motor baru high tech vs motor baru teknologi lama?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
motor baru high tech vs motor baru teknologi lama?
Sekarang motor udah makin banyak di Indonesia. Melalui poling ini sy mau tahu pendapat rekan2 soal motor baru.
- Motor2 baru yg menurut pandangan awam tergolong 'high-tech' dan 'lux' spt Supra X PGMFI, Ninja RR, Honda CBR-150, Satria F dan akan hadir Bajaj Pulsar DTS-i (225cc injection), trus jg mungkin nantinya akan datang motor2 berkapasitas kecil dgn teknologi yg lbh modern.
VERSUS
- Motor2 muka baru di Indonesia tp teknologi lama spt Honda Supra Fit/X-125, Jupiter Z/MX, Suzuki Shogun/125R/SP dsb. yg rata2 msh memakai sistim konvensional.
Klo sy..
lbh memilih pilihan kedua; kenapa?
teknologi memang berkembang pesat! lambat laun yg lama akan kalah dgn baru. tapi klo sy pribadi cenderung memilih yg konvensional. salah satu alasan yg utama adlh tersentuh oleh tangan awam. coba misalnya tiba2 suatu saat dijalan qta mengalami trouble dgn motor2 high-tech berotak komputer qta gak akan tahu apa titik awalnya.
Contohnya..
Klo org dulu cuma tahu masalah motor mogok dijalan krn busi, karburator, platina. Tinggal otak-atik dikit..greeng..beres!
makanya sampe skrg bajaj, bemo msh eksis krn tersentuh tangan awam.
Dengan motor teknologi baru. qta gak akan mudah menerka apa yg terjadi shg knapa motor tiba2 bs mogok.
Segitu aja deh..
Tolong beri alasannya jg yah.
- Motor2 baru yg menurut pandangan awam tergolong 'high-tech' dan 'lux' spt Supra X PGMFI, Ninja RR, Honda CBR-150, Satria F dan akan hadir Bajaj Pulsar DTS-i (225cc injection), trus jg mungkin nantinya akan datang motor2 berkapasitas kecil dgn teknologi yg lbh modern.
VERSUS
- Motor2 muka baru di Indonesia tp teknologi lama spt Honda Supra Fit/X-125, Jupiter Z/MX, Suzuki Shogun/125R/SP dsb. yg rata2 msh memakai sistim konvensional.
Klo sy..
lbh memilih pilihan kedua; kenapa?
teknologi memang berkembang pesat! lambat laun yg lama akan kalah dgn baru. tapi klo sy pribadi cenderung memilih yg konvensional. salah satu alasan yg utama adlh tersentuh oleh tangan awam. coba misalnya tiba2 suatu saat dijalan qta mengalami trouble dgn motor2 high-tech berotak komputer qta gak akan tahu apa titik awalnya.
Contohnya..
Klo org dulu cuma tahu masalah motor mogok dijalan krn busi, karburator, platina. Tinggal otak-atik dikit..greeng..beres!
makanya sampe skrg bajaj, bemo msh eksis krn tersentuh tangan awam.
Dengan motor teknologi baru. qta gak akan mudah menerka apa yg terjadi shg knapa motor tiba2 bs mogok.
Segitu aja deh..
Tolong beri alasannya jg yah.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
- Location: JAKARTA
klo menurut gw, memang dengan menggunakan sistem injeksi perawatan suatu kendaraan akan lebih rumit dibandingkan dengan menggunakan sistem karburator, tp kan ngga ada salahnya klo kita coba untuk memulai menggunakkan teknologi yg lebih maju, pada dasarnya apabila kendaraan itu dirawat dengan baik maka ngga nyusahin juga ky-nya, malah dengan sistem injeksi tarikan lebih responsif, bahan bakar pasti lebih irit, tp menurut sy sendiri sistem injeksi bukannlah suatu penghalang untuk membeli sebuah kendaraan contohnya : kijang, dari kijang dengan sistem karburator (kotak) ampe kijang injection (kapsul) tetep aja laku, mungkin untuk supra-x pgm-fi nanti juga pasti bakal laku.
