Saringan Tengah/Muffler Tengah

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Jurig_Jaringan
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Tue Feb 14, 2006 3:24

Saringan Tengah/Muffler Tengah

Post by Jurig_Jaringan »

Kalo mobil jenis sedan terdapat saringan knalpot/muffler dibagian tengah, kalo misal ngga dipake/dilangsungin ke muffler belakang kira2 apa efek negatif nya ?
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Re: Saringan Tengah/Muffler Tengah

Post by PenyuTurbo »

Jurig_Jaringan wrote:Kalo mobil jenis sedan terdapat saringan knalpot/muffler dibagian tengah, kalo misal ngga dipake/dilangsungin ke muffler belakang kira2 apa efek negatif nya ?
Suara knalpot jadi bising (lebih keras).
Image
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Yup betul kata Pak PenyuTurbo. Kalau saringan tengah dicabut suara jadi makin keras, soalnya dulu mobil gw juga ngga pake saringan tengah. Apalagi kalo di RPM tinggi lepas gas mendadak maka suara sedikit berebet dan keras.

Skrng udah gw pasang lagi tabung tengahnya, lumayan mahal yg gw punya. Tp kalo mau tabung tengah yg murah jg banyak. Wkt itu gw maunya yg bagusan sih hehehe :)

Itu efek negatifnya kan.

Nah kalo positifnya, akselerasi sedikit lebih cepet.
Kalo ngga salah, dgn mencabut tabung tengah itu kita sebut "free flow".
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Kalo eterna dibikin Free Flow emang makin mantaff......
dari Goceng ke Red Line makin entengg....
Image
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Sebelumnya Eterna gw jg dibikin free flow, emang tarikan atas lebih enteng. Cuma saat lepas gas di RPM tinggi atau lagi down-hill dgn engine break di gear 3 itu suaranya berisik sekali dan ada sedikit berebet. Emang sih keren didengernya tp kalo lama kelamaan jadi puyeng jg.

Akhirnya sejak beberapa bulan yg lalu tabung tengahnya gw pasang kembali. Skrng masih nge-bass cuma ngga gitu berisik, jadi lebih enak didenger dlm perjalanan jauh.
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Post by avansa »

DigitALL wrote:Sebelumnya Eterna gw jg dibikin free flow, emang tarikan atas lebih enteng. Cuma saat lepas gas di RPM tinggi atau lagi down-hill dgn engine break di gear 3 itu suaranya berisik sekali dan ada sedikit berebet. Emang sih keren didengernya tp kalo lama kelamaan jadi puyeng jg.

Akhirnya sejak beberapa bulan yg lalu tabung tengahnya gw pasang kembali. Skrng masih nge-bass cuma ngga gitu berisik, jadi lebih enak didenger dlm perjalanan jauh.
kapsulku knalpotnya sharingya gak di apa apain,tapi saat lepas gas di rpm tinggi dan kasus yang sama dengan " Digital " suaranya berisik kayak suara tembakan basoka..." gimana tuh..?.
trus lagi kalau Ac di on kan,maka gas menggerung dan membesar sendiri,apa lagi saat netral suaranya seperti menarik gas..padahal pedal gas nya nggak di injak ....
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Kalo RPM ikut naek pas AC dinyalain biasanya terjadi di mesin2 under 1500cc, karena khan compressor perlu tenaga utk diputer.
Sementara kalo utk mobil2 cc besar biasanya gak terjadi seperti itu, karena dlm kondisi idle pun kuat muter kompressor ac karena torsi gede.
Image
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

avansa wrote:
DigitALL wrote:Sebelumnya Eterna gw jg dibikin free flow, emang tarikan atas lebih enteng. Cuma saat lepas gas di RPM tinggi atau lagi down-hill dgn engine break di gear 3 itu suaranya berisik sekali dan ada sedikit berebet. Emang sih keren didengernya tp kalo lama kelamaan jadi puyeng jg.

