apa sih fungsi Karburator...??

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

bulixxx
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Wed Nov 01, 2006 16:53
Location: Bandung

apa sih fungsi Karburator...??

Post by bulixxx »

Fungsi karburator.....Yang gw taw itu buat mencampur bahan bakar...
tapi,,klo motor kita diganti karburator nya dengan yg ccnya lebih besar..apa nambah tenaganya??gw mo nanya para bikerz2 sekalian...
Perubahan apa pada motor loe2 yg paling kerasa perbedaan tenaganya??!CDI??coil??Karbu??knalpot?!
Yap..gw minta pendapat2 kalian.. :e-dance:
Peace MAn
User avatar
Beel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: Wed Jan 04, 2006 21:46
Location: cileungsi - bogor

Re: apa sih fungsi Karburator...??

Post by Beel »

bulixxx wrote:Fungsi karburator.....Yang gw taw itu buat mencampur bahan bakar...
tapi,,klo motor kita diganti karburator nya dengan yg ccnya lebih besar..apa nambah tenaganya??gw mo nanya para bikerz2 sekalian...
Perubahan apa pada motor loe2 yg paling kerasa perbedaan tenaganya??!CDI??coil??Karbu??knalpot?!
Yap..gw minta pendapat2 kalian.. :e-dance:

yap! cdi, coil, karbu, knalpot.. kalo perlu ganti motornya sekalian...
just kidding! bro. :lol: :lol: :lol:

plus ganti rasio aja biar sip!
User avatar
Archapada
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Apr 03, 2005 15:26
Location: Palembang

Post by Archapada »

heuheueheu...benertuh ganti motor aja.. gak gak ah cuman canda pren.. uh klo mo ganti karbu. kudu nyari setting yang pas tuh. tapi yg jelas motor ga bisa langsam normal, pengennya ngebut melulu,..ga juga yaa tergantung ama bikernya.. tapi gwa saranin klo mo ganti karbu dengan motor masih STD alias ga korek naik 1 mm aja.. contoh karbu ninjakan 26MM PWM merek keihin, nah ganti dengan keihin 28mm tapi jgn yg bullet tempat jarum skepnya, cari yang seri ini keihin 28 PWK.. memang perubahannya terletak pada tarikan awal sisa tarikan akhirnya sama dengan STD maksudnya TOPspeednya... getoch aja.. buat temen2 seperjuangan tulung di tambahin klo ane salah yachhh.... VISSSS
Junjunglah langit dimana tempat engkau berpijak..
User avatar
hery_jul
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
Location: Anywhere in front of you

Post by hery_jul »

depend on money you have
kalo masih tipis cuman mo performa naik
coba ganti pake knalpot rasing
mau motornya 2 tak atau 4 tak
karbu setting di spuyernya
dijamin performa naik

masih ada duitnya
jangan maen ke pengapian dulu, mubazir
coba polish dan porting saluran masuk-buang
skalian naekin kompresi
still pake karbu std, dengan spuyer yg udah naek beebrapa nomer

masih ada lagi duidnya
ganti camshaft (noken as) yg durasi angkatnya lebih lama
karbu ganti pake yg rasing type, mo pake PE (murmer), PWL, atau PWK, terserah

masih ada duid lagi?
baru maen dipengapian
mulai dari asalnya api, magnet, sepul, trus ke cdi, koil, kabel busi, busi

masih ada duid lagi?
ganti ama mobil skalian
adem, kalo ujan kagak basah, kalo macet nggak kringetan, bawa cewek nyaman

hihihihi .....
User avatar
budzaemon
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
Location: Indonesia

Post by budzaemon »

hery_jul wrote:depend on money you have
kalo masih tipis cuman mo performa naik
coba ganti pake knalpot rasing
mau motornya 2 tak atau 4 tak
karbu setting di spuyernya
dijamin performa naik

masih ada duitnya
jangan maen ke pengapian dulu, mubazir
coba polish dan porting saluran masuk-buang
skalian naekin kompresi
still pake karbu std, dengan spuyer yg udah naek beebrapa nomer

masih ada lagi duidnya
ganti camshaft (noken as) yg durasi angkatnya lebih lama
karbu ganti pake yg rasing type, mo pake PE (murmer), PWL, atau PWK, terserah

masih ada duid lagi?
baru maen dipengapian
mulai dari asalnya api, magnet, sepul, trus ke cdi, koil, kabel busi, busi

masih ada duid lagi?
ganti ama mobil skalian
adem, kalo ujan kagak basah, kalo macet nggak kringetan, bawa cewek nyaman

hihihihi .....
asli nih saran berguna bgt karena realistis, apalagi bagian akhirnya sumpah lucu banget pak... :lol:
bulixxx
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Wed Nov 01, 2006 16:53
Location: Bandung

