Sz tdk mau langsam

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Boomz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Sat Jan 29, 2005 15:41
Location: jakarta

Sz tdk mau langsam

Post by Boomz »

Tolong bantu saya dong.
saya pake scorpio z, sejak bbrp hari yg lalu kok putaran mesin tidak langsam ya? (tidak stabil)
kadang membesar, kadang mengecil.. bahkan cenderung mati2, kl pas gas ditutup.

tapi kalo sudah jalan lancar2 saja.. masalah terjadi pas jalan pelan / lampu merah (pas putaran mesin rendah)
padahal baru kira2 dua minggu yg lalu service.. dan selama 2 minggu itu motor tidak ada masalah. (saya service di bengkel resmi karunia motor yg direkomendasikan kenalan saya)

mohon teman2 bantu saya (khususnya yg tau ttg scorpio ini)
1. kira2 apa penyebabnya?

2. apa mungkin settingan klep / karbu berubah dalam waktu 2 minggu itu? (setelah service)?

3. atau mungkin ada penyebab lain?

terus terang keadaan motor yg spt ini sangat merepotkan, khususnya bagi saya yg kerjanya banyak di lapangan (butuh kendaraan)

terimakasih sebelumnya.
frontier

Post by frontier »

kayaknya masalahnya pada stelan karbu, mungkin ada yang buntu di jarum skep idle-nya ? atau stelan pelampungnya ?
User avatar
jojo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
Location: Jakarta

Post by jojo »

itu murni masalah karbu. kalau setelan kiranya sudah ok, coba cek saluran intake (yang dari karbu menuju mesin) apakah sudah aus. biasanya kalau bagian itu aus, langsam jadi kacau, tarikan brebet dan payah. apalagi di tanjakan, sulit ngangkat.

mengingat sz pake karbu vakum, penyebab lain sulit langsam karena terjadi kebocoron kevakuman pada karburator.
semoga selamat sampai duluan
Boomz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Sat Jan 29, 2005 15:41
Location: jakarta

Post by Boomz »

oo jadi kira2 :

1. setting karbu yg kurang oke.

tapi kan baru sekitar 2 minggu yg lalu service. dan selama 2 minggu itu, motor saya tidak ada masalah apa2. apa mungkin settingan karbu bisa berubah sendiri?

2. saluran intake yg aus

kalo yg ini gimana ngecek nya bro? emg sih motor saya selain tidak mau langsam, tarikan juga lemot. (saya kira gara2 kampas / per kopling yg perlu diganti)

thx
User avatar
jojo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
Location: Jakarta

Post by jojo »

ya harus dilepas dan dilihat daleman intakenya, apakah sudah retak2/pecah2. kalau kurang yakin, bisa cek di bengkel.
semoga selamat sampai duluan
Boomz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Sat Jan 29, 2005 15:41
Location: jakarta

Post by Boomz »

thx mr jojo..
nanti begitu bengkel pada buka, gw coba cek.

atau barangkali ada penyebab2 lain yg mungkin bikin motor ndak mau langsam??
biar nanti bisa langsung di cek semuanya..

terimakasih banyak broo
User avatar
tomy_j
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Thu Sep 29, 2005 7:56
Location: Medan

Post by tomy_j »

Hmm, kayaknya sumber masalah nya dr seputaran karbu deh.<br/>Kalo kompresi bocor, kayaknya gak mgkn, krn bro blg kl uda jalan tuh motor normal aja :)<br/><br/><br/><br/><i>.:Posted via WAP:.</i>
Boomz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Sat Jan 29, 2005 15:41
Location: jakarta

Post by Boomz »

thx for reply

iya kalo udah jalan, motor ndak pernah mati2 lagi.
cuma kalo pas ngerem, tutup gas gitu.. trs pas mau buka lagi rada mberebet dikit..

masalah yg paling merepotkan bagi saya adalah pas motor diem.. sering mati (spt penjelasan saya di atas..)

