(ask)Common rail diesel
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
(ask)Common rail diesel
Buat bung penyu turbo & expert2 laennya:
tanya dong, sebetulnya masalah2 commonrail di indonesia detailnya seperti apa yah?
selain filter solar cepat sekali kotor?
katanya banyak juga yang nosel selenoidnya mampet.......kira2 analisanya seperti apa yah?
thx yah....
tanya dong, sebetulnya masalah2 commonrail di indonesia detailnya seperti apa yah?
selain filter solar cepat sekali kotor?
katanya banyak juga yang nosel selenoidnya mampet.......kira2 analisanya seperti apa yah?
thx yah....
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 146
- Joined: Thu Sep 16, 2004 7:08
- Location: Jabodetabek
Re: (ask)Common rail diesel
Pada mesin diesel konvensional saja, nozzle bisa karatan karena sulfur solar Indonesia yang cukup tinggi (Shell Diesel juga tinggi, 5000 ppm).ween wrote: katanya banyak juga yang nosel selenoidnya mampet.......kira2 analisanya seperti apa yah?
thx yah....
Nah, analisa saya sih, solenoid mampet karena endapan sulfur dan oksidasi karena sulfur. Karena pemilik commonrail banyak yang tidak merawat mobilnya secara extra bila masih memakai bahan bakar solar "polos".
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
Re: (ask)Common rail diesel
hmmm.......koq shell masih kasih sulfur tinggi yah?padahal harganya udah mahal & katanya standar shell internasional?w1ndut wrote:Pada mesin diesel konvensional saja, nozzle bisa karatan karena sulfur solar Indonesia yang cukup tinggi (Shell Diesel juga tinggi, 5000 ppm).ween wrote: katanya banyak juga yang nosel selenoidnya mampet.......kira2 analisanya seperti apa yah?
thx yah....
Nah, analisa saya sih, solenoid mampet karena endapan sulfur dan oksidasi karena sulfur. Karena pemilik commonrail banyak yang tidak merawat mobilnya secara extra bila masih memakai bahan bakar solar "polos".
trus merawat mobilnya secara extra dgn cara seperti apa yah?
terus terang aja, gue tertarik untuk eksperimen dgn crd ini.....
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Kalau utk wilayah Jkt & sekitarnya biosolar udah layak kok oom ween, asal diberi "racun" yg bermutu aja, macam keluaran Total / Amsoil / Redline / minimal Powerfuel, lalu 15 - 20 rb. km sekali di purging (lihat posting saya ttg purging di thread yg lain).
Mobil saya udah jalan 15.000 km filter solarnya masih oke aja.
Utk Samarinda yg saya dengar juga ada yg pakai Ipah D4 D udah jalan jauh aman2 aja.
Tapi utk Medan saya pernah dengar ada kasus yg Injector sampai harus diganti.
Mobil saya udah jalan 15.000 km filter solarnya masih oke aja.
Utk Samarinda yg saya dengar juga ada yg pakai Ipah D4 D udah jalan jauh aman2 aja.
Tapi utk Medan saya pernah dengar ada kasus yg Injector sampai harus diganti.
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 146
- Joined: Thu Sep 16, 2004 7:08
- Location: Jabodetabek
Re: (ask)Common rail diesel
Soal kenapa shell masih jual bahan bakar spek lama, nggak komentar deh...ween wrote: hmmm.......koq shell masih kasih sulfur tinggi yah?padahal harganya udah mahal & katanya standar shell internasional?
trus merawat mobilnya secara extra dgn cara seperti apa yah?
terus terang aja, gue tertarik untuk eksperimen dgn crd ini.....
Tapi IMHO, shell sudah dilengkapi additive yg membuat bahan bakar bersulfur ini 'aman' untuk CRD. Terbukti, tidak ada keluhan yg disampaikan oleh para konsumennya, antara lain Touareg, Caravelle, Innova D4D, Pueugeot 307 diesel, dll.
