sharing dong gimana tunggangan bro2 menghadapi banjir?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 986
- Joined: Wed Feb 23, 2005 5:24
sharing dong gimana tunggangan bro2 menghadapi banjir?
maaf nih bukannya mengorek luka akibat kebanjiran, tp ane cuman pengen baca cerita yg menarik dari bro2 yg ngalamin banjir bersama mongtornya, sekaligus share kalo punya tips & trik bila kita terjebak banjir....ato penanganan mongtor yg mati akibat minum aer...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 986
- Joined: Wed Feb 23, 2005 5:24
ada cerita yg menarik nih dari anggota milisnya bajaj pulsar
pulsar cukup tangguh juga yah....Ada yg tanya bagaimana sepak terjang Pulsar menerobos banjir Jakarta???
ÂÂ
Nih true story dari gw dan Monty Jumat kemarin…
ÂÂ
Jumat,2 Februari 2007
ÂÂ
Awalnya gw ga mau berangkat ke kantor dari rumah di Kelapa Gading ke Gatot Sub.
Tapi karena sebel denger suara bos yang nagih2 data, akhirnya gw tegarkan hati dan nyalakan Monty
ÂÂ
Begitu lepas pintu pagar rumah, nyali sempet ciut karena air udah cukup tinggi (+_ 30 cm)
Plus hujan yang sangat deras
Sempat ragu dengan kemampuan Monty menembus banjir
Tapi mendengar raungan mesin 180cc DTS-i Monty, gw jd PD lagi
Akhirnya tuh banjir diterabas jg sambil was2 liat knalpot
Gas gw jaga ttp stabil di 4000 rpm dgn pake kopling dan kaki sebagai rem
ÂÂ
Setelah 100m gw jalan, ketemu bro rider Tiger silver 2004 B ….SBS yg baru kluar dari rumah, dia sepertinya senasib jg ky gw
Dengan napas yang gelagapan dibawah terpaan air hujan
Akhirnya kita sepakat untuk terabas banjir bersama
Setelah 200m jalan bareng, kita sampai di tanjakan, mesin dia dan  gw sama2 ngebul karena uap air yg menguap di sirip2 mesin. Kita berhenti sejenak utk cek keadaan mesin.
ÂÂ
Kita lanjut lagi jalan lewat jalan2 kompleks di Kelapa Gading sekitar 500m-an sampai pada suatu tikungan kita bingung karena air bertambah dalam (setinggi ban Monty)
Rider Tiger yg belakangan gw tau bernama Danar itu ttp keras kepala ngajak gw jalan terus  ÂÂ
Mungkin dia ingin tahu seberapa jauh kemampuan Monty menerobos banjir
Yasud gw ikuti dia dgn ban yg udah ga keliatan dan jalan pelan2 sekitar 10 kpj
ÂÂ
Sampai akhirnya tiba2 Tiger bro Danar mati dan tidak mau di starter
ÂÂ
Gw sendiri refleks turun dan gak inget sama gas yg harus gw jaga di 3000rpm.tapi untunglah mesin Monty tetap langsam di 1200 rpm
Spontan gw turun dan gw Bantu dia utk tekan starternya dan aku sela berkali2, tapi Tiger tetap tdk mau hidup, akhirnya Danar menyerah
Dia titipkan motor di pos penjagaan dan pulang jalan kaki.
Sebelumnya dia sempat memuji ketahanan mesin Pulsar setelah 1 km menerabas banjir.
ÂÂ
“Ben, motor lu edan, bulan depan ingetin gw buat jual nih macan trus beli motor yg kaya ente punya†bgitu kata Danar
Gw bilang, “wajar bro…masih baru..Tiger ente kan udah lamaâ€Â
Terus dia bilang, “next time, Tiger don’t try this at flood, air emang bukan tempat berkubang buat macanâ€Â
Kami berpisah dan saling bertukar alamat, dia bilang nanti ingin main2 ke rumahku dan test ride Monty.
ÂÂ
Dalam perjalanan pulang sendiri, air udah bertambah dalam setinggi diatas logo Bajaj tapi gw jaga agar air ga masuk ke tangki. Mesin tetap gw jaga stabil di 3000rpm tanpa tutup gas dengan speed 10-15kpj
200m menjelang rumahku, suara mesin Monty mulai lirih sebelum akhirnya monty “pingsan†karena kemasukan air lewat knalpot.
ÂÂ
Gw tuntun Monty ke rumah dan segera memanggil temanku Edo yg tahu mesin dan punya stok oli bebeknya yg gak dipake.
Dia segera mencabut busi Monty dan disela
Air segera muncrat dari kedua lubang busi Monty.
Disini ketika jempolku menutupi lubang busi dan Edo menyela kick starter
aku segera merasakan bahwa tekanan di busi kiri ternyata jauh lebih besar daripada di kanan
Temanku bilang busi kanan kemungkinan digunakan untuk mengakomodasi RPM2 tinggi.
