Seminggu stlh Peraturan Lampu Motor siang hari?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
Seminggu stlh Peraturan Lampu Motor siang hari?
Baru seminggu peraturan lampu motor dinyalakan siang hari di JKT dijalankan tp sy lihat sebagian ada yg menyalakan lampu ada yg gak.
Gimana tanggapannya? terutama yg pd pake mobil neh?
katanya utk menekan angka kecelakaan yg dialami pengendara motor tp sy lihat klo dr pandangan sy sesama pemakai montor mungkin sinar lampu motor lain yg jalan dr arah berlawanan menambah silau mata dan konsentrasi mengendara jd agak terganggu.
gimana neh tanggapan rekan2 pemakai mobil disini?
-cukup membantu?
-mengganggu?
-biasa aja?
Gimana tanggapannya? terutama yg pd pake mobil neh?
katanya utk menekan angka kecelakaan yg dialami pengendara motor tp sy lihat klo dr pandangan sy sesama pemakai montor mungkin sinar lampu motor lain yg jalan dr arah berlawanan menambah silau mata dan konsentrasi mengendara jd agak terganggu.
gimana neh tanggapan rekan2 pemakai mobil disini?
-cukup membantu?
-mengganggu?
-biasa aja?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 146
- Joined: Thu Sep 16, 2004 7:08
- Location: Jabodetabek
Re: Seminggu stlh Peraturan Lampu Motor siang hari?
* sangat membantuanak_singkong wrote: gimana neh tanggapan rekan2 pemakai mobil disini?
-cukup membantu?
-mengganggu?
-biasa aja?
karena, motor di kiri dan kanan mobil, terlihat dengan lebih jelas hanya dengam memicingkan mata. Pengemudi mobil, jadi lebih waspada.
Demikian juga pada jalan 2 arah yang sempit. Kehadiran motor di depan, lebih mencolok. Jadi bisa lebih memperkirakan, kalau mau menyusul mobil atau motor yang jalan lebih pelan.
Demikian juga, bagi pejalan kaki. Menyeberang jalan, jadi lebih waspada.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
- Location: JAKARTA
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3454
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
- Location: JAKARTA
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 333
- Joined: Wed Mar 23, 2005 6:16
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
Menurut gw sih walaupun jadi lebih keliatan di spion tapi tetap aja yg namanya motor lebih banyak yg ugal2an...
nyelip2nya tetap...mepet2 mobilnya juga.....tetap mengganggu juga...
jadi intinya sama aja!
temen gw malah bilang "apa gunanya sih?" "kan yg biasanya bikin kecelakaan tuh motor yg nabrak mobil...." nah loh
no offense yah buat pengendara motor
nyelip2nya tetap...mepet2 mobilnya juga.....tetap mengganggu juga...
jadi intinya sama aja!
temen gw malah bilang "apa gunanya sih?" "kan yg biasanya bikin kecelakaan tuh motor yg nabrak mobil...." nah loh
no offense yah buat pengendara motor
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
- Location: Depok
hikssss....!!
kagak ada yg salah ato yg bener...!!!
pemerintah cuman berusaha mengurangi angka kecelakaan.... tp kagak bs ngerubah atu nge-perbaikin total infrastruktur... kacian deh..!
gw sbg pengendara motor, ngerasa lampu motor cukup ngaruh jg buat nambah kewaspadaan...
lagian, jumlah pengendara motor selalu lebih banyak dari pengguna boil.. mangkanya jumlah motor banyak di jalan, akibatnya... pengendara selain mongtor terpaksa hrs menyesuaikan diri, mangsudnya bukan ugal2 yah..! kl ugal2an, yg jd tempe pasti pengguna motor, habis... mo digimanain lg...?
