya dikasih gratis ama showroom? hehehe. ga ada kali ya....
tentang:
- anti karat
- kaca film
- asuransi
- tolong tambahin.....
biasanya kalau anti karat dibawa ke bengkel sendiri oleh kita, bukan dari showroom'nya. Takutnya ntar malah dimahalin. Begitu pula dengan kaca film, kita yang pasang sendiri.
Tapi dulu sih ada dikasih kaca film dari showroom, cuman kaca film'nya jelek abis, low quality.
Masalah Asuransi juga sepertinya kita sendiri yang apply. Pokoknya kalau terlalu banyak minta bnous dari showroom ga seberapa enak, soalnya mereka kasih barang yang low quality semua.
Saya jadi inggat pertama kali beli mobil dengan uang sendiri seumur hidup. First love never dies ! Cuman first love saya kisahnya ngak happy ending. Sebab mobil yang saya beli pertama kali itu adalah Hyundai Santa Fe bekas. Sorry Hyundai, bukan mau gimana, tapi itu mobil troublenya banyak banget. Sampai akhirnya saya ceraikan !
OK. First, dari pengalaman saya gini, saat beli Stream baru, saya anti-karat pakai merek Ziebart. Tapi saat beli Serena baru, sudah ngak. Why ? Sebab saya mulai sadar, itu namanya tukang anti-karat, mana ngerti semua panel mobil ? Apalagi model baru. So what COULD happen is, mobil baru anda, apalagi seperti Livina, like my Stream saat keluar, tukang anti-karatnya mana mungkin ngerti tentang panelnya ?
So kasus saya adalah, sesudah anti-karat, mobilnya mulai lebih berisik. Seperti panelnya kurang rapat atau re-assemblynya kurang benar. Sudah pasti tukang anti-karatnya saat reaseembly panelnya ngak 100% benar mungkin. Anyway, namanya mobil, kalau ngak perlu, saya bilang jangan sembarangan buka pasang. The more U do that, risiko mobilnya sudah ngak " RAPAT " lagi. Know what I mean ?
My Serena, ambil kondisi pabrik apa adanya, sampai sekarang pakai 3 tahun, OK OK saja. Ngak ada karat. Sebab mobil jaman sekarang anti-karatnya sudah canggih kok.
Kaca film, I like VCool. Mahal, tapi hasilnya lumayan. Untuk mobil baru, itu investasi penting, supaya mobil dalamnya ngak lama di panggang matahari. Musim kemarau inggat kan panasnya sampai 36 derajat ! Buy the best window film U can afford.
Dan juga, janggan langsung di wax. Tunggu sekitar 3 bulan, saat cat sudah benar benar matang, di wax (jangan di poles !). Dan pilih kain yang halus ! Salah pilih mobilnya catnya nanti seperti Spiderman's web ! Gores lingkaran akan banyak muncul. Sering saya lihat di jalan.
Dan juga, janggan langsung di wax. Tunggu sekitar 3 bulan, saat cat sudah benar benar matang, di wax (jangan di poles !). Dan pilih kain yang halus ! Salah pilih mobilnya catnya nanti seperti Spiderman's web ! Gores lingkaran akan banyak muncul. Sering saya lihat di jalan.[/quote]
itu namanya swirl mark, kl gak salah ya, terutama banyak di mobil warna solid (non metalik), terutama hitam solid.soalnya kan kl warna solid gak ada coating kyk warna metalik.kl menurut salah satu teknisi cat yg pernah diskusi brg gue, kl warna solid, apapun pilihan kain lapnya, pasti swirl mark yg kyk jaring laba2 itu pasti bakal ada, soalnya debu2 halus (yg gak keliatan sama mata kita) yg nempel di lap waktu kita cuci mobil, bisa nimbulin goresan2 model gini.kl gak mau repot, jng beli warna hitam solid deh, gue aja kapok
Lebih gila lagi, swirl mark parah itu saya pernah lihat di stock mobil baru salah satu importir umum ! Mati gak ? Mobil mahal daganggan di rusakan karyawan yang ngak perhatian saat bersihkan mobil. Apakah ngak nangis bossnya ?
