[ask] Legalkah mocin meniru mopang?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 133
- Joined: Wed Nov 16, 2005 6:00
[ask] Legalkah mocin meniru mopang?
Legalkah motor cina meniru motor jepang?
seperti kita lihat sekarang ini, banyak sekali motor cina yang meniru model dari motor jepang.
apakah ini legal menurut bro2 sekalian?
karena kadang modelnya sama, nama motornya juga mencari nama serempetan dari model aslinya
misalnya motor honda karisma ada yang meniru dengan nama harisma.
bagaimana menurut bro2 sekalian.
apakah lembaga perlindungan konsumen tidak melakukan tindakan tegas akan hal ini.
seperti kita lihat sekarang ini, banyak sekali motor cina yang meniru model dari motor jepang.
apakah ini legal menurut bro2 sekalian?
karena kadang modelnya sama, nama motornya juga mencari nama serempetan dari model aslinya
misalnya motor honda karisma ada yang meniru dengan nama harisma.
bagaimana menurut bro2 sekalian.
apakah lembaga perlindungan konsumen tidak melakukan tindakan tegas akan hal ini.
-------------------------
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 986
- Joined: Wed Feb 23, 2005 5:24
kalo masalah karisma kayanya dulu pernah ada kasus dimana honda menuntut salah satu mocin atas penggunaan nama yg mirip sama karisma, saya lupa merknya apa. tp yg menang malah yg cina tuh, dengan alasan nama tsb belum ada patennya atau apa saya juga kurang jelas, trus kalo ga salah merk cina tsb yg matenin tuh nama duluan, makanya bisa menang...ga tau juga yg sebenarnya, cuman denger2...mungkin sama yg lebih ngarti bisa jelasin yg sebenernya...
kalo menurut saya sebagai konsumen sih biasa2 aja, ga terlalu mempermasalahkan, krn hal tsb (nyontek) sebenrnya ga akan mempengaruhi image org thdp suatu model, malah hal ini menguntungkan bagi org yg kurang modal tp ingin style...(spt saya hehehe, selalu kurang modal)...
emang kalo bicara hukum, hal tsb melanggar hukum, krn susah bgt bikin suatu disain, eh org dgn mudahnya meniru...tp dari si produsen sendiri sptnya ga terlalu mempengaruhi pasar deh, contoh, dgn adanya CBR2an, apakah lantas pasar CBR berkurang? saya pikir ga ada pengaruh, krn pasar CBR adlah org yg mampu secara finansial, ga mungin dia mampu beli yg asli tp milih yg aspal...Pun yg model yg murah, misal supra fit, yg konsumennya kalangan bawah (spt saya
), nyari duit saja susah bgt, masa mau beli motor yg ga sebanding dengan usaha dan perjuangan utk dapetin ntu motor...
kalo saya pribadi yg kerjanya berhubungan dgn disain, tentu sangat membenci praktek plagiat spt itu, dan berharap ada hukum yg jelas yg menangani masalah plagiat...
kalo menurut saya sebagai konsumen sih biasa2 aja, ga terlalu mempermasalahkan, krn hal tsb (nyontek) sebenrnya ga akan mempengaruhi image org thdp suatu model, malah hal ini menguntungkan bagi org yg kurang modal tp ingin style...(spt saya hehehe, selalu kurang modal)...
emang kalo bicara hukum, hal tsb melanggar hukum, krn susah bgt bikin suatu disain, eh org dgn mudahnya meniru...tp dari si produsen sendiri sptnya ga terlalu mempengaruhi pasar deh, contoh, dgn adanya CBR2an, apakah lantas pasar CBR berkurang? saya pikir ga ada pengaruh, krn pasar CBR adlah org yg mampu secara finansial, ga mungin dia mampu beli yg asli tp milih yg aspal...Pun yg model yg murah, misal supra fit, yg konsumennya kalangan bawah (spt saya