Alternatif lain, Pertamina DEX, harga lebih mahal daripada shell.
Perawatan secara extra, yg dilakukan oleh teman saya pemilik innova D4D tapi kadang2 isi solar biasa yaitu, rajin purging nozzle dengan LiquiMoly, oplos dengan DEX, Shell, rajin cek dan ganti filter solar, menambahkan additive yg bagus, seperti Redline, Powerfuel (etc). serta waspada terhadap penurunan performa mesin. Sedikit ada masalah dalam performa, langsung dicek fuel supplynya.
Agak repot memang, tapi berhubung ketersediaan bahan bakar kualitas bagus seperti dex, shell dan petronas masih terbatas, dan harganya, lebih mahal daripada Pertamax Plus, maka kerepotan itu menjadi langkah2 yang bijak.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
ok,bro.....
kalo boleh gue ambil kesimpulan, sampe sekarang belum ada cara praktis yang permanen untuk beresin masalah ini k?
selain rajin2 purging, & kasih solarbagus macam dex/shell/petronas.......
gimana dong, nasib pemakai d4d yang di daerah pinggiran kayak di bekasi,bogor, tangerang & di daerah2 luar jabotabek........
kalo boleh gue ambil kesimpulan, sampe sekarang belum ada cara praktis yang permanen untuk beresin masalah ini k?
selain rajin2 purging, & kasih solarbagus macam dex/shell/petronas.......
gimana dong, nasib pemakai d4d yang di daerah pinggiran kayak di bekasi,bogor, tangerang & di daerah2 luar jabotabek........
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
teman's.........g coba bikin list mobil2 crd di indo yah:
1. toyota: innova d4d
2. Peugeot: 806,307,307sw
3. mercedes: A170,C270,ML270
4. BMW: X5
5. VW: Caravelle,Touareg
6. Renault: Scenic lama
7. Hyundai: new santa fe
8. land rover: freelander
9. mitsubishi: pajero DI-D
ada lagi yang mau nambahin listnya?
soalnya u/ yang cbu via iu gue ngga gitu ngikutin crdnya......
btw kalo carnival diesel pake sistem crd juga gak y?
1. toyota: innova d4d
2. Peugeot: 806,307,307sw
3. mercedes: A170,C270,ML270
4. BMW: X5
5. VW: Caravelle,Touareg
6. Renault: Scenic lama
7. Hyundai: new santa fe
8. land rover: freelander
9. mitsubishi: pajero DI-D
ada lagi yang mau nambahin listnya?
soalnya u/ yang cbu via iu gue ngga gitu ngikutin crdnya......
btw kalo carnival diesel pake sistem crd juga gak y?
Last edited by ween on Mon Mar 05, 2007 4:43, edited 1 time in total.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
VW itu sistemnya EUI / UIS, bukan CRD, yaitu 1 pompa utk 1 cyl, posisi pompa spt pada busi & koil mesin gasoline DOHC.
Scenic lama itu Rotary pump tapi electronic (VP 44 / VP 37), sama spt. Landrcruiser VX 100 (1 HDF-TE) & Pajero Di-D (Zexel VR-Z).
Kalau mau cari 2nd yg harganya ekonomis Renault Scenic, bekasnya murah, BBM sgt. irit.
Kalau yg aman ya beli Innova D4-D, itu bekasnya aja banyak yg cari.
Scenic lama itu Rotary pump tapi electronic (VP 44 / VP 37), sama spt. Landrcruiser VX 100 (1 HDF-TE) & Pajero Di-D (Zexel VR-Z).
Kalau mau cari 2nd yg harganya ekonomis Renault Scenic, bekasnya murah, BBM sgt. irit.
