Untung Rugi mencopot Termostat - what's u'r opinion ?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Thu Aug 28, 2003 7:51
- Location: Depan Karfur MT
Untung Rugi mencopot Termostat - what's u'r opinion ?
daripada FORUM sepi ........... ayoh ....... gw tantang neh ! ..... ada yg berani argue topik dibawah ini ? :
"UNTUNG RUGI MENCOPOT TERMOSTAT pada SALURAN AIR PENDINGIN MOBIL"
"UNTUNG RUGI MENCOPOT TERMOSTAT pada SALURAN AIR PENDINGIN MOBIL"
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Sat Sep 27, 2003 3:36
- Location: MBOK EM - CHILLE DUCK 69
pendapat saya sich banyak ruginya
mesin jadi cepet panas karena sistem pendinginannya
tdk sempurna.lama 2x mesin bisa jebol
kalau untungnya saya tdk ada komentar
mesin jadi cepet panas karena sistem pendinginannya
tdk sempurna.lama 2x mesin bisa jebol
kalau untungnya saya tdk ada komentar
dsfhsndfmgmn,mnb,mnxcv,mbnmndjkyuiydfpahjkxczjkhzxcjkbvmbxczjkvjkcxbvmnirsytuoyklafaewwjklej687089w2klnmndsmvnm2iod,mnvdsnfm,nsdmngmsdfngmfdy7uiojkdnmbmncbnvmb
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 570
- Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
- Location: 600km away
Thermostat sendiri letaknya di pangkal slang radiator atas yg nyambung ke mesin. apakah alat tsb ada atau tidak, berfungsi baik atau tidak.
Kalau alat tsb tidak ada, maka hrs pasang. Alat tsb fungsinya utk sbg kran air radiator, memisahkan air yg panas dan yg dingin.
Fungsinya untuk menstabilkan temperatur mobil
Cara kerjanya : Pada saat mesin dalam kondisi dingin (baru dihidupkan) thermostat akan menutup, sehingga air radiator tisak akan bersirkulasi melalui kisi-kisi radiator, tetapi langsung melalui slang bypass, sehingga mesin dengan cepat mencapai suhu kerja yg ideal, kurang lebih 80-90 derajat celcius.
Ketika mesin mencapai suhu tsb, thermostat akan mulai membuka, air bersirkulasi melalui kisi-kisi radiator secara normal. ketika mobil jalan dan berkecepatan cukup tinggi (80km/jam) maka hembusan angin dari depan cukup kencang, mesin mjd dingin, maka thermostat akan menutup 1/2 untuk menjaga suhu kerja tadi. Pada saat macet, thermostat akan memisahkan air panas dan air yg sudah didinginkan di radiator, air panas masuk ke radiator utk didinginkan, air dingin masuk ke mesin, jadi engga campur aduk air panas dan air dingin.
ini sudah terbukti pada katana saya, sejak pakai termostat, suhu mesin stabil di 1/4, mau mobilnya digeber, macet, sampai kemarin saat hujan gede, yg biasanya suhu mobil turun mendekati C, yg punya saya masih stabil di 1/4. Ini jelas sangat menguntungkan, biasanya kalo suhu mendekati C mobil akan mjd bergetar karena putaran mesin (langsam) menjadi turun dan mobil pun mjd boros BBM, tetapi dgn pake thermostat, suhu mobil stabil, tidak akan turun dari 1/4 (jadi mobil engga akan bergetar kalo cuaca di luar dingin/hujan) mobil juga engga akan overheat kalo jalanan macet. Kalo macet + pake AC suhu akan naik, tapi paling tinggi samapi 1/2, dan itu masih normal. Kalo engga pake AC suhunya tetep stabil di 1/4.
Udah panjang .. udah cukup
Kalau alat tsb tidak ada, maka hrs pasang. Alat tsb fungsinya utk sbg kran air radiator, memisahkan air yg panas dan yg dingin.
Fungsinya untuk menstabilkan temperatur mobil
Cara kerjanya : Pada saat mesin dalam kondisi dingin (baru dihidupkan) thermostat akan menutup, sehingga air radiator tisak akan bersirkulasi melalui kisi-kisi radiator, tetapi langsung melalui slang bypass, sehingga mesin dengan cepat mencapai suhu kerja yg ideal, kurang lebih 80-90 derajat celcius.