GW PUNYA HOBI OTOMOTIF, YA SAPA TAU KETEMU YG HOBI JG JD BISA TUKER PENDAPAT DALAM MODIFIKASI
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Tue Jun 27, 2006 12:04
- Location: SCBD - JKT
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
- Location: Depok
Teknologi lama dan teknologi baru menurut gw harus disesuaikan dengan kebutuhan pasar...!
Nggak perlu maksain suatu terobosan kalo manfaatnya kagak perlu dan kita sebagai konsumen tidak boleh jg terlena dengan teknologi yg sekarang.
Kl menurut gw, ini saatnya di indonesia muncul teknologi2 baru (jgn yg terlalu ekstrim kayak injeksi) spt motor2 dohc, ramah lingkungan, nggak boros, spidometer akurat, lampu yg jelas dan fungsional... mungkin hal2 spt itu udah cukup... eittt.. satu lg, model keren
Nggak perlu maksain suatu terobosan kalo manfaatnya kagak perlu dan kita sebagai konsumen tidak boleh jg terlena dengan teknologi yg sekarang.
Kl menurut gw, ini saatnya di indonesia muncul teknologi2 baru (jgn yg terlalu ekstrim kayak injeksi) spt motor2 dohc, ramah lingkungan, nggak boros, spidometer akurat, lampu yg jelas dan fungsional... mungkin hal2 spt itu udah cukup... eittt.. satu lg, model keren
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 763
- Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27
manusia selalu berkembang kalo konvensional terus kita ga akan seperti sekarang.....
so motor baru musti teknologi baru....tapi harganya jangan mahal-mahal hahahahaahahha
Thailand baru bagus tuh motor dikasih teknologi bagus (CBR DOHC 150) harga juga mantafffffffffffff
Indonesia ? motor 'murah' (teknologi dari jaman doeloe yaitu tiger) harga selangitttttttt
sooooo masih nyari yang konvensional ?
mobil aja ntar masa depan dah ga pake ban (kaya star wars) hehehe trusss motor juga gitu kali yahh ?
atau masa depan ga ada mobil n motor lagi masing-masing beli aja satu roket terbang yang ditaruh di pundak jadi deh bisa kemana mana ...
tapi yang pasti kalau teknologi tidak berkembang maka kiamat pasti akan lebih cepat terjadi...
contohnya antara lain...minyak habis...ozon menghilang...kutub es mencair bla..bla..bla..bla...
hanya teknologi yang bisa memperlambat prosesnyaaa....
so motor baru musti teknologi baru....tapi harganya jangan mahal-mahal hahahahaahahha
Thailand baru bagus tuh motor dikasih teknologi bagus (CBR DOHC 150) harga juga mantafffffffffffff
Indonesia ? motor 'murah' (teknologi dari jaman doeloe yaitu tiger) harga selangitttttttt
sooooo masih nyari yang konvensional ?
mobil aja ntar masa depan dah ga pake ban (kaya star wars) hehehe trusss motor juga gitu kali yahh ?
atau masa depan ga ada mobil n motor lagi masing-masing beli aja satu roket terbang yang ditaruh di pundak jadi deh bisa kemana mana ...
tapi yang pasti kalau teknologi tidak berkembang maka kiamat pasti akan lebih cepat terjadi...
contohnya antara lain...minyak habis...ozon menghilang...kutub es mencair bla..bla..bla..bla...
hanya teknologi yang bisa memperlambat prosesnyaaa....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 645
- Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
Re: motor baru high tech vs motor baru teknologi lama?
Ninja RR hitech/lux nya dimana bro? ini khan udah ngga aneh.anak_singkong wrote:Sekarang motor udah makin banyak di Indonesia. Melalui poling ini sy mau tahu pendapat rekan2 soal motor baru.
- Motor2 baru yg menurut pandangan awam tergolong 'high-tech' dan 'lux' spt Supra X PGMFI, Ninja RR, Honda CBR-150, Satria F dan akan hadir Bajaj Pulsar DTS-i (225cc injection), trus jg mungkin nantinya akan datang motor2 berkapasitas kecil dgn teknologi yg lbh modern.
VERSUS
- Motor2 muka baru di Indonesia tp teknologi lama spt Honda Supra Fit/X-125, Jupiter Z/MX, Suzuki Shogun/125R/SP dsb. yg rata2 msh memakai sistim konvensional.
