[ask]Positif dan Negatif pake Bio Premium.

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Sheva
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sat Jul 26, 2003 22:35

[ask]Positif dan Negatif pake Bio Premium.

Post by Sheva »

Nanya nech ada yg sudah coba pake BP ??? apa bener bisa nambah oktan...dan pengaruh negatifnya apa terhadap motor baru..katanya selang bensin masih harus di sesuaikan karena gak cocok sama bahan etanolnya itu...sharing yuukkk... !!!
vasiley
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Sat Aug 12, 2006 3:06
Location: surabaya

Post by vasiley »

bio premium tuh kelebihannya adalah oktan lebih tinggi n lebih ramah lingkungan soalnya asap knalpot ga ngepulin asep yang berpolusi terlalu tinggi, tarikan lebih enteng n katanya mesin tuh lebih enak kalo dikasih bio sementara kekurangannya masih lom jelas tuh
User avatar
jojo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
Location: Jakarta

Post by jojo »

blom coba, blom nemuin spbu yang jualan BP sih..
User avatar
budzaemon
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
Location: Indonesia

Post by budzaemon »

Klo ga salah pernah dibahas ama Bro Penyu Turbo soal dampak kandungan etanol dalam bahan bakar, klo ga salah bikin slang karet bahan bakar jadi mengeras, klo ga salah, ntar deh gw cari lagi postingannya....
dan kata beliau emang sih tarikan jadi enteng
Sheva
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sat Jul 26, 2003 22:35

Post by Sheva »

iya di malang sdh ada tapi dalam jangka pendek emang bagus, klo jangka panjangnya terhadap mesin???
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Re: [ask]Positif dan Negatif pake Bio Premium.

Post by PenyuTurbo »

Sheva wrote:Nanya nech ada yg sudah coba pake BP ??? apa bener bisa nambah oktan...dan pengaruh negatifnya apa terhadap motor baru..katanya selang bensin masih harus di sesuaikan karena gak cocok sama bahan etanolnya itu...sharing yuukkk... !!!
Dari segi theori, BP memang menjanjikan (segi Positif) :

1. Mengandung Oxygen (Oxygenated Fuel), menjadikan pembakaran jadi sempurna.

2. Nilai Octane-nya Tinggi, bisa nolong mesin-mesin yang berkompresi tinggi. Namun demikian Toyota Prius Menolak untuk menggunakan BP.

3. Keuntungan bagi para politikus untuk tetap duduk di tempat (dipilih kembali ... ini di USA) karena menjanjikan income pada para petani.

Yang selalu ditutupi adalah kelemahannya (segi Negatif) :

1. Surface Tension Ethanol (Ethyl Alcohol dalam BP) adalah lebih buruk dari Bensin, dalam arti kata susah menjadi uap pada saat dimasukkan ke ruang bakar. Masih banyak ethanol dalam intake manifold dan atau ruang bakar berada dalam bentuk droplet (bukan uap). Yang dalam bentuk droplet ini tidak terbakar, sehingga tenaga yang dihasilkan tentu saja berkurang. Hukum fisiknya ... semakin banyak BBM yang nggak terbakar dalam ruang bakar ... tingkat polusi meningkat ... umur mesin akan jadi lebih pendek (premature) dan tentu saja BOROS ... sering ngisi BP.

2. Ethanol menyerap air atau uap air dan bercampur dengan ethanol secara sempurna ... terlebih lebih iklim di Indonesia mempunyai kelembaban tinggi (bisa mencapai 90%) .... . Air itu bahan pemadam api yang paling efektif ... kalau masuk ke ruang bakar seolah-olah menjadi pemadam kebakaran sehingga Thermal effisiensi bisa drop menjadi hanya 20% ... sedang kalau bensin murni TE (Thermal Efficiency) bisa mencapai 30%. Jika TE ini drop secara signifikan ... hasil akhirnya adalah pemakaian BBM jadi nggak ketulungan ... alias BOROS banguuet.

Kandungan air yang diserap oleh ethanol, yang nggak terbakar dalam ruang bakar, sebagian akan masuk kedalam ruang mesin dalam (crankcase), bercampur dengan oli dan Blowby gas ... membentuk asam, sludge dan soot ... Asam yang corrosif akan merusak komponen dalam mesin ... dan tentu saja oli pelumas akan cepat rusak sehingga perlu diganti sesering mungkin. Di USA pu udah ada mobil yang komponen dalamnya jadi berkarat, gara-gara make E85 (Ethanol 15% dan Bensin 85%).

3. Nilai Kalori (Heating Value) Ethanol, 34% lebih rendah dari Bensin Premium ... lalu apa yang bisa diharapkan untuk memperoleh tenaga mesin.

Ada satu penelitian yang dilakukan oleh Universitas Minessota (udah di publikasi) ... bahwa ethanol bukan pengganti bensin premium yang cocok/tepat guna ... hanya berguna bagi group-group tertentu sebagai self-interest.

Semua kembali pada pengguna ... mau make BP silahkan ... dan resiko bukan penjual BP yang nanggung.....dan mudah-mudahan informasi ini berguna.

