Perbandingan karbu biasa dan karbu vakum

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

pipiniko81
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sat Nov 25, 2006 4:19
Location: Jakarta

Perbandingan karbu biasa dan karbu vakum

Post by pipiniko81 »

Salam kenal..

Bosses...bisa sharing perbandingan antara karbu model vakum dgn karbu biasa..apa aja kelebihan dan kekurangannya..

thx b4..
slow GTi 4G63
User avatar
jojo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
Location: Jakarta

Post by jojo »

karbu vakum
+ lebih irit
- kurang spontan

karbu biasa
+ lebih boros
- spontan

thats it.
semoga selamat sampai duluan
pipiniko81
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sat Nov 25, 2006 4:19
Location: Jakarta

Post by pipiniko81 »

makasih atas jawabannya bro jojo..

kalau utk segi perawatannya bagaimana ?
slow GTi 4G63
ronnymetal007
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sat Jan 27, 2007 13:29

Post by ronnymetal007 »

karbu vakum pergerakan skepnya brgantung perbedaan tekanan karbu dengan udara sekitar....


sedangkan karbu konvensional(atw karbu biasa) masi menggunakan kabel yg terhubung dengan skep...

2-2nya ada keuntungan dan kerugian

vakum lebih irit, tp kurang spontan(sama spt yg di atas)
konvensional lebih responsif, tapi agak boros klo gas dikocok" pas geber(mesti ngetik gemana nih, pusing, hehe)

perawatan karbu konvensional lebih mudah karena karbu konvensional banyak suku cadangnya di pasaran, sedangkan vakum agak susah, krn hanya merek" motor tertentu saja yg menggunakan...dan di karbu model vakum, terdapat bahan dr karet" flens di sekitar skep yg tidak boleh terkena bensin/minyak krn akan getas memble gt...hehehe...CMIIW BOS...



CMIIW CMIIW CMIIW...
User avatar
andryans
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Sun Jul 24, 2005 13:24
Location: Jakarta

Post by andryans »

F150 gw vakum 26 bensin 1:32-35
trus ganti ke PE28 bensin tembus 1:36-38....

malah lebih irittt tarikan mantafff :P
A/T vehicle.....
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

Sebenarnya, apakah filosofi sesungguhnya dibuat karbu model vakum?
Model vakum ini dah lama blom sih?
User avatar
jojo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
Location: Jakarta

Post by jojo »

Perawatan karbu vakum sebenarnya sama seperti karbu biasa, hanya pembersihan pada lubang2 jarum jet secara berkala (2-3bln). Untuk daerah atas (karet/membran vakumnya), tidak perlu dicek terlalu sering, karena takutnya malah cepat merusak bahan tsb. Hanya bila dirasakan karbu tidak lagi prima (ngempos/kurang stationer), barulah dicek kondisi karet vakum tsb apakah sudah bocor/rusak/kotor/salah pasang.

Kelemahan karbu vakum, rawan terhadap kebocoran kevakumannya itu.

Karbu model vakum tentu dibuat agar campuran udara+bensin bisa lebih pas dan rata untuk kebutuhan mesin di setiap putarannya. Inilah yang menjadikannya lebih irit. Bisa dikatakan, karbu vakum lebih pintar daripada karbu biasa, dan efeknya mendekati injeksi.

Kalau seandainya, ada cara untuk memperbaiki kinerja karbu vakum di sektor performa (supaya lebih respon), sebenarnya lebih enak pake karbu vakum. Tapi ini susahnya.
semoga selamat sampai duluan
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong »

@ronnymetal..
masa sih karbu vakum ga pake kabel gas? sy sering bongkar karbu Soun 125 sy ada tuh kabel gasnya nyangkut ama skep dan ada per jg koq diskepnya. sama deh ama motor2 yg pake karbu non-vakum spt Honda Grand, Supra X, RX-King dsb.

dari yg udah2 bedanya sih cuma banyak karet sil2nya aja trus jg karbu vakum klo salah pasang selang motor suka ga mau hidup.
pitbull
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 357
Joined: Sat Aug 20, 2005 14:02

Post by pitbull »

karbu vakum + TPS baru terasa iritnya
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong »

klo mnurut temen sy yg mekanik..
sebenernya TPS (throtle positioning system) malah bikin motor jd kurang bertenaga. makanya banyak tuh anak2 dilingkungan sy ini yg Jupiter MX dan Karisma nya minta dicopot TPS-nya.

baru larinya lbh nge-loss.
User avatar
jojo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
Location: Jakarta

Post by jojo »

maksudnya gini loh.

