+&-2 tak & 4 tak??
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Mon Jan 08, 2007 11:03
- Location: Bandung
+&-2 tak & 4 tak??
Apa kelebihan&kekurangan mesin 4-tak ama 2-tak dari segi perawatan, harga sparepart, daya tahan, tenaga, dll.....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 555
- Joined: Fri Nov 03, 2006 15:39
- Location: BanDoEnK!!!
Denger2 sih 2tak lebih boros n perawatannya jg lebih rumit dari 4tak, tapi ga tau jg deng..gw lompernah punya motor 2tak..adanya jg 4tak.
C'mon, give me your hand!
Let's cut loose until we reach our limit
So we can reach the horizon
Ooh! Clash! Into the rolling morning light
Flash! I'm in the coolest driver's high
Towards the best finale!! Yeah..!!
Let's cut loose until we reach our limit
So we can reach the horizon
Ooh! Clash! Into the rolling morning light
Flash! I'm in the coolest driver's high
Towards the best finale!! Yeah..!!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
- Location: Depok
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Tue Jan 09, 2007 5:41
2 tak = nyebelin!
Terus terang, sebagai newbie, yang ada di kepala pas kesebut 2 tak = ngebul = suara cempreng = brutal mode riding style. Tentu image tersebut gak sepenuhnya benar dong, atau bahkan makin hari semuanya bakal ilang seiring naiknya standar kualitas toleransi emisi gas buang / [mungkin nanti] maximum db allowed buat exhaust-nya, dan kedewasaan pengendara 
Saya lom pernah naik motor 2 tak secara terus-terusan kecuali sedikit sekali: scooter kakek tempo dulu, plus motor RX King pak polisi waktu tukeran sama Pulsarku yang waktu itu lom keluar plat nomor dan digelandang ke pos polisi buat "mempertanggungjawabkan" kesalahan itu.
Berhubung /me gak terlalu ngerti bahasa teknis, gimana kalau sampean sowan ke forum webgaul dan ke tempat nongkrong tigy untuk belajar sedikit lebih banyak. Keduanya mbahas 2tak vs 4 tak, sekalian contoh kasus. Take your time boss....

Saya lom pernah naik motor 2 tak secara terus-terusan kecuali sedikit sekali: scooter kakek tempo dulu, plus motor RX King pak polisi waktu tukeran sama Pulsarku yang waktu itu lom keluar plat nomor dan digelandang ke pos polisi buat "mempertanggungjawabkan" kesalahan itu.
Berhubung /me gak terlalu ngerti bahasa teknis, gimana kalau sampean sowan ke forum webgaul dan ke tempat nongkrong tigy untuk belajar sedikit lebih banyak. Keduanya mbahas 2tak vs 4 tak, sekalian contoh kasus. Take your time boss....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
- Location: JAKARTA
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 481
- Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
- Location: Jakarta
menurut gw sih mesin 2 tak lebih mudah perawatannya soalnya ngak pake camshaft, valve dan rantai keteng seperti 4tak. memang mesin 2tak lebih boros karena untuk 1 kali pembakaran hanya dua kali langkah piston sedangkan 4 tak untuk 1kali pembakaran perlu pergerakan piston 4kali. dan juga mesin 4 sudah diatur degan valve in dan out beda dengan mesin 2tak yang mengandalkan porting di dinding cylinder. memang untuk mesin 2tak modern sudah di lengkapi exhaust port valve spt NSR, TZM / TZR, RGV dll. yang fungsinya menjaga performance pada rpm rendah supaya tidak perlu kucuran bensin yg byk utk dpt tenaga yg sip. pada rpm tengah dan atas valve itu akan membuka sehingga exhaust port menjadi besar.

ホンダ NSR レヌ バィク
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 645
- Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
- Location: Jakarta
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Wed Jan 03, 2007 10:20
Re: +&-2 tak & 4 tak??
Kalo sesuai pertanyaan bro Firman.Firman wrote:Apa kelebihan&kekurangan mesin 4-tak ama 2-tak dari segi perawatan, harga sparepart, daya tahan, tenaga, dll.....
1. Dari segi perawatan mesin 2tak jauh lebih ekonomis karena kostruksi mesin 2tak sangat sederhana tidak seperti mesin 4tak.