Yg gw takutin setelah beberapa bulan kedepan, kl semua pengguna jalan udah terbiasa dengan menyalakan lampu sepanjang hari, kewaspadaan jd menurun lg...
kagak ada yg salah ato yg bener...!!!
pemerintah cuman berusaha mengurangi angka kecelakaan.... tp kagak bs ngerubah atu nge-perbaikin total infrastruktur... kacian deh..!
gw sbg pengendara motor, ngerasa lampu motor cukup ngaruh jg buat nambah kewaspadaan...
lagian, jumlah pengendara motor selalu lebih banyak dari pengguna boil.. mangkanya jumlah motor banyak di jalan, akibatnya... pengendara selain mongtor terpaksa hrs menyesuaikan diri, mangsudnya bukan ugal2 yah..! kl ugal2an, yg jd tempe pasti pengguna motor, habis... mo digimanain lg...?
Yg gw takutin setelah beberapa bulan kedepan, kl semua pengguna jalan udah terbiasa dengan menyalakan lampu sepanjang hari, kewaspadaan jd menurun lg...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
- Location: Depok
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Tue Nov 30, 2004 19:38
- Location: surabaya
Yah semua tergantung pengendaranya gak ada hubungan langsung ama lampu
Kl polisi ato pemerintah mau kurangi kecelakaan ya dibuatkan sarana transportasi umum yang aman dong mosalnya mrt (kayaknya jakarta ato surabaya sangat perlu tuh) dan Pembuatan SIM harus rumit alias ketat jadi orang punya SIM memang pengemudi yang berkualitas.
Kalo ada transportasi yang aman kan enak gak perlu buang2 BBM ato macetnya jalanan..
Apa mungkin pemerintah takut sarana utk korupsinya jadi berkurang?
Kl polisi ato pemerintah mau kurangi kecelakaan ya dibuatkan sarana transportasi umum yang aman dong mosalnya mrt (kayaknya jakarta ato surabaya sangat perlu tuh) dan Pembuatan SIM harus rumit alias ketat jadi orang punya SIM memang pengemudi yang berkualitas.
Kalo ada transportasi yang aman kan enak gak perlu buang2 BBM ato macetnya jalanan..
Apa mungkin pemerintah takut sarana utk korupsinya jadi berkurang?
Ayo yang stress klik : http://www.serayamotor.com/diskusi/viewforum.php?f=15
Yang mau Jual-beli klik: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewforum.php?f=3
Yang mau pooloing klik: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewforum.php?f=18
Yang mau Jual-beli klik: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewforum.php?f=3
Yang mau pooloing klik: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewforum.php?f=18
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
menurut gue ga guna......sama aja......
kalo gue mau belok/pindah jalur, seperti biasa gue liat spion......& kosong.....
pas gue lagi belok/pindah jalur, tau2 udah ada motor d sisi mobil.......
kehadiran motor di sisi mobil selalu muncul tiba2......ga bisa d prediksi.....
ga ada gunanya pake lampu apa engga......karena motornya selalu nongol tiba2.....lampu baru berguna kalo emang dia dari jauh konstan di jalurnya.....
sedangkan motor di sini nyelip2,zig-zag kayak lalat......
kalo gue mau belok/pindah jalur, seperti biasa gue liat spion......& kosong.....
pas gue lagi belok/pindah jalur, tau2 udah ada motor d sisi mobil.......
kehadiran motor di sisi mobil selalu muncul tiba2......ga bisa d prediksi.....
ga ada gunanya pake lampu apa engga......karena motornya selalu nongol tiba2.....lampu baru berguna kalo emang dia dari jauh konstan di jalurnya.....
sedangkan motor di sini nyelip2,zig-zag kayak lalat......
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Harusnya kita (pengguna) mobil "senang" kalo pengguna motor nyelap-nyelip - (harusnya sih nggak boleh senang, karena membahayakan dirinya sendiri). Bayangin kalo semua pengguna motor tertib ikut antrian mobil. 4 motor akan makan tempat 1 mobil. Space jalan yg dibutuhkan bisa bertambah 2 kali lipat lagi. Apa Jakarta masih kurang macet..?
Kalo gw pribadi kadang malah "gemes" banget kalo ngeliat motor yg sopan ikut antri di depan gw. "Kalo dia nyelip2 aja, gw udah bisa maju dikit" gitu pikiran gw.