Karbu konvensional, kabel gas langsung terhubung ke mekanisme jarum skep, jadi ketika gas dibuka, jarum skep langsung ikut terangkat, dan tersemprotlah bensin.

Sedangkan pada karbu vakum, kabel gas tidak terhubung langsung ke mekanisme jarum skep, hanya memancing kevakuman, kemudian barulah jarum skep terangkat sesuai keadaan kevakumannya (yang disesuaikan dengan kebutuhan mesin). Jadi, terdapat jeda antara waktu memutar grip gas dengan terkucurnya bensin menuju ruang bakar, karena jarum skep perlu menyesuaikan dulu dengan kondisi mesin.

Kira2 seperti itulah bedanya, untuk lebih jelasnya memang perlu gambar. Cuma gambarnya gw belum punya, perlu dicari dulu di internet. Kalau ketemu, nanti bisa gw posting lagi di sini, supaya makin jelas. Tapi itupun kalau ketemu.
semoga selamat sampai duluan
calvin99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 338
Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54

Post by calvin99 »

mumpung lagi ngomongin karbu nih,
numpang nanya juga yah, kalo mobil2 mitsu ada kan tuh yg pake "variable venturri carburettor". nah yg ini karbu apaan yah?bedanya apa sama yg biasa..??thx
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong »

calvin99 wrote:mumpung lagi ngomongin karbu nih,
numpang nanya juga yah, kalo mobil2 mitsu ada kan tuh yg pake "variable venturri carburettor". nah yg ini karbu apaan yah?bedanya apa sama yg biasa..??thx
waaah..
ini dia nih udah dibagi2 satu2 tempatnya ini malah nanyain karbu mobil nih. :?
calvin99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 338
Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54

Post by calvin99 »

anak_singkong wrote:
calvin99 wrote:mumpung lagi ngomongin karbu nih,
numpang nanya juga yah, kalo mobil2 mitsu ada kan tuh yg pake "variable venturri carburettor". nah yg ini karbu apaan yah?bedanya apa sama yg biasa..??thx
waaah..
ini dia nih udah dibagi2 satu2 tempatnya ini malah nanyain karbu mobil nih. :?
salah tempat yah? maap, tadinya gw pikir sekalian wong masih ngomongin karbu juga kan?
kalo emg salah, ya udah, ntar gw bikin thread baru lah di bagian mobil.
User avatar
jojo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
Location: Jakarta

Post by jojo »

masih seputar karbu, variable venturi carburator, kalau dari namanya berarti besar-kecilnya atau banyak-sedikitnya bahanbakar yang masuk ke venturi (ruang masuknya udara dan bensin di dalam karburator) bisa berubah-ubah sesuai faktor tertentu. bisa juga diartikan, ruang venturi bisa melebar dan menyempit otomatis.

hmm.. apakah ini sama dengan di sini yang dikenal dengan karbu vakum? kurang tahu pasti juga.
semoga selamat sampai duluan
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong »

calvin99 wrote:
anak_singkong wrote:
calvin99 wrote:mumpung lagi ngomongin karbu nih,
numpang nanya juga yah, kalo mobil2 mitsu ada kan tuh yg pake "variable venturri carburettor". nah yg ini karbu apaan yah?bedanya apa sama yg biasa..??thx
waaah..
ini dia nih udah dibagi2 satu2 tempatnya ini malah nanyain karbu mobil nih. :?
salah tempat yah? maap, tadinya gw pikir sekalian wong masih ngomongin karbu juga kan?
kalo emg salah, ya udah, ntar gw bikin thread baru lah di bagian mobil.
ya gpp..
maksud sy jg negor moderator koq.
User avatar
jojo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
Location: Jakarta