Kalau yg aman ya beli Innova D4-D, itu bekasnya aja banyak yg cari.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
ok, jadi scenic,land cruiser vx, pajero DI-D belom pake crd, tapi sistem pompa solar konvensional, tetapi noselnya pakai nosel selenoid seperti crd?Turboman wrote:VW itu sistemnya EUI / UIS, bukan CRD, yaitu 1 pompa utk 1 cyl, posisi pompa spt pada busi & koil mesin gasoline DOHC.
Scenic lama itu Rotary pump tapi electronic (VP 44 / VP 37), sama spt. Landrcruiser VX 100 (1 HDF-TE) & Pajero Di-D (Zexel VR-Z).
Kalau mau cari 2nd yg harganya ekonomis Renault Scenic, bekasnya murah, BBM sgt. irit.
Kalau yg aman ya beli Innova D4-D, itu bekasnya aja banyak yg cari.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
mas turboman, sebetulnya saya lebih tertarik dgn 307 HDi...........sepertinya dia belom pake turbo seperti mesin 806 y?Turboman wrote: Kalau mau cari 2nd yg harganya ekonomis Renault Scenic, bekasnya murah, BBM sgt. irit.
Kalau yg aman ya beli Innova D4-D, itu bekasnya aja banyak yg cari.
apakah tipe mesinnya sama dgn 806?
trus harga 2nd-nya kira2 berapa y?(menyesuaikan budget negh.....)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
sorry, ada tambahan....mercedes V-class/vitoween wrote:teman's.........g coba bikin list mobil2 crd di indo yah:
1. toyota: innova d4d
2. Peugeot: 806,307,307sw
3. mercedes: A170cdi,C270cdi,ML270cdi,Vito/viano
4. BMW: X5
5. VW: Caravelle,Touareg
6. Renault: Scenic lama
7. Hyundai: new santa fe
8. land rover: freelander
9. mitsubishi: pajero DI-D
ada lagi yang mau nambahin listnya?
soalnya u/ yang cbu via iu gue ngga gitu ngikutin crdnya......
btw kalo carnival diesel pake sistem crd juga gak y?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
Setau gw ada A-Class lama yg A190 CDI Avantgarde juga deh?ween wrote:sorry, ada tambahan....mercedes V-class/vitoween wrote:teman's.........g coba bikin list mobil2 crd di indo yah:
1. toyota: innova d4d
2. Peugeot: 806,307,307sw
3. mercedes: A170cdi,C270cdi,ML270cdi,Vito/viano
4. BMW: X5
5. VW: Caravelle,Touareg
6. Renault: Scenic lama
7. Hyundai: new santa fe
8. land rover: freelander
9. mitsubishi: pajero DI-D
ada lagi yang mau nambahin listnya?
soalnya u/ yang cbu via iu gue ngga gitu ngikutin crdnya......
btw kalo carnival diesel pake sistem crd juga gak y?
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
keluarga a-class lama yang saya pernah coba, A140 cls,A160 eleg,A170 CDi avant , & A190 avant .....nah, yang A190 itu pakai mesin bensin 2000cc, merupakan varian tertinggi A-class....WP wrote:Setau gw ada A-Class lama yg A190 CDI Avantgarde juga deh?ween wrote:sorry, ada tambahan....mercedes V-class/vitoween wrote:teman's.........g coba bikin list mobil2 crd di indo yah:
1. toyota: innova d4d
2. Peugeot: 806,307,307sw
3. mercedes: A170cdi,C270cdi,ML270cdi,Vito/viano
4. BMW: X5
5. VW: Caravelle,Touareg
6. Renault: Scenic lama
7. Hyundai: new santa fe
8. land rover: freelander
9. mitsubishi: pajero DI-D
ada lagi yang mau nambahin listnya?
soalnya u/ yang cbu via iu gue ngga gitu ngikutin crdnya......
btw kalo carnival diesel pake sistem crd juga gak y?
yang diesel hanya A170 CDi
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
ween wrote:mas turboman, sebetulnya saya lebih tertarik dgn 307 HDi...........sepertinya dia belom pake turbo seperti mesin 806 y?Turboman wrote:
apakah tipe mesinnya sama dgn 806?
trus harga 2nd-nya kira2 berapa y?(menyesuaikan budget negh.....)