Tentang selang bensin ... kalau make BP nggak jadi masalah. Yang jadi sedikit permasalahan jika nambah OCTANE BOOSTER yang bahan dasarnya Aromatic Petroleum Distilled ... seperti misalnya Methylbenzene dan Xylol ... dan kalau mau nggak ada masalah selang bensinnya ganti dari bahan TEFLON (Teflon Fuel Hose) ... cukup murah juga.
Image
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

gw baru denger ada bio premium....brapa duit seliter?
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
budzaemon
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
Location: Indonesia

Re: [ask]Positif dan Negatif pake Bio Premium.

Post by budzaemon »

PenyuTurbo wrote:
Sheva wrote:Nanya nech ada yg sudah coba pake BP ??? apa bener bisa nambah oktan...dan pengaruh negatifnya apa terhadap motor baru..katanya selang bensin masih harus di sesuaikan karena gak cocok sama bahan etanolnya itu...sharing yuukkk... !!!
Dari segi theori, BP memang menjanjikan (segi Positif) :

1. Mengandung Oxygen (Oxygenated Fuel), menjadikan pembakaran jadi sempurna.

2. Nilai Octane-nya Tinggi, bisa nolong mesin-mesin yang berkompresi tinggi. Namun demikian Toyota Prius Menolak untuk menggunakan BP.

3. Keuntungan bagi para politikus untuk tetap duduk di tempat (dipilih kembali ... ini di USA) karena menjanjikan income pada para petani.

Yang selalu ditutupi adalah kelemahannya (segi Negatif) :

1. Surface Tension Ethanol (Ethyl Alcohol dalam BP) adalah lebih buruk dari Bensin, dalam arti kata susah menjadi uap pada saat dimasukkan ke ruang bakar. Masih banyak ethanol dalam intake manifold dan atau ruang bakar berada dalam bentuk droplet (bukan uap). Yang dalam bentuk droplet ini tidak terbakar, sehingga tenaga yang dihasilkan tentu saja berkurang. Hukum fisiknya ... semakin banyak BBM yang nggak terbakar dalam ruang bakar ... tingkat polusi meningkat ... umur mesin akan jadi lebih pendek (premature) dan tentu saja BOROS ... sering ngisi BP.

2. Ethanol menyerap air atau uap air dan bercampur dengan ethanol secara sempurna ... terlebih lebih iklim di Indonesia mempunyai kelembaban tinggi (bisa mencapai 90%) .... . Air itu bahan pemadam api yang paling efektif ... kalau masuk ke ruang bakar seolah-olah menjadi pemadam kebakaran sehingga Thermal effisiensi bisa drop menjadi hanya 20% ... sedang kalau bensin murni TE (Thermal Efficiency) bisa mencapai 30%. Jika TE ini drop secara signifikan ... hasil akhirnya adalah pemakaian BBM jadi nggak ketulungan ... alias BOROS banguuet.

Kandungan air yang diserap oleh ethanol, yang nggak terbakar dalam ruang bakar, sebagian akan masuk kedalam ruang mesin dalam (crankcase), bercampur dengan oli dan Blowby gas ... membentuk asam, sludge dan soot ... Asam yang corrosif akan merusak komponen dalam mesin ... dan tentu saja oli pelumas akan cepat rusak sehingga perlu diganti sesering mungkin. Di USA pu udah ada mobil yang komponen dalamnya jadi berkarat, gara-gara make E85 (Ethanol 15% dan Bensin 85%).

3. Nilai Kalori (Heating Value) Ethanol, 34% lebih rendah dari Bensin Premium ... lalu apa yang bisa diharapkan untuk memperoleh tenaga mesin.

Ada satu penelitian yang dilakukan oleh Universitas Minessota (udah di publikasi) ... bahwa ethanol bukan pengganti bensin premium yang cocok/tepat guna ... hanya berguna bagi group-group tertentu sebagai self-interest.

Semua kembali pada pengguna ... mau make BP silahkan ... dan resiko bukan penjual BP yang nanggung.....dan mudah-mudahan informasi ini berguna.

Tentang selang bensin ... kalau make BP nggak jadi masalah. Yang jadi sedikit permasalahan jika nambah OCTANE BOOSTER yang bahan dasarnya Aromatic Petroleum Distilled ... seperti misalnya Methylbenzene dan Xylol ... dan kalau mau nggak ada masalah selang bensinnya ganti dari bahan TEFLON (Teflon Fuel Hose) ... cukup murah juga.

nah tuh.. sudah dijawab oleh ahlinya.. jadi klo ada yang salah dari qoutes gw sebelumnya maaf, kan juga di awalnya ada kalimat "Klo ga salah..."

@Nichol klo harganya gw juga blm tau juga Bro, tapi di M+ kemarin diibaratkan harga premium kualitas pertamax...
burn
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Tue Nov 15, 2005 5:56

Post by burn »

nichol wrote:gw baru denger ada bio premium....brapa duit seliter?
sama aja ama premium Rp 4.500,00

(eh premium tuh Rp 4.600,00 ato 4.500 sih :roll: , dah lupa karna dah lama ga pernah pake premium lg)