I ngerti what U are talking abt. Jika mobil saya seperti itu, wah ! Jadi inggin jual dan ganti lagi. Benar seperti muka wanita di amplas ama suami gila !
jadi diluar anti karat, akca film n asuransi. ga ada pengeluaran ekstra lagi yah? gua musti bener2 bisa memperkirakan pengeluaran untuk beli mobil nih. any advice again?
soal anti karat, gua bingung, maksudnya panel2 apa yah? panel interior? gua kira anti karat cuman di kolong mobil doank. yg hitam dan kayak karet itu.
soal kaca film. stlh baca2 di SM n cari2 di internet, keknya yg lumayan bagus n harga sedang itu solargard ya... bisa kena brp ya? another 1jt or sampe 2jt?
n about insurance, ada advice? TLO atau butuh ke all risk sih? habis gua pikir, ini mobil baru, sayang kalo sampe kenapa2. blum lagi, kita belum tahu harga sparepartsnya mahal atau engga.
- Anti karat sepertinya buat mobil baru jaman sekarang udah ga perlu lagi deh... seperti kata Mr Sithlord, gw setuju banget... Biarkan aja kondisi standar, tapi rajin bersihin mobil, terutama kolongnya, kan enak juga ngeliat mobil sendiri resik.
- Kaca film biasanya udah ada bonus dari dealer, tapi kalo mau lebih bagus diganti aja. Harga sih bervariasi.
- Asuransi gw sarankan pilih all-risk. Kalo beli menggunakan jasa leasing biasanya termasuk asuransi, beda sama beli cash kita bisa pilih asuransi sendiri.
n about insurance, ada advice? TLO atau butuh ke all risk sih? habis gua pikir, ini mobil baru, sayang kalo sampe kenapa2. blum lagi, kita belum tahu harga sparepartsnya mahal atau engga.
Oh ya, Asuransi ga ganti spareparts, tapi mengganti bodyparts seperti panel2, lampu, dll yg diakibatkan kerusakan karena sesuatu yg di-cover polis. Spareparts itu adalah parts yg habis diakibatkan karena pemakaian.
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
hunter wrote:
soal anti karat, gua bingung, maksudnya panel2 apa yah? panel interior? gua kira anti karat cuman di kolong mobil doank. yg hitam dan kayak karet itu.
n about insurance, ada advice? TLO atau butuh ke all risk sih? habis gua pikir, ini mobil baru, sayang kalo sampe kenapa2. blum lagi, kita belum tahu harga sparepartsnya mahal atau engga.
soal anti karat, FYI, gue udah liat pake mata kepala sendiri, mereka ga bisa bedain anti karat untuk kolong2 mobil (pasta hitam) dan untuk di panel (bagian dalam pintu&body)
bayangin aja, mereka pake pasta hitam semua untuk kolong2 dan untuk panel.......akibatnya lubang2 pembuangan air yang ada di pintu2 jadi mampet tersumbat pasta hitam itu......
di jamin air hujan akan menggenang di dalam pintu.....& dalam waktu ngga lama pasti akan karatan..........
belum lagi yg bung sith bilang.......mereka bisa bongkar door trim & panel2 tapi ngga bisa masangnya lagi dgn rapi........betul2 preman!!!!!
soal asuransi, saya sarankan allrisk aja......karena, yang namanya mobil di pakai(apalagi di jakarta) pasti ga akan bisa mulus......tapi hati2 sebelum tanda tangan kesepakatan polisnya.......periksa dengan seksama, apa aja yang ditanggung.....
pengalaman saya, honda odys babe gue di asuransikan 8juta/taun all risk.....tapi dalam 2 bulan udah balik modal.....karena ganti kaca depan seharga 16juta......kaca depan kena kerikil yang lompat dari mobil depan di tol merak......
