(TANYA)Pasang EFI ke kijang kapsul

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

san_san
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Sun Mar 05, 2006 16:00

(TANYA)Pasang EFI ke kijang kapsul

Post by san_san »

para juragan gue tadi bawa kijang krista EFI1800cc
kok tarikanya enak bangat ya,dan suara mesinya alus bangat ya
gue mau tanya bisa ngak ya kijang kapsul gue yang masih karbulator 1800cc di pasang EFI sebagai pengganti sistem karbulatornya
kalau bisa,bisa di pasang di bengkel mana?harganya berapa?
trism atas jawabanya
san_san
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Sun Mar 05, 2006 16:00

Post by san_san »

kok sepi bangat ya,gak ada yang bantuin gue nih hix...hix...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

Soal perbedaan kinerja mesin / suara mesin bukanlah disebabkan oleh sistem EFI / karburator tetapi banyak aspek lain yg berkaitan dan juga perawatan dr mesin itu sendiri.

Skg bagaimana kondisi mesin mobil anda :

1. Apakah ruang bakarnya di purging secara teratur dengan DCS Super Eng. Conditioner / Wynn's VIC ?

2. Jenis pelumas yg digunakan, jadwal penggantian busi, perawatan air filter, dll.

3. Jenis bahan bakar yg digunakan


Di milis [email protected] cukup banyak mesin 5K, 7K karbu yg di Dial Cam utk memperbaiki akselerasi dan memperbaiki kons. BBM, dan juga tidak sedikit member yg membarengi dengan instalasi Multiple Spark Ignition (merek ber macam2).


Setahu saya banyak mekanik yg masih lebih menyukai utk Tuning mesin2 mekanikal drpd mesin2 dengan ECU (walau ECU juga bisa di Piggy Back, remapping) tetapi umumnya biaya utk tuning mesin2 mekanikal lebih murah drpd tuning mesin dengan ECU .

Di karburator banyak hal hal yg bisa kita tuning, baik itu main jet, secondary main jet, Power jet, ventury, etc. Juga karburator Toyota yg umumnya buatan Aisin parts2 nya bisa tuker2 an dengan karburator mesin2 Mitsubishi tahun lama yg juga menggunakan karburator dr Aisin (CMIIW)


Mungkin rekan2 yg lebih expert / pak Penyu bisa menambahkan.....monggo :D
* Bukan ajakan Beli *
san_san
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Sun Mar 05, 2006 16:00

Post by san_san »

bro Turboman<<<
trims atas tanggapannya,and saya mau jawab nih

1. Apakah ruang bakarnya di purging secara teratur dengan DCS Super Eng. Conditioner / Wynn's VIC ?
JB:selama 1 tahun terakhir sudah teratur menggunakan dcs karena saya rutin service di bengkel resmi,sebelum2nya saya tidah service di bengkel resmi,saya service di bengkel umum,mereka cuma menyemprotkan karbulator clear

2. Jenis pelumas yg digunakan, jadwal penggantian busi, perawatan air filter, dll.
saya menggunakan pelumas REPSOL SAW 10/40
busi saya ganti bila sdh lemah(menurut montir bengkel kl sudah emah)
filter saya membersihkannya setiap kali saya service mobil


3. Jenis bahan bakar yg digunakan
saya menggunakan bensin premium(saya selalu mengisi bensin pada saat jarum bensin sampai ke kotak terakhir

saya tidak bermaksud untuk membuat mobil saya menjadi kencang,saya hanya ingin mobil saya menjadi responsif dan irit dan bertenaga
trims
frontier

Post by frontier »

