suzuki spin atau kymco free LX
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 25
- Joined: Wed Nov 22, 2006 11:22
suzuki spin atau kymco free LX
hi guys
setelah lama mengamati akhirnya saya bertekat untuk membeli motor skutik untuk keperluan sehari hari. Dari semua skutik yang ada saat ini saya mencoret Yamaha Mio/Nuovo dan Honda Vario, karena masalah selera. Saat ini yang ada di pikiran saya tinggal Suzuki Spin dan Kymco Free LX. Saya sendiri sudah test drive keduanya di dealer deket rumah, dan hasilnay tidak jauh berbeda. kesimpulannya makin susah bagi saya untuk menentukan yang mana yang akan saya pilih.
Saya nanti bakal ambil warna Pink, untuk Kymco harganya 10.2
sedangkan Suzuki 10.6. Berikut pertimbangan untung rugi nya buat saya
Kymco
+ bagasi besar (nilai plus plus banget deh)
+ kunci yang multifungsi dan tempat masukin bensin di depan (canggih bener)
+ tangki 5 liter
+ harga lebih murah dikit
- ragu akan part dan bengkelnya, walaupun ada belum tentu berpengalaman seperti suzuki
Suzuki
+ 125 cc
+ nama besar Suzuki
+ tampilan simple
- motor agak kurang tinggi, kelihatannya beda sedikit dari Mio
- bagasi super imut (dibandingkan kymco)
- tangki 3.7 liter
- harga lebih mahal dikit
nah mungkin ada pertimbangan lain yang harus saya perhatikan,m atau kemungkinan saya lupa ?
kalau anda jadi saya, mana yang anda pilih diantara dua ini ....
thanks ...
setelah lama mengamati akhirnya saya bertekat untuk membeli motor skutik untuk keperluan sehari hari. Dari semua skutik yang ada saat ini saya mencoret Yamaha Mio/Nuovo dan Honda Vario, karena masalah selera. Saat ini yang ada di pikiran saya tinggal Suzuki Spin dan Kymco Free LX. Saya sendiri sudah test drive keduanya di dealer deket rumah, dan hasilnay tidak jauh berbeda. kesimpulannya makin susah bagi saya untuk menentukan yang mana yang akan saya pilih.
Saya nanti bakal ambil warna Pink, untuk Kymco harganya 10.2
sedangkan Suzuki 10.6. Berikut pertimbangan untung rugi nya buat saya
Kymco
+ bagasi besar (nilai plus plus banget deh)
+ kunci yang multifungsi dan tempat masukin bensin di depan (canggih bener)
+ tangki 5 liter
+ harga lebih murah dikit
- ragu akan part dan bengkelnya, walaupun ada belum tentu berpengalaman seperti suzuki
Suzuki
+ 125 cc
+ nama besar Suzuki
+ tampilan simple
- motor agak kurang tinggi, kelihatannya beda sedikit dari Mio
- bagasi super imut (dibandingkan kymco)
- tangki 3.7 liter
- harga lebih mahal dikit
nah mungkin ada pertimbangan lain yang harus saya perhatikan,m atau kemungkinan saya lupa ?
kalau anda jadi saya, mana yang anda pilih diantara dua ini ....
thanks ...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Mon Aug 22, 2005 15:10
- Location: Jakarta
kalo gw sih lebih milih Kymco, soalnya sesuai dengan kebutuhan. lagi pula jenis skutik dipilih karena ke-praktisan-nya, dan fitur bagasi dan penigisian bensin didepan. serta berbagai kemudahan lainnya. soal spare part mudah dicari coba hitung dari pada beli spin yang lebih mahal 400Rb lebih baik kymco dengan catatan beli spare part fast movingnya sekalian dengan motornya.
400Rb pasti dapatnya lumayan lengkap deh.. dari busi, saringan udara, kampas rem depan belakang. beserta oli mesin segala. itu cukup untuk 1.5 tahun pertama.