barangkali ada yg bisa kasi masukkan2 lain buat saya..
terimakasih sebelumnya
konsat
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: Mon Aug 15, 2005 3:19

Post by konsat »

sebelumnya kasih info dulu om
1. motor dah umur berapa...??
2. km dah brapa...??
3. karbu masih standar atau sudah ganti spuyer2 ato dll (main jet, pilot jet)
4. coba buka busi, warnanya apa...??

kalo masih standar smua, kayaknya tuh setelan pelampungnya deh, jd bensin yg ada dikarbu bisa jadi kebanyakan ato kedikitan, makanya coba cek busi dulu
kepin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 564
Joined: Mon Jan 30, 2006 2:43
Location: Jakarta Pusat

Post by kepin »

bros diatasa bener semua tuh, pasti dari karbu deh, setelan nya kekecilan, sy sering gitu kena problem itu abis suka muter2 setelan gas sendiri (iseng) hehehe
Image
Pasar Mobil Kemayoran Blok D9
Lapak Standar Motor: KLIK DISINI
User avatar
hery_jul
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
Location: Anywhere in front of you

Post by hery_jul »

idle-nya di rpm brapa
kalo dibawah 1200 sering mati mah wajar
cuman kalo di set idlenya di 1500 masih mati, coba naekin ke 1800
kalo masih mati juga, cek kelistrikan
ganti busi,
atau liat gedenya loncatan api dengan nyopot tutup busi, dan kasih jarak kira-kira 1 cm dari blok, trus diselah, kalo api nggak loncat deketin lagi, kalo sampe 1/2 cm juga nggak ada loncatan api (atau kalo ada juga kecil dan merah) ada masalah di koil atau cdi atau sepul pengapian
trus kalo dari akselerasi ke delerasi, rpm turunnya nahan nggak
kalo nahan brarti setelan anginnya putar kegedean, coba kecilin (putar arah jam) 1/2 putaran
Boomz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Sat Jan 29, 2005 15:41
Location: jakarta

Post by Boomz »

sekarang udah mendingan (setelah service dan ganti oli) tapi pagi2 pas manasin motor, idle di 1500rpm, begitu geser2 motor keluar garasi (mesin idup) mulai deh jarum rpm naek turun.

kalo keadaan jalan macet, sering stop and go, tambah kayak mao mati deh mesinnya.

akselerasi juga lemot. begitu grip gas diputer, tidak langsung respon, tapi mblebek dulu, baru kemudian ada tenaga (jadi motor spt mau loncat). tapi begitu udah jalan (rpm udah naik).. tidak ada masalah.

warna busi coklat kok. apa mungkin kelistrikannya yah? tau nya coil / CDI / sepulnya yg rusak gimana? apa ada ciri2 / gejala yg membedakannya?

thx udah reply..
sorry yah kalo terlalu banyak pertanyaan, soalnya saya ndak ngerti ttg motor.
User avatar
hery_jul
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
Location: Anywhere in front of you

Post by hery_jul »

"akselerasi juga lemot. begitu grip gas diputer, tidak langsung respon, tapi mblebek dulu, baru kemudian ada tenaga (jadi motor spt mau loncat). tapi begitu udah jalan (rpm udah naik).. tidak ada masalah."

kayaknya karet diagfragma/vakum karburator ada sedikit robek tuh ...., biasanya sih kalo begini masih segede lobang jarum,
jadi motor kalo idle masih bisa, nah pas dibajek gas, dimana butterfly valve di ujung karbu kebuka, yg kudunya diikutin sama naeknya jarum skep karena ada kevakuman di ruang bakar, nggak langsung diikuti oleh skep karena ada kebocoran, makanya pas digas rada blebek/mo mati karena kebanyakan udara di ruang bakar

weks ... kepanjangan nih
konsat
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: Mon Aug 15, 2005 3:19

Post by konsat »

kayaknya tambah puyeng tuh om denger penjelasan ente :D .