Mercedes E230 new eyes matic masalah... HELP!!!

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

dirzsignature
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Wed Sep 13, 2006 13:35

Mercedes E230 new eyes matic masalah... HELP!!!

Post by dirzsignature »

E230 NE th. 97 saya ada masalah.. setiap transmisi di posisi D (drive) atau R (mundur), dan mobil dibiarkan jalan perlahan tanpa digas, mobil terasa batuk2 seakan2 transmisinya berpindh2 gear trus dengan sendirinya... gejala yang sama terjadi juga bila mobil di kick-down....

mohon bantuannya bila di antara saudara ada yg pernah mengalami hal serupa atau mngerti apa yg salah dengn mbil saya... trims
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Itu sih harus di bawa ke bengekl utk di cek ECU nya. mungkin komputernya harus di reset ulang.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

Wah

oom dirz join juga di sini......hehehehehhee

Btw kapan terakhir ganti oli dgn ATF changer ? udah cek valve body ? cek ECU Transmisi ?
* Bukan ajakan Beli *
dirzsignature
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Wed Sep 13, 2006 13:35

Post by dirzsignature »

oli atf bru ganti sih... susa nih emang klo tinggal di daerah, ga ada bengkel mercy.. msti bwa ke jkta deh buat cek ecu.. :cry:
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1088
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Post by aspsilver »

orang Mercedes bilang ECU itu jarang rusak.

apakah pernah ganti kabel harness??? kemungkinan karena kabel ini karena tua getas dan pecah2, sehingga arusnya bocor dan mengganggu/diganggu kabel sebelah.

mending dicek deh dan diganti bila rusak. emang mahal sih, bisa 4 juta kabelnya, tapi daripada ecu rusak 25 juta.

di kompartemen mesin kan di depan silinder blok ada tutup plastik ada logo bintangnya, itu dibuka lihat ada kabel 1 disana, dah getas belum diurutin saja kabelnya kemana, kalo di C-class dia akan terus ke kompartemen yang ditutup plastik di sebelah kiri mobil.

atau cara yang gampang di reset dulu ECU nya. caranya cabut negatif accu selama 10 min, coba apakah gejala menghilang?

semoga membantu
dirzsignature
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Wed Sep 13, 2006 13:35

Post by dirzsignature »

wah ntar saya coba.. thanx masukannya..
Captive
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Thu Apr 17, 2008 8:05

Re:

Post by Captive »

aspsilver wrote:orang Mercedes bilang ECU itu jarang rusak.

apakah pernah ganti kabel harness??? kemungkinan karena kabel ini karena tua getas dan pecah2, sehingga arusnya bocor dan mengganggu/diganggu kabel sebelah.

mending dicek deh dan diganti bila rusak. emang mahal sih, bisa 4 juta kabelnya, tapi daripada ecu rusak 25 juta.

di kompartemen mesin kan di depan silinder blok ada tutup plastik ada logo bintangnya, itu dibuka lihat ada kabel 1 disana, dah getas belum diurutin saja kabelnya kemana, kalo di C-class dia akan terus ke kompartemen yang ditutup plastik di sebelah kiri mobil.

atau cara yang gampang di reset dulu ECU nya. caranya cabut negatif accu selama 10 min, coba apakah gejala menghilang?

semoga membantu
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: Mercedes E230 new eyes matic masalah... HELP!!!

Post by iwang »

matic 5 speed yah..atau 4 speed? kalo 5 speed N-AG overdrivenya elektrik, jadi ada control unit + harness untuk transmisi..kalo 4 speed sih ga ada elektrik2nya cuma hydraulic aja bodi valve..

coba cek2 aja seperti yang dianjurkan diatas, solusi dasarnya sih
- kuras matic, ganti filter, cek linkage (tuas2 dibawah), kadang cuma karena setelan /bushing2 tuas yang rusak
- cek kabel harnes + control unit tranmisi (bisa cek fisik atau pake diagnostik), apakah ada tanda2 getas atau kalau memang bisa direset, coba reset. sebaiknya tanya prosedur yang bener dari bengkel/mekanik yang ngerti.
- kalo masih aja ngaco (dan asumsi mesin + ECU mesin 100% normal), bisa coba cek dan bersihkan body valve

kalo 97 awal blon kunci pistol, mestinya matic 4 speed 722.3 kaya punya w124, ga pake ECU.