400Rb pasti dapatnya lumayan lengkap deh.. dari busi, saringan udara, kampas rem depan belakang. beserta oli mesin segala. itu cukup untuk 1.5 tahun pertama.
no one's perfect
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 443
- Joined: Sat May 20, 2006 8:47
- Location: Sondy Raya, But now Jakarta barat
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 78
- Joined: Tue Nov 29, 2005 9:14
- Location: Pasar Rebo, Jak-Tim
Menurut data di motorplus untuk pemakaian normal (narik gasnya ngurut) suzuki spin lebih irit dibandingkan kymco free LX tp kalo pemakaiannya cepat (narik gasnya nafsu) kymco lebih irit dari suzuki spin dan honda vario yg lebih irit dari spin!
Yaa.... kembali lg sesuaikan dengan kebutuhan! yaa ngga Bro su_minson....
Kalo mau kenceng yaa spin tul ngga bro ahardo....
Yaa.... kembali lg sesuaikan dengan kebutuhan! yaa ngga Bro su_minson....
Kalo mau kenceng yaa spin tul ngga bro ahardo....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 986
- Joined: Wed Feb 23, 2005 5:24
utk matic, kymco udah jauh lebih pengalaman dari kompetitor lain. pengalaman pake matik, dia konsumsi aga boros tuh, makanya sering ke pom. alasannya krn kapasitas bensin yg sedikit. free udah kasih solusi dgn tangki lebih banyak. kalo masalah tarikan, ga jauh beda toh? utk design dia kan barusan menang kategori disain terbaik kategori matik, so free pilihan bagus...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
- Location: JAKARTA
selera-nya aneh dong he....he...he.... 
klo menurut gw spin adalah bebek matic terboros dengan bentuk body ter-aneh, kymco nice lah tapi spare partnya broooo susah+mahal, mending ambil keluaran honda atawa yamaha ngga nyesel deh.

klo menurut gw spin adalah bebek matic terboros dengan bentuk body ter-aneh, kymco nice lah tapi spare partnya broooo susah+mahal, mending ambil keluaran honda atawa yamaha ngga nyesel deh.
GW PUNYA HOBI OTOMOTIF, YA SAPA TAU KETEMU YG HOBI JG JD BISA TUKER PENDAPAT DALAM MODIFIKASI
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 371
- Joined: Thu Oct 03, 2002 2:55
gw tambahin plus dan minusnya kymco free lx:
1. motor baru jalan di rrm 4000-an, keuntungan di jalanan menanjak dari posisi diam gampang melesat kerugian kurang gesit.
2. Ban udah tubeless cuman ring 12 (masih mending drpd yg ring 10 seeh) kl nemu poldur yg semena-mena tidak sesuai peraturan yah mentok deh.
3. Jadi seleb mendadak gara2 banyak yg liatin soale jarang tuh.
4. aki-nya downgrade euy jadi aki basah
1. motor baru jalan di rrm 4000-an, keuntungan di jalanan menanjak dari posisi diam gampang melesat kerugian kurang gesit.
2. Ban udah tubeless cuman ring 12 (masih mending drpd yg ring 10 seeh) kl nemu poldur yg semena-mena tidak sesuai peraturan yah mentok deh.
3. Jadi seleb mendadak gara2 banyak yg liatin soale jarang tuh.
4. aki-nya downgrade euy jadi aki basah
Warte nur Balde
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 25
- Joined: Wed Nov 22, 2006 11:22
bener pertimbangan yang sangat tepat, dan memang beli skutik bukan buat ngebut, tapi yah jangan yang lelet juga kalo nyelip nyelipsu_minson wrote:kalo gw sih lebih milih Kymco, soalnya sesuai dengan kebutuhan. lagi pula jenis skutik dipilih karena ke-praktisan-nya, dan fitur bagasi dan penigisian bensin didepan. serta berbagai kemudahan lainnya. soal spare part mudah dicari coba hitung dari pada beli spin yang lebih mahal 400Rb lebih baik kymco dengan catatan beli spare part fast movingnya sekalian dengan motornya.
