[ask]Positif dan Negatif pake Bio Premium.
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 34
- Joined: Sat Jul 26, 2003 22:35
[ask]Positif dan Negatif pake Bio Premium.
Nanya nech ada yg sudah coba pake BP ??? apa bener bisa nambah oktan...dan pengaruh negatifnya apa terhadap motor baru..katanya selang bensin masih harus di sesuaikan karena gak cocok sama bahan etanolnya itu...sharing yuukkk... !!!
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Sat Aug 12, 2006 3:06
- Location: surabaya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 645
- Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
- Location: Indonesia
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 34
- Joined: Sat Jul 26, 2003 22:35
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Re: [ask]Positif dan Negatif pake Bio Premium.
Dari segi theori, BP memang menjanjikan (segi Positif) :Sheva wrote:Nanya nech ada yg sudah coba pake BP ??? apa bener bisa nambah oktan...dan pengaruh negatifnya apa terhadap motor baru..katanya selang bensin masih harus di sesuaikan karena gak cocok sama bahan etanolnya itu...sharing yuukkk... !!!
1. Mengandung Oxygen (Oxygenated Fuel), menjadikan pembakaran jadi sempurna.
2. Nilai Octane-nya Tinggi, bisa nolong mesin-mesin yang berkompresi tinggi. Namun demikian Toyota Prius Menolak untuk menggunakan BP.
3. Keuntungan bagi para politikus untuk tetap duduk di tempat (dipilih kembali ... ini di USA) karena menjanjikan income pada para petani.
Yang selalu ditutupi adalah kelemahannya (segi Negatif) :
1. Surface Tension Ethanol (Ethyl Alcohol dalam BP) adalah lebih buruk dari Bensin, dalam arti kata susah menjadi uap pada saat dimasukkan ke ruang bakar. Masih banyak ethanol dalam intake manifold dan atau ruang bakar berada dalam bentuk droplet (bukan uap). Yang dalam bentuk droplet ini tidak terbakar, sehingga tenaga yang dihasilkan tentu saja berkurang. Hukum fisiknya ... semakin banyak BBM yang nggak terbakar dalam ruang bakar ... tingkat polusi meningkat ... umur mesin akan jadi lebih pendek (premature) dan tentu saja BOROS ... sering ngisi BP.
2. Ethanol menyerap air atau uap air dan bercampur dengan ethanol secara sempurna ... terlebih lebih iklim di Indonesia mempunyai kelembaban tinggi (bisa mencapai 90%) .... . Air itu bahan pemadam api yang paling efektif ... kalau masuk ke ruang bakar seolah-olah menjadi pemadam kebakaran sehingga Thermal effisiensi bisa drop menjadi hanya 20% ... sedang kalau bensin murni TE (Thermal Efficiency) bisa mencapai 30%. Jika TE ini drop secara signifikan ... hasil akhirnya adalah pemakaian BBM jadi nggak ketulungan ... alias BOROS banguuet.
Kandungan air yang diserap oleh ethanol, yang nggak terbakar dalam ruang bakar, sebagian akan masuk kedalam ruang mesin dalam (crankcase), bercampur dengan oli dan Blowby gas ... membentuk asam, sludge dan soot ... Asam yang corrosif akan merusak komponen dalam mesin ... dan tentu saja oli pelumas akan cepat rusak sehingga perlu diganti sesering mungkin. Di USA pu udah ada mobil yang komponen dalamnya jadi berkarat, gara-gara make E85 (Ethanol 15% dan Bensin 85%).
3. Nilai Kalori (Heating Value) Ethanol, 34% lebih rendah dari Bensin Premium ... lalu apa yang bisa diharapkan untuk memperoleh tenaga mesin.
Ada satu penelitian yang dilakukan oleh Universitas Minessota (udah di publikasi) ... bahwa ethanol bukan pengganti bensin premium yang cocok/tepat guna ... hanya berguna bagi group-group tertentu sebagai self-interest.
Semua kembali pada pengguna ... mau make BP silahkan ... dan resiko bukan penjual BP yang nanggung.....dan mudah-mudahan informasi ini berguna.
Tentang selang bensin ... kalau make BP nggak jadi masalah. Yang jadi sedikit permasalahan jika nambah OCTANE BOOSTER yang bahan dasarnya Aromatic Petroleum Distilled ... seperti misalnya Methylbenzene dan Xylol ... dan kalau mau nggak ada masalah selang bensinnya ganti dari bahan TEFLON (Teflon Fuel Hose) ... cukup murah juga.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
- Location: Indonesia
Re: [ask]Positif dan Negatif pake Bio Premium.