Ketika mesin mencapai suhu tsb, thermostat akan mulai membuka, air bersirkulasi melalui kisi-kisi radiator secara normal. ketika mobil jalan dan berkecepatan cukup tinggi (80km/jam) maka hembusan angin dari depan cukup kencang, mesin mjd dingin, maka thermostat akan menutup 1/2 untuk menjaga suhu kerja tadi. Pada saat macet, thermostat akan memisahkan air panas dan air yg sudah didinginkan di radiator, air panas masuk ke radiator utk didinginkan, air dingin masuk ke mesin, jadi engga campur aduk air panas dan air dingin.
ini sudah terbukti pada katana saya, sejak pakai termostat, suhu mesin stabil di 1/4, mau mobilnya digeber, macet, sampai kemarin saat hujan gede, yg biasanya suhu mobil turun mendekati C, yg punya saya masih stabil di 1/4. Ini jelas sangat menguntungkan, biasanya kalo suhu mendekati C mobil akan mjd bergetar karena putaran mesin (langsam) menjadi turun dan mobil pun mjd boros BBM, tetapi dgn pake thermostat, suhu mobil stabil, tidak akan turun dari 1/4 (jadi mobil engga akan bergetar kalo cuaca di luar dingin/hujan) mobil juga engga akan overheat kalo jalanan macet. Kalo macet + pake AC suhu akan naik, tapi paling tinggi samapi 1/2, dan itu masih normal. Kalo engga pake AC suhunya tetep stabil di 1/4.
Udah panjang .. udah cukup

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Sat Sep 27, 2003 3:36
- Location: MBOK EM - CHILLE DUCK 69
untungnya sih nggak perlu ngeluarin duit buat beli termostat.
kalau mau buat balapan mobilnya diangkut pakai truk, biar mesinnya nggak panas.


dsfhsndfmgmn,mnb,mnxcv,mbnmndjkyuiydfpahjkxczjkhzxcjkbvmbxczjkvjkcxbvmnirsytuoyklafaewwjklej687089w2klnmndsmvnm2iod,mnvdsnfm,nsdmngmsdfngmfdy7uiojkdnmbmncbnvmb
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 211
- Joined: Wed Oct 09, 2002 4:22
- Location: Surabaya
Kalo dicepot mungkin bisa mengurangi beban berat mobil, so mobil bisa lebih cepat melaju...Landie wrote:Lha, memangnya kalo dicopot bisa nambah kecepatan atau ada untungnya buat mobil drag? Gimana kalo jarak rumah jauh dari arena drag? Kan dipakenya lumayan lama![]()
![]()
Kalo soal jauh dari arena, mungkin bisa diangkut dulu kali ya dengan mobil lain sampek arena..

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Thu Aug 28, 2003 7:51
- Location: Depan Karfur MT
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Tue Sep 10, 2002 1:57
- Location: Jakarta/Bandung
Untuk mobil eropa kaya fiat banyak yg bilang supaya dicopot karena thermostatnya ga cocok ama iklim tropis.
Untuk mobil drag karena mesinnya modif mungkin panas yg dihasilkan lebih banyak daripada yg dilepas radiator, so its not useful to use thermostat. Selain itu setingan mesin berubah dan suhu optimal kerja mesin pun berubah sehingga spek thermostat standard pun gak cocok lagi.
Untuk mobil drag karena mesinnya modif mungkin panas yg dihasilkan lebih banyak daripada yg dilepas radiator, so its not useful to use thermostat. Selain itu setingan mesin berubah dan suhu optimal kerja mesin pun berubah sehingga spek thermostat standard pun gak cocok lagi.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 211
- Joined: Wed Oct 09, 2002 4:22
- Location: Surabaya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
- Location: Anywhere in front of you
my opinion,
thermostat sebenarnya berfungsi bukan untuk memisahkan air panas atau air dingin dalam sirkulasi air di mobil, fungsinya adalah menutup atau membuka saluran air untuk didinginkan dari mesin ke arah radiator, jadi pada saat mesin dingin (dibawah 70-80 deajat C) thermostat akan tertutup, shingga sirkulasi air juga tidak akan berputar dan mesin akan menjadi panas sesuai dengan temperatur idealnya, pada saat suhu mencapai diatas 80 tsb, termostat akan mulai membuka dan air mulai bersirkulasi di radiator untuk didinginkan.
jadi menjawab pertanyaannya untung /rugi dicopot, tergantung kondisi kendaraannya sendiri, apabila memang suhu kendaraannya cenderung tinggi (setengah pada bacaan temperatur gauge) lebih baik dilepas, karena flow dari ari ke radiator tdk mengalami hambatan (kondisi thermostat terbuka penuh ari yg lewat masih tertahan 50%-70%), sehingga kalo dilepas air akan bersirkulasi ke radiator utk didinginkan lebih cepat.