kalo saya pribadi yg kerjanya berhubungan dgn disain, tentu sangat membenci praktek plagiat spt itu, dan berharap ada hukum yg jelas yg menangani masalah plagiat...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Kalau model agak susah membuktikan nya. Susah membedakan antara "menjiplak" dgn "terinspirasi", "terilhami", dll. Mirip berapa persen yg bisa dibilang meniru? Lg pula udah susah mencari siapa meniru siapa.
Apakah Innova meniru Honda Stream...? Ntah lah. Banyak mobil lain yg mirip2 kedua nya. Motor X mirip dgn Honda CBR. Lha, CBR sendiri mirip dgn type tertentu dari Ducati. Punya Ducati jg mirip dgn punya KTM. Terlalu panjang ceritanya kalo dibahas. Yg pasti, Harley Davidson "menginspirasi" motor touring hampir di semua merek, kayak Honda Phantom, Kawak Elim..dlll.
Kayaknya model Vespa jadul doang yg nggak ditiru merek lain...
Tapi siapa tau dibelahan dunia yg lain..?
Apakah Innova meniru Honda Stream...? Ntah lah. Banyak mobil lain yg mirip2 kedua nya. Motor X mirip dgn Honda CBR. Lha, CBR sendiri mirip dgn type tertentu dari Ducati. Punya Ducati jg mirip dgn punya KTM. Terlalu panjang ceritanya kalo dibahas. Yg pasti, Harley Davidson "menginspirasi" motor touring hampir di semua merek, kayak Honda Phantom, Kawak Elim..dlll.
Kayaknya model Vespa jadul doang yg nggak ditiru merek lain...

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 238
- Joined: Thu Jan 04, 2007 15:25
- Location: Neo Venezia
Honda CBR 150 niru ? secara konsep IMHO nggak
karena mulai kelas CBR1000 sampe CBR125 ya gitu itu tampangnya
dari Ducati yang mana ? 996 ?
btw soal mochin... gw kira si fine2 aja asal nggak ada kasus kaya AHM vs Garuda kemaren
FYI, China itu meniru mentah2 Fighter F-16 buatan US menjadi F-1, dan ? US nggak berani berbuat apa2
gw kira Honda, Suzuki. dll pasti juga gak berani berbuat apa2, mengingat banyaknya kepentingan pemerintah Jepang di daratan China (produksi, buruh dll)
gw pikir malah Indo harusnya juga niru langkah itu, tahun2 awal ok ok aja niru, tapi setelah itu berkembang sendiri dong, buktinya Zongsheng sekarang bisa bikin moge bagus tu
karena mulai kelas CBR1000 sampe CBR125 ya gitu itu tampangnya
dari Ducati yang mana ? 996 ?
btw soal mochin... gw kira si fine2 aja asal nggak ada kasus kaya AHM vs Garuda kemaren
FYI, China itu meniru mentah2 Fighter F-16 buatan US menjadi F-1, dan ? US nggak berani berbuat apa2

gw kira Honda, Suzuki. dll pasti juga gak berani berbuat apa2, mengingat banyaknya kepentingan pemerintah Jepang di daratan China (produksi, buruh dll)
gw pikir malah Indo harusnya juga niru langkah itu, tahun2 awal ok ok aja niru, tapi setelah itu berkembang sendiri dong, buktinya Zongsheng sekarang bisa bikin moge bagus tu

Last edited by tsu81 on Thu Feb 01, 2007 2:00, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 555
- Joined: Fri Nov 03, 2006 15:39
- Location: BanDoEnK!!!
wew, ternyata indo bisa bikin moge nih..
minta pic nya plz...
kalo kata gw sih, selama belum ada tanda (C) atau (R) ya sah2 saja...
minta pic nya plz...
kalo kata gw sih, selama belum ada tanda (C) atau (R) ya sah2 saja...
C'mon, give me your hand!
Let's cut loose until we reach our limit
So we can reach the horizon
Ooh! Clash! Into the rolling morning light
Flash! I'm in the coolest driver's high
Towards the best finale!! Yeah..!!
Let's cut loose until we reach our limit
So we can reach the horizon
Ooh! Clash! Into the rolling morning light
Flash! I'm in the coolest driver's high
Towards the best finale!! Yeah..!!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
Yg pasti, China dgn pasarnya yg besar dan kuat (secara finansial) membuat negara2 lain segan.
Waktu Cherry QQ yg merupakan jiplak mentah2 dari Chevrolet Spark, tadinya pihak pabrikan US sempet mau ambil langkah hukum, tapi setelah US mikir ulang, hal tersebut akan membuat pasar mereka di CHina tertutup, akhirnya gak jadi dituntut.
Waktu Cherry QQ yg merupakan jiplak mentah2 dari Chevrolet Spark, tadinya pihak pabrikan US sempet mau ambil langkah hukum, tapi setelah US mikir ulang, hal tersebut akan membuat pasar mereka di CHina tertutup, akhirnya gak jadi dituntut.