Trus SatriaF & CBR150 juga "cuma" sama2 DOHC. Yg satu pakai oil cooling, yg satu water cooling.
Lha JupiMX juga pakai watercooling, berarti semi hitech?
misal gw pertegas .. hitech = injection
gw mau yg hitech, tapi HARUS tidakboleh overpriced baik dari motornya, juga biaya perawatan/parts nya. Sewajarnya saja lah.
Injection disini keuntungannya AFR yg terjaga di stoichiometric 14.5~14.8 :1
contoh, konsumsi bbm karimun (karbu) brp tuh 1:10-<15km?
sementara Kia Picanto (injection) bisa diatas 1:20km , 1100cc lagi (karimun 1000cc-an)
mobil sekarang udah ngga pusing khan dng injection, malah bingung kalau ada mobil baru tapi msh karbu
Tapi utk kendaraan niaga, demi menekan harga, juga biaya maintenance, wajar kalau masih ber-karbu.
Nano Energizer - (Product of nanoTec International - Korea) dengan nano ceramic technology.
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
selama pajak di indo masih tinggi ngak bakalan bisa kayak malaysia,siapa yang mau beli 1 biji motor gede yang harganya sama kayak xtrail ato crv hahahaha.kecuali emang duit di brankas udah full hehehemas_eko wrote:Kalo menurut gw, ngapain juga beli motor baru dg harga yg cukup mahal tp masih pake teknologi lama? Kapan kita bisa spt Malaysia yg setiap saat bisa liat moge di jalanan? Lagian, tekno baru = ramah lingkungan bukan?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 645
- Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
- Location: Jakarta
OKE DEH,, mari kita bandingkan antara yang konvensional dengan yang otomatis (advanced).
--platina vs cdi:
sistem perapian platina mungkin mirip sistem pengkabutan karburator jaman sekarang, setingan lambat laun berubah. Bila motor susah distart, kemungkinan harus menyeting kembali platina yang katanya merepotkan. Tapi pada CDI? Selama CDI gak rusak, gak bakalan sistem perapian tuh berubah, selamanya begitu terus.
--sohc vs dohc:
yang terkait di sini adalah sistem klep masuk dan buang. pada sohc, secara berkala (2-3 bulan sekali) kerapatan klep harus diatur ulang, supaya power kendaraan tetap terjaga. pada dohc, kerapatan klep secara otomatis mengikuti ketebalan shim yang kemungkinan ausnya bisa sampai 2 tahun. jadi setting klep cukup 2 tahun sekali.
--karburator vs injeksi
wah,, kalau injeksi gw gak bisa bicara banyak, belom pernah ngerasain injeksi sih. tapi kalo karburator, memang teknologi yang masih merepotkan. setingan lambat laun berubah, perawatan ribet, dan nyetingnya gak gampang (buat orang awam).
--spido mekanis vs spido elektris
spido mekanis bergerak secara mekanis mengikuti gerakan perputaran roda melalui perantara kabel. banyak kasus, spido mati karena kabel putus, dan kebanyakan orang malas mengganti kabelnya, akhirnya spido dibiarkan mati selamanya. tapi pada spido elektris atau digital, tidak lagi membutuhkan kabel mekanis. Selama tidak ada masalah pada sistem kelistrikan, spido elektris atau digital, lebih tahan banting.
--pelek jari vs pelek palang
niscaya, walaupun anda tidak pernah menyentuh lubang, pelek jari harus kembali disetel secara berkala. tapi untuk pelek palang yang berkualitas baik, selamanya bisa lurus tanpa harus disetel.