Ruginya adalah apabila deielpas kita sedang dalam perjalanan keluar kota, let say ke puncak, karena tdk ada air yg tertahan dan terus didinginkan dimana suhu udara di puncak/daerah dingin rendah maka air diradiator akan cepat menjadi dingin shg suhu mesin akan otomatis menjadi dingin yg membuat mesin bekerja dibawah suhu optimalnya, jadi mesin akan sedikit tdk bertenaga.
That's my opinion
thermostat sebenarnya berfungsi bukan untuk memisahkan air panas atau air dingin dalam sirkulasi air di mobil, fungsinya adalah menutup atau membuka saluran air untuk didinginkan dari mesin ke arah radiator, jadi pada saat mesin dingin (dibawah 70-80 deajat C) thermostat akan tertutup, shingga sirkulasi air juga tidak akan berputar dan mesin akan menjadi panas sesuai dengan temperatur idealnya, pada saat suhu mencapai diatas 80 tsb, termostat akan mulai membuka dan air mulai bersirkulasi di radiator untuk didinginkan.
jadi menjawab pertanyaannya untung /rugi dicopot, tergantung kondisi kendaraannya sendiri, apabila memang suhu kendaraannya cenderung tinggi (setengah pada bacaan temperatur gauge) lebih baik dilepas, karena flow dari ari ke radiator tdk mengalami hambatan (kondisi thermostat terbuka penuh ari yg lewat masih tertahan 50%-70%), sehingga kalo dilepas air akan bersirkulasi ke radiator utk didinginkan lebih cepat.
Ruginya adalah apabila deielpas kita sedang dalam perjalanan keluar kota, let say ke puncak, karena tdk ada air yg tertahan dan terus didinginkan dimana suhu udara di puncak/daerah dingin rendah maka air diradiator akan cepat menjadi dingin shg suhu mesin akan otomatis menjadi dingin yg membuat mesin bekerja dibawah suhu optimalnya, jadi mesin akan sedikit tdk bertenaga.
That's my opinion
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Kalu utk balapan, biar cuman 1 gram pun kalu bisa diilangin pasti dibuang. Apalagi sampe 100 gram.boplang wrote:Cuman segenggam, beratnya nggak lebih dari 100 gram ( 0,1 kg ) ......... kayaknya nggak ngepek .whitewolf wrote:Kalo dicepot mungkin bisa mengurangi beban berat mobil, so mobil bisa lebih cepat melaju...
Mungkin kalu perlu pembalapnya mandi yg bersih, biar daki-dakinya bisa dihilangin. Berat-beratin ajah....



- oot dikit bolee dunk.... -
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Thu Aug 28, 2003 7:51
- Location: Depan Karfur MT
huakakakakaka ......... tul sir, pegimane klo pembalapnya nggak usah pake baju ... bisa ngentengin 10 kg, pan jaraknya pendek ( drag ) kagak bakalan masuk angin, cukup pake CD & Helm ajah ............ ntar klo ada balapan drag ada yg nggak pake baju pasti bung anjas .......... hehehehehe
kumpul ora kumpul ... seng penting mangan ben ora kaliren
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Wed Jan 19, 2011 21:43
- Location: Samarinda - Kaltim
Re: Untung Rugi mencopot Termostat - what's u'r opinion ?
ngikut yang standar aja Oom....
bisa awet sampe kaki nini ( lho .. )
bisa awet sampe kaki nini ( lho .. )
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Untung Rugi mencopot Termostat - what's u'r opinion ?
Kalau Lotus Elise yang pakai mesin Rover seri K, ada kesalahan design di posisi termostat, yang mana bila termostat itu tidak dicopot, bisa menyebabkan head gasketnya rusak.
