Sz tdk mau langsam
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 71
- Joined: Sat Jan 29, 2005 15:41
- Location: jakarta
Sz tdk mau langsam
Tolong bantu saya dong.
saya pake scorpio z, sejak bbrp hari yg lalu kok putaran mesin tidak langsam ya? (tidak stabil)
kadang membesar, kadang mengecil.. bahkan cenderung mati2, kl pas gas ditutup.
tapi kalo sudah jalan lancar2 saja.. masalah terjadi pas jalan pelan / lampu merah (pas putaran mesin rendah)
padahal baru kira2 dua minggu yg lalu service.. dan selama 2 minggu itu motor tidak ada masalah. (saya service di bengkel resmi karunia motor yg direkomendasikan kenalan saya)
mohon teman2 bantu saya (khususnya yg tau ttg scorpio ini)
1. kira2 apa penyebabnya?
2. apa mungkin settingan klep / karbu berubah dalam waktu 2 minggu itu? (setelah service)?
3. atau mungkin ada penyebab lain?
terus terang keadaan motor yg spt ini sangat merepotkan, khususnya bagi saya yg kerjanya banyak di lapangan (butuh kendaraan)
terimakasih sebelumnya.
saya pake scorpio z, sejak bbrp hari yg lalu kok putaran mesin tidak langsam ya? (tidak stabil)
kadang membesar, kadang mengecil.. bahkan cenderung mati2, kl pas gas ditutup.
tapi kalo sudah jalan lancar2 saja.. masalah terjadi pas jalan pelan / lampu merah (pas putaran mesin rendah)
padahal baru kira2 dua minggu yg lalu service.. dan selama 2 minggu itu motor tidak ada masalah. (saya service di bengkel resmi karunia motor yg direkomendasikan kenalan saya)
mohon teman2 bantu saya (khususnya yg tau ttg scorpio ini)
1. kira2 apa penyebabnya?
2. apa mungkin settingan klep / karbu berubah dalam waktu 2 minggu itu? (setelah service)?
3. atau mungkin ada penyebab lain?
terus terang keadaan motor yg spt ini sangat merepotkan, khususnya bagi saya yg kerjanya banyak di lapangan (butuh kendaraan)
terimakasih sebelumnya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 645
- Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
- Location: Jakarta
itu murni masalah karbu. kalau setelan kiranya sudah ok, coba cek saluran intake (yang dari karbu menuju mesin) apakah sudah aus. biasanya kalau bagian itu aus, langsam jadi kacau, tarikan brebet dan payah. apalagi di tanjakan, sulit ngangkat.
mengingat sz pake karbu vakum, penyebab lain sulit langsam karena terjadi kebocoron kevakuman pada karburator.
mengingat sz pake karbu vakum, penyebab lain sulit langsam karena terjadi kebocoron kevakuman pada karburator.
semoga selamat sampai duluan
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 71
- Joined: Sat Jan 29, 2005 15:41
- Location: jakarta
oo jadi kira2 :
1. setting karbu yg kurang oke.
tapi kan baru sekitar 2 minggu yg lalu service. dan selama 2 minggu itu, motor saya tidak ada masalah apa2. apa mungkin settingan karbu bisa berubah sendiri?
2. saluran intake yg aus
kalo yg ini gimana ngecek nya bro? emg sih motor saya selain tidak mau langsam, tarikan juga lemot. (saya kira gara2 kampas / per kopling yg perlu diganti)
thx
1. setting karbu yg kurang oke.
tapi kan baru sekitar 2 minggu yg lalu service. dan selama 2 minggu itu, motor saya tidak ada masalah apa2. apa mungkin settingan karbu bisa berubah sendiri?
2. saluran intake yg aus
kalo yg ini gimana ngecek nya bro? emg sih motor saya selain tidak mau langsam, tarikan juga lemot. (saya kira gara2 kampas / per kopling yg perlu diganti)
thx
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 645
- Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
- Location: Jakarta
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 71
- Joined: Sat Jan 29, 2005 15:41
- Location: jakarta
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Thu Sep 29, 2005 7:56
- Location: Medan
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 71
- Joined: Sat Jan 29, 2005 15:41
- Location: jakarta
thx for reply
iya kalo udah jalan, motor ndak pernah mati2 lagi.
cuma kalo pas ngerem, tutup gas gitu.. trs pas mau buka lagi rada mberebet dikit..
masalah yg paling merepotkan bagi saya adalah pas motor diem.. sering mati (spt penjelasan saya di atas..)
barangkali ada yg bisa kasi masukkan2 lain buat saya..
terimakasih sebelumnya
iya kalo udah jalan, motor ndak pernah mati2 lagi.
cuma kalo pas ngerem, tutup gas gitu.. trs pas mau buka lagi rada mberebet dikit..
masalah yg paling merepotkan bagi saya adalah pas motor diem.. sering mati (spt penjelasan saya di atas..)
barangkali ada yg bisa kasi masukkan2 lain buat saya..
terimakasih sebelumnya
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Mon Aug 15, 2005 3:19
sebelumnya kasih info dulu om
1. motor dah umur berapa...??
2. km dah brapa...??