Mesin Diesel yg baru2 hampir tidak ada lagi yg tidak dilengkapi keong pak

Buat harga musti tanya ke milis Peugeot atau JPC
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Utk Intermezzo
Video2 klip Honda i-CTDi :
http://www.youtube.com/watch?v=0q49qq6VVvY <-- Ipah D4 D mah bai bai dah
http://www.youtube.com/watch?v=xfE2JMILFNs <-- Roaring to 5000 RPM
http://www.youtube.com/watch?v=otxxcBbj ... ed&search= <-- The Throttle response of VGT Turbo
http://www.youtube.com/watch?v=BuwKJz5N ... ed&search= <-- Civic i-CTDi in middle acceleration
http://www.youtube.com/watch?v=8Av-fp-a ... ed&search= <--- Top speednya ngeri boo......touching the redline at Top gear !!!

IMHO :
Melihat throttle responsenya, suara mesinnya, nggak heran mesin ini menyabet juara mesin sedunia tahun 2005.
http://www.youtube.com/watch?v=0q49qq6VVvY <-- Ipah D4 D mah bai bai dah

http://www.youtube.com/watch?v=xfE2JMILFNs <-- Roaring to 5000 RPM
http://www.youtube.com/watch?v=otxxcBbj ... ed&search= <-- The Throttle response of VGT Turbo
http://www.youtube.com/watch?v=BuwKJz5N ... ed&search= <-- Civic i-CTDi in middle acceleration
http://www.youtube.com/watch?v=8Av-fp-a ... ed&search= <--- Top speednya ngeri boo......touching the redline at Top gear !!!



IMHO :
Melihat throttle responsenya, suara mesinnya, nggak heran mesin ini menyabet juara mesin sedunia tahun 2005.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
Oh gitu ya? hehehe... ga gitu paham gw... A190 tuh yg glassroof juga ada kan?ween wrote:keluarga a-class lama yang saya pernah coba, A140 cls,A160 eleg,A170 CDi avant , & A190 avant .....nah, yang A190 itu pakai mesin bensin 2000cc, merupakan varian tertinggi A-class....WP wrote:Setau gw ada A-Class lama yg A190 CDI Avantgarde juga deh?ween wrote: sorry, ada tambahan....mercedes V-class/vito
yang diesel hanya A170 CDi
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
Setau saya juga semua common-rail diesel pakai turbo dehTurboman wrote:ween wrote:mas turboman, sebetulnya saya lebih tertarik dgn 307 HDi...........sepertinya dia belom pake turbo seperti mesin 806 y?Turboman wrote:
apakah tipe mesinnya sama dgn 806?
trus harga 2nd-nya kira2 berapa y?(menyesuaikan budget negh.....)
Mesin Diesel yg baru2 hampir tidak ada lagi yg tidak dilengkapi keong pak
Buat harga musti tanya ke milis Peugeot atau JPC
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
Yup biasanya untuk tipe mesin manapun di keluarga A-class (A140,160,170,190) kalau gradenya udah avant, udah pake kaca nako di atap :-)WP wrote:ween wrote:keluarga a-class lama yang saya pernah coba, A140 cls,A160 eleg,A170 CDi avant , & A190 avant .....nah, yang A190 itu pakai mesin bensin 2000cc, merupakan varian tertinggi A-class....WP wrote: Setau gw ada A-Class lama yg A190 CDI Avantgarde juga deh?
yang diesel hanya A170 CDi
Oh gitu ya? hehehe... ga gitu paham gw... A190 tuh yg glassroof juga ada kan?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Kemarin liat2 sekilas doang di salah satu media yg bahas New Ford Everest 2007. Mesin 2.5 Turbo Diesel Commonrail. Ford Indo menjamin mesin ini AMAN MENGKONSUMSI SOLAR BIASA...
