Definisi sport car

Segala jenis sports car (Ferari, Acura, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Landie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38

Definisi sport car

Post by Landie »

Saya rada bingung nih dengan definisi sport car, sebenarnya sport car itu mobil yg seperti apa sih? Apakah mobil dengan body seperti coupe atau convertible? Atau mobil dengan performa sporty? Atau harus punya kedua-duanya?
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Saya ngga tau pasti mengenai definisi sports car.

Tapi sports car itu harus memiliki performa yang luar biasa. Cepat dan memiliki bodi layaknya sports car. Mungkin sports car juga ada yang coupe, convertible, roadster dll...
Landie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38

Post by Landie »

kalo harus punya performa yg luar biasa, berarti mobil2 seperti Celica, integra, S2000, FTO dll gak termasuk mobil sport donk, performanya kan biasa2 aja.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Celica, integra, s2000, FTO udah masuk kategori sportscar. Hmmm ... biar gampang bedain mana sportscar dan bukan, lebih baik coba bedakan dengan mobil2 sedan keluarga / penumpang.

Misalnya apakah Celica, S2000 itu untuk sedan keluarga? Kalo bukan berarti dikategorikan sportscar. Dan tentu harus punya performa yang ada di atas sedan keluarga, kemudian hanya 2 pintu.

Hmmm bener ga yah? TOlong dikoreksi kalo salah.
User avatar
hery_jul
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
Location: Anywhere in front of you

Post by hery_jul »

sport car itu ya 2 seater car, jadi bukan tergantung dari performanya, buktinya di jepang subaru impresa ada yg bentuknya station wagon, kalo diliat performanya sama aja kayak yg sedan.
jadi kalo tuh mobil tempat duduknya lebih dari 2 berarti udah masuk kategori lain, misalnya sedan atau apapun.
memang sekarang sedikit rancu buat membedakannya, model bedain antara mpv sama sedan, apakah aerio masuk mpv atau sedan? kalo diliat speknya doi itu masuk kategori sedan, cuman buat nilai jual sama produsennya dimasukin ke kategori mpv.
so, terserah aja sama produsennya tuh mobil mo dimaasukin ke tipe apaan, soprt, suv, mpv ...
Landie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38

Post by Landie »

Dari jawaban bung DigitALL dan Hery_Jul kayaknya yg paling bisa dijadikan acuan adalah 2 pintu. kalo dilihat dari performa mesin kayaknya gak bisa deh, coba liat Toyota MR-S 1.8, performanya gak lebih bagus dibanding Corolla Altis. 2 Seat juga gak bisa, soalnya mobil seperti BMW M3 dan Celica itu 4 seat. Bener gak ya?
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Hmm iya juga. Jadi acuannya hanya pada 2 pintu saja. Kalo 2 seater car belum tentu, spt Landie katakan M3 dan Celica kan 4 seat tapi masih termasuk SportsCar.
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Kalu mobil rada ribet bedainnya yagh?

Kalu motor tinggal liat kapasitas mesinnya aja khan?
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
hery_jul
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
Location: Anywhere in front of you

Post by hery_jul »

motor justru lebih jelas,
kan ada yg type sport, cruiser, touring, dll.
kalo yg sport posisi duduknya cenderung rebah ke depan, yg cruiser duduknya agak condong dan yg touring duduknya tegak ...
kalo kapasaitas nggak pengaruh, hd 1200cc typenya touring, sedangkan ninja 150cc typenya sport, kan keliatan dari posisi duduknya ...
Landie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38

Post by Landie »

yup, motor emang lebih gampang bedainnya.
Demonium

Post by Demonium »

sport car itu biasanya beda performa dengan versi biasanya...
misalnya gini
ambil civic....ada type biasa, SI, Type R
nah yg type R itu termasuk sport car kali ya

mengenai celica dan MR S yg mesin nya sama dengan altiz...
menurut saya..kalo di test itu ber 2, saya yakin menang MR S, kenapa ? soalnya bodynya lebih ringan

mungkin pernah ada yg denger Lotus Elise ?
itu mobil cuman 1800 cc dengan 140 HP
tapi akselerasi 0-100 km/h sekitar 5 detik
aneh kan, ga juga sebenernya
karena bobot elise cuman 600 kg an
tapi top speed elise cuman 200 km/h

nah yg terakhir ada lagi kategori SUPERCAR
nah kalo yg ini udah cc gede power juga ga kira2
astu lagi yg ga kira2
HARGANYA
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Saya setuju sama Demonium. Bobot bodi mobil juga akan mempengaruhi pada akselerasi mobil.

Emang Lotus Elise cepet untuk putaran bawah - tengah. Selain bodinya ringan, handling nya juga bagus.

Celica 1800cc kalo MR S itu berapa cc yah ?
Koq bisa sih MR S dan ALTIS mesinnya sama ?
Demonium

Post by Demonium »

MR s kalo ga salah juga 1800 cc 140 HP VVti
kalo ga salah....saya udah agak uzur soalnya jadi rada plupa
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Wah... berarti Celica dan MR S ada dikelas yang sama nih. Paling bedanya MR S itu convertible ya.

Saya sih tetep pilih Celica. In overall lebih unggul dari MR S.
Demonium

Post by Demonium »

yup setubuh..eh setuju

celica emang cakep sih..
pernah denger celica 400 HP ?
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Celica 400 HP? Celica yang udah di tuning / ganti mesin ya? Saya sih belom pernah denger tuh?

Celica lebih unggul dari MR S gara2 Celica bodinya lebih aerodinamis, kalo MR S tuh terlalu kotak dan tidak aerodinamis.
Demonium

Post by Demonium »

ada org amerika, tapi di buat official toyota gitu
lupa namanya

mcmullen gitu ya
kuning aja pokoknya
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Hmmm kurang tau nih... Tapi oke banget dah kalo Celica 400 HP. N udah pasti mesinnya beda dengan yang 1800cc donk. Hehehe ...
Demonium

Post by Demonium »

naek cc kalo ga salah jadi 2000, turbo, body kit gitu deh, rada lupa juga

Rod Mullen namanya kalo ga salah
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Rod Mullen itu kalo ngga salah emang jagonya tuning dan modifikasi kan. Pantes aja Celicanya bisa keluarin tenaga 400 HP.

Oke deh ... Thanks bung buat info-nya !
Demonium

Post by Demonium »

OOt dikit
pernah denger mesin 1800 cc bisa 783 HP ?
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Belom pernah denger tuh bung Demonium... Emang mobil apa yah?
Demonium

Post by Demonium »

ada mesin integra B18C5 DOHC Vtec punya JG
ntar saya post deh grafik hasil dyno nya

pasti pada bingung deh
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Wah lagi2 mesin-nya Honda.

Oke deh ditunggu posting-nya.
Demonium

Post by Demonium »

masih nyari nich di mana ya gbr nya