2. Harga sparepart sih relatif antara 2tak & 4tak tergantung merk dan typenya.
3. Daya tahan mesin 2tak & 4tak juga relatif tergantung konstruksi mesin dan teknologi yg diterapkan masing2.
4. Untuk perbandingan tenaga 2tak dan 4tak bisa dilihat perbandingannya pada motogp era 2004 atau 2003 dimana motor 2tak & 4tak pada kelas motogp berlaga dikelas tsb. Dan motogp menetapkan untuk perbandingan yang seimbang yaitu untuk 2tak kelas motogp tidak boleh lebih dari 500cc sedangkan 4tak boleh sampai 990cc.
Wah kalau saya gak setuju bgt kalau rider 2tak = brutal mode riding style.drajattop wrote:yang ada di kepala pas kesebut 2 tak = ngebul = suara cempreng = brutal mode riding style.
Saya memiliki beberapa motor, baik 4tak maupun 2tak baik bebek maupun motor laki. Ada yang buat saya wara-wiri, ada juga motor favorit , ada juga motor yang buat hanya khusus untuk turun pada event2 kejurnas atau kejurda dragbike, ada juga motor roadracenya. Tapi saya gak pernah menganut brutal mode riding style waktu mengendarai motor-motor 2tak saya walaupun semua motor 2tak saya sangat capable untuk hal2 diatas yg namanya brutal. Dan banyak rekan2 sy pengguna 2tak pun gak seperti itu. Coba kita semua buka mata secara jujur lihat dijalan raya motor jenis apa yang paling banyak brutal mode riding style saat ini ?
Safety Riding dalam berkendara gak peduli 2tak atau 4tak biar gak membahayakan diri sendiri atau orang lain.
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Mon Sep 05, 2005 7:53
Kalo menurut g sih yang terpenting mesin 4 tak lebih efisien, karena di mesin 2 tak bahan bakar yang masuk lebih banyak yang terbuang sia2x dibanding di mesin 4 tak soalnya kan di mesin 2 tak untuk membuang gas bakar sisa di dorong oleh gas bakar baru jadi secangih-cangihnya mesin 2 tak seperti ada rc valve atau kips untuk menampung gas bakar baru yang terbuang tetap aja pasti ada yang terbuang percuma.
Mesin 2 tak 100 cc dianggap mempunyai konsumsi bahan bakar yang sama dengan mesin 4 tak 200 cc (2 kali lipatnya=contohnya di moto GP dulu- 500 dengan 990) tapi mesin 2 tak dengan konsumsi bahan bakar yang sama tidak dapat mempunyai tenaga dua kali lipat dari mesin 4 tak. Maksimal mesin 2 tak cm mempunyai tenaga sekitar 50% kali lebih besar untuk konsumsi bensin yang setara, dikarenakan hal diatas.
Kalo untuk keawetan piston, ring dan silindernya g pernah baca mesin 4
Mesin 2 tak 100 cc dianggap mempunyai konsumsi bahan bakar yang sama dengan mesin 4 tak 200 cc (2 kali lipatnya=contohnya di moto GP dulu- 500 dengan 990) tapi mesin 2 tak dengan konsumsi bahan bakar yang sama tidak dapat mempunyai tenaga dua kali lipat dari mesin 4 tak. Maksimal mesin 2 tak cm mempunyai tenaga sekitar 50% kali lebih besar untuk konsumsi bensin yang setara, dikarenakan hal diatas.
Kalo untuk keawetan piston, ring dan silindernya g pernah baca mesin 4
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Wed Jan 03, 2007 10:20
rarierus wrote:Kalo menurut g sih yang terpenting mesin 4 tak lebih efisien, karena di mesin 2 tak bahan bakar yang masuk lebih banyak yang terbuang sia2x dibanding di mesin 4 tak soalnya kan di mesin 2 tak untuk membuang gas bakar sisa di dorong oleh gas bakar baru jadi secangih-cangihnya mesin 2 tak seperti ada rc valve atau kips untuk menampung gas bakar baru yang terbuang tetap aja pasti ada yang terbuang percuma.
