Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Ngomongin soal oli yuk..
Buat orang2 kayak gw yg masih awam..
Sebenernya hub. yg relevan antara grade(multigrade) oli dgn mesin mobil apa sih? Misalnya 20W50 perbedaan penggunaan ama yg 10W40 apa?
Trus ada contoh konkrit ga untuk Grade dan Jenis mobil?
Semua dalam konteks kondisi Indonesia ya.. He3.. Thx..
Supaya lebih enak mungkin bisa disebutkan dulu boss jenis mobil yg anda miliki apa, sudah jalan brp km, cari oli yg seliternya brp duit, pemakaian anda spt apa, nanti baru kita lihat oli yg sesuai utk mobil anda.
Kalau ngomongin in general terlalu panjang lebar, nanti pusing bacanya.
Kalau mobil udah berumur lebih baik pakai oli mineral based aja, SAE yg agak sedikit kental.
Mesin yg sudah berumur resiko oli masuk ruang bakar lebih besar, kalau oli Full Synth. akan susah terbakar & cenderung menimbulkan kerak di ruang bakar.
Utk mobil buatan th. 89 munkin ada baiknya cari oli yg API Service agak lama, kalau bisa yg masih SH / SJ (kalau ada).
Oh gitu.. Tapi! nih mobil bener2 jarang pake sih.. Odo aj baru 50 rban.. untuk ring oli 'n kompresi harusnya masih bagus bukan? jadi kemungkinan kebakar masih sedikit.. selama ini blum pernah turun mesin..
r1210g wrote:Oh gitu.. Tapi! nih mobil bener2 jarang pake sih.. Odo aj baru 50 rban.. untuk ring oli 'n kompresi harusnya masih bagus bukan? jadi kemungkinan kebakar masih sedikit.. selama ini blum pernah turun mesin..
Kalau begitu coba test aja pak pake oli semi synth., nanti ganti oli pake engine flush dulu sebelumnya, trus masukkin oli semi synth., lihat progressnya.
Kalau dalam 2000 km penguapannya sudah banyak yah next time better pake mineral based aja.