Tanya: PERTAMAX
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Sun Oct 15, 2006 16:03
Tanya: PERTAMAX
gw baru beli supra fit tromol ni, rencananya gw mau pake pertamax aja biar mesin lbh awet n tenaga lebih besar. Ada settingan khusus sebelum pake pertanax?? ato langsung pake aja??
thx
thx
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 83
- Joined: Fri Jul 21, 2006 0:58
- Location: jakarta the polution city
gw yang pake grand 94 aja pake Shell Extra Super
busi standar NGK, beli yang Denso malah dapet tipe yang 22, bukan 24
setingan standar gak usah ubah2 udah cukup kok, kemarin pake pertamax plus standar juga gw
paling-paling ganti busi yang agak dingin dikit ya turun 2 angka tuh busi biar mesin gak panas gitu loh 




-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 357
- Joined: Sat Aug 20, 2005 14:02
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 83
- Joined: Fri Jul 21, 2006 0:58
- Location: jakarta the polution city
Sekedar info Shell Super harganya 4950/liter sedangkan Shell Extra Super 5350/liter mendingan pake Shell ya,
kalu pakai premium tenaga gak kerasa karena oktan rendah udah gitu rada boros ini menurut pendapat gw, soalnya waktu pake pertamax plus gw ngisi bensin 4 hari sekali, jarak tempuh dari rumah tempat kerja 80 km, kalo premium kadang 2 hari kadang juga 3 hari
Hope can help you 



-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
- Location: JAKARTA
sharing pengalaman ah, dulu gw pernah pake supra tahun 98', waktu itu gw pake bensin super TT, eh pas tahun 2001-an motor gw ngebul ktnya ring sehernya kena, trus dibongkar dah di bengkel, eh ternyata si pistonnya pas dicek ada bintik2, kepaksa deh harus ganti seher, menurut bengkelnya sih gara2nya super TT itu, ktnya oktannya terlalu tinggi dan panasnya berlebihan, padahal waktu itu sy pake oli mesin yg cukup bagus, jd meningan pake premium aja bro, kecuali montor loe batangan.
GW PUNYA HOBI OTOMOTIF, YA SAPA TAU KETEMU YG HOBI JG JD BISA TUKER PENDAPAT DALAM MODIFIKASI
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 986
- Joined: Wed Feb 23, 2005 5:24
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
- Location: JAKARTA
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 443
- Joined: Sat May 20, 2006 8:47
- Location: Sondy Raya, But now Jakarta barat
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Mon Aug 22, 2005 15:10
- Location: Jakarta
baca buku manual
baca aja buku manual bawaan motor apakah tertulis oktan yang direkomendasikan serta tingkat kekentalan oli yang dianjurkan, kalo udah tau ikutin aja.
no one's perfect
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 645
- Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
- Location: Jakarta
bagusnya ya itu, lebih bersih aja. tapi belum tentu bagus untuk yang lainnya, misal performa dan usia pakai komponen mesin. kalau mesin premium mau pake pertamax, ya harus disesuaikan lagi kompresinya (jadi diatas 10:1) dg cara lepas paking, penyesuaian timing pengapian/cdi (bila cdi berubah, mungkin setingan klep juga harus disesuaikan lagi), dan setting karbu/angin. tanpa penyesuaian, mungkin malah performa mesin jadi menurun karena kurang tepatnya timing pengapian, dan lebih cepatnya komponen yang aus seperti seher dan ring seher. gue bukan mekanik, tapi teorinya kurang lebih seperti itu.ahardo wrote:setahu saya, makin tinggi oktan bukannya makin bagus buat mesin, klo buat ogud sih mending pake shell, blok mesin bersih, gak banyak kerak. tp emang bener mesin pasti panas. solusinya mending pakein radiator aja motormu, ato gak tinggiin sae Olinya
jadi minimal yang harus disesuaikan lagi adl.
- timing pengapian
- karbu
jadi... sah saja kalau mau nenggak pertamax, tapi tanpa penyesuaian, silakan tanggung saja konsekuensinya. dan bila gak mau nanggung konsekuensi, mending beli motor yang kompresinya udah (minimal) 10:1. kalo nambah radiator di bukan mesin radiator, sama aja bunuh diri.
semoga membantu, tentang "how to" nya, konsultasi ke mekanik aja ya..
semoga selamat sampai duluan
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 443
- Joined: Sat May 20, 2006 8:47
- Location: Sondy Raya, But now Jakarta barat
jojo wrote:bagusnya ya itu, lebih bersih aja. tapi belum tentu bagus untuk yang lainnya, misal performa dan usia pakai komponen mesin. kalau mesin premium mau pake pertamax, ya harus disesuaikan lagi kompresinya (jadi diatas 10:1) dg cara lepas paking, penyesuaian timing pengapian/cdi (bila cdi berubah, mungkin setingan klep juga harus disesuaikan lagi), dan setting karbu/angin. tanpa penyesuaian, mungkin malah performa mesin jadi menurun karena kurang tepatnya timing pengapian, dan lebih cepatnya komponen yang aus seperti seher dan ring seher. gue bukan mekanik, tapi teorinya kurang lebih seperti itu.ahardo wrote:setahu saya, makin tinggi oktan bukannya makin bagus buat mesin, klo buat ogud sih mending pake shell, blok mesin bersih, gak banyak kerak. tp emang bener mesin pasti panas. solusinya mending pakein radiator aja motormu, ato gak tinggiin sae Olinya
jadi minimal yang harus disesuaikan lagi adl.
- timing pengapian
- karbu
jadi... sah saja kalau mau nenggak pertamax, tapi tanpa penyesuaian, silakan tanggung saja konsekuensinya. dan bila gak mau nanggung konsekuensi, mending beli motor yang kompresinya udah (minimal) 10:1. kalo nambah radiator di bukan mesin radiator, sama aja bunuh diri.
semoga membantu, tentang "how to" nya, konsultasi ke mekanik aja ya..
ic, sepertinya penjelasan ini membantu sekali, terimakasih om JOJO
Turbo Hayabusa