Selain settingan karbu yang pas, mungkin perlu improve pengapian aja (busi, kabel busi, coil semuanya yang high performance), lalu improve I/H/E mulai air filter yang bertahanan udara rendah, lalu ganti header, resonator dan muffler dengan yang free flow.... kalo misih kurang, lakukan PnP aja... Semua itu masih blum nguras kantong kok... asal dilakukan ahlinya yang ngerti itung2an mekanikal mesin.... gak perlu lah ganti jeroan (cam, piston, piston ring dsb), apalagi Forced Induction hehehehe....
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

san_san wrote:
filter saya membersihkannya setiap kali saya service mobil

3. Jenis bahan bakar yg digunakan
saya menggunakan bensin premium(saya selalu mengisi bensin pada saat jarum bensin sampai ke kotak terakhir

saya tidak bermaksud untuk membuat mobil saya menjadi kencang,saya hanya ingin mobil saya menjadi responsif dan irit dan bertenaga
trims

Filter udara sebaiknya dibersihkan / ditiup dengan angin at least sebulan sekali pak, kalau tunggu 5000 KM sih itu filter udah mampet duluan :P

Utk BBM premium, anda boleh coba campurkan additive nya pak Penyu atau juga boleh coba MOB (Methorel Octane Booster) utk membantu meningkatkan kinerja mesin, terutama response RPM bawah - menengah.
san_san
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Sun Mar 05, 2006 16:00

Post by san_san »

bro Turboman<<<
trims atas sarannya

bro frontier<<<<
saya hargai saran anda,tapi saya bukan mau bikin mobil saya super kenceng,tapi cuma pengen nyaman,responsil,enak di kendarai,dan irit

NB:mbl saya hari ini kok endut endutan ya kalau di injak gas agak dalam
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

san_san wrote:i saya bukan mau bikin mobil saya super kenceng,tapi cuma pengen nyaman,responsil,enak di kendarai,dan irit

Kalau di milis TKCC orang2 banyak yg implementasikan Dial Cam dengan tujuan memindahkan Peak Torque ke RPM yg lebih rendah, agar pulling power di RPM rendah lebih baik, Stop & Go lebih enak, kons. BBM lebih hemat walau mungkin ada trade off yaitu Top Speed berkurang.

Bengkel langganan mereka yaitu ERC di bilangan Kepa Duri.

Pengapian Multi Spark, Free flow air filter & CAI (Cold Air Induction) juga harusnya akan sgt membantu.

Kalau berani coba, kecilkan diameter barrel pertama pada karburator (musti ganti karbu tapinya), dapat dipastikan akselerasi awal akan menjadi lebih baik, kons. BBM lebih hemat, tetapi dengan trade off performa pada RPM tinggi berkurang. (Tapi harus cari bengkel / mekanik yg qualified & benar2 berpengalaman dlm hal ini )
frontier

Post by frontier »

Pak Turboman, CAI dengan Peltier-nya kok belum ada yang bikin 1 paket tinggal pasang utk Jazz ya ?
frontier

Post by frontier »

BTW, kalo misalnya ganti karbu menjadi EFI, waduh, itu secara teori mestinya bisa tapi perlu rombakan cukup banyak dan cukup mahal bro.... yang jelas harus diadakan komponen throttle body, dan ECU... Ya misih mending saran Pak Turboman atau saran saya itu...
san_san
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Sun Mar 05, 2006 16:00

Post by san_san »

bro frontier
dan bro Turboman
trims bangat atas info dan sarannya
dado
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 505
Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
Location: JAKARTA

Post by dado »

bawa ke auto 2000, bilang mas mau ganti jd mesin injection apa aja yg harus diganti :lol:
GW PUNYA HOBI OTOMOTIF, YA SAPA TAU KETEMU YG HOBI JG JD BISA TUKER PENDAPAT DALAM MODIFIKASI
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

Saya rasa kalau utk merubah sistem Fuel induction dr karbu ke EFI dgn menggunakan original parts Toyota (DENSO) yg baru biaya sedikitnya sama atau bahkan mungkin lebih mahal drpd swap dengan mesin bekas yg udah EFI dengan ECU komplit serta cc lebih besar (2000 cc misalnya)


Eniwei, performa suatu mesin itu ditentukan oleh puluhan faktor, EFI / karburator itu hanyalah perbedaan metoda dan bukan penentu performa mesin.

