E230 NE th. 97 saya ada masalah.. setiap transmisi di posisi D (drive) atau R (mundur), dan mobil dibiarkan jalan perlahan tanpa digas, mobil terasa batuk2 seakan2 transmisinya berpindh2 gear trus dengan sendirinya... gejala yang sama terjadi juga bila mobil di kick-down....
mohon bantuannya bila di antara saudara ada yg pernah mengalami hal serupa atau mngerti apa yg salah dengn mbil saya... trims
Mercedes E230 new eyes matic masalah... HELP!!!
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 48
- Joined: Wed Sep 13, 2006 13:35
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 48
- Joined: Wed Sep 13, 2006 13:35
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1088
- Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
- Location: Jakarta
orang Mercedes bilang ECU itu jarang rusak.
apakah pernah ganti kabel harness??? kemungkinan karena kabel ini karena tua getas dan pecah2, sehingga arusnya bocor dan mengganggu/diganggu kabel sebelah.
mending dicek deh dan diganti bila rusak. emang mahal sih, bisa 4 juta kabelnya, tapi daripada ecu rusak 25 juta.
di kompartemen mesin kan di depan silinder blok ada tutup plastik ada logo bintangnya, itu dibuka lihat ada kabel 1 disana, dah getas belum diurutin saja kabelnya kemana, kalo di C-class dia akan terus ke kompartemen yang ditutup plastik di sebelah kiri mobil.
atau cara yang gampang di reset dulu ECU nya. caranya cabut negatif accu selama 10 min, coba apakah gejala menghilang?
semoga membantu
apakah pernah ganti kabel harness??? kemungkinan karena kabel ini karena tua getas dan pecah2, sehingga arusnya bocor dan mengganggu/diganggu kabel sebelah.
mending dicek deh dan diganti bila rusak. emang mahal sih, bisa 4 juta kabelnya, tapi daripada ecu rusak 25 juta.
di kompartemen mesin kan di depan silinder blok ada tutup plastik ada logo bintangnya, itu dibuka lihat ada kabel 1 disana, dah getas belum diurutin saja kabelnya kemana, kalo di C-class dia akan terus ke kompartemen yang ditutup plastik di sebelah kiri mobil.
atau cara yang gampang di reset dulu ECU nya. caranya cabut negatif accu selama 10 min, coba apakah gejala menghilang?
semoga membantu
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 48
- Joined: Wed Sep 13, 2006 13:35
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Thu Apr 17, 2008 8:05
Re:
aspsilver wrote:orang Mercedes bilang ECU itu jarang rusak.
apakah pernah ganti kabel harness??? kemungkinan karena kabel ini karena tua getas dan pecah2, sehingga arusnya bocor dan mengganggu/diganggu kabel sebelah.
mending dicek deh dan diganti bila rusak. emang mahal sih, bisa 4 juta kabelnya, tapi daripada ecu rusak 25 juta.
di kompartemen mesin kan di depan silinder blok ada tutup plastik ada logo bintangnya, itu dibuka lihat ada kabel 1 disana, dah getas belum diurutin saja kabelnya kemana, kalo di C-class dia akan terus ke kompartemen yang ditutup plastik di sebelah kiri mobil.
atau cara yang gampang di reset dulu ECU nya. caranya cabut negatif accu selama 10 min, coba apakah gejala menghilang?
semoga membantu
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: Mercedes E230 new eyes matic masalah... HELP!!!
matic 5 speed yah..atau 4 speed? kalo 5 speed N-AG overdrivenya elektrik, jadi ada control unit + harness untuk transmisi..kalo 4 speed sih ga ada elektrik2nya cuma hydraulic aja bodi valve..
coba cek2 aja seperti yang dianjurkan diatas, solusi dasarnya sih
- kuras matic, ganti filter, cek linkage (tuas2 dibawah), kadang cuma karena setelan /bushing2 tuas yang rusak
- cek kabel harnes + control unit tranmisi (bisa cek fisik atau pake diagnostik), apakah ada tanda2 getas atau kalau memang bisa direset, coba reset. sebaiknya tanya prosedur yang bener dari bengkel/mekanik yang ngerti.
- kalo masih aja ngaco (dan asumsi mesin + ECU mesin 100% normal), bisa coba cek dan bersihkan body valve
kalo 97 awal blon kunci pistol, mestinya matic 4 speed 722.3 kaya punya w124, ga pake ECU.
coba cek2 aja seperti yang dianjurkan diatas, solusi dasarnya sih
- kuras matic, ganti filter, cek linkage (tuas2 dibawah), kadang cuma karena setelan /bushing2 tuas yang rusak
- cek kabel harnes + control unit tranmisi (bisa cek fisik atau pake diagnostik), apakah ada tanda2 getas atau kalau memang bisa direset, coba reset. sebaiknya tanya prosedur yang bener dari bengkel/mekanik yang ngerti.
- kalo masih aja ngaco (dan asumsi mesin + ECU mesin 100% normal), bisa coba cek dan bersihkan body valve
kalo 97 awal blon kunci pistol, mestinya matic 4 speed 722.3 kaya punya w124, ga pake ECU.