Post by jojo »

jojo wrote:masih seputar karbu, variable venturi carburator, kalau dari namanya berarti besar-kecilnya atau banyak-sedikitnya bahanbakar yang masuk ke venturi (ruang masuknya udara dan bensin di dalam karburator) bisa berubah-ubah sesuai faktor tertentu. bisa juga diartikan, ruang venturi bisa melebar dan menyempit otomatis.

hmm.. apakah ini sama dengan di sini yang dikenal dengan karbu vakum? kurang tahu pasti juga.
jawab sendiri dah, ternyata bukan deng. karbu vakum dikenal juga sebagai constant velocity carburetor. sedangkan variable venturi, pasti lebih canggih dari karbu vakum, ini pasti lebih sering dipake buat mobil.
semoga selamat sampai duluan
bacrut
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Sat Sep 22, 2007 13:29

Post by bacrut »

jojo wrote:Perawatan karbu vakum sebenarnya sama seperti karbu biasa, hanya pembersihan pada lubang2 jarum jet secara berkala (2-3bln). Untuk daerah atas (karet/membran vakumnya), tidak perlu dicek terlalu sering, karena takutnya malah cepat merusak bahan tsb. Hanya bila dirasakan karbu tidak lagi prima (ngempos/kurang stationer), barulah dicek kondisi karet vakum tsb apakah sudah bocor/rusak/kotor/salah pasang.

Kelemahan karbu vakum, rawan terhadap kebocoran kevakumannya itu.

Karbu model vakum tentu dibuat agar campuran udara+bensin bisa lebih pas dan rata untuk kebutuhan mesin di setiap putarannya. Inilah yang menjadikannya lebih irit. Bisa dikatakan, karbu vakum lebih pintar daripada karbu biasa, dan efeknya mendekati injeksi.

Kalau seandainya, ada cara untuk memperbaiki kinerja karbu vakum di sektor performa (supaya lebih respon), sebenarnya lebih enak pake karbu vakum. Tapi ini susahnya.
kira - kira ada nggak cara supaya karbu vacum itu terhndar dari kebocoran soale karbu motor saya ngerembes nich ( motor saya matic ), kalau ganti pakai karbu konvensional bisa nggak ..?
User avatar
jojo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
Location: Jakarta

Post by jojo »

yah, mungkin masalah perawatan aja, jangan sering dibongkar2 tuh karbunya yang bagian vakum. tapi karena seal/membran vakumnya itu berbentuk karet, jadi ada usianya juga. kalau memang sudah bocor, harap diganti.

untuk ganti ke karbu konvensial, saya pikir bisa saja. asal pemasangannya bisa pas dan sesuai dengan ukuran venturinya. masalah teknisnya saya kurang paham, soalnya belum pernah coba.
semoga selamat sampai duluan
novasonic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1237
Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
Location: Surabaya

Post by novasonic »

Kayaknya masih masuk dalam thread yang dibahas nehh.......

Ane mo nanya yah buat bos2 yang ngerti tentang Karburator.......

Kan motor ane standarnya pake karbu Mikuni BS 29 (CV--- Constant Velocity a.k.a Karbu Vacum), nah kayaknya ane ngerasa kurang galak nih.... trus berencana mengganti ke Keihin PE 28 (Karbu biasa).....

Kalo dilihat di namanya Mikuni BS menggunakan ukuran venturi 29 sedangkan Keihin PE menggunakan ukuran venturi 28.

Yang jadi pertanyaan apakah efek positif dan negatifnya kalo mengalami penurunan diameter venturi tersebut?

Apakah dengan mengganti karbu tersebut harus ada penggantian part2 lainnya? Seperti ganti box filter, ganti pengapian (coil, kabel busi, CDI, busi etc....), klep, per klep, etc.......