Kalau kita bilang mesin karbu lebih payah dr mesin EFI, maka kita bisa lihat mobil2 sport legendaris / sedan performa tinggi buatan sebelum tahun 1978 juga menggunakan karburator, tetapi tiap silinder 1 barrel.

Mungkin masih ingat Fiat 125 DOHC, Alfa Romeo / Alfasud buatan early 70s, Datsun Triple S, Corolla dengan mesin 2 TG, etc. Apakah mobil2 tsb. sudah menggunakan EFI ?


Utk konsultasi masalah kinerja mesin, bisa konsul dengan pakar di forum ini yaitu pak PenyuTurbo


*Geser mic ke pak Penyu* :D
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Turboman wrote:Saya rasa kalau utk merubah sistem Fuel induction dr karbu ke EFI dgn menggunakan original parts Toyota (DENSO) yg baru biaya sedikitnya sama atau bahkan mungkin lebih mahal drpd swap dengan mesin bekas yg udah EFI dengan ECU komplit serta cc lebih besar (2000 cc misalnya)


Eniwei, performa suatu mesin itu ditentukan oleh puluhan faktor, EFI / karburator itu hanyalah perbedaan metoda dan bukan penentu performa mesin.

Kalau kita bilang mesin karbu lebih payah dr mesin EFI, maka kita bisa lihat mobil2 sport legendaris / sedan performa tinggi buatan sebelum tahun 1978 juga menggunakan karburator, tetapi tiap silinder 1 barrel.

Mungkin masih ingat Fiat 125 DOHC, Alfa Romeo / Alfasud buatan early 70s, Datsun Triple S, Corolla dengan mesin 2 TG, etc. Apakah mobil2 tsb. sudah menggunakan EFI ?


Utk konsultasi masalah kinerja mesin, bisa konsul dengan pakar di forum ini yaitu pak PenyuTurbo


*Geser mic ke pak Penyu* :D
Wah Bung Turboman ini maen geser-geseran ...

Udah dijelasin semua kelihatannya sama member-member yang lain.

Yang jelas kalau ngerombak carb ke EFI emang akan berbelanja cukup banyak ... sayang aja dokunya.

Hanya memang dari segi BSFC (Brake Specific Fuel Consumption) ... Mesin EFI akan lebih irit ketimbang yang carb terlebih-lebih lagi kalau EFI udah masuk ke Close Loop aperation ... disamping emisi gas buangnya EFI lebih ramah ketimbang Carb ... yang notabene susah untuk dikendalikan.
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

san_san wrote:
saya tidak bermaksud untuk membuat mobil saya menjadi kencang,saya hanya ingin mobil saya menjadi responsif dan irit dan bertenaga
trims
Kalau itu tujuannya ... sebenarnya sih cuman mengubah sistem Intake dan Exhaust-nya aja ... yang diubah Torque dan Power curve-nya melalui perubahan intake dan exhaustnya.
Image
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: (TANYA)Pasang EFI ke kijang kapsul

Post by kapsul 97 »

coba angkat topik lawas dari 'kubur' nya ....

ada kata-kata 'Multi Spark' .... ada yang bisa jelasin kah apa dan bagaimana itu ..?

trims ... :big_peace:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: (TANYA)Pasang EFI ke kijang kapsul

Post by VanzMatic »

kapsul 97 wrote:coba angkat topik lawas dari 'kubur' nya ....

ada kata-kata 'Multi Spark' .... ada yang bisa jelasin kah apa dan bagaimana itu ..?

trims ... :big_peace:

Multi Spark ya om?









Ini...???
























Image












































............................... :mrgreen: ................................................
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: (TANYA)Pasang EFI ke kijang kapsul

Post by kapsul 97 »

VanzMatic wrote:
kapsul 97 wrote:coba angkat topik lawas dari 'kubur' nya ....

ada kata-kata 'Multi Spark' .... ada yang bisa jelasin kah apa dan bagaimana itu ..?

trims ... :big_peace:

Multi Spark ya om?