Cuma lupa HP outputnya berapa. Jgn2 kecil jg tuh. Apakah garansi kalo rusak akibat solar biasa..? Nggak tau jg.
Ada yg udah baca..? Di sharing dong.. Kemarin nggak sempat beli, sampe gw mo cabut yg jualan nggak nongol2.


Cuma lupa HP outputnya berapa. Jgn2 kecil jg tuh. Apakah garansi kalo rusak akibat solar biasa..? Nggak tau jg.
Ada yg udah baca..? Di sharing dong.. Kemarin nggak sempat beli, sampe gw mo cabut yg jualan nggak nongol2.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
ok jadi ada tambahan lagi New ford ranger & everest.ween wrote:sorry, ada tambahan....mercedes V-class/vitoween wrote:teman's.........g coba bikin list mobil2 crd di indo yah:
1. toyota: innova d4d
2. Peugeot: 806,307,307sw
3. mercedes: A170cdi,C270cdi,ML270cdi,Vito/viano
4. BMW: X5
5. VW: Caravelle,Touareg
6. Renault: Scenic lama
7. Hyundai: new santa fe
8. land rover: freelander
9. mitsubishi: pajero DI-D
ada lagi yang mau nambahin listnya?
soalnya u/ yang cbu via iu gue ngga gitu ngikutin crdnya......
btw kalo carnival diesel pake sistem crd juga gak y?
jadi listnya :
1. toyota: innova d4d
2. Peugeot: 806,307,307sw
3. mercedes: A170cdi,C270cdi,ML270cdi,Vito/viano
4. BMW: X5
5. VW: Caravelle,Touareg
6. Renault: Scenic lama
7. Hyundai: new santa fe
8. land rover: freelander
9. mitsubishi: pajero DI-D
10. Ford: new Ranger, Everest
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
BMW pernah memasarkan 320d ketika peluncuran pertama kali E90. Tapi entah dulu ada unit yang terjual atau tidak..
Tambahan untuk LandRover, ada Range Rover 3.0L Diesel (mesin lama BMW, waktu LandRover masih dimiliki BMW) dan Range Rover Sport juga ada varian 2.7L Diesel (mesin Ford PAG, yang juga digunakan Jaguar S-type dan XJ, arguably the best diesel engine in the world in the XJ version : twin turbocharger, electronic engine mounting and double-glass with insulation. Lebih hening daripada versi bensinnya).
Mitsubishi Pajero DI-D mungkin belum bisa dikatakan 'modern diesel experience', karena bunyi mesinnya masih relatif bising/bergetar..?
Yang upcoming : Fortuner, dan mungkin Dacia Logan MCV (1.5L diesel).
Yang paling ditunggu2 adalah Chevrolet Captiva, dengan mesin 2.0L dieselnya yang tidak kalah performanya vs Hyundai Santa Fe's already excellent 2.2L Diesel...
Tambahan untuk LandRover, ada Range Rover 3.0L Diesel (mesin lama BMW, waktu LandRover masih dimiliki BMW) dan Range Rover Sport juga ada varian 2.7L Diesel (mesin Ford PAG, yang juga digunakan Jaguar S-type dan XJ, arguably the best diesel engine in the world in the XJ version : twin turbocharger, electronic engine mounting and double-glass with insulation. Lebih hening daripada versi bensinnya).
Mitsubishi Pajero DI-D mungkin belum bisa dikatakan 'modern diesel experience', karena bunyi mesinnya masih relatif bising/bergetar..?
Yang upcoming : Fortuner, dan mungkin Dacia Logan MCV (1.5L diesel).
Yang paling ditunggu2 adalah Chevrolet Captiva, dengan mesin 2.0L dieselnya yang tidak kalah performanya vs Hyundai Santa Fe's already excellent 2.2L Diesel...