Kalo gw pribadi kadang malah "gemes" banget kalo ngeliat motor yg sopan ikut antri di depan gw. "Kalo dia nyelip2 aja, gw udah bisa maju dikit" gitu pikiran gw.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2391
- Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
- Location: Sparkling Surabaya
mana bisa aki habis karena nyalain lampu ? kan kondisi motor lagi nyala mesinnya ?? lain hal'nya kalo lampu dinyalain dan mesin tidak nyala.uch wrote:Membantu donk. Kalo benda yg nyala2 gitu, otak lebih cepat nangkap. Nggak tau deh kalo nanti udah terbiasa.
Nompang pertanyaan .
Udah ada yg headlamp/bohlamp/aki nya mati gara2 peraturan ini..? Kalo ada berarti operational cost motor bertambah nih..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2391
- Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
- Location: Sparkling Surabaya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 914
- Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
- Location: Jakarta
Gue rasa cukup membantu menekan angka kecelakaan kok.
Diluar konteks masih banyak motor & mobil yg ugal2an, peraturan menyalakan lampu motor di siang hari ini sudah lama diterapkan di negara2 lain seperti Thailand, Eropa, Australia dll.
Lebih bagus lagi kalo ditambah dengan aturan yg lebih ketat sewaktu pembuatan & penerbitan SIM
Diluar konteks masih banyak motor & mobil yg ugal2an, peraturan menyalakan lampu motor di siang hari ini sudah lama diterapkan di negara2 lain seperti Thailand, Eropa, Australia dll.
Lebih bagus lagi kalo ditambah dengan aturan yg lebih ketat sewaktu pembuatan & penerbitan SIM
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Mon Dec 11, 2006 3:06
- Location: jakarta selatan
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
justru kalo motor selap selip gitu menambah kemungkinan mobil masuk body repair....uch wrote:Harusnya kita (pengguna) mobil "senang" kalo pengguna motor nyelap-nyelip - (harusnya sih nggak boleh senang, karena membahayakan dirinya sendiri). Bayangin kalo semua pengguna motor tertib ikut antrian mobil. 4 motor akan makan tempat 1 mobil. Space jalan yg dibutuhkan bisa bertambah 2 kali lipat lagi. Apa Jakarta masih kurang macet..?
Kalo gw pribadi kadang malah "gemes" banget kalo ngeliat motor yg sopan ikut antri di depan gw. "Kalo dia nyelip2 aja, gw udah bisa maju dikit" gitu pikiran gw.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
inikan soal motor nyalain lampu disiang hari bukan soal pengendara montor yg ugal2an..
sebaiknya jgn men-generalisasi-kan pengendara motor semuanya ugal2an..apalagi men-stereotype-kan.
saya dulu emang pernah gitu tp skrg gak lg stlh kaki sebelah patah...kapok!
makanya di blog sy ada ajakan buat sapa aja yg msh blm bertobat bawa motor ugal2an.
bahaya mendingan nyantai dikit kerjaan beres!
sebaiknya jgn men-generalisasi-kan pengendara motor semuanya ugal2an..apalagi men-stereotype-kan.
saya dulu emang pernah gitu tp skrg gak lg stlh kaki sebelah patah...kapok!
makanya di blog sy ada ajakan buat sapa aja yg msh blm bertobat bawa motor ugal2an.
bahaya mendingan nyantai dikit kerjaan beres!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Itu khan nggak sengaja.. (SOk Membela ON). Berapa motor yg nyalip kita setiap hari.. Ribuan...? Belum tentu sekali sebulan kita kesenggol. Kalo 1 kali dari 25 ribu (sebulan) nyenggol dikit masih bisa di abaikan llah, minimial dalam statistik. Mobil jg kalo bisa nyelap-nyelip, pasti nyelap-nyelip kalo lagi macet. Liat aja di tol, begitu ada macet, dalam hitungan menit jalur darurat langsung penuh. Kalo mental kayaknya sama aja. Mo mobil, angkot, motor sami mawon aja. Cuma beda kebutuhan doang. Beruntung aja mobil pribadi nggak butuh sering berhenti kayak angkot. Kalo butuh, kayaknya tabiatnya akan sama. Kayak di Kemang tuh kalo malam Sabtu Minggu. Parkir di badan jalan asyik2 aja tuh. wong lagi butuh.WP wrote:justru kalo motor selap selip gitu menambah kemungkinan mobil masuk body repair....uch wrote:Harusnya kita (pengguna) mobil "senang" kalo pengguna motor nyelap-nyelip - (harusnya sih nggak boleh senang, karena membahayakan dirinya sendiri). Bayangin kalo semua pengguna motor tertib ikut antrian mobil. 4 motor akan makan tempat 1 mobil. Space jalan yg dibutuhkan bisa bertambah 2 kali lipat lagi. Apa Jakarta masih kurang macet..?