--air cool vs oil cool vs water cool
untuk dua yang pertama memang minim perawatan, tapi efeknya kurang nendang bila dibandingkan water cool. sedangkan water cool, boleh dibilang, perawatannya cukup manja. mungkin masih perlu dikembangkan teknologi cooling yang lain lagi nih, supaya efeknya bisa seperti water cool tapi perawatannya bisa seperti air/oil cool.
masih ada yang kurang? tugas anda untuk menambahkan. dan mohon dikoreksi kalau penjelasan saya di atas ada yang salah, maklum, gak tau persis teknisnya sih cuma berdasarkan pengalaman aja.
kesimpulannya, teknologi yang lebih maju cenderung dirancang untuk otomatis sehingga menjadi minim/bebas perawatan. memang tidak mengenal istilah diperbaiki (diakali) kalau rusak, biasanya harus langsung ganti. tetapi itupun dalam jangka waktu yang lama.
jadi tinggal pilih, tetap mau yang konvensional atau yang lebih maju, terserah anda. tapi kalo gw, satu-satunya yang mesti harus manual di motor adalah, kopling manual,, hehe..
--platina vs cdi:
sistem perapian platina mungkin mirip sistem pengkabutan karburator jaman sekarang, setingan lambat laun berubah. Bila motor susah distart, kemungkinan harus menyeting kembali platina yang katanya merepotkan. Tapi pada CDI? Selama CDI gak rusak, gak bakalan sistem perapian tuh berubah, selamanya begitu terus.
--sohc vs dohc:
yang terkait di sini adalah sistem klep masuk dan buang. pada sohc, secara berkala (2-3 bulan sekali) kerapatan klep harus diatur ulang, supaya power kendaraan tetap terjaga. pada dohc, kerapatan klep secara otomatis mengikuti ketebalan shim yang kemungkinan ausnya bisa sampai 2 tahun. jadi setting klep cukup 2 tahun sekali.
--karburator vs injeksi
wah,, kalau injeksi gw gak bisa bicara banyak, belom pernah ngerasain injeksi sih. tapi kalo karburator, memang teknologi yang masih merepotkan. setingan lambat laun berubah, perawatan ribet, dan nyetingnya gak gampang (buat orang awam).
--spido mekanis vs spido elektris
spido mekanis bergerak secara mekanis mengikuti gerakan perputaran roda melalui perantara kabel. banyak kasus, spido mati karena kabel putus, dan kebanyakan orang malas mengganti kabelnya, akhirnya spido dibiarkan mati selamanya. tapi pada spido elektris atau digital, tidak lagi membutuhkan kabel mekanis. Selama tidak ada masalah pada sistem kelistrikan, spido elektris atau digital, lebih tahan banting.
--pelek jari vs pelek palang
niscaya, walaupun anda tidak pernah menyentuh lubang, pelek jari harus kembali disetel secara berkala. tapi untuk pelek palang yang berkualitas baik, selamanya bisa lurus tanpa harus disetel.
--air cool vs oil cool vs water cool
untuk dua yang pertama memang minim perawatan, tapi efeknya kurang nendang bila dibandingkan water cool. sedangkan water cool, boleh dibilang, perawatannya cukup manja. mungkin masih perlu dikembangkan teknologi cooling yang lain lagi nih, supaya efeknya bisa seperti water cool tapi perawatannya bisa seperti air/oil cool.
masih ada yang kurang? tugas anda untuk menambahkan. dan mohon dikoreksi kalau penjelasan saya di atas ada yang salah, maklum, gak tau persis teknisnya sih cuma berdasarkan pengalaman aja.
kesimpulannya, teknologi yang lebih maju cenderung dirancang untuk otomatis sehingga menjadi minim/bebas perawatan. memang tidak mengenal istilah diperbaiki (diakali) kalau rusak, biasanya harus langsung ganti. tetapi itupun dalam jangka waktu yang lama.
jadi tinggal pilih, tetap mau yang konvensional atau yang lebih maju, terserah anda. tapi kalo gw, satu-satunya yang mesti harus manual di motor adalah, kopling manual,, hehe..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 333
- Joined: Wed Mar 23, 2005 6:16
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 333
- Joined: Wed Mar 23, 2005 6:16
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
gw pernah ngalamin hal serupa (bukan di megapro sehh), tapi kelihatannya penyakitnya mirip, yaitu ada kabel yg tertekuk/patah . Coba dilihat lagi bro ada kabel ke speedo yg patah ga? kalau terlihat ga ada, buka aja, cek isi kabelnya krn kemungkinan tertekuk di dalemnya. Solusi tinggal tekuk2 lurusin isi kabel tsb, jreng.. ngga goyang2 lg deh.gozila wrote:iya tuh, megapro gua jarumnya goyang2 kalo lagi nyala, stabilnya baru ampe RPM tertentu rese liatnya ga enak, andaikan spidoku seperti FXR aih kerennn...