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 238
- Joined: Thu Jan 04, 2007 15:25
- Location: Neo Venezia
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Bukan meniru. Mirip2 githu lho. Kalo dibilang niru, ntar dibahas lagi panjang lebar siapa niru siapa.
Edit tambahan :
Lg pula, teknologi dan model yg ada di motor itu belum tentu milik dari pemilik merek motornya. Bisa jadi dia jg beli/nyewa hak pakai dari vendor lain. Itu sebabnya banyak model/teknologi yg mirip2.



Ini baru 3 merek. Kalo mo effort lebih banyak, ada ratusan merek di dunia. Cuman karena di Indo yg dominan merek Jepang doang, begitu mirip2 mopang, langsung dibilang meniru motor Jepang.
Edit tambahan :
Lg pula, teknologi dan model yg ada di motor itu belum tentu milik dari pemilik merek motornya. Bisa jadi dia jg beli/nyewa hak pakai dari vendor lain. Itu sebabnya banyak model/teknologi yg mirip2.



Ini baru 3 merek. Kalo mo effort lebih banyak, ada ratusan merek di dunia. Cuman karena di Indo yg dominan merek Jepang doang, begitu mirip2 mopang, langsung dibilang meniru motor Jepang.
Last edited by uch on Thu Feb 01, 2007 7:03, edited 5 times in total.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Tue Jan 30, 2007 0:51
Zongsheng bukan bikinan indonesia, tapi masih dari china. Lagian Zongsheng di Indonesia sudah bangkrut. Gw sempet nanyain barang barang Zongsheng yang type 200cc Upside Downnya, eh udah diborong sama orang lampung, sedih dehtsu81 wrote: gw pikir malah Indo harusnya juga niru langkah itu, tahun2 awal ok ok aja niru, tapi setelah itu berkembang sendiri dong, buktinya Zongsheng sekarang bisa bikin moge bagus tu

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Tue Jan 30, 2007 0:51
Kalau denger denger sih, nama motor chinanya keluaran Tossa, dengan namanya Krisma, nah si honda ini kalah dipengadilan karena huruf Fontnya yang digunakan Karisma tidak sesuai dengan yang dipatenkan, waktu yang dipatenkan hurufnya mungkin sama dengan font yang digunakan motor SUPRA125 sekarang. Jadi ya itu lah ada celah untuk mengalahkan Honda di pengadilanazizdth wrote:kalo masalah karisma kayanya dulu pernah ada kasus dimana honda menuntut salah satu mocin atas penggunaan nama yg mirip sama karisma, saya lupa merknya apa. tp yg menang malah yg cina tuh, dengan alasan nama tsb belum ada patennya atau apa saya juga kurang jelas, trus kalo ga salah merk cina tsb yg matenin tuh nama duluan, makanya bisa menang...ga tau juga yg sebenarnya, cuman denger2...mungkin sama yg lebih ngarti bisa jelasin yg sebenernya...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Tue Jan 30, 2007 0:51
Hati hati mungkin 5 tahun kedepan china akan menjadi negara terkuat didunia baik dibidang ekonomi, maupun otomotif, mungkin sekarang motor china sekarang masih dipandang sebelah mata, dikarenakan kasus motor china yang dibilang kurang bagus mutunya, tapi sebentar lagi motor motor china akan memakan jatah kue yang biasa dimakan oleh motor motor jepang. Apalagi motor seperti honda udah bukan murni bikinan jepang, hampir semua mesinnya bikinan thailand, yang notabene mutunya hampir sama dengan mutu motor motor china, seperti contoh suprafit sama supraX, mesin supra fit asli buatan thailand yg kualitasnya agak agak kurang depang mesin Supra X. Jadi jangan terlena dengan nama besar motor motor jepang, krn mereka adalah pemain lama. Awal awal kemunculan motor Honda seperti CB100 dan sejenisnya pastinya juga sedikit bermasalah seperti motor motor china yg baru main 5 - 6 tahun. Jadi kalau bisa bayar murah ngapain bayar lebih.




-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 238
- Joined: Thu Jan 04, 2007 15:25
- Location: Neo Venezia
ah sori2, kalimatnya kurang itu heheheh3ndryg wrote:Zongsheng bukan bikinan indonesia, tapi masih dari china. Lagian Zongsheng di Indonesia sudah bangkrut. Gw sempet nanyain barang barang Zongsheng yang type 200cc Upside Downnya, eh udah diborong sama orang lampung, sedih deh
maksudnya emang, lebih baik indo niru china, karena di china Zongsheng aja bisa bikin mtor bagus, sayang cuman sampe philipine doang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2391
- Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
- Location: Sparkling Surabaya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
- Location: JAKARTA
menurut gw ngga begitu berpengaruh besar koq, soalnya sudah terjawab dengan kualitas motor jepang yg jauh lebih baik dengan motor china, jd ujung2nya konsumen balik lg ke motor jepang, yg bahaya klo udah jiplak motor jepang trus kualitas sama ama motor jepang.
GW PUNYA HOBI OTOMOTIF, YA SAPA TAU KETEMU YG HOBI JG JD BISA TUKER PENDAPAT DALAM MODIFIKASI
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 986
- Joined: Wed Feb 23, 2005 5:24
nah tuh udah dijelaskan lebih lengkap ama bos h3ndryg, jadi mo pilih mane, silahken pilih menurut selera kite, tentu saja disesuaikan dgn modal, mo keren dan murah, ambil vartex ato happy, mo keren tp lebih mahal, sok CBR 150. eh ada lagi, Pulsar Bro...keren dan murah lg, andai ada yg mo ngasih gratis atuu aja, betapa bahagianya daku...
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 133
- Joined: Wed Nov 16, 2005 6:00
beberapa hari yang lalu
sempat saya disalip oleh motor cina.
motor yang tidak ketahuan merek nya karena dah hancur abis.
menggunakan pelek bintang yang kelihatan tidak terurus.
entahlah, sepertinya kasihan juga melihat motor dengan keadaan seperti itu.
untuk beberapa saat saya berada dibelakangnya.
untuk menganalisa apa saja kerusakan yang terjadi pada sang motor.
ok ini ada beberapa hal yang bisa saya sampaikan tentang motor itu:
1. catnya telah luntur
2. tromol depan catnya sudah mengelupas
3. beberapa komponen pada gir roda sudah goyang.
OK, kira2 apa yang kita bisa tarik kesimpulan disini?
motor cina kualitasnya payah
bayangkan dengan motor jepang, seperti motor prima? ampe sekarang masih bagus tuh padahal tahun awal sekitar 90an..
semua berawal dari pilihan pembeli
apakah memilih kualitas atau harga.
bayangkan :
barang 1 (murahan) : harga 7
barang 2 (berkualitas) : harga 10
perbedaan harga antara keduanya adalah 3
kemudian setelah anda pakai, barang 1 akan mengalami masalah, atau mungkin umur pakainya sudah habis.
barang 1 : harga 7 menjadi 0
dibandingkan dengan barang 2, yang lebih tahan lama, dan jarang mengalami kerusakan.
apakah sebanding antara penghematan 3
dengan apa yang anda dapatkan dikemudian hari.
ingat 3 lebih kecil dibandingkan 7
jadi tidak ada salahnya menambah 3 untuk mendapatkan barang 2
dibandingkan anda menyesal kemudian.
sekarang kembali lagi pada kantong pembeli.
mungkin kita bisa berteriak padanya untuk beli barang 2
tapi kalau uang tidak ada, mau gimana?
[dikutip dari blog saya setelah mengalami editing terlebih dahulu.]
sempat saya disalip oleh motor cina.
motor yang tidak ketahuan merek nya karena dah hancur abis.
menggunakan pelek bintang yang kelihatan tidak terurus.
entahlah, sepertinya kasihan juga melihat motor dengan keadaan seperti itu.
untuk beberapa saat saya berada dibelakangnya.