Akhirnya sejak beberapa bulan yg lalu tabung tengahnya gw pasang kembali. Skrng masih nge-bass cuma ngga gitu berisik, jadi lebih enak didenger dlm perjalanan jauh.
kapsulku knalpotnya sharingya gak di apa apain,tapi saat lepas gas di rpm tinggi dan kasus yang sama dengan " Digital " suaranya berisik kayak suara tembakan basoka..." gimana tuh..?.
trus lagi kalau Ac di on kan,maka gas menggerung dan membesar sendiri,apa lagi saat netral suaranya seperti menarik gas..padahal pedal gas nya nggak di injak ....
Hmmm there's something wrong with your kapsul ? Kebetulan gw jg punya Kijang kapsul 1.800cc LGX, and sampe sekarang ini semuanya fine2 aja alias suara dari knalpotnya ngga berisik, bahkan masih lebih hening dibandingkan Eterna gw.

Perkiraan gw, mungkin bro avansa pernah merubah sesuatu pd sistem pembuangannya. Apa knalpot bagian ujung diganti ? Atau kemungkinan lain yaitu ada pipa yang bocor sehingga suaranya jadi berisik. Coba di cek lagi, kalau kondisi standar dan tidak ada yg bocor seharusnya tidak berisik sama sekali, walopun gas dilepas pd RPM tinggi.

Yg masalah AC jg mungkin ada yg ngga bener, krn kapsul gw jg fine2 aja bro. Atau kapsul bro ini yg tipe LX, SX kali ya. Kan masih karburator, mungkin ngga emang dari sananya begitu ? :roll:
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Post by avansa »

Tentu saja pasti ada yang nggak beres,kebetulan kapsulku generasi LGX ,seminggu yang lampau knalpot barusan di ganti baru, belinya di daerah kawasan pengrajin Knalpot di daerah saya ( Purbalingga; red) nota bene yang pasang yang jual..kemungkinan bocor kan kecil sekali,
saya pun percaya aja...Kelainan di Ac sejak ganti CD dan platina...Wah karena saking nggak taunya masalah mesin, perasaan jadi jengkel ama bengkelnya ( bengkel yang nangani, bengkel non resmi TAM )....
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

avansa wrote:Tentu saja pasti ada yang nggak beres,kebetulan kapsulku generasi LGX ,seminggu yang lampau knalpot barusan di ganti baru, belinya di daerah kawasan pengrajin Knalpot di daerah saya ( Purbalingga; red) nota bene yang pasang yang jual..kemungkinan bocor kan kecil sekali, saya pun percaya aja...
Bisa terjadi kebalikannya ... kemungkinan bocor besar sekali ... hehehehe ... mesti di check ulang ... namanya aja manusia ... jangan percaya 100%. Kalau ternyata ada kebocoran yaa dibenerin ... biar gak nembak lagi kayak bazoka.
avansa wrote: Kelainan di Ac sejak ganti CD dan platina...Wah karena saking nggak taunya masalah mesin, perasaan jadi jengkel ama bengkelnya ( bengkel yang nangani, bengkel non resmi TAM )....
Mas avansa, poso poso gak boleh jengkel ... nanti kapsulnya tambah ngadat. Ada kemungkinan Idle Up Valve nya yang udah kurang bener (mungkin sambungan elektriknya) atau kemungkinan ada kebocoran di selang vacuum (udah pada pecah atau kurang kenceng masangnya) ... selepas saur kan bisa ngecek pelan-pelan ...
Image
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Post by avansa »

Bener juga...Mesti kudu ke benkel resmi yang serba komputerisasi,....Tapi siap siap ambil napas panjang saat terima bonya,....Di cek sendiri...he..he..he..Buka tutup mesin,yang ku tahu cuman posisi dinamo,Aki,kaburator,busi...kelainan dan kerusakan serta teman temanya ..nggak ngerti...Hiks..
Image