Ready to Race
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Untung Rugi mencopot Termostat - what's u'r opinion ?
kalo menurut ane sih gk terlalu signifikan perbedaan pake thermostst atu kgk ya.
di panther ane gk pake thermostat, mau macet kyk apapun juga temp stabil only, gk pernah naik dari setengah
di panther ane gk pake thermostat, mau macet kyk apapun juga temp stabil only, gk pernah naik dari setengah
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Tue Nov 28, 2006 8:20
Re: Untung Rugi mencopot Termostat - what's u'r opinion ?
Rugi doang bro, gak ada untung.
Kerasa banget pas panas2 ngebut di toll cikampek - pondok labu, pake visco fan lagi, karena kenceng terus, collant muter terus, nggak ada yang ditahan di radiator untuk didinginin dulu, visco fan juga nggak mau muter maksimal karena hembusan angin dari depan ngedinginin oli di visco. Hasilnya? Hampir overheat di depan citos, hahaha....
Besoknya langsung pasang lagi tuh termostat dan sekarang indikator tempetarur stabil di posisis normal, plus lebih irit
Kerasa banget pas panas2 ngebut di toll cikampek - pondok labu, pake visco fan lagi, karena kenceng terus, collant muter terus, nggak ada yang ditahan di radiator untuk didinginin dulu, visco fan juga nggak mau muter maksimal karena hembusan angin dari depan ngedinginin oli di visco. Hasilnya? Hampir overheat di depan citos, hahaha....
Besoknya langsung pasang lagi tuh termostat dan sekarang indikator tempetarur stabil di posisis normal, plus lebih irit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: Thu Feb 03, 2011 7:01
Re: Untung Rugi mencopot Termostat - what's u'r opinion ?
Thermostat dicopot artinya sirkulasi air yg mendinginkan mesin sdh tdk ada yg membendung lg.krn thermostat akan buka tutup secara mekanis saat pasokan air dibutuhkan. Efek jangka pendek adalah penumpukan kerak air/sedimen yg terbentuk akibat (uap)air(panas)menempel pd dinding media penyalur(alumunium).karena sifat alumunium yg tahan korosi maka saat sedimen itu masuk dlm partikel alumunium akan menyebabkan bagian yang terhambat menjadi PATAH/hancur a.l waterpump ataupun leher radiator. Penjelasan ini berlaku untuk pemakaian kend di daerah tropis dan iklim kontinental
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Untung Rugi mencopot Termostat - what's u'r opinion ?
Mohon maaf sebelumnya bila ada yang tersinggung, IMO orang yang mencopot thermostat itu merasa lebih pandai daripada insinyur yang merancang mesin itu sendiri.


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Untung Rugi mencopot Termostat - what's u'r opinion ?
Menurut opini nubie...lbh banyak rugi dibanding untung....palagi mesin diesel jadul mcm contoh nya
toyota 2L....cmiiw
toyota 2L....cmiiw
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Tue Mar 26, 2013 4:56
Re: Untung Rugi mencopot Termostat - what's u'r opinion ?
Setuju kalo thermostat itu penting, tapi menambahkan keterangan bro patra>rpatrayudha wrote: Tue Feb 01, 2011 14:27 Rugi doang bro, gak ada untung.
Kerasa banget pas panas2 ngebut di toll cikampek - pondok labu, pake visco fan lagi, karena kenceng terus, collant muter terus, nggak ada yang ditahan di radiator untuk didinginin dulu, visco fan juga nggak mau muter maksimal karena hembusan angin dari depan ngedinginin oli di visco. Hasilnya? Hampir overheat di depan citos, hahaha....
Besoknya langsung pasang lagi tuh termostat dan sekarang indikator tempetarur stabil di posisis normal, plus lebih irit
Dari:
https://otomotrip.com/akibat-melepas-th ... mobil.html
Intinya:
"..... jika thermo dilepas, air panas dari silinder head_yg lewat jalur by pass, yang akan lebih banyak diputar oleh water pump ketimbang air dari radiator yang sudah dingin (karena saluran bypass lebih dekat ke water pump) ... "
Ini terjadi di mobil kijang kapsul saya,
kalo rpm rendah dan jalan pelan, suhu mobil memang lebih dingin (drop), tidak mencapai suhu setengah pada indikator (suhu idealnya),
tapi kalo lagi ngebut di toll, suhu malah lebih panas,
walau tidak overheat dan masih di bawah suhu idealnya.