untuk menganalisa apa saja kerusakan yang terjadi pada sang motor.
ok ini ada beberapa hal yang bisa saya sampaikan tentang motor itu:
1. catnya telah luntur
2. tromol depan catnya sudah mengelupas
3. beberapa komponen pada gir roda sudah goyang.
OK, kira2 apa yang kita bisa tarik kesimpulan disini?
motor cina kualitasnya payah
bayangkan dengan motor jepang, seperti motor prima? ampe sekarang masih bagus tuh padahal tahun awal sekitar 90an..
semua berawal dari pilihan pembeli
apakah memilih kualitas atau harga.
bayangkan :
barang 1 (murahan) : harga 7
barang 2 (berkualitas) : harga 10
perbedaan harga antara keduanya adalah 3
kemudian setelah anda pakai, barang 1 akan mengalami masalah, atau mungkin umur pakainya sudah habis.
barang 1 : harga 7 menjadi 0
dibandingkan dengan barang 2, yang lebih tahan lama, dan jarang mengalami kerusakan.
apakah sebanding antara penghematan 3
dengan apa yang anda dapatkan dikemudian hari.
ingat 3 lebih kecil dibandingkan 7
jadi tidak ada salahnya menambah 3 untuk mendapatkan barang 2
dibandingkan anda menyesal kemudian.
sekarang kembali lagi pada kantong pembeli.
mungkin kita bisa berteriak padanya untuk beli barang 2
tapi kalau uang tidak ada, mau gimana?
[dikutip dari blog saya setelah mengalami editing terlebih dahulu.]
-------------------------
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Tue Jan 30, 2007 0:51
Ah itu sih tergantung yang ngerawat, Intinya adalah perawatan.
Dimana mana suatu kendaraan kalau jarang dirawat nggak usah lebih dari 5 tahun baru 1 tahun aja kalau nggak pernah dimandiin, atau diganti yang sedikit rusak bakal rusak juga, terserah itu merek Jepang ataupun China.
Saya punya teman bekerja disuatu perusahaan yang menggunakan salah satunya motor china, Nah motor ini sama sekali nggak dirawat, karena yang menggunakan banyak, maka ini motor hanya dipake aja tapi sama sekali nggak ada yang rawat, mereka selalu berfikiran ah motor kantor ini, ah males nanti udah gw perbaiki orang naik begitu aja rugi gw.
Nah fikiran fikiran seperti itu yg membuat orang males ngerawat, padahal mereka tinggal mengencangkan bautnya lah atau apalah.
Jadi sekali lagi kalau motor anda mau bagus tinggal dari perawatan saja. Saya punya motor China yang saya akui mesinnya jarang saya rawat, tetapi kalau ada yang mau ngetes, misalkan FU atau MX sekalipun saya jabanin, krn saya yakin motor saya masih bisa ngelawan itu motor motor itu, terbukti beberapa kali ngetes motor saya unggul jauh sama itu merek merek terkenal.
Kalau bung Desuk berfikiran bahwa barang murah akan dapat barang yang tidak bagus, itu sangat salah. Berarti anda sudah dicekoki fikiran fikiran pembuat motor jepang, yang takut jatah kuenya dimakan oleh motor china.
Bukannya saya membela motor motor china, tapi karena saya merasa bahwa produsen motor motor jepang yang ada diindonesia sudah terlalu banyak ngambil untung. padahal kalau dihitung hitung sebenarnya ongkos produksi yang ada sangat jauh dengan keuntungan yang didapat.
Ambil contoh teman saya bekerja di suatu perusahaan perakitan motor, ia dengan lembur 4-5 jam setiap hari, ia bisa membawa setiap bulannya 6-8 jt. Kalau dibanding dengan saya sangat jauh sekali tuch.
Motor motor jepang diindonesia mahal krn mereka memang membayar para pekerjanya tinggi. beda dengan Motor China, disana ongkos kerja pekerjanya rendah. jadi mereka bisa menjual motor dengan murah juga
BEGITU
Dimana mana suatu kendaraan kalau jarang dirawat nggak usah lebih dari 5 tahun baru 1 tahun aja kalau nggak pernah dimandiin, atau diganti yang sedikit rusak bakal rusak juga, terserah itu merek Jepang ataupun China.