Kalo gw pribadi kadang malah "gemes" banget kalo ngeliat motor yg sopan ikut antri di depan gw. "Kalo dia nyelip2 aja, gw udah bisa maju dikit" gitu pikiran gw.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
Bro2 semua para member, mohon di mengerti
Seraya Motor khan forum yg mbahas 2W dan 4W
Jadi kayaknya gak bisa mengomentari habit pengendara motor, begitupun sebaliknya.
Beda dgn beberapa forum laen yg khusus mobil ato
khusus motor, jadi bebas mengkritik pengendara motor dan sebaliknya.
Saya sih akan tetep biarkan thread ini, namun sekedar mau ngingetin aja hal2 diatas. Jgn sampe ada Flamming antara Pengendara Mobil dan Pengendara Motor.
Seraya Motor khan forum yg mbahas 2W dan 4W
Jadi kayaknya gak bisa mengomentari habit pengendara motor, begitupun sebaliknya.
Beda dgn beberapa forum laen yg khusus mobil ato
khusus motor, jadi bebas mengkritik pengendara motor dan sebaliknya.
Saya sih akan tetep biarkan thread ini, namun sekedar mau ngingetin aja hal2 diatas. Jgn sampe ada Flamming antara Pengendara Mobil dan Pengendara Motor.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
- Location: Depok
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 296
- Joined: Wed Jun 29, 2005 0:12
- Location: Jakarta Utara
kalo menurut wa pribadi (tanpa menyinggung pengguna 2W ato 4W) wa sbg pengguna mobil
seneng dgn adanya praturan lampu nyala, krn buat wa itu menambah kewaspadaan. setidaknya kalo ada montor disamping masih keliatan ama ujung mata wa. wa termasuk org yg cinta mobil jadinya sebisa mungkin ga kesenggol ama motor.
@bos Uch : sedikit apapun kesenggol terus terang wa tetep sedih
(malah klo di luar negri mobil2 uda di set auto nyala lampu (mau itu subuh, siang, malem, sore))
seneng dgn adanya praturan lampu nyala, krn buat wa itu menambah kewaspadaan. setidaknya kalo ada montor disamping masih keliatan ama ujung mata wa. wa termasuk org yg cinta mobil jadinya sebisa mungkin ga kesenggol ama motor.
@bos Uch : sedikit apapun kesenggol terus terang wa tetep sedih
(malah klo di luar negri mobil2 uda di set auto nyala lampu (mau itu subuh, siang, malem, sore))
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 333
- Joined: Wed Mar 23, 2005 6:16
kalo gua ngomong gitu sih ga mengeneralisasikan (duh.. susah ngetiknya..) anyway bytheway busway, yah semuanya kembali ke pengemudinya aja deh, gak motor, gak mobil, gak angkot, gak bajaj, gak apa aja, pokonya back to personality, kalo emang bawaannya sopan yah pastinya bawa kendaraan pun sopan, kalo ugal2an yah well. what can we say bout that? mao dirubah juga susah, ga mungkin lo paksakananak_singkong wrote:inikan soal motor nyalain lampu disiang hari bukan soal pengendara montor yg ugal2an..
sebaiknya jgn men-generalisasi-kan pengendara motor semuanya ugal2an..apalagi men-stereotype-kan.
saya dulu emang pernah gitu tp skrg gak lg stlh kaki sebelah patah...kapok!
makanya di blog sy ada ajakan buat sapa aja yg msh blm bertobat bawa motor ugal2an.
bahaya mendingan nyantai dikit kerjaan beres!