Kemungkinan lain.. kabel tsb pernah diputer munder, jd ada gerigi yg rompal. Atau memang ada gerigi yg rompal (dpt komponen yg kualitasnya krg bagus)
Nano Energizer - (Product of nanoTec International - Korea) dengan nano ceramic technology.
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
teknologi baru sebenarnya tidak susah. Perlu diketahui, bahwa makin baru teknologi justru makin mempermudah. Coba saja, dulu pada awal kemunculan CDI, CDI dianggap berbahaya, kalau tiba-tiba mati dijalan gimana? dan waktu itu platina dianggap lebih bagus, dengan pertimbangan kalau mati dijalan mudah diakali (saya pernah mengalami di V80, dan emang mudah diakali). Tetapi, lama-kelamaan CDI dianggap lebih bagus, pertama pada performnya. CDI jelas lebih stabil dan bagus dibandingkan platina, dan memiliki ignition advancer secara otomatis (coba platina, gak ada advancernya, kalau ada ya manual). kalau platina, setiap habis disetel bagus, namun lama kelamaan sudah gak pas lagi. Kedua, pada perawatan. CDI no maintenance, platina jelas butuh disetel biar dwell anglenya sesuai, dan diratakan (kalo gak rata), n diganti kalo abis. Repot kan? ketiga, cost. kalo dibandingkan, ternyata CDI terbukti lebih murah. Rata-rata CDI berusia diatas 10 tahun, bahkan ada yang sudah 20 tahun. Coba platina, berapa bulan atau brp thn sekali hrs diganti, ya nggak? harga? saya beli platina 25.000, sementara CDI saat ini banyak yang dibawah 100.000 (genuine part).Mbuat sendiri lebih murah, bisa dibawah 10.000,hehehe... Ditambah ongkos bongkar pasang dan maintenance? platina jauh lebih mahal. Begitupula teknologi yang lain, memang sebagai pioner gak selalu dapat respon bagus, namun lama-kelamaan masyarakat sendiri tahu keunggulan Hi-Tech. Eh, mungkin yang gak disukai soal repair n maintenancenya. Kalo Hi-Tech emang harus ditangani mekanik ahli (bengkel resmi), itu juga menguntungkan produsen lo, selain dapat profit dari sales, juga dari aftersalesnya. Tapi jangan khawatir, lama-lama juga bisa diakali kok, manusia tu pintar, contohnya, sistem injeksi dianggap rumit, tapi sekarang dh mulai banyak mekanik di tepi jalan yang bisa mengakali injeksi.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 481
- Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
- Location: Jakarta
klo di bilang Hi-Tech bukan cuma motor keluaran tahnun belakangan aja. Salah satu contohnya NSR250MC28 (model terakhir sebelum stop produksi 1999) keluaran 1994 sudah pakai card key bukan wavekey yang konvensional lagi. belum lagi dalam cardkey nya itu tersimpan semua data pengapian motor. Jadi klo mau mengupgrade tenaga motor cukup ganti cardkey yang standar dengan vesi HRC otomatis pengapian motor berubah. Bayangkan pada tahun 1994 kita di Indo baru pertama kali liat NSR 150 yang baru masuk indo padahal itu adalah model 1989 di Thailand.
klo motor yang beredar di Indonesia masih menggunakan teknologi konvensional seperti tiger yang dari dulu sampai sekarang masih begitu2 aja mesinnya yang berubah cuma bodyworknya aja kembali lagi ke bisnis. memang dari dulu konsumen indonesia selalu di "bodohi" membayar mahal untuk sesuatu yang sebenarnya overvalue dan ketinggalan zaman.
