Tanya engine brake
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 207
- Joined: Tue Nov 14, 2006 12:55
- Location: in front of my laptop
Tanya engine brake
bros, mau tanya neh, ada ga efek buruknya engine brake terutama di motor 4 tak thd mesin, soalnya daku sering banget neh pake EB, kl pake rem doank kaya kurang pd, kl pake remd epan n blkg+EB pada saat hampir bersamaan(rem duluan sih) lbh mantep gt, trus lbh enak masuk tikungannya soalnya giginya udah turun duluan, cuma gatau takutnya ada dampak buruk ama mesin kl engine brake. mohon petunjuknya bros
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 83
- Joined: Fri Jul 21, 2006 0:58
- Location: jakarta the polution city
Rusak???? gak juga yang pasti BOROS iya. wong EB itu menigkatkan compressi ketingkat yang tinggi untuk mengurangi deakselerasi sehingga mampu melambatkan motor. EB boleh tapi jangan sering2 bro takutnya piston gak kuat, jebol malah. selagi masih ada rem pake aja, inget motor buat harian bukan untuk balap jadi ya sayang kalo ampe rusak. 

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
- Location: JAKARTA
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 133
- Joined: Wed Nov 16, 2005 6:00
EB kadang bisa diibaratkan kita memaksa mesin.
yang semula rpm rendah langsung menjadi rpm tinggi
karena perubahan yang terlalu drastis, nggak seperti dari rpm rendah ke tinggi (ngegas) rada2 dinamis beraturan.
kalau EB kayaknya rpm mendadak berubah.
kemungkinan mesin rusak itu pasti ada.
yang semula rpm rendah langsung menjadi rpm tinggi
karena perubahan yang terlalu drastis, nggak seperti dari rpm rendah ke tinggi (ngegas) rada2 dinamis beraturan.
kalau EB kayaknya rpm mendadak berubah.
kemungkinan mesin rusak itu pasti ada.
-------------------------
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 85
- Joined: Sat Oct 07, 2006 9:19
- Location: jakbar
sama bro,gw juga kaya bro jadi kalo misal ada tikungan ya pertama rem dulu terus kalo udah deket tikungan gw lepas rem nya,n gw turunin gigi nya,kan jadi serem bunyinya (keren),terus abis tikungan gw tarik.gitu....
emang ga boleh ya bro???
emang ga boleh ya bro???
jaul parfum murah bermerek dengan kualitas yang bagus,bersegel,wangi sama,botol sama,bersegel dengan harga 30 ribu- 45 ribu
http://www.parfum-murah.blogspot.com
http://www.parfum-murah.blogspot.com
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 443
- Joined: Sat May 20, 2006 8:47
- Location: Sondy Raya, But now Jakarta barat
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Sun Nov 19, 2006 0:22
- Location: bintaro
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 443
- Joined: Sat May 20, 2006 8:47
- Location: Sondy Raya, But now Jakarta barat
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Sun Nov 19, 2006 0:22
- Location: bintaro
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 207
- Joined: Tue Nov 14, 2006 12:55
- Location: in front of my laptop
tapi yg jls kalo terlalu beda rpmnya takutnya ban blkg malah ngonci n goyang dombret, hehe memangnya rear wheel steering geto, gw seh disertain sedikit ngegas, dikit aja trus tutup lagi, biar rpmnya ga terlalu drastis keatas tapi ngerem lbh manteb, soalnya kalo ngandelin rem aja tanpa EB kok kayaknya agak mau nyosor terus gitu si motornya, mmg s\ampe skrg 10 taun gw pake, ga pernah ada keluhan mesin, tapi takut ada apa yang ga kedeteksi gitu gara2 EB,
infonya membantu banget bros thanx a lot
infonya membantu banget bros thanx a lot
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 85
- Joined: Sat Oct 07, 2006 9:19
- Location: jakbar
jadi kesimpulannya boleh ga EB tapi kalo di pake batas normal aja,ya ga sampe bank ke belakang ke kunci.tp maksimal mesin bunyi ngggrrreeeenngggg aga keras sich.terus kita langsung tarik lagi.
jaul parfum murah bermerek dengan kualitas yang bagus,bersegel,wangi sama,botol sama,bersegel dengan harga 30 ribu- 45 ribu
http://www.parfum-murah.blogspot.com
http://www.parfum-murah.blogspot.com
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Sun Nov 19, 2006 0:22
- Location: bintaro
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Mon Aug 22, 2005 15:10
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 564
- Joined: Mon Jan 30, 2006 2:43
- Location: Jakarta Pusat
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Kalo EB-nya benar, malah konon bikin mesin awet. Terutama untuk mesin kopling manual.
Kalau aku sih mo EB biasanya lepas gas pelan-pelan sampai RPM-nya terasa pas untuk turun gigi. Tentu saja dgn sedikit memainkan kopling biar setelah turun gigi roda nggak terasa ngunci.
Yang penting main feeling lha!
Kalau aku sih mo EB biasanya lepas gas pelan-pelan sampai RPM-nya terasa pas untuk turun gigi. Tentu saja dgn sedikit memainkan kopling biar setelah turun gigi roda nggak terasa ngunci.
Yang penting main feeling lha!
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
- Location: Indonesia
klo gw biasanya keseringan maen kopling Om (selain pake rem tentunya), klo masih berasa kuat untuk tarikan berikutnya gigi ga gw turunin tp klo berasa ngedrop baru deh nurunin gigi.. itu boleh ga om? klo kata orang bengkel di tempat gw bisa bikin cepet abis kampas kopling bener ga om? <==gw ga ngerti jeroanTUFF Stough wrote:Kalo EB-nya benar, malah konon bikin mesin awet. Terutama untuk mesin kopling manual.
Kalau aku sih mo EB biasanya lepas gas pelan-pelan sampai RPM-nya terasa pas untuk turun gigi. Tentu saja dgn sedikit memainkan kopling biar setelah turun gigi roda nggak terasa ngunci.
Yang penting main feeling lha!
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Kayaknya gw nggak berkompeten untuk ngejawab deh. Soalnya aku juga nggak ngerti banget tentang jeroan mesin. 
Tapi menurut gw (berdasarkan pengalaman pribadi), kalau EB nggak sampai RPM-nya nge-drop banget, sah-sah aja kalau giginya nggak diturunkan. Memang sih kalau dipaksa untuk menaikkan RPM setelah drop banget bisa berdampak buruk bukan hanya pada kopling tapi juga pada komponen mesin lainnya.
Kalau ada orang bengkel yang lebih mengerti, mungkin bisa diperjelas lagi.

