Konsumsi BBM irit VS Knalpot

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

pipiniko81
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sat Nov 25, 2006 4:19
Location: Jakarta

Konsumsi BBM irit VS Knalpot

Post by pipiniko81 »

salam kenal..saya msh br niy..
boleh gabung kan diforum ini.. :) :)

lgsg aja ya,,
sy ada pertanyaan mengenai pemakaian knalpot yg bisa membuat pemakaian BBM lbh irit dibanding dgn pemakaian knalpot standar krn ada bengkel yg klaim knalpot produksinya bisa spt itu. Saya jg pernah cb pk knalpotnya di F1ZR saya, beneran tuh si empunya malah nurunin ukuran pilot dan main jetnya. Klo utk RPM rendah tenaganya emg loyo banget tp klo RPM udh naik tuh motor cepet bener larinya. Klo saya tanya empunya bengkel dia ga mau kasi tau rahasianya..Mungkin tmn2 disini ada yg bisa jelasin..?? Pasalnya klo kita ganti knalpot standar dgn knalpot racing pasti setingan pilot & main jet akan naik, tp yg ini malah turun..
slow GTi 4G63
dado
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 505
Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
Location: JAKARTA

Post by dado »

menurut gw sih yg membuat motor anda lebih irit itu adalah si bengkel menurunkan spuyernya, tp klo soal tarikan atasnya lebih kencang klo dibandingkan sebelumnya kynya ngga deh, soalnya spuyer aja turun mana mungkin motor lebih kencang, atau ada kemungkinan spuyer yg dulu sudah dibesarkan dan sama tu bengkel diturunkan ke ukuran yg sebenarnya, cuman doi ngga bilang aja.
GW PUNYA HOBI OTOMOTIF, YA SAPA TAU KETEMU YG HOBI JG JD BISA TUKER PENDAPAT DALAM MODIFIKASI
pipiniko81
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sat Nov 25, 2006 4:19
Location: Jakarta

Post by pipiniko81 »

maaf sebelumnya,,mungkin sebaiknya pertanyaan saya seperti ini :
- bisa ga knalpot dirancang sedemikian rupa sehingga pemakaian BBM bisa lebih ditekan tetapi performa yg dihasilkan lebih baik dr keadaan standarnya?
- kalau bisa / kalau tidak,, bagaimana penjelasannya?

maaf niy,,no offense..
spuyer saya yg dulu masih orisinil semua dan memang si empunya mengganti dgn ukuran yg lbh kecil. Dan krn saya sendiri yg mencoba, saya bisa merasakan perbedaan tarikan motor sebelum dan sesudah diganti knalpot. Bengkel yg saya maksud juga ada dalam daftar bengkel yg ada di forum ini, yg punya bekas pembalap thn 80an.
slow GTi 4G63