WP wrote:Biarkan aja kondisi standar, tapi rajin bersihin mobil, terutama kolongnya, kan enak juga ngeliat mobil sendiri resik.
yg gua takut, kadang2 namanya kotoran susah banget dibersihin, apalagi yg di kolong mobil, n lama kelamaan (yah 1-2 tahun) sdh berkaratan.
- Kaca film biasanya udah ada bonus dari dealer, tapi kalo mau lebih bagus diganti aja. Harga sih bervariasi.
nah setelah gua perhatiin mobil2 yg ada, itu pasang kaca film gmana ya? musti bongkar panel dlm n karet2nya ya?
- Asuransi gw sarankan pilih all-risk. Kalo beli menggunakan jasa leasing biasanya termasuk asuransi, beda sama beli cash kita bisa pilih asuransi sendiri.
Oh ya, Asuransi ga ganti spareparts, tapi mengganti bodyparts seperti panel2, lampu, dll yg diakibatkan kerusakan karena sesuatu yg di-cover polis. Spareparts itu adalah parts yg habis diakibatkan karena pemakaian.
boleh tau pengalaman anda pake asuransi apa? OTO kah? kemungkinan besar gua ga leasing, jd gua pilih asuransi sendiri.
kalo terjadi kecelakaan yg kena ke spareparts semacam bagian mesin de el el, itu berarti ga dicover juga? all risk mahal juga kan... misal, kena radiator? kena roda?
WP wrote:Biarkan aja kondisi standar, tapi rajin bersihin mobil, terutama kolongnya, kan enak juga ngeliat mobil sendiri resik.
yg gua takut, kadang2 namanya kotoran susah banget dibersihin, apalagi yg di kolong mobil, n lama kelamaan (yah 1-2 tahun) sdh berkaratan.
- Kaca film biasanya udah ada bonus dari dealer, tapi kalo mau lebih bagus diganti aja. Harga sih bervariasi.
nah setelah gua perhatiin mobil2 yg ada, itu pasang kaca film gmana ya? musti bongkar panel dlm n karet2nya ya?
- Asuransi gw sarankan pilih all-risk. Kalo beli menggunakan jasa leasing biasanya termasuk asuransi, beda sama beli cash kita bisa pilih asuransi sendiri.
Oh ya, Asuransi ga ganti spareparts, tapi mengganti bodyparts seperti panel2, lampu, dll yg diakibatkan kerusakan karena sesuatu yg di-cover polis. Spareparts itu adalah parts yg habis diakibatkan karena pemakaian.
boleh tau pengalaman anda pake asuransi apa? OTO kah? kemungkinan besar gua ga leasing, jd gua pilih asuransi sendiri.
kalo terjadi kecelakaan yg kena ke spareparts semacam bagian mesin de el el, itu berarti ga dicover juga? all risk mahal juga kan... misal, kena radiator? kena roda?
Tenang aja pak... mobil jaman sekarang ga gampang karatan...1-2 tahun tuh masih terasa baru... Asal perawatannya bener aja. Kalo di daerah rumah lo airnya asin seperti di Ancol, dll. jangan dicuci pakai air tanah, karena bisa berkarat. Yg penting seenggaknya cuci kolong di tempat cuci 2 minggu sekali, tergantung kondisi cuaca.
Pasang kaca film gampang kok, ga sampai harus ngebongkar kaca...apalagi bongkar panel dalam (doortrim kan maksudnya?)
Asuransi gw ga pakai OTO. Pakai All Risk Raksa Pratikara juga bagus..Banyak kok asuransi bagus sekarang...
Kalo asuransi all risk, diganti jika ada kerusakan, misal kena radiator, pelek, dll. Kalo TLO, sesuai namanya, kerusakan hanya diganti jika mencapai 75% keatas
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear