Nissan Livina 2007

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

DigitALL wrote: - Vios vs City vs Accent Verna dan rival lainnya (Vios paling laris, ditambah dgn unit taksi. Jika tidak dijadikan taksi, prediksi gw Vios tetap paling laris)
- Kijang vs Panther vs Kuda (Kijang memang tiada duanya ! Mobil sejuta

Di kalangan IU kalo gw perhatikan line-up Toyota juga paling laris :
- Harrier, Alphard, Ist, Wish, Land Cruiser, dan Celica.

Segera menyusul : Terios / Rush 8)
Vios masih kalah sama City soal penjualan.... tapi kalo ditambah Limo City kalah...

kalo di IU cuma Odyssey yg ngalahin Previa...
di compact hatchback, Yaris harus mengakui keperkasaan JAzz hehehe...
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
Naruto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat May 07, 2005 18:15
Location: Sby

Post by Naruto »

Transmisi Livina keren nih, udah pake 6 MT. :)

Image
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Wow, kayak Mazda RX-8....
Image
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

DigitALL wrote: ........
- Vios vs City vs Accent Verna dan rival lainnya (Vios paling laris, ditambah dgn unit taksi. Jika tidak dijadikan taksi, prediksi gw Vios tetap paling laris)
........
Ini ada beberepa kutipan :

"Persaingan City dan Vios

Persaingan pasar sedan kecil tampaknya bakal terus diperebutkan dua ATPM besar, Toyota Astra Motor (TAM) dan Honda Prospect Motor (HPM). Ini terbilang unik, mengingat di kelas ini terdapat sejumlah merek lain seperti antaranya Suzuki, Chevrolet, Hyundai, dan Kia. Dominasi keunggulan angka penjualan antara Toyota Vios dan Honda New City di kelas ini memang bagai menyirnakan prestasi penjualan sedan kecil lainnya. Persaingan masih terus terjadi sejak awal tahun hingga berakhirnya semester pertama 2004 ini.

Pada awal 2004, City memimpin pasar dengan penjualan 940 unit sebulan. Masuk ke bulan Februari, andalan HPM itu kalah dari Toyota Vios yang terjual 1.128 unit. Sedangkan City hanya melepas 545 unit. Namun, keunggulan Vios hanya bertahan hingga Maret 2004.

Sebulan berikutnya, penjualan City kembali melonjak dengan 840 unit, sementara Vios terjual 759 unit. Pada Mei Toyota kembali memenangkan persaingan. Itu terlihat dari data Gaikindo yang melaporkan Honda hanya mampu menjual City sebanyak 277 unit. Sementara Vios dapat mencapai 523 unit. Menjelang akhir semester pertama, City kembali memimpin pasar sedan kecil dengan angka penjualan 987 unit. Toyota pun harus rela melepas tahtanya itu setelah hanya mampu menjual sebanyak 498 unit.

Masih dari data Gaikindo, angka penjualan sedan kecil lainnya, Suzuki New Baleno, Hyundai Accent, dan Kia Rio tak pernah melampaui angka 150 unit sebulannya. Dari ketiganya ini, Accent nampaknya yang paling besar angka penjualan bulannya. "
Sumber : Republika 2004

" Pasar sedan di Januari – Juli 2005 masih dipimpin Toyota dengan angka 10.035 unit atau sebesar 43,2 persen pangsa pasar, diikuti oleh Honda (31,7 persen) dan Hyundai (5,5 persen). Di kelas sedan mini, Toyota memimpin dengan penjualan 7.314 unit, yang terdiri dari 2.920 unit Toyota Vios dan 4.394 unit Toyota Limo. "
Sumber : Sinar Harapan 2005

Eh, btw, mobil2 itu (baca : Baleno, New City, Vios) dah lama juga yah, dah dari taun 2003, bentar lagi dah harus ada penggantinya........

*sory OOT*
Image
User avatar
pinoh_boy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47

Post by pinoh_boy »

yeah OOT mode: on
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

edward wrote:Entahlah strategy apa yg sedang dijalankan NMI,kok kayaknya serba telat dalam meluncurkan mobil?Apa mereka 'belum' mengusai psikology pasar mobil konsumen Indo yah?Gak seperti Toyota yg bisa dg tepat menerjemahkan kemauan pasar mobil di Indo....
Gw jg ngga ngerti, koq China dulu yg luncurkan Livina. Padahal kan bisa bareng atau beda 1-2 bulan aja.
Setuju sama loe bro, Toyota emang tepat dalam menerjemahkan kemauan pasar di Indo. Hasilnya yaitu Kijang, Innova, Avanza Xenia, next : Rush n Terios.

Bukan cuma di Indo, di Amrik pun mereka begitu. Line-up LEXUS utk menembus pasar Amrik dan yg dituju adalah kalangan atas. Kemudian ada SCION. SCION lebih ditujukan utk pasar Amrik krn Toyota ingin memenuhi selera dan kebutuhan anak muda / remaja di Amrik. Mobilnya energik, stylish, sporty, dan mudah dimodif. Terbukti sukses juga !
Makanya Toyota bisa mendominasi pasar mobil diindo krn mereka bisa mengetahui keinginan konsumen Indo dan juga menyediakan produk2 yg menjangkau semua lapisan masyarakat dg kemampuan dan kemauan yg berbeda,produknya ada semua,seperti yg ditulis bung Digi diatas...


Kali aja NMI menunggu orang2 yg dulu sangat antusias dg Jazz,lalu bosan dan skrg diharapkan mau beli Livina.
Atau orang2 yg gak tahan dg 'rakusnya' Innova?
Atau orang2 yg jenuh liat avanza dimana2?
Atau pemilik Avanza yg kepingin punya mobil dg tarikan lbh kuat dr avanzanya?

Hm kalo alasannya krn pajak sih rada masuk akal juga sih....
NMI sudah tepat meluncurkan X-Trail dalam berbagai varian, walopun agak telat. Gw liat, penjualan X-Trail emang paling sukses karena dia paling unggul dibandingkan rivalnya. Jujur gw sendiri juga sempet suka dgn X-Trail 2.5L, begitu juga bokap gw. Gw jatuh cinta waktu test drive X-Trail tapi sayang budget blom ada jd ngga beli.

Okay, back 2 Livina. Kenapa gw bilang LIVINA sangat telat. Coba liat penjualan Toyota Avanza 5.000 unit/bln dan Xenia 2.000 unit/bln ! Itu sudah mencapai kemampuan produksi paling maksimal. Kalo LIVINA terlalu lama dipendam, maka sudah berpuluh2 ribu Avanza dan Xenia yg dipasarkan oleh TAM dan ADM. Orang yg udah beli (termasuk sodara gw), tentu ngga akan melirik lagi mobil baru spt LIVINA ! Walopun secara keseluruhan LIVINA lebih unggul. And at the end of the story ... boro2 beli Livina, diliat pun mungkin tidak. Volume penjualan pun akhirnya didominasi Avanza Xenia. Livina hanya makan sisa volume yg ada. :wink:
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

gw setuju sama bro DigitALL

iya orang udah lebih milih yg diluncurin duluan...
kaya Jazz yg duluan dibanding Swift dan Yaris...liat aja sekarang ga bisa ditaklukan hehehe...
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

WP wrote:gw setuju sama bro DigitALL

iya orang udah lebih milih yg diluncurin duluan...
kaya Jazz yg duluan dibanding Swift dan Yaris...liat aja sekarang ga bisa ditaklukan hehehe...
Soalnya budaya orang sini kan ikut2an. Misal satu orang beli Avanza / Xenia, nah yg ikut beli bisa 10 orang. 10 orang beli beli Avanza, yang ikut beli bisa 100 orang. Faktor lainnya juga ada, misal harganya yg terjangkau, brand image yg kuat, resale value yg bagus dan sbg-nya. Jadi udah ngga terbendung lagi populasi Avanza Xenia hingga skrng ini.

Jadi yg telat, tinggal makan sisanya ... :wink:
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Jadi rumit nih... n bikin bingung gw. Bukannya tiap tahun itu normalnya mobil terjual se Endonesa ini sekitar 400-500 ribu unit (kecuali tahun 2006 ini yg angkanya turun).

Artinya, tahun depan saat Livina diluncurkan, sudah tersedia kurang lebih 400-500 ribu orang calon pembeli ? Masalahnya tinggal mobil mana yg akan dipilih. Dan setiap tahun akan selalu begitu. Kecuali ada force majore yg bikin ekonomi amburadul.
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Post by edward »

Gak perlu bingung bung uch...

Memang angka 400-500rb adalah angka statistik total penjualan mobil oleh Gaikindo.
Memang bener angkanya berkisar segitu,dan bukan berarti tiap tahun nanti akan ada 'orang2 kaya baru' yg akan membeli mobil,shg jumlah angka itu tercapai.

Tetapi yg kita lihat ini adalah sebuah 'psikology pasar',siapa yg meluncurkan mobil duluan,maka kalo produknya bagus dan sesuai dg keinginan pasar,maka dia akan mengambil porsi penjualan terbesar(lihat kijang,jazz,avanza).

Juga 'budaya' orang kita yg sangat mempercayai 'rekomendasi' / testimoni dr pemakainya.
Orang bilang avanza bagus maka byk yg beli,maka produksinya bisa mencapai 5000unit perbulan,begitu pula dg Jazz dan Xtrail misalnya.
Kenapa Innova tidak begitu besar volume penjualannya?(saya gak tau persisi angkanya,tetapi kemaren di dealer di tawarin suruh ambil Innova aja yg udah ready stock...)
lebih krn byk yg ngomong kalo konsumsi BBMnya boros,makanya penjualannya agak tersendat...

So begitulah psikology pasar yg mgk saja berbeda dg negara lain....

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Post by edward »

Terkait dg Livina.
Kalo ekspektasi pasar tercapai(mobil bagus,murah,komplit,sparepart byk,BBM irit,harga jual gak jatuh)maka bisa jadi nanti testimoni dr pemakai pertama nanti pasti akan mempengaruhi angka penjualannya.
Bisa aja akan byk pemilik A/X(khususnya A/X generasi awal yg byk masalah),nanti bisa2 mereka pada jualin mobilnya utk di tukar tambahkan ke Livina!

Itu kalo harapan pasar tercapai loh......

Dan bukan tidak mgk,orang2 yg selama ini masih menunggu2 adanya mobil keluarga murah meriah dan berkualitas yg tidak murahan,akan lari mengambil Livina....

Konsumen kita memang sadis terhadap mobil,ada mobil MPV mewah macam Carnival/Sedona,harganya bisa dibanting sampai remuk kalo konsumen gak suka.... :wink: :wink:

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Saat ini Nissan berjaya di SUV, dan memang begitu sejak 10 tahun belakangan, mulai dari Terrano hingga X-Trail.

Comeback-nya Serena juga merupakan titik balik kebangkitan Nissan di pasar nasional.

So, jika strategi pemasarannya tepat, bukan tak mungkin kalau Livina bisa mendongkrak penjualan Nissan
Naga
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Wed Dec 06, 2006 14:05

Post by Naga »

Kalau saya bilang, bukan orang Indo sadis ama mobil macam Carnival. Sebenernya yang bikin mobil macam Carnival hancur resale valuenya itu bukan nama mereknya atau asal negaranya. Buktinya Samsung / LG sangat popular di Indonesia.


Yang bikin mobil Korea hancur adalah MECHANICAL PROBLEM. Apalagi berapa tahun lalu Carnival banyak sekali problem. Nah itu saja. Malah pertama kali launching, banyak orang suka ama Carnival, meskipun merek Kia sangat baru / belom ada track record. Itu pun luar biasa kan ?


Cuman yaitu, kalau performa mobilnya mengecewakan, jangan bilang orang Indo, orang Africa pun juga akan sadis ama mobil macam gitu. Sekarang bisa saja sudah mendingan, tapi image buruk sudah terlanjur melekat. Jadi butuh entah berapa lama untuk puli.


Asal build qualitynya bagus (kebetulan mayoritas adalah bikinan Jepang, bukan saja di Indo, di seluruh dunia image mobil Jepang sama), harga barunya murah (100-180 juta), di jamin resale valuenya bagus.