ÂÂ
Selanjutnya menguras oli…
Ketika baut oli yg ada disamping girbox Monty dibuka dan oli keluar
Telihatlah oli + air yg terlihat seprti CappuCino Creme…parah sekali (oli dan air 50-50 memenuhi botol aqua 1500mL)
Berarti ada 500ml air didalam blok mesin..weleh…
ÂÂ
Setelah disela 7 x, oli enduro bekas dimasukkan _+ 500mL sebagai pertolongan pertama pengurasan air
Mesin monty bias hidup selama 2 menit kemudian oli di tap keluar utk memancing air keluar dari mesin.
4 kali kami lakukan ini kemudian Oli Pertamina Enduro 4T 20W50 baru yang biru mewangi gw tuangkan kedalam mesin Monty.
Mesin langsung kembali menyala seperti sediakala, kali ini gw merasakan suara yang lebih ngebass daripada ketika pake Gulf (oli standar jatah Pulsar)
ÂÂ
Dan kabut uap air segera keluar dari lubang kenalpot Monty.
Monty is back in action….air udah 100% kluar dari blok mesin sepertinya, terlihat dari embun di kaca sebelah kiri girboks yg sudah tidak terlihat.                        ÂÂ
ÂÂ
Besoknya ketika banjir surut.
gw ajak monty keliling kompleks rumah, tetangga2ku nyeletuk “Mas motornya dikasih makan apa, udah kena banjir masih bias jalanâ€Â
ÂÂ
Gw Cuma nyahut “gak kok, Cuma pake shampoo ajaâ€Â…hehehehe, gak nyambung ye???
Belum tau die kalo Monty sempet tewas bentar sebelum hidup lagi   .
                                                                                                                           .
Kendati demikian gw ttp pengen ke dealer Fontana Sabtu ini utk Cek Up kesehatan mesin Monty dan minta jatah oli Gulf seperti sediakala.
ÂÂ
Email ini sekaligus sebagai klarifiksi gossip dan isu yang santer beredar di BIM bahwa Monty kecebur got dan hanyut,itu tdk benar bro…hehehe
Kalo rumah gw kebanjiran setinggi perut gw (gw 183cm) dan gw hanyut kebawa arus gara2 kepeleset lumpur endapan di depan rumah itu sih bener….
ÂÂ
Demikian laporan gw dan Monty, BER217AN menerobos banjir.   ÂÂ
ÂÂ
ÂÂ
CONFIDENCE IN BROTHERHOOD
ÂÂ
Benny Novianugroho & Monty
ÂÂ
B 6596 UZI
ÂÂ
BIM#001
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 227
- Joined: Mon Oct 03, 2005 13:34
- Location: Capital City Of Indo
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Mon Dec 11, 2006 3:06
- Location: jakarta selatan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1136
- Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 371
- Joined: Thu Oct 03, 2002 2:55
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
- Location: JAKARTA
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 555
- Joined: Fri Nov 03, 2006 15:39
- Location: BanDoEnK!!!
wah nekad amat tuh orang yg nerobos whirpool nya...
apa ga bakal rusak tuh mesinnya di masukin aer kaya gitu..??
apa ga bakal rusak tuh mesinnya di masukin aer kaya gitu..??
C'mon, give me your hand!
Let's cut loose until we reach our limit
So we can reach the horizon
Ooh! Clash! Into the rolling morning light
Flash! I'm in the coolest driver's high
Towards the best finale!! Yeah..!!
Let's cut loose until we reach our limit
So we can reach the horizon
Ooh! Clash! Into the rolling morning light
Flash! I'm in the coolest driver's high
Towards the best finale!! Yeah..!!
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Thu Dec 28, 2006 15:02
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 481
- Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
- Location: Jakarta
ini pengalaman gw sendiri lho wkt banjir kemaren. gw keluar beli stok makanan airnya setengah tutup mesin samping baru 45 menit gw pulang airnya udah sampai pas di bawah lampu depan motor gw. gw nekat aja terobos airnya dari pada gw taruh di pinggir jalan ya ada diangkat orang. hebatnya tuh motor dengan air setinggi itu mesin dan radiator udah terendam dalam air tapi mash tetap bisa jalan. untung aja CDI dan RC VALVE controlernya ngak kena air cuma motor servor RC VALVEnya aja yang terendam, tapi ngak rusak tuh.
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Mon Jan 29, 2007 10:30
motor saya shogun 110 2002, di sby - kawasan barat kl lg parah banjir 40cm, sy coba stell karburator rpm 2000 namun, putaran udara di kecilin, efek memang mesin gampang mati waktu pertama kali starter namun kalau sudah padas bandel, gak pernah mogok lewat banjir jalan terus,
cek dulu kabel busi / cop diseal dulu dengan silikon red.
cek dulu kabel busi / cop diseal dulu dengan silikon red.