Di otomotif Kamis 30 Nov. kemarin ada artikel ttg Tuning Throttle Position
Sensor Innova.
Kebetulan yg jadi object di sana adalah Ipah D4 D sang pemilik bengkel.
Bagian inlet bore dari Throttle Body dihaluskan sedikit, lalu posisi
TPS (Throttle Pos. Sensor) di tuning sedikit (di dial mundur sedikit tepatnya)
3 Innova D4 D dan satu Ipah 2.0 VVT-i sudah menjalani "operasi" kecil
ini.
3 Innova D4 D dilaporkan mengalami improvement cukup significant baik
dr segi performa maupun kons. BBM, sedang utk yg VVT-i mengalami
improvement di RPM menengah (report lengkap menyusul)
Salah satu Ipah D4 D V A/T milik rekan di jalan tol mencapai 160 km/jam dengan effortless dan kons. BBM improve 15%.
D4 D V A/T milik rekan saya yg lain mencatat perbaikan kons. BBM sebanyak 15% utk driving mode & kondisi jalan yg sama.
Hal ini tentu dapat berlaku utk semua jenis mesin Diesel Common Rail dengan sistem Throttle & Throttle Position Sensor. Biaya tuning juga sgt. murah.
Demikian sekilas report.
Tuning TPS (Throt. Pos. Sensor) Innova D4 D & Diesel CRD
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 21992
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1073
- Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
- Location: Jakarta
-
- SM Specialist
- Posts: 21992
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
-
- SM Specialist
- Posts: 21992
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Foto foto Tuning TPS & Poles Throttle Body
Foto foto Tuning TPS & Poles Throttle Body 2 KD-FTV Innova D4 D
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Bro Turbo, Sampe sekarang ini gimana performa D 4D nya..?
Saya penasaran sebab kemarin2 ada teman ngobrol di tempat cucian mobil yg mengeluarkan "teori" baru ttg discontinue nya Innova D 4D. Teorinya agak gelo tapi menarik jg.
Konon katenye sebenarnya D 4D itu tidak perlu discontinue, cuman perlu "perhatian" lebih dibanding mobil lain (baca Non CRD). Lg pula moso TAM yg udah berkarat di Indo nggak tau tingkat mutu solar di sini..? Mustahil mereka nggak mempertimbangkan itu sebelum produksi D 4D.
Tapiiii... Toyota itu perlu membuat shock terapi sama masyarakat Indo agar menjauhi CRD. Kenapa..? Karena sebenarnya mesin CRD itu justru kekuatan kompetitornya dan kelemahan Toyota. Peugeot, Nissan-Renault, VW dan Chevrolet itu udah punya mesin CRD kecil 1.5-2.0 yg handal yg jauh lebih bertenaga (tapi lebih irit BBM) dari mesin bensin yg kecil2 dari Toyota. Toyota sendiri belum punya mesin diesel kecil (itu salah satu alasan baru2 ini dia beli saham Isuzu).
Nggak usah ditanggapin terlalu serius, itu cuman obrolan sambil nunggu cucian kering... he..he..he...
Tapi gw pikir2 ada benarnya jg. Contohnya, Chevrolet mau masukin Chaptiva dan Optra dgn mesin diesel 2000cc tahun 2007 ini. Peugeot & VW, Nissan-Renault jg punya mesin kecil CRD 1500 cc. Mesin2 ini udah pasti lebih irit dari mesin 1500 cc nya Avanza/Xenia, tapi jauh lebih bertenaga.
Saya penasaran sebab kemarin2 ada teman ngobrol di tempat cucian mobil yg mengeluarkan "teori" baru ttg discontinue nya Innova D 4D. Teorinya agak gelo tapi menarik jg.
Konon katenye sebenarnya D 4D itu tidak perlu discontinue, cuman perlu "perhatian" lebih dibanding mobil lain (baca Non CRD). Lg pula moso TAM yg udah berkarat di Indo nggak tau tingkat mutu solar di sini..? Mustahil mereka nggak mempertimbangkan itu sebelum produksi D 4D.