Ini...???
























Image












































............................... :mrgreen: ................................................
jedaaaarrrrrrr :big_weee:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: (TANYA)Pasang EFI ke kijang kapsul

Post by VanzMatic »

* GLODAKK * :upss:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: (TANYA)Pasang EFI ke kijang kapsul

Post by jalu »

ikutan ah...

IMO, kalo yg mau dipasang komplit set sistem EFI bawaan kijang juga ke kijang karbu, rasanya gak worthed deh. Krn saya bandingkan gak jauh beda antara performa dan konsumsi bbm nya, bisa dibilang sama aja.

yang menurut saya worthed adalah memindahkan distributor assy kijang EFI ke kijang karbu, output pengapiannya jauh lebih baik, kinerja mesin lbh smooth dan pada saat start di posisi mesin udah panas tetap tokcer (ini penyakit khas mesin 7K karbu + platina)
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: (TANYA)Pasang EFI ke kijang kapsul

Post by kapsul 97 »

bisa jelaskan in detail bro distributor assy nya EFI tokisul tuh apa aja, apa sama kayak di karbu? Atau beda system? Ada info kira-kira harga segelondongan nya berapa? Karena kmren2 ane aga curious juga kalo EFI itu sistem pengapian nya kayak apa compare to karbu, trims before ^_^
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: (TANYA)Pasang EFI ke kijang kapsul

Post by asudarsono »

Banyak bro. Ada ECU ada injector ada pompa bensin ada CDI ada FPR ada sensor O2 dst

Sebagai perbandingan, karbu Aisin kijang baru Rp 1,5 juta. Yang paling mahal Weber dual carb aja paling Rp 10 juta udah termasuk pasang. Di tengah2 ada karbu Galant, P510 dll.
Ready to Race
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: (TANYA)Pasang EFI ke kijang kapsul

Post by kapsul 97 »

wwooww... He he he berarti banyak juga ya ... Kalo dihitung mungkin dah hampir dapet satu unit tokisul EFI tukar tambah dengan unit tokisul karbu ... He he he
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: (TANYA)Pasang EFI ke kijang kapsul

Post by jalu »

secara umum distributor assy punya EFI itu dah CDI, ada perbedaan bentuk fisik sedikit, kabel2 businya beda dan koilnya juga beda. Info ini saya dapat dulu waktu ngobrol sama SA beres toyota, sebenernya yg dibahas waktu itu adalah problem mesin susah hidup kalo distart posisi dah panas untuk mesin 7K karbu + platina. Jadi menurut dia perbedaan performa yg signifikan ada di sistem pengapiannya. Untuk sistem EFI meski sistemnya beda total dng karbu, tapi overall performancenya gak jauh beda sama karbu, dan yg saya rasakan juga demikian.
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
kapsul 97
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04

Re: (TANYA)Pasang EFI ke kijang kapsul

Post by kapsul 97 »

jalu wrote:secara umum distributor assy punya EFI itu dah CDI, ada perbedaan bentuk fisik sedikit, kabel2 businya beda dan koilnya juga beda. Info ini saya dapat dulu waktu ngobrol sama SA beres toyota, sebenernya yg dibahas waktu itu adalah problem mesin susah hidup kalo distart posisi dah panas untuk mesin 7K karbu + platina. Jadi menurut dia perbedaan performa yg signifikan ada di sistem pengapiannya. Untuk sistem EFI meski sistemnya beda total dng karbu, tapi overall performancenya gak jauh beda sama karbu, dan yg saya rasakan juga demikian.
kakak, kebetulan tokisul ane dah CDI walo masih karbu, terus untuk kabel busi dan koil nya kira-kira beda nya dmana ya? bisa yang karbu pake itu kabel busi dan koil ..?