400Rb pasti dapatnya lumayan lengkap deh.. dari busi, saringan udara, kampas rem depan belakang. beserta oli mesin segala. itu cukup untuk 1.5 tahun pertama.
thank you banget atas opinininya, so wise ..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 25
- Joined: Wed Nov 22, 2006 11:22
spin dari bodynya dan hentakan gasnya memang kelihatan lebih spontan dari kymco, ini faktor plusnya spin ...ahardo wrote:spin is good for u boss.... heheh, selain irit, tarikan handal, dan yng pasti gesit di jalan macet, percaya deh ama ogudklo gw sih cari yang gesti irit, bukan soal bagasi dan tangki bensin
thanks atas opininya ...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 25
- Joined: Wed Nov 22, 2006 11:22
emang selera gue aneh, orang pada ngantri ngantri mio dan vario, gue malah emoh. mio sih utamanya karena dimensinya yang sangat kecil (atau kelihatan sangat kecil) sedangkan vario terlalu sporty/kompleks, gue suka yang sederhana aja. untuk spin gue juga sukanya cuman satu warna, yaitu warna gutzy orange, yang selain itu warnanya kurang cocok dengan tampilan motornya yang kalem.dado wrote:selera-nya aneh dong he....he...he....
klo menurut gw spin adalah bebek matic terboros dengan bentuk body ter-aneh, kymco nice lah tapi spare partnya broooo susah+mahal, mending ambil keluaran honda atawa yamaha ngga nyesel deh.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 25
- Joined: Wed Nov 22, 2006 11:22
cobga dua duanya samaq halusnya sih, cuman kymco halus banget mesinnya ... gak ad agetaran sama sekali pas mengendarainya, kalau suara ngiik, gak pernah denger sih gue, lagian ini pengalaman pertama gue naik skutik ..uch wrote:Mana yg lebih halus pertukaran gigi nya..?
Terus 1 lagi nih, dari segi suara mesin mana yg enak/halus suaranya. Kalo denger beberapa skutik lewat, suaranya kagak enak banget, kayak melengking "nggiiikkk" .
pengenbeliskutikjuga
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 25
- Joined: Wed Nov 22, 2006 11:22
wah thanks infonya, ini menangnya di lomba disain terbaik matik itu ada dimana yah ? ..azizdth wrote:utk matic, kymco udah jauh lebih pengalaman dari kompetitor lain. pengalaman pake matik, dia konsumsi aga boros tuh, makanya sering ke pom. alasannya krn kapasitas bensin yg sedikit. free udah kasih solusi dgn tangki lebih banyak. kalo masalah tarikan, ga jauh beda toh? utk design dia kan barusan menang kategori disain terbaik kategori matik, so free pilihan bagus...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 25
- Joined: Wed Nov 22, 2006 11:22
wah tinggi juga yah, jalan di rpm 4000atjep wrote:gw tambahin plus dan minusnya kymco free lx:
1. motor baru jalan di rrm 4000-an, keuntungan di jalanan menanjak dari posisi diam gampang melesat kerugian kurang gesit.
2. Ban udah tubeless cuman ring 12 (masih mending drpd yg ring 10 seeh) kl nemu poldur yg semena-mena tidak sesuai peraturan yah mentok deh.
3. Jadi seleb mendadak gara2 banyak yg liatin soale jarang tuh.
4. aki-nya downgrade euy jadi aki basah
kira kira bisa distel jalan untuk rpm lebih rendah lagi gak bro ...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Ini info akurat nggak ya..? Maksudnya ini defaultnya atau jgn2 yg ditest itu kymco rusak. Kalo baru jalan di RPM 4000, ntar kalo lari 50kmh rpm berapa tuh.. emang rpm nya maks/red nya sampe berapa..? Kalo sampe Rpm 20.000 asyik jg tuh... he..he..atjep wrote:gw tambahin plus dan minusnya kymco free lx:
1. motor baru jalan di rrm 4000-an, keuntungan di jalanan menanjak dari posisi diam gampang melesat kerugian kurang gesit.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 443
- Joined: Sat May 20, 2006 8:47
- Location: Sondy Raya, But now Jakarta barat
yap gw setuju banget sama lu bro.. hehehehehehamr_dhani wrote:Menurut data di motorplus untuk pemakaian normal (narik gasnya ngurut) suzuki spin lebih irit dibandingkan kymco free LX tp kalo pemakaiannya cepat (narik gasnya nafsu) kymco lebih irit dari suzuki spin dan honda vario yg lebih irit dari spin!