3. karbu masih standar atau sudah ganti spuyer2 ato dll (main jet, pilot jet)
4. coba buka busi, warnanya apa...??
kalo masih standar smua, kayaknya tuh setelan pelampungnya deh, jd bensin yg ada dikarbu bisa jadi kebanyakan ato kedikitan, makanya coba cek busi dulu
1. motor dah umur berapa...??
2. km dah brapa...??
3. karbu masih standar atau sudah ganti spuyer2 ato dll (main jet, pilot jet)
4. coba buka busi, warnanya apa...??
kalo masih standar smua, kayaknya tuh setelan pelampungnya deh, jd bensin yg ada dikarbu bisa jadi kebanyakan ato kedikitan, makanya coba cek busi dulu
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
- Location: Anywhere in front of you
idle-nya di rpm brapa
kalo dibawah 1200 sering mati mah wajar
cuman kalo di set idlenya di 1500 masih mati, coba naekin ke 1800
kalo masih mati juga, cek kelistrikan
ganti busi,
atau liat gedenya loncatan api dengan nyopot tutup busi, dan kasih jarak kira-kira 1 cm dari blok, trus diselah, kalo api nggak loncat deketin lagi, kalo sampe 1/2 cm juga nggak ada loncatan api (atau kalo ada juga kecil dan merah) ada masalah di koil atau cdi atau sepul pengapian
trus kalo dari akselerasi ke delerasi, rpm turunnya nahan nggak
kalo nahan brarti setelan anginnya putar kegedean, coba kecilin (putar arah jam) 1/2 putaran
kalo dibawah 1200 sering mati mah wajar
cuman kalo di set idlenya di 1500 masih mati, coba naekin ke 1800
kalo masih mati juga, cek kelistrikan
ganti busi,
atau liat gedenya loncatan api dengan nyopot tutup busi, dan kasih jarak kira-kira 1 cm dari blok, trus diselah, kalo api nggak loncat deketin lagi, kalo sampe 1/2 cm juga nggak ada loncatan api (atau kalo ada juga kecil dan merah) ada masalah di koil atau cdi atau sepul pengapian
trus kalo dari akselerasi ke delerasi, rpm turunnya nahan nggak
kalo nahan brarti setelan anginnya putar kegedean, coba kecilin (putar arah jam) 1/2 putaran
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 71
- Joined: Sat Jan 29, 2005 15:41
- Location: jakarta
sekarang udah mendingan (setelah service dan ganti oli) tapi pagi2 pas manasin motor, idle di 1500rpm, begitu geser2 motor keluar garasi (mesin idup) mulai deh jarum rpm naek turun.
kalo keadaan jalan macet, sering stop and go, tambah kayak mao mati deh mesinnya.
akselerasi juga lemot. begitu grip gas diputer, tidak langsung respon, tapi mblebek dulu, baru kemudian ada tenaga (jadi motor spt mau loncat). tapi begitu udah jalan (rpm udah naik).. tidak ada masalah.
warna busi coklat kok. apa mungkin kelistrikannya yah? tau nya coil / CDI / sepulnya yg rusak gimana? apa ada ciri2 / gejala yg membedakannya?
thx udah reply..
sorry yah kalo terlalu banyak pertanyaan, soalnya saya ndak ngerti ttg motor.
kalo keadaan jalan macet, sering stop and go, tambah kayak mao mati deh mesinnya.
akselerasi juga lemot. begitu grip gas diputer, tidak langsung respon, tapi mblebek dulu, baru kemudian ada tenaga (jadi motor spt mau loncat). tapi begitu udah jalan (rpm udah naik).. tidak ada masalah.
warna busi coklat kok. apa mungkin kelistrikannya yah? tau nya coil / CDI / sepulnya yg rusak gimana? apa ada ciri2 / gejala yg membedakannya?
thx udah reply..
sorry yah kalo terlalu banyak pertanyaan, soalnya saya ndak ngerti ttg motor.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
- Location: Anywhere in front of you
"akselerasi juga lemot. begitu grip gas diputer, tidak langsung respon, tapi mblebek dulu, baru kemudian ada tenaga (jadi motor spt mau loncat). tapi begitu udah jalan (rpm udah naik).. tidak ada masalah."
kayaknya karet diagfragma/vakum karburator ada sedikit robek tuh ...., biasanya sih kalo begini masih segede lobang jarum,
jadi motor kalo idle masih bisa, nah pas dibajek gas, dimana butterfly valve di ujung karbu kebuka, yg kudunya diikutin sama naeknya jarum skep karena ada kevakuman di ruang bakar, nggak langsung diikuti oleh skep karena ada kebocoran, makanya pas digas rada blebek/mo mati karena kebanyakan udara di ruang bakar
weks ... kepanjangan nih
kayaknya karet diagfragma/vakum karburator ada sedikit robek tuh ...., biasanya sih kalo begini masih segede lobang jarum,
jadi motor kalo idle masih bisa, nah pas dibajek gas, dimana butterfly valve di ujung karbu kebuka, yg kudunya diikutin sama naeknya jarum skep karena ada kevakuman di ruang bakar, nggak langsung diikuti oleh skep karena ada kebocoran, makanya pas digas rada blebek/mo mati karena kebanyakan udara di ruang bakar
weks ... kepanjangan nih
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Mon Aug 15, 2005 3:19