Satu hal lagi yang bikin gw sangat kesal ya itu after sale service. Saya beli NSR150 pada tahun 1997 tapi pada tahun 1999 banyak spare part yang gw cari di Honda (indonesia) udah ngak ada dengan alasan stock kosong. kalau pun ada kualitasnya mengecewakan. pada intinya kebanyakan perusahaan di indonesia hanya memikirkan sisi porfit aja sedangkan kepuasan konsumen hanyalah urutan kesekian.
beda dengan negara lain. Contoh CBR1000RR hanpir setiap tahun di upgrade baik sektor mesin atau body worknya tapi tetap dengan kisaran harga yang relatif tetap.
klo motor yang beredar di Indonesia masih menggunakan teknologi konvensional seperti tiger yang dari dulu sampai sekarang masih begitu2 aja mesinnya yang berubah cuma bodyworknya aja kembali lagi ke bisnis. memang dari dulu konsumen indonesia selalu di "bodohi" membayar mahal untuk sesuatu yang sebenarnya overvalue dan ketinggalan zaman.
Satu hal lagi yang bikin gw sangat kesal ya itu after sale service. Saya beli NSR150 pada tahun 1997 tapi pada tahun 1999 banyak spare part yang gw cari di Honda (indonesia) udah ngak ada dengan alasan stock kosong. kalau pun ada kualitasnya mengecewakan. pada intinya kebanyakan perusahaan di indonesia hanya memikirkan sisi porfit aja sedangkan kepuasan konsumen hanyalah urutan kesekian.
beda dengan negara lain. Contoh CBR1000RR hanpir setiap tahun di upgrade baik sektor mesin atau body worknya tapi tetap dengan kisaran harga yang relatif tetap.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 261
- Joined: Sat Sep 20, 2008 10:37
Re: motor baru high tech vs motor baru teknologi lama?
pengennya sih motor baru hi tech dan high performance tp harganya itu lho kadang suka ngikutin hrg thailand tp kondisi kurang memuaskan
"Those friends thou hast, and their adoption tried,
Grapple them to thy soul with hoops of steel;
But do not dull thy palm with entertainment
Of each new-hatch'd, unfledg'd comrade."
- William Shakespeare
Grapple them to thy soul with hoops of steel;
But do not dull thy palm with entertainment
Of each new-hatch'd, unfledg'd comrade."
- William Shakespeare
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re:
ngebut kemana ?? Udah pernah nyobain atau belum : jalur Padalarang - Cianjur ??? mau geber abis atau nyantai touring at constant speed of 100 kph.... asyik bro...mansetha wrote:Honda Tiger 2007 masuk katagori motor dengan body baru tapi mesin lama... cuman dengan cc lebih gede dikit dari pada kakeknya... tapi lumayanlah dari sisi kenyamanan... lagian mo negbut kemana
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: motor baru high tech vs motor baru teknologi lama?
Sebenarnya konsumen Indo yang menentukan, produsen tinggal ngikut. Seharusnya konsumen berhak mendapatkan teknologi baru, tapi kondisi real di lapangan lebih mementingkan brand image dan resale value. Sementara market leader cenderung pelit teknologi baru.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Re:
wuiii palagi tengah malem tu oom.......muanteb!JESKONENG wrote:ngebut kemana ?? Udah pernah nyobain atau belum : jalur Padalarang - Cianjur ??? mau geber abis atau nyantai touring at constant speed of 100 kph.... asyik bro...mansetha wrote:Honda Tiger 2007 masuk katagori motor dengan body baru tapi mesin lama... cuman dengan cc lebih gede dikit dari pada kakeknya... tapi lumayanlah dari sisi kenyamanan... lagian mo negbut kemana
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: motor baru high tech vs motor baru teknologi lama?
Teknologi yg katanya baru di motor, udah lama banget ada di mobil tuuh.... Kalu mogok di jalan, bawa aja ke bengkel mobil....
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: motor baru high tech vs motor baru teknologi lama?
teknologi baru d buat utk efisiensi n kemudahan tentunya, tapi bnyk yg justru "alergi" sm teknologi baru.......imho mungkin karena penerapannya butuh waktu sampe keberadaanya bsa d terima, blom lagi masalah penanganannya.........biasanya blom banyak mekanik2 yg bener2 ngerti teknologi tsb, so klo suatu saat bawa motor hi-tech trus mogok d jalan pasti langsung keluar keringet dingin
yg penting kitanya sebagai pemilik harus ngerti paling ngga basic2 perawatan kendaraan sendiri aja....
yg penting kitanya sebagai pemilik harus ngerti paling ngga basic2 perawatan kendaraan sendiri aja....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 637
- Joined: Sat Dec 27, 2008 12:45
- Location: Lamongan
Re: motor baru high tech vs motor baru teknologi lama?