PenyuTurbo wrote:Dari segi theori, BP memang menjanjikan (segi Positif) :Sheva wrote:Nanya nech ada yg sudah coba pake BP ??? apa bener bisa nambah oktan...dan pengaruh negatifnya apa terhadap motor baru..katanya selang bensin masih harus di sesuaikan karena gak cocok sama bahan etanolnya itu...sharing yuukkk... !!!
1. Mengandung Oxygen (Oxygenated Fuel), menjadikan pembakaran jadi sempurna.
2. Nilai Octane-nya Tinggi, bisa nolong mesin-mesin yang berkompresi tinggi. Namun demikian Toyota Prius Menolak untuk menggunakan BP.
3. Keuntungan bagi para politikus untuk tetap duduk di tempat (dipilih kembali ... ini di USA) karena menjanjikan income pada para petani.
Yang selalu ditutupi adalah kelemahannya (segi Negatif) :
1. Surface Tension Ethanol (Ethyl Alcohol dalam BP) adalah lebih buruk dari Bensin, dalam arti kata susah menjadi uap pada saat dimasukkan ke ruang bakar. Masih banyak ethanol dalam intake manifold dan atau ruang bakar berada dalam bentuk droplet (bukan uap). Yang dalam bentuk droplet ini tidak terbakar, sehingga tenaga yang dihasilkan tentu saja berkurang. Hukum fisiknya ... semakin banyak BBM yang nggak terbakar dalam ruang bakar ... tingkat polusi meningkat ... umur mesin akan jadi lebih pendek (premature) dan tentu saja BOROS ... sering ngisi BP.
2. Ethanol menyerap air atau uap air dan bercampur dengan ethanol secara sempurna ... terlebih lebih iklim di Indonesia mempunyai kelembaban tinggi (bisa mencapai 90%) .... . Air itu bahan pemadam api yang paling efektif ... kalau masuk ke ruang bakar seolah-olah menjadi pemadam kebakaran sehingga Thermal effisiensi bisa drop menjadi hanya 20% ... sedang kalau bensin murni TE (Thermal Efficiency) bisa mencapai 30%. Jika TE ini drop secara signifikan ... hasil akhirnya adalah pemakaian BBM jadi nggak ketulungan ... alias BOROS banguuet.
Kandungan air yang diserap oleh ethanol, yang nggak terbakar dalam ruang bakar, sebagian akan masuk kedalam ruang mesin dalam (crankcase), bercampur dengan oli dan Blowby gas ... membentuk asam, sludge dan soot ... Asam yang corrosif akan merusak komponen dalam mesin ... dan tentu saja oli pelumas akan cepat rusak sehingga perlu diganti sesering mungkin. Di USA pu udah ada mobil yang komponen dalamnya jadi berkarat, gara-gara make E85 (Ethanol 15% dan Bensin 85%).
3. Nilai Kalori (Heating Value) Ethanol, 34% lebih rendah dari Bensin Premium ... lalu apa yang bisa diharapkan untuk memperoleh tenaga mesin.
Ada satu penelitian yang dilakukan oleh Universitas Minessota (udah di publikasi) ... bahwa ethanol bukan pengganti bensin premium yang cocok/tepat guna ... hanya berguna bagi group-group tertentu sebagai self-interest.
Semua kembali pada pengguna ... mau make BP silahkan ... dan resiko bukan penjual BP yang nanggung.....dan mudah-mudahan informasi ini berguna.
Tentang selang bensin ... kalau make BP nggak jadi masalah. Yang jadi sedikit permasalahan jika nambah OCTANE BOOSTER yang bahan dasarnya Aromatic Petroleum Distilled ... seperti misalnya Methylbenzene dan Xylol ... dan kalau mau nggak ada masalah selang bensinnya ganti dari bahan TEFLON (Teflon Fuel Hose) ... cukup murah juga.
nah tuh.. sudah dijawab oleh ahlinya.. jadi klo ada yang salah dari qoutes gw sebelumnya maaf, kan juga di awalnya ada kalimat "Klo ga salah..."
@Nichol klo harganya gw juga blm tau juga Bro, tapi di M+ kemarin diibaratkan harga premium kualitas pertamax...
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Tue Nov 15, 2005 5:56