Yaa.... kembali lg sesuaikan dengan kebutuhan! yaa ngga Bro su_minson....
Kalo mau kenceng yaa spin tul ngga bro ahardo....
Turbo Hayabusa


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 371
- Joined: Thu Oct 03, 2002 2:55
hmm data gw dapet dari milisnya Kymco cek langsung ke Om moderatornya ajah atau langsung ke mekanik kymcouch wrote:Ini info akurat nggak ya..? Maksudnya ini defaultnya atau jgn2 yg ditest itu kymco rusak. Kalo baru jalan di RPM 4000, ntar kalo lari 50kmh rpm berapa tuh.. emang rpm nya maks/red nya sampe berapa..? Kalo sampe Rpm 20.000 asyik jg tuh... he..he..atjep wrote:gw tambahin plus dan minusnya kymco free lx:
1. motor baru jalan di rrm 4000-an, keuntungan di jalanan menanjak dari posisi diam gampang melesat kerugian kurang gesit.

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 371
- Joined: Thu Oct 03, 2002 2:55
kebetulan kemarin Bro Andri di milis Kymco ngebahas hal tsb nih gw copy paste ajah yah (thanks to Bro Andri a.k.a ai_zeus):AndryA wrote:
wah tinggi juga yah, jalan di rpm 4000
kira kira bisa distel jalan untuk rpm lebih rendah lagi gak bro ...
Saya akan coba jawab (khusus untuk LX)
Pertanyaan 1:
-------------
Scooter Kymco dirancang untuk mulai bergerak pada 4000 RPM. Apabila anda ingin menurunkan ke angka lebih rendah, maka anda wajib memodifikasi kopling scooter anda. Untuk itu berarti anda harus masuk ke dunia lain, yaitu "Tuning"
Saran saya gunakan Clutch Spring (pegas kopling) lebih lemas dari aslinya, agar mempercepat Clutch menekan Clutch Bell (rumah kopling). Bisa menggunakan clutch spring Easy. Green EX saya pasang clutch spring 1000 RPM, sehingga kira2 2000 RPM motor sudah bergerak.
Pertanyaan 2:
-------------
Bisa dijelaskan gejala-nya seperti apa pada waktu menyalakan mesin?
Apakah dinamo starter berbunyi atau tidak? Atau nyala tapi setelah itu mati kembali? Atau hal lainnya?
Pertanyaan 3:
-------------
Roller ringan = mempercepat akselerasi, top speed kurang
Roller berat = akselerasi agak, top speed bagus
Gunakan petunjuk ini sebagai pedoman. Masing-masing rider berbeda
karakter pembawaannya.
- Ada yang lebih prefer menggunakan 8g seluruhnya karena akselerasi lebih cepat.
- Ada yang lebih prefer menggunakan 10g seluruhnya karena top speed bagus
- Ada yang menggunakan kombinasi 8g + 10g, karena ingin mendapatkan
akselerasi bagus dan top speed
- Ada yang menggunakan kombinasi 6g + 10g, seperti opa Albert
- etc
Khusus untuk hal ini, anda mesti uji coba sendiri. Roller juga
dipengaruhi kondisi jalan dan riding style.
- Jika jalur yang anda lalui sering macet, maka roller ringan adalah solusinya.
- Jika jalur yang anda lalui selalu kosong dan jalanan lebar, maka anda
pasti akan lebih prefer menggunakan roller lebih berat.
Green EX saya menggunakan kombinasi 8g + 11g, sebelumnya pakai kombinasi aneh-aneh. Tapi menurut saya kombinasi ini adalah yang
paling cocok dengan riding style saya.