Saya punya teman bekerja disuatu perusahaan yang menggunakan salah satunya motor china, Nah motor ini sama sekali nggak dirawat, karena yang menggunakan banyak, maka ini motor hanya dipake aja tapi sama sekali nggak ada yang rawat, mereka selalu berfikiran ah motor kantor ini, ah males nanti udah gw perbaiki orang naik begitu aja rugi gw.
Nah fikiran fikiran seperti itu yg membuat orang males ngerawat, padahal mereka tinggal mengencangkan bautnya lah atau apalah.
Jadi sekali lagi kalau motor anda mau bagus tinggal dari perawatan saja. Saya punya motor China yang saya akui mesinnya jarang saya rawat, tetapi kalau ada yang mau ngetes, misalkan FU atau MX sekalipun saya jabanin, krn saya yakin motor saya masih bisa ngelawan itu motor motor itu, terbukti beberapa kali ngetes motor saya unggul jauh sama itu merek merek terkenal.
Kalau bung Desuk berfikiran bahwa barang murah akan dapat barang yang tidak bagus, itu sangat salah. Berarti anda sudah dicekoki fikiran fikiran pembuat motor jepang, yang takut jatah kuenya dimakan oleh motor china.
Bukannya saya membela motor motor china, tapi karena saya merasa bahwa produsen motor motor jepang yang ada diindonesia sudah terlalu banyak ngambil untung. padahal kalau dihitung hitung sebenarnya ongkos produksi yang ada sangat jauh dengan keuntungan yang didapat.
Ambil contoh teman saya bekerja di suatu perusahaan perakitan motor, ia dengan lembur 4-5 jam setiap hari, ia bisa membawa setiap bulannya 6-8 jt. Kalau dibanding dengan saya sangat jauh sekali tuch.
Motor motor jepang diindonesia mahal krn mereka memang membayar para pekerjanya tinggi. beda dengan Motor China, disana ongkos kerja pekerjanya rendah. jadi mereka bisa menjual motor dengan murah juga
BEGITU
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Mon Dec 11, 2006 3:06
- Location: jakarta selatan
desuk wrote:beberapa hari yang lalu
sempat saya disalip oleh motor cina.
motor yang tidak ketahuan merek nya karena dah hancur abis.
menggunakan pelek bintang yang kelihatan tidak terurus.
entahlah, sepertinya kasihan juga melihat motor dengan keadaan seperti itu.
untuk beberapa saat saya berada dibelakangnya.
untuk menganalisa apa saja kerusakan yang terjadi pada sang motor.
ok ini ada beberapa hal yang bisa saya sampaikan tentang motor itu:
1. catnya telah luntur
2. tromol depan catnya sudah mengelupas
3. beberapa komponen pada gir roda sudah goyang.
OK, kira2 apa yang kita bisa tarik kesimpulan disini?
motor cina kualitasnya payah
bayangkan dengan motor jepang, seperti motor prima? ampe sekarang masih bagus tuh padahal tahun awal sekitar 90an..
semua berawal dari pilihan pembeli
apakah memilih kualitas atau harga.
bayangkan :
barang 1 (murahan) : harga 7
barang 2 (berkualitas) : harga 10
perbedaan harga antara keduanya adalah 3
kemudian setelah anda pakai, barang 1 akan mengalami masalah, atau mungkin umur pakainya sudah habis.
barang 1 : harga 7 menjadi 0
dibandingkan dengan barang 2, yang lebih tahan lama, dan jarang mengalami kerusakan.
apakah sebanding antara penghematan 3
dengan apa yang anda dapatkan dikemudian hari.
ingat 3 lebih kecil dibandingkan 7
jadi tidak ada salahnya menambah 3 untuk mendapatkan barang 2
dibandingkan anda menyesal kemudian.
sekarang kembali lagi pada kantong pembeli.
mungkin kita bisa berteriak padanya untuk beli barang 2
tapi kalau uang tidak ada, mau gimana?
[dikutip dari blog saya setelah mengalami editing terlebih dahulu.]
setujuu !!!!