Kecuali merek Jepang macam Subaru / Mazda agak tidak kuat, soalnya jumlah bengkel / aftersalesnya jauh dari the Big 3 (Toyota, Nissan, Honda). Pula mobil Mazda dan Subaru lumayan mahal harganya. Kayaknya saat ini ngak ada satu pun mobil Mazda / Subaru yang harga OTRnya di range 100-180 juta.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Yang bikin mobil Korea hancur adalah MECHANICAL PROBLEM. Apalagi berapa tahun lalu Carnival banyak sekali problem. Nah itu saja. Malah pertama kali launching, banyak orang suka ama Carnival, meskipun merek Kia sangat baru / belom ada track record. Itu pun luar biasa kan ?
Setuju banget sama bro Naga. Masalah mekanikal yg bikin image mobil Korea jatuh, hal ini sangat disayangkan. Padahal itu hanya terjadi pada produk2 awal saja, untuk produk selanjutnya sudah mengalami perbaikan.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

So, jika strategi pemasarannya tepat, bukan tak mungkin kalau Livina bisa mendongkrak penjualan Nissan
Kita liat aja persaingan tahun depan. Kalo dari harganya, Livina ini sebenernya berada diatas Avanza Xenia, bahkan Avanza 1.5L VVTi A/T paling mahal sekalipun.
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Post by edward »

Hm bener bgt kata rekan2....

Saya bilang sadis bgt thd Carnival krn saya ingat bgt,betapa inginnya dulu saya punya mobil MPV gendut dan lega macam Carnival ini.

Tiap kali lihat di jalanan wah ini mobil kok keliatan kokoh,nyaman dan mewah bgt.Dulu saya sering bgt liat di sekitaran komplek Lippo karawaci kayaknya byk bgt yg punya.

Tapi seiring waktu ternyata byk di landa masalah di sektor mesin,dan alamak harga bekasnya terjun bgt...

Berarti bener,waktu launching pertama dulu,pasar sangat mengharapkan mobil seperti ini.Namun sayang reliabilitasnya tidak memenuhi keinginan pasar!

So saya cuma berharap dg kehadiran Livina ini jangan sampai mengecewakan seperti halnya ketika pertama kali Carnival di launch!(hiks ataupun ketika pertama kali Avanza di launch!) :wink:

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

DigitALL wrote: Kita liat aja persaingan tahun depan. Kalo dari harganya, Livina ini sebenernya berada diatas Avanza Xenia, bahkan Avanza 1.5L VVTi A/T paling mahal sekalipun.
Livina ini 1.5L & 1.8L
jelas bukan di kelas Av/Xe

Real Avanza ya 1.3L, Avanza versi 1.5L khan sebenernya pelengkap aja, buat yg pengen tenaga lebih, sama hal-nya seperti juga Innova yg punya versi V 2.7 buat yg ingin tenaga lebih, toh sejatinya Innova ya 2.0L

So, Livina kemungkinan berhadapan dgn Rush / Terios

Yg pasti kita akan mendapati pengalaman baru ini, dimana dominasi Toyota saat ini, dgn jajaran "Blue Chip"-nya (Av, Rush, Innova) coba ada yg nge-lawan.

Jadi ingat hal semacam ini di Era pertengahan 90-an,
kala itu (92-96), serbuan Vitara, Escudo, Sidekick, berhasil mencuri pasar Kijang Super.

Walopun akhirnya begitu Kijang kapsul keluar (1997) langsung dibantai semua.....
Image
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Denger2 dgn adanya Livina ini Nissan menargetkan penjualannya mencapai 40 ribu pertahun. Ehemm... kira2 tercapai nggak ya. Kalo piling gw sih kayaknya bakal tercapai, karena kalo dari positioning, justru Livina ini yg menggantikan secara persis posisi kijang kapsul, dibandingkan Innova yg naik kelas dan Avanza yg turun kelas.
endy_en
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 89
Joined: Fri Nov 10, 2006 9:48

Post by endy_en »

Kemarin saya telp ke dealer NMI Medan.
Tanya-tanya info katanya Livina bisa didapat bulan Maret 2007 nanti dan contoh mobil bisa dilihat bulan Jan-Feb nanti.

Harga OTR Medan :

1500cc
147,4 jt M/T
152 jt M/T
162,5 jt A/T

1800cc
173 jt M/T
185 jt M/T
198 jt A/T
211 jt A/T Limited Edition

variasi harga hanya beda di aksesoris doang. Dan sang marketing belum tau bedanya apa saja.
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Post by edward »

Hm positioning harganya PAS diangka2 nya Innova....

Bener kata rekan2 diatas,ini mobil bukan utk di adu dg A/X bahkan Avanza S pun masih jauh.
Tapi di adunya langsung berhadapan dg Kijang Innova...(walaupun beda CC)

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Thanks to Bro endy_en utk info harga Livina...

Utk yg Livina 1500cc jelas lawannya adalah Toyota Rush / Dai Terios

Rush :
Tipe 1.5 G/M/T Rp.155 juta
Tipe 1.5 S/M/T Rp. 165 juta
Tipe 1.5 S/A/T Rp. 179 juta

Livina 1500cc :
147,4 jt M/T
152 jt M/T
162,5 jt A/T

Hmmm................
Menarik bukan utk yg 1500cc.

Utk yg Livina 1800 cc, dgn range harga segitu tentu akan berhadapan dgn Innova E, G dan V
Akhir2 ini cukup byk org yg merasa Innova itu terlalu boros, so mungkin Livina 1800cc ini sepertinya bisa sedikit mencuri pasar....

Yg pasti rancang bangun Nissan gak perlu di ragukan, gak seperti merek2 korea yg harus membuktikan diri terlebih dahulu.
Image
endy_en
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 89
Joined: Fri Nov 10, 2006 9:48

Post by endy_en »

wah harga Rush lebih mahal dari Livina 1500 yah?
harga Rush diatas masih harga Jakarta sedangkan harga Livina 1500 udah harga Medan.
Berarti kalo harga Rush Medan bisa membengkak sktr 5juta lagi tuh.

Bisa keok nih Rush :D
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

endy_en wrote:wah harga Rush lebih mahal dari Livina 1500 yah?
harga Rush diatas masih harga Jakarta sedangkan harga Livina 1500 udah harga Medan.
Berarti kalo harga Rush Medan bisa membengkak sktr 5juta lagi tuh.

Bisa keok nih Rush :D
belum tentu keok juga...

Livina bentuknya sangat MPV sedangkan Rush yg compact SUV lebih sporty kemungkinan dibeli oleh pasar yg hampir sama dengan Yaris, yaitu anak muda. Livina mungkin banyak yg beli sebagai first car, atau pasarnya mayoritas lebih dewasa ketimbang Rush.

Meskipun begitu, kita liat aja nanti gimana...
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Mike wrote:
DigitALL wrote: Kita liat aja per
Jadi ingat hal semacam ini di Era pertengahan 90-an,
kala itu (92-96), serbuan Vitara, Escudo, Sidekick, berhasil mencuri pasar Kijang Super.

Walopun akhirnya begitu Kijang kapsul keluar (1997) langsung dibantai semua.....
nah, seperti postingan saya sebelumnya di atas (yg meng-quote endy_en),

Rush vs Livina bisa dibilang sama dengan Vitara vs Kijang dulu..

walaupun harga gak jauh beda, bahkan ada yg relatif sama (Sidekick berharga lebih murah sehingga berhadapan Kijang model menengah), tetap saja ada pembelinya kan?

pembelinya kebanyakan kaum urban yg berjiwa muda, yg menganggap Kijang terlalu minibus dan tidak bergaya sporty, sehingga bisa disimpulkan kebanyakan pembelinya tidak bermaksud untuk mengangkut orang banyak atau hanya keluarga kecil, misal anak muda (mahasiswa/pelajar), atau pekerja yang berusia masih relatif muda, seperti kita lihat keadaan belasan tahun lalu.
geli2
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Sun Oct 01, 2006 7:39

Post by geli2 »

Kalo menurut saya, Rush, dengan kapasitas 5 penumpang, punya segmen pasar berbeda dengan Livina. Livina 1.8 akan berhadapan dengan Innova, sedangkan 1.5 akan menantang Avanza,APV dan terios kelas atas.
Terios sendiri sangat menarik. Sayang belum liat sendiri mobilnya, tapi kalau melihat spec di website-nya dengan harga segitu sungguh sangat menggoyahkan iman :)
Bisa-bisa batal menunggu Livina :(
<Start><IFRAME></IFRAME><End>