Post by bulixxx »

hery_jul wrote:depend on money you have
kalo masih tipis cuman mo performa naik
coba ganti pake knalpot rasing
mau motornya 2 tak atau 4 tak
karbu setting di spuyernya
dijamin performa naik

masih ada duitnya
jangan maen ke pengapian dulu, mubazir
coba polish dan porting saluran masuk-buang
skalian naekin kompresi
still pake karbu std, dengan spuyer yg udah naek beebrapa nomer

masih ada lagi duidnya
ganti camshaft (noken as) yg durasi angkatnya lebih lama
karbu ganti pake yg rasing type, mo pake PE (murmer), PWL, atau PWK, terserah

masih ada duid lagi?
baru maen dipengapian
mulai dari asalnya api, magnet, sepul, trus ke cdi, koil, kabel busi, busi

masih ada duid lagi?
ganti ama mobil skalian
adem, kalo ujan kagak basah, kalo macet nggak kringetan, bawa cewek nyaman

hihihihi .....


Thx Bro Atas sarannya...Tapi tolong dijelasin donk apa itu polish..^^ama gmn cara naekin kompresinya...?!!?
Banyak orang yg ngomong seh..paling pengaruh tu dari CDI..Bner ga??!
:wink:
Peace MAn
User avatar
crayon
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 83
Joined: Fri Jul 21, 2006 0:58
Location: jakarta the polution city

Post by crayon »

Gw baca ampe ngakak :lol: emank bener kalo punya duid unlimited mendingan beli mobil :D semua part kendaraan ente saling berhubungan kalo mau ganti satu-satu ya gak masyalah yang penting duid :lol: CDI cuma pembatas kecepatan rpm, kalo ganti yang yahud ya tenaga sedikit responsif coz gak ada limiter lagi kayak CDI Lokal kita (Sorry gak bermaksud promosi). Kalo polish ma bawa aja kebgnekel ato tukang korek, tapi harus presisi ingat presisi kalo gak mau ada masalah dikemudian hari. :wink:
User avatar
hery_jul
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
Location: Anywhere in front of you

Post by hery_jul »

bulixxx wrote: Thx Bro Atas sarannya...Tapi tolong dijelasin donk apa itu polish..^^ama gmn cara naekin kompresinya...?!!?
Banyak orang yg ngomong seh..paling pengaruh tu dari CDI..Bner ga??!
:wink:
porting ama polish itu artinya gedein ruang masuk dan kluar dan menghaluskan permukaannya, jadi gas yg masuk dan keluar dari ruang bakar balak lebih cepet
beberapa tuner malah cenderung set-up saluran tersebut, jadi aliran makin lancar

CDI?
fungsinya adalah melanjutkan perintah dari sepul pengapian ke koil buat memercikan api ke ruang bakar, selain juga membuat arus buat digedein di koil (jadi api bisa loncat di ujung busi)
jadi kalo dibilang ngaruh, ada, cuman kecil banget, palagi kalo cdi rasing itu dipasang ke mesin std, malah bisa dibilang nggak ada perubahan yg brarti
jadi kalo mo dibilang pengaruh, stepnya kayak diatas

ini pengalaman gue lho,
soalnya sampe step yg ke 3, gue masih make cdi std ajah
paling pas di rpm tinggi rada batuk, soalnya mentok di limiter
User avatar
ahardo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 443
Joined: Sat May 20, 2006 8:47
Location: Sondy Raya, But now Jakarta barat

Post by ahardo »

hery_jul wrote:
bulixxx wrote: Thx Bro Atas sarannya...Tapi tolong dijelasin donk apa itu polish..^^ama gmn cara naekin kompresinya...?!!?
Banyak orang yg ngomong seh..paling pengaruh tu dari CDI..Bner ga??!
:wink:
porting ama polish itu artinya gedein ruang masuk dan kluar dan menghaluskan permukaannya, jadi gas yg masuk dan keluar dari ruang bakar balak lebih cepet
beberapa tuner malah cenderung set-up saluran tersebut, jadi aliran makin lancar

CDI?
fungsinya adalah melanjutkan perintah dari sepul pengapian ke koil buat memercikan api ke ruang bakar, selain juga membuat arus buat digedein di koil (jadi api bisa loncat di ujung busi)
jadi kalo dibilang ngaruh, ada, cuman kecil banget, palagi kalo cdi rasing itu dipasang ke mesin std, malah bisa dibilang nggak ada perubahan yg brarti
jadi kalo mo dibilang pengaruh, stepnya kayak diatas

ini pengalaman gue lho,
soalnya sampe step yg ke 3, gue masih make cdi std ajah
paling pas di rpm tinggi rada batuk, soalnya mentok di limiter

yap bener bos CDI emang gak ngaruh ke Performance motor. karena hanya sebagai Rpm/speed limiter.

ya klo mau ngerubah performance yang pasti harus maenin dalaman mesinnya. oversize, karbu, main jet, pilot, ratio, kanvas kopling, dan sistem pengapianya... sekaian dulu dari saya, intinya saya setuju ama om hery :D
Turbo Hayabusa

Image
bulixxx
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Wed Nov 01, 2006 16:53
Location: Bandung

Post by bulixxx »

Ok d bro...Thx atas sarannya..
klo main jet tu pengaruh ke performance gede ga??ada tipenya ga??racing misalnya...
Peace MAn
User avatar
wongcilik
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01

Re: apa sih fungsi Karburator...??

Post by wongcilik »

@everyone
:ungg: ... :e-think: ... :e-think: ... Heran, topic ini bagus banget and berguna, tapi kok bisa "mati suri" ya? ... :e-think: ... :e-think: ... (dari 10 Nov 2006, 15:23 sampai dengan sekarang, udah ampir genap 2 tahun tuch... :mrgreen: ).

Saya punya Kaisar Ruby V250 (baru 6 minggu - masih inreyen), pengen ganti karburator and oprek2 ini motor, mungkin ada pakar2 yang sudah pernah pake, mau sharing knowledge-nya? :) . Salam. Tks.

Selamat Merayakan Hari Kemenangan (bagi yang merayakan-nya). :)
Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1429 H. Mohon Ma'af Lahir Batin. :e-pray: :e-pray: :e-pray:
User avatar
wawansteed400
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Tue Sep 23, 2008 9:25

Re:

Post by wawansteed400 »

hery_jul wrote:depend on money you have
kalo masih tipis cuman mo performa naik
coba ganti pake knalpot rasing
mau motornya 2 tak atau 4 tak
karbu setting di spuyernya
dijamin performa naik

masih ada duitnya
jangan maen ke pengapian dulu, mubazir
coba polish dan porting saluran masuk-buang
skalian naekin kompresi
still pake karbu std, dengan spuyer yg udah naek beebrapa nomer

masih ada lagi duidnya
ganti camshaft (noken as) yg durasi angkatnya lebih lama
karbu ganti pake yg rasing type, mo pake PE (murmer), PWL, atau PWK, terserah

masih ada duid lagi?
baru maen dipengapian
mulai dari asalnya api, magnet, sepul, trus ke cdi, koil, kabel busi, busi

masih ada duid lagi?
ganti ama mobil skalian
adem, kalo ujan kagak basah, kalo macet nggak kringetan, bawa cewek nyaman

hihihihi .....
sip! bener banget, emang gitu cara ningkatin performa kendaraan bermotor :off_good_job:
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: apa sih fungsi Karburator...??

Post by JESKONENG »

Menurut pengalamanku yang kadang terpaksa melakukan trial n error, jika kita ingin melakukan modif untuk peningkatan performa mesin motor, urutan langkahnya dari yang paling awal adalah :
1) Port n Polish
2) Ganti CDI aftermarket yang memungkinkan kita mengubah2 ignition timing dan batas putaran mesin tertinggi
3) Ganti Pilot Jet
4) Ganti Koil aftermarket yang voltasenya lebih besar
5) Ganti muffler knalpot dengan type free flow
6) Bagi motor yang pake karbu vakum, ganti dengan karbu non-vakum
Kalo hal-hal diatas masih kurang memuaskan, maka kita mulai merambah jeroan mesin :
1) ganti klep dengan yang lebih kuat
2) ganti camshaft dengan yang berdurasi lebih tinggi
3) bore-up dengan piston ukuran lebih besar atau stroke-up
Jika hal-hal diatas telah menghasilkan peningkatan tenaga/torsi mesin, maka sudah saatnya memodif perbandingan gir sesuai keperluan, apakah untuk menaklukkan tanjakan / off road, atau untuk mencapai topspeed lebih tinggi di jalan datar
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
wawansteed400
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Tue Sep 23, 2008 9:25

Re: apa sih fungsi Karburator...??

Post by wawansteed400 »

JESKONENG wrote:Menurut pengalamanku yang kadang terpaksa melakukan trial n error, jika kita ingin melakukan modif untuk peningkatan performa mesin motor, urutan langkahnya dari yang paling awal adalah :
1) Port n Polish
2) Ganti CDI aftermarket yang memungkinkan kita mengubah2 ignition timing dan batas putaran mesin tertinggi
3) Ganti Pilot Jet
4) Ganti Koil aftermarket yang voltasenya lebih besar
5) Ganti muffler knalpot dengan type free flow
6) Bagi motor yang pake karbu vakum, ganti dengan karbu non-vakum
Kalo hal-hal diatas masih kurang memuaskan, maka kita mulai merambah jeroan mesin :
1) ganti klep dengan yang lebih kuat
2) ganti camshaft dengan yang berdurasi lebih tinggi
3) bore-up dengan piston ukuran lebih besar atau stroke-up
Jika hal-hal diatas telah menghasilkan peningkatan tenaga/torsi mesin, maka sudah saatnya memodif perbandingan gir sesuai keperluan, apakah untuk menaklukkan tanjakan / off road, atau untuk mencapai topspeed lebih tinggi di jalan datar
:off_good_job:
tp biayanya harus merogoh kocek lbh dalem kalau dilanjutin begini :big_peace:

:frm_salut:
>------<
just me


Image
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: apa sih fungsi Karburator...??

Post by y_anjasrana »

Buat wong cilik, met lebaran jg n maap lair batin jg ya..

Utk motor, modifikasi ga terlalu beda dengan motor lain, melihat teknologi yg dipakai mirip2. Maklum cc segitu2 doank, ga bakal beda terlalu jauh. Bahkan dgn injeksi sekalipun. Lain bgt dgn mobil. Jauh lebih rumit.

Btw modifikasinya utk apa dulu nih? Akselerasi, Top Speed, Kenyamanan atau Style? Kalau utk akselerasi dan top speed, silahkan oprek seperti yg sudah disebut di atas. Cuma biasanya modifikasi seperti itu bakal mengorbankan kenyamanan. Utk modifikasi performance, biasanya dibagi 3 tahap, atau istilahnya stage :

Stage 1 :
Modifikasi yang sifatnya bolt on alias tinggal pasang tanpa mengutak-atik mesin. Biasanya mencakup ganti knalpot dan setting karburator.

Stage 2 :
Modifkasi yang masih bersifat bolt on, namun dengan spesifikasi yg lebih dalam, yakni sudah mencakup mesin. Biasanya mencakup cdi, koil, per kelp, gear, kopling, karburator, dll.

Stage 3 :
Modifikasi yang sifatnya permanen, karena ada pengubahan permanen pada blok mesin. Modifikasi pada tahap ini mencakup PnP (port n polish), bore up, menaikkan kompresi dll.

Stage 4 :
Modifikasi yang sifatnya ekstrem, biasanya hanya untuk kompetisi khusus seperti kelas free for all pada drag race.

Modifikasi yg disebutkan dari stage 1-4 hanya mencakup performance mesin saja. Untuk mendapatkan performance yg optimal, perlu diperhatikan juga mengenai sasis. Modifikasi sasis mencakup shockabsorber, per, rake (sudut garpu depan). Lalu perhatikan jg mengenai velg dan ban, serta rem. Jangan sampai modifikasi mesin sudah sampai stage3, tapi sasis dan ban standar abis. Bisa-bisa jalan di tempat mlulu.

Terakhir, motor yg sudah dimodifikasi sebaiknya tidak dipakai di jalanan umum. Terlalu berbahaya. Spesifikasi motor jalan raya sudah didesain optimal oleh pabrikan sehingga dibuat dalam batas2 keamanan. Setelah modifikasi, otomatis batas2 tersebut bakal terlampaui, sehingga relatif lebih berbahaya. Jangan sampai motor yg sudah dimodali lebih tersebut malah menjadi mesin pembunuh.

Ride Safe
Accurate V5 Accounting System Consultant