"Macam BetuL" 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Kesimpulan yg premature.....desuk wrote:beberapa hari yang lalu
sempat saya disalip oleh motor cina.
motor yang tidak ketahuan merek nya karena dah hancur abis.
menggunakan pelek bintang yang kelihatan tidak terurus.
entahlah, sepertinya kasihan juga melihat motor dengan keadaan seperti itu.
OK, kira2 apa yang kita bisa tarik kesimpulan disini?
motor cina kualitasnya payah
bayangkan dengan motor jepang, seperti motor prima? ampe sekarang masih bagus tuh padahal tahun awal sekitar 90an..
[dikutip dari blog saya setelah mengalami editing terlebih dahulu.]

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
- Location: Depok
musim hujan kek gini, motor gw jg bulug bin kotor.. males nyuci tiap hari... bodo amat, mo motor cina kek, jepang kek... itu mah tergantung kebutuhan.. bagus itu gak pantes diukur di indonesia, wong motornya gitu2 aj.. 
kl mocin niru, gak jg.. emang teknologi yg pantes untuk motor2 kek gitu yah teknologinya gak jauh2 dr motor jepang.. maunya yg kek gmn?

kl mocin niru, gak jg.. emang teknologi yg pantes untuk motor2 kek gitu yah teknologinya gak jauh2 dr motor jepang.. maunya yg kek gmn?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Mon Dec 11, 2006 3:06
- Location: jakarta selatan
betuL..riofhaloho wrote:musim hujan kek gini, motor gw jg bulug bin kotor.. males nyuci tiap hari... bodo amat, mo motor cina kek, jepang kek... itu mah tergantung kebutuhan.. bagus itu gak pantes diukur di indonesia, wong motornya gitu2 aj..
kl mocin niru, gak jg.. emang teknologi yg pantes untuk motor2 kek gitu yah teknologinya gak jauh2 dr motor jepang.. maunya yg kek gmn?
ada harga ada barang !!
mau kualitas ya mahal, udah dari taun jebot begitu
hehehe
"Macam BetuL" 

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 133
- Joined: Wed Nov 16, 2005 6:00
sorry bro..uch wrote:Kesimpulan yg premature.....desuk wrote:beberapa hari yang lalu
sempat saya disalip oleh motor cina.
motor yang tidak ketahuan merek nya karena dah hancur abis.
menggunakan pelek bintang yang kelihatan tidak terurus.
entahlah, sepertinya kasihan juga melihat motor dengan keadaan seperti itu.
OK, kira2 apa yang kita bisa tarik kesimpulan disini?
motor cina kualitasnya payah
bayangkan dengan motor jepang, seperti motor prima? ampe sekarang masih bagus tuh padahal tahun awal sekitar 90an..
[dikutip dari blog saya setelah mengalami editing terlebih dahulu.]
saya lupa bilang juga
dari beberapa kali saya lihat, orang-orang yang make motor cina kebanyakan kondisinya dah hancur.
ada juga sempat saya lihat orang modif motor cina. toh juga sama, kondisinya hancur juga
meski udah dirawat dengan baik, tapi kualitas bahannya emang lain dengan mopang.
entah itu catnya yang cepat luntur dan mengelupas.
mungkin ini juga yang menyebabkan sekarang pabrik2 motor cina pada bangkrut nggak ada pembelinya. karena kepercayaan masyarakat sudah hilang pada motor cina.
imagenya telah dirusak sendiri.
CMIIW
-------------------------
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 238
- Joined: Thu Jan 04, 2007 15:25
- Location: Neo Venezia
pabrik2 perakitan mocin IMO ambruk bukan karena kehilangan kepercayaan... tapi emang nggak bisa merebut kepercayaan kebanyakan masyarakat Indo yang udah terlanjur fanatik ama Honda/ Suzu/ Yamaha, terutama Honda tuh....
klo di Jawa timur, apalagi di desa2, yang namanya sepeda motor itu Honda, jadi klo ada orang nanya "eh mas, honda mu nang endi ? " (Eh mas, honda mu dimana ?) padahal si empunya mtr punya nya Yamaha hehehehe ^^
terus klo soal kualitas..... IMO itu sangat2 tergantung si user, pernah liat motor2 polisi yang Loncin 250 ? AFAIK itu motor2 udah ada semenjak 2003/2004, dan sejauh yang gw liat masih mulus2 tuh semua
terus juga.... ada temen gw yang make Jialing (model Grand 95) buset... masih kinclong kaya baru
klo di Jawa timur, apalagi di desa2, yang namanya sepeda motor itu Honda, jadi klo ada orang nanya "eh mas, honda mu nang endi ? " (Eh mas, honda mu dimana ?) padahal si empunya mtr punya nya Yamaha hehehehe ^^
terus klo soal kualitas..... IMO itu sangat2 tergantung si user, pernah liat motor2 polisi yang Loncin 250 ? AFAIK itu motor2 udah ada semenjak 2003/2004, dan sejauh yang gw liat masih mulus2 tuh semua
terus juga.... ada temen gw yang make Jialing (model Grand 95) buset... masih kinclong kaya baru