Tapiiii... Toyota itu perlu membuat shock terapi sama masyarakat Indo agar menjauhi CRD. Kenapa..? Karena sebenarnya mesin CRD itu justru kekuatan kompetitornya dan kelemahan Toyota. Peugeot, Nissan-Renault, VW dan Chevrolet itu udah punya mesin CRD kecil 1.5-2.0 yg handal yg jauh lebih bertenaga (tapi lebih irit BBM) dari mesin bensin yg kecil2 dari Toyota. Toyota sendiri belum punya mesin diesel kecil (itu salah satu alasan baru2 ini dia beli saham Isuzu).
Nggak usah ditanggapin terlalu serius, itu cuman obrolan sambil nunggu cucian kering... he..he..he...
Tapi gw pikir2 ada benarnya jg. Contohnya, Chevrolet mau masukin Chaptiva dan Optra dgn mesin diesel 2000cc tahun 2007 ini. Peugeot & VW, Nissan-Renault jg punya mesin kecil CRD 1500 cc. Mesin2 ini udah pasti lebih irit dari mesin 1500 cc nya Avanza/Xenia, tapi jauh lebih bertenaga.
-
- SM Specialist
- Posts: 21992
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Hheheheh......
TMC itu udah invest gede bgt buat pabrik mesin gasoline di Karawang, sedangkan pabrik mesin Diesel mereka di Thailand ampe empot empotan negalayanin permintaan pasar.
Tahu sendiri khan gimana trend skg utk mobil2 gasoline yg ber cc gede, terutama di atas 2000 cc.
Kalo trend Diesel merebak dgn cepat di Indonesia yah u know lah apa yg yg akan terjadi dgn mereka.........
Tapi info lain yg saya dengar bahwa Ipah D4 D akan re launch kembali Agustus '07, juga Fortuner rencananya akan keluar versi D4 D nya baik yg 2.5 maupun yg 3.0. Let's see.........
Sekedar opini pribadi & mohon maap jika ada yg kurang berkenan
TMC itu udah invest gede bgt buat pabrik mesin gasoline di Karawang, sedangkan pabrik mesin Diesel mereka di Thailand ampe empot empotan negalayanin permintaan pasar.
Tahu sendiri khan gimana trend skg utk mobil2 gasoline yg ber cc gede, terutama di atas 2000 cc.
Kalo trend Diesel merebak dgn cepat di Indonesia yah u know lah apa yg yg akan terjadi dgn mereka.........
Tapi info lain yg saya dengar bahwa Ipah D4 D akan re launch kembali Agustus '07, juga Fortuner rencananya akan keluar versi D4 D nya baik yg 2.5 maupun yg 3.0. Let's see.........
Sekedar opini pribadi & mohon maap jika ada yg kurang berkenan
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Kalo mo relauch lg, berarti ada benernya jg ya bahwa solar biasa itu sebenarnya nggak terlalu berbahaya buat mesin CRD.
Kemarin itu ketemunya ama penunggang ipah D4D jg. Begitu duduk dekat gw, langsung gw skak dgn pertanyaan " Pak, pernah mogok nggak kalo minum solar biasa..?"
woww.. langsung dia stel volume tinggi. "Jangan kan mogok. Brebet aja nggak pernah ...! " .
Kemarin itu ketemunya ama penunggang ipah D4D jg. Begitu duduk dekat gw, langsung gw skak dgn pertanyaan " Pak, pernah mogok nggak kalo minum solar biasa..?"
woww.. langsung dia stel volume tinggi. "Jangan kan mogok. Brebet aja nggak pernah ...! " .
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 80
- Joined: Thu Mar 27, 2008 5:24
Re: Tuning TPS (Throt. Pos. Sensor) Innova D4 D & Diesel CRD
di Bandung ada yg bisa ga ya?