Mesin 2 tak 100 cc dianggap mempunyai konsumsi bahan bakar yang sama dengan mesin 4 tak 200 cc (2 kali lipatnya=contohnya di moto GP dulu- 500 dengan 990) tapi mesin 2 tak dengan konsumsi bahan bakar yang sama tidak dapat mempunyai tenaga dua kali lipat dari mesin 4 tak. Maksimal mesin 2 tak cm mempunyai tenaga sekitar 50% kali lebih besar untuk konsumsi bensin yang setara, dikarenakan hal diatas.
Kalo untuk keawetan piston, ring dan silindernya g pernah baca mesin 4
Waduh ... anda dapet dapat referensi info teknis darimana sampai bisa mengatakan untuk mesin 2tak bahan bakarnya terbuang sia-sia sehingga konsumsi bahan bakar jadi lebih boros? .. apa anda benar2 paham ttg prinsip kerja mesin 2tak dan 4tak ? Apa anda benar2 paham tentang teknologi RC Valve atau kips atau cuma asal sebut saja sampai bisa mengklaim bahan bakar tetap terbuang percuma ?
1. Untuk semua mesin mau 4tak atau 2tak semua pembakaran itu terjadinya disilinder baru sisa pembakarannya dibuang melalui exhaust lalu diteruskan ke knalpot. jadi gak ada yang namanya bahan bakar ikutan kebuang percuma mo pake KIPS kek ato mo Pake RC valve kek atau motor yang gak pake teknologi tsb. Kecuali memang ada kesalahan pada setingan karbu atau pengaturan timing dll. yang dapat menyebakan bahan bakar bisa ikut keluar ke-knalpot, dan setelah keluar ke-knalpot bahan bakar itu bisa meledak diknalpot atau pada exhaust yg biasa dikenal detonasi, atau suara nembak atau meledak dan hal ini berlaku baik di 2tak dan 4tak (pernah dengerkan).
Jadi kalo anda bilang ada bahan bakar yg terbuang itu yang mana ? asepnya maksud anda ? itu mah sisa pembakaran mas bukan bahan bakar yg kebuang bahan bakarnya mah udah abis kebakar disilinder.. namanya juga 2tak sisa pembakarannya ya berasap.
2. Untuk konsumsi bahan bakar 2tak lebih boros dari 4tak ya ngapain pusing2 pake ngeluarin info2 gak jelas, sebenarnya gampang aja liat aja prinsip kerja mesin 2tak (atau 2 langkah) dan 4tak (4 langkah). Salah satunya sudah di posting oleh bro Handy yaitu untuk 1 kali pembakaran hanya dua kali langkah piston sedangkan 4 tak untuk 1 kali pembakaran perlu pergerakan piston 4kali (paham). dari satu item ini aja udah keliatan konsumsi bahan bakarnya.
3. Referensi darimana anda bisa mengklaim mesin 100cc 2tak setara dengan konsumsi 200cc 4tak. Yang benar adalah tergantung dari teknologi dan design struktur dasar mesin yg diterapkan pada mesin tsb. liat aja konsumsi motor2 2tak teknologi jaman dulu sama sekarang seperti apa bedanya. Liat aja mobil2 teknologi jaman dulu dengan kisaran mesin diatas 1000cc bisa hampir sama konsumsi bahan bakarnya dengan mobil2 teknologi terkini dengan kapasitas mesin diatas 2000cc. Teknologi yang menjadikan hal tsb. bukan jumlah kapasitas isi silinder. Makanya banyak teknologi dikembangkan dan diterapkan pada motor dan mobil untuk menunjang tenaga serta menekan konsumsi bahan bakar.
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Mon Sep 05, 2005 7:53
Gini bro ...
1. Pertama saya bilang lebih banyak yang terbuang cuma2 di mesin 2 tak dibanding mesin 4 tak dan kalo sebab lebih boros di 2 tak itu benar karena mesin 2 tak lebih sering menghisap bensin.
Emang juga semua pembakaran terjadi di silender, nah Anda tau kan cara kerja mesin 2 tak, untuk membuang gas sisa pembakaran itu kan di dorong oleh gas baru yang belum terbakar yang digerakkan oleh piston. Jadi mao ga mao pasti ada campuran gas yang baru yang ikut terbuang.