Tapi menurut gw (berdasarkan pengalaman pribadi), kalau EB nggak sampai RPM-nya nge-drop banget, sah-sah aja kalau giginya nggak diturunkan. Memang sih kalau dipaksa untuk menaikkan RPM setelah drop banget bisa berdampak buruk bukan hanya pada kopling tapi juga pada komponen mesin lainnya.
Kalau ada orang bengkel yang lebih mengerti, mungkin bisa diperjelas lagi.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 421
- Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
- Location: Jakarta
Wah, udah lama nggak ngepost.
Menurut gw nih... CMIIW, ya nggak papa, selama nggak sampai extrim. Kan, EB itu nyamain downshift dan nyamain rpm. Jadi, kalau misalnya tidak nyentak atau rpm tidak sampai terlalu tinggi, ya nggak apa2.
Tapi, katakan saja kalau misalnya dari gigi 4 turun ke gigi 3 di atas redline, ya mesin pasti bakal rusak. Atau, kalau rpmnya terlalu rendah sampai goyang dombret (alias ban belakang ngunci), ini tentu saja akan memberikan beban berlebihan ke mesin.
My 2 cents
Menurut gw nih... CMIIW, ya nggak papa, selama nggak sampai extrim. Kan, EB itu nyamain downshift dan nyamain rpm. Jadi, kalau misalnya tidak nyentak atau rpm tidak sampai terlalu tinggi, ya nggak apa2.
Tapi, katakan saja kalau misalnya dari gigi 4 turun ke gigi 3 di atas redline, ya mesin pasti bakal rusak. Atau, kalau rpmnya terlalu rendah sampai goyang dombret (alias ban belakang ngunci), ini tentu saja akan memberikan beban berlebihan ke mesin.
My 2 cents

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 357
- Joined: Sat Aug 20, 2005 14:02
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 85
- Joined: Sat Oct 07, 2006 9:19
- Location: jakbar
katanya kalo EB berarti mengubah tenaga yang tadinya dari piston ke ban,n sekarang ganti jadi dari ban ke piston.apa gitu ya bro??kok bisa jadi boros ya bro??kan kita ga gas??
jaul parfum murah bermerek dengan kualitas yang bagus,bersegel,wangi sama,botol sama,bersegel dengan harga 30 ribu- 45 ribu
http://www.parfum-murah.blogspot.com
http://www.parfum-murah.blogspot.com
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 443
- Joined: Sat May 20, 2006 8:47
- Location: Sondy Raya, But now Jakarta barat
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Mon Aug 22, 2005 15:10
- Location: Jakarta
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Thu Sep 29, 2005 7:56
- Location: Medan
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Mon Aug 22, 2005 15:10
- Location: Jakarta
mestinya kalo mau ngerem habis2an, sesudah mengendurkan gas fokus ke rem dulu baru engine brake. ini lebih efektif. saya sudah mencobanya waktu ketemu Pengendara bloon yang langsung keluar dari gang ke jalan raya. kecepatan diatas 80km/jam dalam jarak 20 meter berhenti sampai 0 km/jam. sedang si bloon hanya bengong dan pasrah kalo ketabrak mungkin gwnya mau diduitin.
no one's perfect