Skubek menurut gw ada 2 genre: UMUM & SPORT.
Sekarang yang umum dulu deh, maksudnya utk cowo&cewe dlm segala
keperluan. Kalau mobil istilahnya MPV gitu deh.
Skubek UMUM
# Body
- jangan terlalu ZX130, tetapi kombinasikan garis tegas dng
lengkungan2 seperti pada Mio/NouvoZ. Spin terlalu mbulet2 kayak mocin.
Porsi body yang painted harus proporsional, jangan seperti Spin
(bagian plastik hitam dibawah jok Spin terlalu luas/dominan)
- jangan terlalu lebar seperti type2 kymco yg dulu (european style) ,
kira2 seramping Mio. Coba lihat Kymco FreeLX yg baru itu, dia lebar
610mm (vs Mio 675mm) tapi masih tetap bisa punya bagasi besar.
- Bagasi dibawah jok hrs masuk helm Fullface. Sekedar refrensi, Bajaj
Wave (
http://www.bajajauto.com/wave/ ) dengan dimensi lebar 680mm
bisa punya bagasi 20liter! Dia tangkinya di bawah jok. nah kalau
tangki skubek Kawasaki dibawah dek, bayangkan berapa kapasitas yang
mungkin

- ada bagasi depan seperti NouvoZ
- Desain lantai harus lega, paling tidak selega Mio, kalau bisa kaki
bisa naik seperti di FreeLX.
- posisi fueltank di bawah dek, Ok deh, sekali lagi.. tengok FreeLX
:-)) dan harus lebih 4 liter .
- Isi bensin jangan dari bawah jok (aduh, nengok Kymco lagi nih, jd malu

)
- Lampu (sadly) diatas aja deh. Riset membuktikan org indo lebih suka
yg gini dibanding lampu di body. Tapi utk tipe UMUM aja

utk tipe
sport sebentar ya ,hehe. Pokoknya lampu harus keren utk cewe&cowo, ga
boleh bikin lampu yang culun.
- Lampu sein dipisah ya, jangan nempel seperti Blitz.
- Lampu harus terang ya, supaya enak waktu hujan, yukk pelajari
lampunya Yamaha

- Speedometer jarum, fuel gauge jarum, tachometer dng LED (hijau ke
kuning ke merah , sepertu VU meter pada tapedeck jaman dulu itu lohh)
, maksudnya utk menghemat space daripada tacho model jarum. Model
digital lcd ngga dipakai karena takut mudah error.
- Body depan jgn yg panjang ke bawah menjadi spakbor (spt pada Kymco
TrendSR), tapi spakbor nya tetap terpisah seperti ZX130.
- Ground clearance harus cukup tinggi ketika boncengan, untuk lewat
polisi tidur.
- Single-shock belakang diameter besar dan pegasnya dng 2 jarak
(double gap?) seperti ShogunSP agar tidak terlalu keras.
- Ban jangan 14" , tapi 12" tebal seperti Kymco FreeMX , alloy, dan
harus tubeless. Modifikasi sekarang "sadar" bahwa dng 14" rasa
skuternya berkurang. Tapi karena 10" kekecilan, ya ambil tengahnya 12"
. Nah disini kawasaki memberi fitur, tanpa perlu dimodif, udah dapet
scooter-feel nya.
- Depan disc brake, belakang tromol (utk menekan harga)
- Handling dan kekuatan mantap , tradisi Kawasaki.
- tempat duduk 2 level seperti ZX, dan harus cukup lebar
- grab bar tipe cor/casting, jangan tipe pipa.
- posisi kaki penumpang belakang harus enak dan tidak mengena sikut pengemudi
- lampu rem dan sein belakang gaya ZX deh, bening dng warna di dlm .
Klo bisa agak smoked seperti Spin-R.
- Spakbor belakang panjang, air tdk boleh ciprat ke boncenger.
# Mesin
- 125 cc , bore:stroke square ratio (kata wikipedia 0.95 sampai 1.04)
- 4 valve, with roller rocker arm
- CVT nya pelajari punya Spin, katanya lebih cepet dapet torsi dan ok,
jadi lebih irit BBM pula.
- Dual Spark (dua busi), karena Kawasaki punya hubungan dengan
BajajAuto (
http://www.bajajauto.com/1024/aboutbajaj/kawasaki.asp )
mungkin bisa akses fitur DTS-i nya, juga fitur ExhausTEC nya.Kedua
fitur ini diterapkan di skubek BajajWave (
http://www.bajajauto.com/wave/ ) , lumayan buat nambah irit BBM
- CDI, jangan TCI
- Karbu ZX dan Mio sama ya? Keihin NCV24. Ya udah ini juga boleh.
Pakai TPS juga ngga? pakai ya.. pokoknya harus jalan tuh TPS-CDI-DTSi
nya.
- sistem Pendingin udara (low maintenance)
- Accu MF
- demi Euro-2, sertakan fitur semacam HSAS nya kawasaki.
- knalpot ngga usah pakai catalytic converter(CC) lah, ntar mampet
lagi. Kecuali kalau mau seperti punya JupiterMX , dimana kalau CC nya
rusak ngga bikin mampet.
# lain-lain
- secure key shutter seperti di ZX , dng multifungsi seperti Kymco FreeLX
- spion jangan terlalu panjang melewati stang dan besar, cerminnya nih hrs ok.
- ada gantungan di bawah stang, tapi bisa ditekuk ke dalam (lagi2
lihat Kymco,hehe)
- ada tombol passing lamp dan hazard
# short resume tipe UMUM:
- desain yang fresh dan ok, sporty utk cowo&cewe (unisex)
- LED tachometer
- bagasi extra gede
- tinggi dari tanah
- ban 12" bikin rasa skubek lebih kental , tubeless pula. Telapak
lebar bikin nyaman di tikungan.
- teknlogi pilihan (krn rilis setelah saingan2nya), lebih bertenaga
tetapi irit bbm & low maintenance
Skubek SPORT
Sekarang utk skubek tipe sport
# Body
coba lihat CPI GTR-150 bro
http://www.cpi-usa.com/products/product ... el=scooter
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... hlight=cpi
Kebayang khan kira2 skubek tipe sport yg dimaksud?

- ada rangka tengah, jadi mirip NouvoZ, tapi jauh lebih sporty
- pipa trellis diganti seperti deltabox
- body kombinasi garis tegas dgn lengkungan
- lebar seperti ZX atau kurang sedikit
- bagasi setidaknya ada seperti si GTR150 ini.
- ada bagasi depan (paling tidak 1 buah)
- fueltank pun di tengah ,diapit deltabox
- maka namanya CFI = Center Fuel Inlet ( hehe)
- Lampu depan bisa dari style
ZX-6R
http://www.kawasaki.co.nz/gallerywindow/ZX636C6F_7.jpg
ZX-10R
http://www.kawasaki.co.nz/gallerywindow/ZX1000D6F_7.jpg
ZX-12R
http://www.kawasaki.co.nz/gallerywindow/ZX1200-B4_1.jpg
- Lampu sein bisa di tertanam sayap atau di samping masing2 lampu depan
- Lampu juga harus terang, learn from Yamaha's
- Speedometer bisa dng style ZX130 karena stang skubek ini lebih lebar
khan. Lampu Gear ditiadakan, Warna dasarnya putih/gelap, jangan
kuning-silver seperti ZX versi baru2 ini.
- spakbor pada shock depan seperti CPI
- groundclearance tinggi
- Dualshock + multigap spring
- Ban 17" (woohoo!!), lebar, tubeless, alloy.
- Discbrake depan, kalau bisa lebih besar dari ZX
- Discbrake belakang
- tempat duduk terpisah (agar bisa akses bagasi belakang tanpa lepas front seat)
- grab bar tipe casting
- Lampu rem tipe LED, lampu sein belakang tipe kuping
- Spakbor belakang seperti CPI, tetapi lebih panjang agar tidak
menyiprat boncenger
# Mesin
- 145-150cc
- 4 valve, with roller rocker arm
- CVT nya pelajari punya Spin, katanya lebih cepet dapet torsi dan ok,
jadi lebih irit BBM pula.
- Dual Spark (dua busi), karena Kawasaki punya hubungan dengan
BajajAuto (
http://www.bajajauto.com/1024/aboutbajaj/kawasaki.asp )
mungkin bisa akses fitur DTS-i nya, juga fitur ExhausTEC nya.Kedua
fitur ini diterapkan di skubek BajajWave (
http://www.bajajauto.com/wave/ ) , lumayan buat nambah irit BBM
- CDI, jangan TCI
- Karbu upgrade lah, Keihin NCV25? andai dng TPS.. pokoknya harus
jalan tuh TPS-CDI-DTSi nya.
- sistem Pendingin udara (low maintenance)
- Accu MF
- demi Euro-2, sertakan fitur semacam HSAS nya kawasaki.
- knalpot ngga usah pakai catalytic converter(CC) lah, ntar mampet
lagi. Kecuali kalau mau seperti punya JupiterMX , dimana kalau CC nya
rusak ngga bikin mampet.
# lain-lain
- secure key shutter seperti di ZX , dng multifungsi seperti Kymco FreeLX
- spion jangan terlalu panjang melewati stang dan besar, cerminnya nih hrs ok.
- ada tombol engine run, passing lamp dan hazard

- kelistrikan lampu langsung Accu, seperti Honda Tiger.
- knalpot ditambah dengan protector seperti ZX130
- footstep depan&belakang gantung seperti CPI
# short resume tipe SPORT:
- desain yang sporty mutlak ;-)
- tachometer
- tinggi dari tanah
- ban 17" bikin rasa skubek sport lebih kental , tubeless pula.
Telapak lebar bikin nyaman di tikungan.
- teknlogi pilihan (krn rilis setelah saingan2nya), lebih bertenaga
tetapi irit bbm & low maintenance
- tercanggih dan top
Saran WARNA2 SKUBEK
- berbagai candy tone
- untuk warna gelap (hitam,biru tua) ditambah lagi clear/vernis nya,
supaya lebih tahan gores
- Striping jangan terlalu colorful. Kalau pusing, sayembarakan aja ke
kampus2 , pasti banyak yang minat dan desainnya ok punya. Gw akuin ZX
dng striping yg terbaru boleh juga walaupun colorful. Kalau yang
sebelumnya seperti McLaren Mercedes, dan Yg pertama sekali Tribal nya
ngga greget..
Segitu dulu bro, thanks.