Makasih yahhhh.........
meletekdewek
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Mon Dec 24, 2007 2:54

Re: Perbandingan karbu biasa dan karbu vakum

Post by meletekdewek »

numpang nimbrung om. Thundie gwe dah gw ubah karbunya pake RX king punya...emang sih pake yg vakum rada ribet, suka brebet malah lebih ekstrem suka mati mesin pas mo motong kendaraan lain....iyyyyy...pas gwe pakein karbu rx king (konvensional) semuanya lancar aja , gak takut ujan lagi...wakakkaka
User avatar
swift
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 989
Joined: Sat Jan 13, 2007 12:46
Location: lumpia city

Re: Perbandingan karbu biasa dan karbu vakum

Post by swift »

meletekdewek wrote:numpang nimbrung om. Thundie gwe dah gw ubah karbunya pake RX king punya...emang sih pake yg vakum rada ribet, suka brebet malah lebih ekstrem suka mati mesin pas mo motong kendaraan lain....iyyyyy...pas gwe pakein karbu rx king (konvensional) semuanya lancar aja , gak takut ujan lagi...wakakkaka
kok ga takut ujan kenapa bro?apa kalo hujan tuh karbu aslinya brebet?..
tekhnologi karbu jaman sekarang udah benar maju ya,vakum belom kelar mudeng,eh ada yang pake istilah power jet segala,katana hampir semi-semi injeksi gitu,emang ada yah bro?tolong kalo ada yang tahu bisa share infonya
User avatar
hanx13
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1214
Joined: Thu Apr 24, 2008 17:01
Location: -=SURABAYA=-

Re: Perbandingan karbu biasa dan karbu vakum

Post by hanx13 »

nice topic...

power jet nambahi supply bensin untuk rpm atas...

banyak dipake di GP125/250.

karbu vakum scorpio jg pake powerjet klo gak salah...



karbu vakum ane lebih suka,, simpel.. kadang dirasa lemot, tapi sebenernya gak beda jauh jg. Justru lebih efisien..
Image
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Perbandingan karbu biasa dan karbu vakum

Post by Cloud »

karbu vacuum (constant velocity), kerjanya, tekanan udara di sekitar venturi dibuat konstan,
kalo bensin ngalir dari lubang spuyer pilot jet, ato dari celah jarum skep, memerlukan udara yang melaju lebih cepat untuk mengabutkannya.
udara yang melaju lebih cepat itu dibentuk oleh venturi (penyempitan) pada karbu, yang berfungsi menghisap bensin dari mangkuk (bawah), menuju ke lubang venturi (atas) biar bisa dikabutkan (semua karbu baik skep, vakum, 1 barrel, multi barrel, semuanya sama, punya venturi)

nah, kalo karbu skep, kucuran bensin bisa dibikin kaya apa aja, mau banyak, tinggal tarik, mau dikit, tinggal tutup. so, lebih responsif.

kalo karbu vakum, ketika vakum tinggi (katup dibuka), kevakuman akan menarik membran, membran menarik skep. Jadi, di sana, bukaan skep tergantung kevakuman. vakum tinggi, maka kekuatan narik membran tinggi, skep mbuka lebih banyak. vakum rendah, kekuatan tarik rendah, skep terbuka lebih dikit.
keuntungannya, pengabutan lebih merata, sama baiknya pada putaran tinggi maupun rendah.

kerugian karbu skep, pengabutan tidak konstan, ketika ditarik tiba2, bensin tidak mendapat laju udara yang cukup sebaik ketika digas konstan.

Image

lebih jelasnya, silakan klik http://www.dudeworld.com.au/ARTICVCARB.HTML
tapi sayang, pk bs inggris,

kenapa ada yang ganti dari vakum ke skep (lebih besar malah), tapi lebih irit?
jawabannya, silakan dicek, pasti filter dilepas. biasanya karbu tanpa filter setingannya lean (miskin),
lean, bikin tarikan ringan, apalagi filter dilepas.
lean ketika digas pelan, tapi rich ketika digas abis, so, lebih powerfull.
bgs-bgt-gtl
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Mon Mar 02, 2009 4:05

Re: Perbandingan karbu biasa dan karbu vakum

Post by bgs-bgt-gtl »

Image
Image

responsif enggaknya karbu vakum tergantung besarnya vacuum port dan kelancaran udara yang masuk venturi.
sayangnya vacuum port dari pabrikan tidak bisa di setting besar kecilnya.
jadi yang bisa kita lakukan hanya mencopot filter karbu, supaya udara yang masuk tidak terhambat.
menurutku tu dah cukup untuk menambah respon. :upss: :upss: :upss: