Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Fungsi karburator.....Yang gw taw itu buat mencampur bahan bakar...
tapi,,klo motor kita diganti karburator nya dengan yg ccnya lebih besar..apa nambah tenaganya??gw mo nanya para bikerz2 sekalian...
Perubahan apa pada motor loe2 yg paling kerasa perbedaan tenaganya??!CDI??coil??Karbu??knalpot?!
Yap..gw minta pendapat2 kalian..
bulixxx wrote:Fungsi karburator.....Yang gw taw itu buat mencampur bahan bakar...
tapi,,klo motor kita diganti karburator nya dengan yg ccnya lebih besar..apa nambah tenaganya??gw mo nanya para bikerz2 sekalian...
Perubahan apa pada motor loe2 yg paling kerasa perbedaan tenaganya??!CDI??coil??Karbu??knalpot?!
Yap..gw minta pendapat2 kalian..
yap! cdi, coil, karbu, knalpot.. kalo perlu ganti motornya sekalian...
just kidding! bro.
heuheueheu...benertuh ganti motor aja.. gak gak ah cuman canda pren.. uh klo mo ganti karbu. kudu nyari setting yang pas tuh. tapi yg jelas motor ga bisa langsam normal, pengennya ngebut melulu,..ga juga yaa tergantung ama bikernya.. tapi gwa saranin klo mo ganti karbu dengan motor masih STD alias ga korek naik 1 mm aja.. contoh karbu ninjakan 26MM PWM merek keihin, nah ganti dengan keihin 28mm tapi jgn yg bullet tempat jarum skepnya, cari yang seri ini keihin 28 PWK.. memang perubahannya terletak pada tarikan awal sisa tarikan akhirnya sama dengan STD maksudnya TOPspeednya... getoch aja.. buat temen2 seperjuangan tulung di tambahin klo ane salah yachhh.... VISSSS
depend on money you have
kalo masih tipis cuman mo performa naik
coba ganti pake knalpot rasing
mau motornya 2 tak atau 4 tak
karbu setting di spuyernya
dijamin performa naik
masih ada duitnya
jangan maen ke pengapian dulu, mubazir
coba polish dan porting saluran masuk-buang
skalian naekin kompresi
still pake karbu std, dengan spuyer yg udah naek beebrapa nomer
masih ada lagi duidnya
ganti camshaft (noken as) yg durasi angkatnya lebih lama
karbu ganti pake yg rasing type, mo pake PE (murmer), PWL, atau PWK, terserah
masih ada duid lagi?
baru maen dipengapian
mulai dari asalnya api, magnet, sepul, trus ke cdi, koil, kabel busi, busi
masih ada duid lagi?
ganti ama mobil skalian
adem, kalo ujan kagak basah, kalo macet nggak kringetan, bawa cewek nyaman
hery_jul wrote:depend on money you have
kalo masih tipis cuman mo performa naik
coba ganti pake knalpot rasing
mau motornya 2 tak atau 4 tak
karbu setting di spuyernya
dijamin performa naik
masih ada duitnya
jangan maen ke pengapian dulu, mubazir
coba polish dan porting saluran masuk-buang
skalian naekin kompresi
still pake karbu std, dengan spuyer yg udah naek beebrapa nomer
masih ada lagi duidnya
ganti camshaft (noken as) yg durasi angkatnya lebih lama
karbu ganti pake yg rasing type, mo pake PE (murmer), PWL, atau PWK, terserah
masih ada duid lagi?
baru maen dipengapian
mulai dari asalnya api, magnet, sepul, trus ke cdi, koil, kabel busi, busi
masih ada duid lagi?
ganti ama mobil skalian
adem, kalo ujan kagak basah, kalo macet nggak kringetan, bawa cewek nyaman
hihihihi .....
asli nih saran berguna bgt karena realistis, apalagi bagian akhirnya sumpah lucu banget pak...
hery_jul wrote:depend on money you have
kalo masih tipis cuman mo performa naik
coba ganti pake knalpot rasing
mau motornya 2 tak atau 4 tak
karbu setting di spuyernya
dijamin performa naik
masih ada duitnya
jangan maen ke pengapian dulu, mubazir
coba polish dan porting saluran masuk-buang
skalian naekin kompresi
still pake karbu std, dengan spuyer yg udah naek beebrapa nomer
masih ada lagi duidnya
ganti camshaft (noken as) yg durasi angkatnya lebih lama
karbu ganti pake yg rasing type, mo pake PE (murmer), PWL, atau PWK, terserah
masih ada duid lagi?
baru maen dipengapian
mulai dari asalnya api, magnet, sepul, trus ke cdi, koil, kabel busi, busi
masih ada duid lagi?
ganti ama mobil skalian
adem, kalo ujan kagak basah, kalo macet nggak kringetan, bawa cewek nyaman
hihihihi .....
Thx Bro Atas sarannya...Tapi tolong dijelasin donk apa itu polish..^^ama gmn cara naekin kompresinya...?!!?
Banyak orang yg ngomong seh..paling pengaruh tu dari CDI..Bner ga??!
Gw baca ampe ngakak emank bener kalo punya duid unlimited mendingan beli mobil semua part kendaraan ente saling berhubungan kalo mau ganti satu-satu ya gak masyalah yang penting duid CDI cuma pembatas kecepatan rpm, kalo ganti yang yahud ya tenaga sedikit responsif coz gak ada limiter lagi kayak CDI Lokal kita (Sorry gak bermaksud promosi). Kalo polish ma bawa aja kebgnekel ato tukang korek, tapi harus presisi ingat presisi kalo gak mau ada masalah dikemudian hari.
bulixxx wrote:
Thx Bro Atas sarannya...Tapi tolong dijelasin donk apa itu polish..^^ama gmn cara naekin kompresinya...?!!?
Banyak orang yg ngomong seh..paling pengaruh tu dari CDI..Bner ga??!
porting ama polish itu artinya gedein ruang masuk dan kluar dan menghaluskan permukaannya, jadi gas yg masuk dan keluar dari ruang bakar balak lebih cepet
beberapa tuner malah cenderung set-up saluran tersebut, jadi aliran makin lancar
CDI?
fungsinya adalah melanjutkan perintah dari sepul pengapian ke koil buat memercikan api ke ruang bakar, selain juga membuat arus buat digedein di koil (jadi api bisa loncat di ujung busi)
jadi kalo dibilang ngaruh, ada, cuman kecil banget, palagi kalo cdi rasing itu dipasang ke mesin std, malah bisa dibilang nggak ada perubahan yg brarti
jadi kalo mo dibilang pengaruh, stepnya kayak diatas
ini pengalaman gue lho,
soalnya sampe step yg ke 3, gue masih make cdi std ajah
paling pas di rpm tinggi rada batuk, soalnya mentok di limiter
bulixxx wrote:
Thx Bro Atas sarannya...Tapi tolong dijelasin donk apa itu polish..^^ama gmn cara naekin kompresinya...?!!?
Banyak orang yg ngomong seh..paling pengaruh tu dari CDI..Bner ga??!
porting ama polish itu artinya gedein ruang masuk dan kluar dan menghaluskan permukaannya, jadi gas yg masuk dan keluar dari ruang bakar balak lebih cepet
beberapa tuner malah cenderung set-up saluran tersebut, jadi aliran makin lancar
CDI?
fungsinya adalah melanjutkan perintah dari sepul pengapian ke koil buat memercikan api ke ruang bakar, selain juga membuat arus buat digedein di koil (jadi api bisa loncat di ujung busi)
jadi kalo dibilang ngaruh, ada, cuman kecil banget, palagi kalo cdi rasing itu dipasang ke mesin std, malah bisa dibilang nggak ada perubahan yg brarti
jadi kalo mo dibilang pengaruh, stepnya kayak diatas
ini pengalaman gue lho,
soalnya sampe step yg ke 3, gue masih make cdi std ajah
paling pas di rpm tinggi rada batuk, soalnya mentok di limiter
yap bener bos CDI emang gak ngaruh ke Performance motor. karena hanya sebagai Rpm/speed limiter.
ya klo mau ngerubah performance yang pasti harus maenin dalaman mesinnya. oversize, karbu, main jet, pilot, ratio, kanvas kopling, dan sistem pengapianya... sekaian dulu dari saya, intinya saya setuju ama om hery
@everyone ... ... ... Heran, topic ini bagus banget and berguna, tapi kok bisa "mati suri" ya? ... ... ... (dari 10 Nov 2006, 15:23 sampai dengan sekarang, udah ampir genap 2 tahun tuch... ).
Saya punya Kaisar Ruby V250 (baru 6 minggu - masih inreyen), pengen ganti karburator and oprek2 ini motor, mungkin ada pakar2 yang sudah pernah pake, mau sharing knowledge-nya? . Salam. Tks.
Selamat Merayakan Hari Kemenangan (bagi yang merayakan-nya).
Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1429 H. Mohon Ma'af Lahir Batin.
hery_jul wrote:depend on money you have
kalo masih tipis cuman mo performa naik
coba ganti pake knalpot rasing
mau motornya 2 tak atau 4 tak
karbu setting di spuyernya
dijamin performa naik
masih ada duitnya
jangan maen ke pengapian dulu, mubazir
coba polish dan porting saluran masuk-buang
skalian naekin kompresi
still pake karbu std, dengan spuyer yg udah naek beebrapa nomer
masih ada lagi duidnya
ganti camshaft (noken as) yg durasi angkatnya lebih lama
karbu ganti pake yg rasing type, mo pake PE (murmer), PWL, atau PWK, terserah
masih ada duid lagi?
baru maen dipengapian
mulai dari asalnya api, magnet, sepul, trus ke cdi, koil, kabel busi, busi
masih ada duid lagi?
ganti ama mobil skalian
adem, kalo ujan kagak basah, kalo macet nggak kringetan, bawa cewek nyaman
hihihihi .....
sip! bener banget, emang gitu cara ningkatin performa kendaraan bermotor
Menurut pengalamanku yang kadang terpaksa melakukan trial n error, jika kita ingin melakukan modif untuk peningkatan performa mesin motor, urutan langkahnya dari yang paling awal adalah :
1) Port n Polish
2) Ganti CDI aftermarket yang memungkinkan kita mengubah2 ignition timing dan batas putaran mesin tertinggi
3) Ganti Pilot Jet
4) Ganti Koil aftermarket yang voltasenya lebih besar
5) Ganti muffler knalpot dengan type free flow
6) Bagi motor yang pake karbu vakum, ganti dengan karbu non-vakum
Kalo hal-hal diatas masih kurang memuaskan, maka kita mulai merambah jeroan mesin :
1) ganti klep dengan yang lebih kuat
2) ganti camshaft dengan yang berdurasi lebih tinggi
3) bore-up dengan piston ukuran lebih besar atau stroke-up
Jika hal-hal diatas telah menghasilkan peningkatan tenaga/torsi mesin, maka sudah saatnya memodif perbandingan gir sesuai keperluan, apakah untuk menaklukkan tanjakan / off road, atau untuk mencapai topspeed lebih tinggi di jalan datar
Norival Fuel Enhancer Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
JESKONENG wrote:Menurut pengalamanku yang kadang terpaksa melakukan trial n error, jika kita ingin melakukan modif untuk peningkatan performa mesin motor, urutan langkahnya dari yang paling awal adalah :
1) Port n Polish
2) Ganti CDI aftermarket yang memungkinkan kita mengubah2 ignition timing dan batas putaran mesin tertinggi
3) Ganti Pilot Jet
4) Ganti Koil aftermarket yang voltasenya lebih besar
5) Ganti muffler knalpot dengan type free flow
6) Bagi motor yang pake karbu vakum, ganti dengan karbu non-vakum
Kalo hal-hal diatas masih kurang memuaskan, maka kita mulai merambah jeroan mesin :
1) ganti klep dengan yang lebih kuat
2) ganti camshaft dengan yang berdurasi lebih tinggi
3) bore-up dengan piston ukuran lebih besar atau stroke-up
Jika hal-hal diatas telah menghasilkan peningkatan tenaga/torsi mesin, maka sudah saatnya memodif perbandingan gir sesuai keperluan, apakah untuk menaklukkan tanjakan / off road, atau untuk mencapai topspeed lebih tinggi di jalan datar
tp biayanya harus merogoh kocek lbh dalem kalau dilanjutin begini
Buat wong cilik, met lebaran jg n maap lair batin jg ya..
Utk motor, modifikasi ga terlalu beda dengan motor lain, melihat teknologi yg dipakai mirip2. Maklum cc segitu2 doank, ga bakal beda terlalu jauh. Bahkan dgn injeksi sekalipun. Lain bgt dgn mobil. Jauh lebih rumit.
Btw modifikasinya utk apa dulu nih? Akselerasi, Top Speed, Kenyamanan atau Style? Kalau utk akselerasi dan top speed, silahkan oprek seperti yg sudah disebut di atas. Cuma biasanya modifikasi seperti itu bakal mengorbankan kenyamanan. Utk modifikasi performance, biasanya dibagi 3 tahap, atau istilahnya stage :
Stage 1 :
Modifikasi yang sifatnya bolt on alias tinggal pasang tanpa mengutak-atik mesin. Biasanya mencakup ganti knalpot dan setting karburator.
Stage 2 :
Modifkasi yang masih bersifat bolt on, namun dengan spesifikasi yg lebih dalam, yakni sudah mencakup mesin. Biasanya mencakup cdi, koil, per kelp, gear, kopling, karburator, dll.
Stage 3 :
Modifikasi yang sifatnya permanen, karena ada pengubahan permanen pada blok mesin. Modifikasi pada tahap ini mencakup PnP (port n polish), bore up, menaikkan kompresi dll.
Stage 4 :
Modifikasi yang sifatnya ekstrem, biasanya hanya untuk kompetisi khusus seperti kelas free for all pada drag race.
Modifikasi yg disebutkan dari stage 1-4 hanya mencakup performance mesin saja. Untuk mendapatkan performance yg optimal, perlu diperhatikan juga mengenai sasis. Modifikasi sasis mencakup shockabsorber, per, rake (sudut garpu depan). Lalu perhatikan jg mengenai velg dan ban, serta rem. Jangan sampai modifikasi mesin sudah sampai stage3, tapi sasis dan ban standar abis. Bisa-bisa jalan di tempat mlulu.
Terakhir, motor yg sudah dimodifikasi sebaiknya tidak dipakai di jalanan umum. Terlalu berbahaya. Spesifikasi motor jalan raya sudah didesain optimal oleh pabrikan sehingga dibuat dalam batas2 keamanan. Setelah modifikasi, otomatis batas2 tersebut bakal terlampaui, sehingga relatif lebih berbahaya. Jangan sampai motor yg sudah dimodali lebih tersebut malah menjadi mesin pembunuh.