-- ai_zeus --
Beat on Dream
http://andri-f.blogspot.com
Green Free Ex B-6299-BIC
novi_sudarijanto wrote:
> Pak moderator atau rekan2 sekalian saya mau minta
pendapat untuk free
> lX-ku;
>
> 1. Gimana caranya supaya saat gas diplintir roda
langsung berputar/
> bergerak? (seiring kenaikan rpm mesin motor langsung
bergerak tanpa
> ada jeda menaikan rpm dulu.)
> 2. Kalau pagi kenapa susah di hidupkan? (3-4 kali
tekan start baru
> hidup)
> 3. Berapa gram kombinasi roller untuk Free LX yang
cocok biar respon
> lebih cepat? Apa ada perlu ada yang diganti selain
roller?
>
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 371
- Joined: Thu Oct 03, 2002 2:55
AndryA wrote:wah thanks infonya, ini menangnya di lomba disain terbaik matik itu ada dimana yah ? ..azizdth wrote:utk matic, kymco udah jauh lebih pengalaman dari kompetitor lain. pengalaman pake matik, dia konsumsi aga boros tuh, makanya sering ke pom. alasannya krn kapasitas bensin yg sedikit. free udah kasih solusi dgn tangki lebih banyak. kalo masalah tarikan, ga jauh beda toh? utk design dia kan barusan menang kategori disain terbaik kategori matik, so free pilihan bagus...
Kl ga salah di JMS 2006 kemarin oleh FORWOT (forum (?) wartawan otomotif) CMIIW.
ternyata salah hehehe yg bener menurut M+
http://www.motorplus-online.com/articles.asp?id=9376
PEMENANG MOTOR PLUS AWARD 2006
Desain Terbaik
Bebek 100-110 cc Suzuki New Smash
Bebek 125 cc Honda Supra X 125
Bebek 130-135 cc Yamaha Jupiter MX 135LC
Sport 200-250 cc Yamaha Scorpio-Z
Skubek 110-125 cc Kymco Free LX
Teknologi Terbaik
Bebek 100-110 cc Suzuki New Smash
Bebek 125 cc Honda Supra X 125
Bebek 130-135 cc Yamaha Jupiter MX 135LC
Sport 200-250 cc Yamaha Scorpio-Z
Skubek 110-125 cc Honda Vario
Ramah Lingkungan
Bebek 100-110 cc Yamaha New Vega R
Bebek 125 cc Kawasaki Kaze 125
Bebek 130-135 cc Yamaha Jupiter MX 135LC
Sport 200-250 cc Yamaha Scorpio-Z
Skubek 110-125 cc Honda Vario
The Best Value
Bebek 100-110 cc Yamaha New Vega R
Bebek 125 cc Honda Supra X 125
Bebek 130-135 cc Yamaha Jupiter MX 135LC
Sport 200-250 cc Yamaha Scorpio-Z
Skubek 110-125 cc Yamaha Mio
Bike Of The Year
Yamaha Jupiter MX 135LC
Last edited by atjep on Fri Nov 24, 2006 9:50, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
- Location: JAKARTA
ehhhmmm kymco yah, beberapa bulan sih ngga kerasa nyusahinnya ntar klo udah pake sekitar 1 taonan, baru kerasa betapa menyusahkannya, soalnya yg udah2 temen2 gw pada punya pengalaman yg sama, trus klo keluar kymco model baru lg, onderdil yg lama langsung langka di pasaran+mahal, dijual harganya ancur2an.
GW PUNYA HOBI OTOMOTIF, YA SAPA TAU KETEMU YG HOBI JG JD BISA TUKER PENDAPAT DALAM MODIFIKASI
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 443
- Joined: Sat May 20, 2006 8:47
- Location: Sondy Raya, But now Jakarta barat
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 213
- Joined: Wed Oct 25, 2006 9:42
- Location: Surabaya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 443
- Joined: Sat May 20, 2006 8:47
- Location: Sondy Raya, But now Jakarta barat
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 371
- Joined: Thu Oct 03, 2002 2:55