Jelas pilih mtr baru yg high tech dan high performance. Masak mau beli mtr baru mesinnya teknologi kuno. Skrg bengkel umum banyak yg sdh ngerti dan bisa menangani mesin high tech.
Safety First
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Fri Aug 08, 2008 8:38
- Location: bogor - semarang
Re: motor baru high tech vs motor baru teknologi lama?
yoi dah..
gw demen banget nih, jujur sh klo ada dana pngn pny motor yang canggih ky gitu.
sekarang ga usah mkir ngebut kemana,pkir aja klo teknologi ada bwt mengefesiensi barang yang ada jd ujung2 na kan penghematan. contoh aja ky kata bro cloud,klo pake cdi bisa lebih hemat kenapa ga?? soal perawatan lama2 akan berkembang sesuai dengan teknologi..
sekarang aja uda bnyak bengkel motor sm mobil.. lah emang jaman dulu udah ada bengkel kaya gitu?klo ada juga ga banyak.. apalagi jaman belande
dulu aja uda nek sapi ato kebo juga bagus,pake nya aja katanya cuma karung goni..
delman aja audah canggih,kapan kita mau maju klo lengket sama teknologi jadul terus??
INDONESIA itu udah ketinggalan jaman, ayo semangad nimba ilmu bwt memajukan bangsa dengan meilih produk canggih yang masuk akal bukan beli produk jadul yang membodohi ajah.
dulu,katanya ada orang indonesia yang mau bikin mobil bak murni rancanagan dia sendri (doi orang indonesia asli).cuman ujug2 ada orang jepang yang istilah nya menghalangi pembuatan mobil itu. Akhir nya ada deal antara beliau, doi boleh ngebangun mobil tapi pake syarat harus pake komponen jepang juga. segaknya beberapa biji lah..
setau gw sh gt,klo ada salah maap.mhon koreksi nya juga.. Sorry klo OOT.
pokok nya indonesia jgn ky gni terus,, MERDEKA !!
gw demen banget nih, jujur sh klo ada dana pngn pny motor yang canggih ky gitu.
sekarang ga usah mkir ngebut kemana,pkir aja klo teknologi ada bwt mengefesiensi barang yang ada jd ujung2 na kan penghematan. contoh aja ky kata bro cloud,klo pake cdi bisa lebih hemat kenapa ga?? soal perawatan lama2 akan berkembang sesuai dengan teknologi..
sekarang aja uda bnyak bengkel motor sm mobil.. lah emang jaman dulu udah ada bengkel kaya gitu?klo ada juga ga banyak.. apalagi jaman belande
dulu aja uda nek sapi ato kebo juga bagus,pake nya aja katanya cuma karung goni..
delman aja audah canggih,kapan kita mau maju klo lengket sama teknologi jadul terus??
INDONESIA itu udah ketinggalan jaman, ayo semangad nimba ilmu bwt memajukan bangsa dengan meilih produk canggih yang masuk akal bukan beli produk jadul yang membodohi ajah.
dulu,katanya ada orang indonesia yang mau bikin mobil bak murni rancanagan dia sendri (doi orang indonesia asli).cuman ujug2 ada orang jepang yang istilah nya menghalangi pembuatan mobil itu. Akhir nya ada deal antara beliau, doi boleh ngebangun mobil tapi pake syarat harus pake komponen jepang juga. segaknya beberapa biji lah..
setau gw sh gt,klo ada salah maap.mhon koreksi nya juga.. Sorry klo OOT.
pokok nya indonesia jgn ky gni terus,, MERDEKA !!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 637
- Joined: Sat Dec 27, 2008 12:45
- Location: Lamongan
Re: motor baru high tech vs motor baru teknologi lama?
iya bener tuh, jangan beli kendaraan yg tech nya jadul. misalnya beli motor H**** yang teknologi mesinnya jadul tapi harganya ngalahin motor yg teknologi mesinnya sudah modern.
Safety First