Kayanya salah satu guna RC valve ato KIPS kan adanya diatas exhaust silinder, maksudnya untuk menampung gas sisa pembakaran yang belum terbakar. Lagipula banyak kok mesin 2 tak yang langsung dibuang gas sisa nya seperti RX King, atao mesin 2 tak lain yang lebih sederhana.
Sedangkan di mesin 4 tak untuk membuang gas sisa pembakaran hanya didorong oleh gerak piston itu karena klep mesin 4 tak menutup pada saat langkah buang jadi tidak ada bahan bakar yang terbuang logikanya.
Yang saya maksud bahan bakar yang terbuang disini berupa uap bukan bensin mentah, jadi yang sudah tercampur dengan udara.
Jadi kalo Anda mao ngeliat bahan bakar berupa bensin yang kebuang lewat kenalpot mah ga bakal keliatan mas.
2. Untuk konsumsi bensin Anda benar saya setuju dengan Anda dan saya juga tidak menyangkalnya kok.
3. Itu kan teorinya misalnya mesin 100 cc 2 tak berputar pada 1000 rpm pasti kira2 sama konsumsi bahan bakar dengan mesin 200cc 4 tak 200 cc dengan putaran mesin yang sama. Misalnya selama 1 menit mesin 2 tak menyedot campuran bahan bakar dan udara sebesar 100 cc sebanyak 1000 kali (100x1000=100.000), sedangkan mesin 4 tak cuma menyedot bahan bakar sebanyak 200 cc sebanyak 500 kali (200x500=100.000)
Soal teknologi mah jelas aja menentukan banget, jadi musti diambil yang teknologinya sama donk contohnya sama2x karburator, jgn yang satu injeksi ato hybrid jelas dibanding dengan yang sederhana jelas beda lah.

1. Pertama saya bilang lebih banyak yang terbuang cuma2 di mesin 2 tak dibanding mesin 4 tak dan kalo sebab lebih boros di 2 tak itu benar karena mesin 2 tak lebih sering menghisap bensin.
Emang juga semua pembakaran terjadi di silender, nah Anda tau kan cara kerja mesin 2 tak, untuk membuang gas sisa pembakaran itu kan di dorong oleh gas baru yang belum terbakar yang digerakkan oleh piston. Jadi mao ga mao pasti ada campuran gas yang baru yang ikut terbuang.
Kayanya salah satu guna RC valve ato KIPS kan adanya diatas exhaust silinder, maksudnya untuk menampung gas sisa pembakaran yang belum terbakar. Lagipula banyak kok mesin 2 tak yang langsung dibuang gas sisa nya seperti RX King, atao mesin 2 tak lain yang lebih sederhana.
Sedangkan di mesin 4 tak untuk membuang gas sisa pembakaran hanya didorong oleh gerak piston itu karena klep mesin 4 tak menutup pada saat langkah buang jadi tidak ada bahan bakar yang terbuang logikanya.
Yang saya maksud bahan bakar yang terbuang disini berupa uap bukan bensin mentah, jadi yang sudah tercampur dengan udara.
Jadi kalo Anda mao ngeliat bahan bakar berupa bensin yang kebuang lewat kenalpot mah ga bakal keliatan mas.
2. Untuk konsumsi bensin Anda benar saya setuju dengan Anda dan saya juga tidak menyangkalnya kok.
3. Itu kan teorinya misalnya mesin 100 cc 2 tak berputar pada 1000 rpm pasti kira2 sama konsumsi bahan bakar dengan mesin 200cc 4 tak 200 cc dengan putaran mesin yang sama. Misalnya selama 1 menit mesin 2 tak menyedot campuran bahan bakar dan udara sebesar 100 cc sebanyak 1000 kali (100x1000=100.000), sedangkan mesin 4 tak cuma menyedot bahan bakar sebanyak 200 cc sebanyak 500 kali (200x500=100.000)
Soal teknologi mah jelas aja menentukan banget, jadi musti diambil yang teknologinya sama donk contohnya sama2x karburator, jgn yang satu injeksi ato hybrid jelas dibanding dengan yang sederhana jelas beda lah.