konsumsi BBM motor vs. mobil

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

konsumsi BBM motor vs. mobil

Post by anak_singkong »

ini bukan bahasan soal konsumsi KPL (kilo per liter).

temen sy punya motor Suzuki Satria F-150 sy yakin pasti rekan2 disini udah pd tahu soal teknologi mesinnya yg katanya 'sophisticated' contohnya DOHC dan konsumsi bbm wajib Pertamax.

sedangkan..
ambil contoh mobil Honda Jazz mesinnya 4 silinder DOHC, VVT dsb (CMIIW). yg mutakhir dan pastinya tenaga lbh besar tp cukup konsumsi bensin Premium.

kurang lbh gak beda dong sama Satria F; mesin sama2 DOHC malahan mobil tsb silindernya lbh banyak dan berteknologi lbh bagus.

Pertanyaan sy..
- kenapa mobil dan motor yg punya teknologi kurang lebih sama tp konsumsi bbm-nya beda?

- gimana klo misalnya Satria F, Honda CBR-150RR dsb. mengkonsumsi bensin Premium?

- mobil aja yg teknologinya lbh canggih drpd motor tsb masih oke koq pake bensin Premium?
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Post by datsu »

Masalah konsumsi bensin mah tergantung rasio kompresi...bukan teknologi mesin...saya lupa aturannya... Yang jelas honda jazz pun disarankan pertamax.. cuman pakai premium di seluruh Indonesia gak masalah... Karena dia gak ber-CC... Paling pake premium tenaganya gak maksimal dan lama2 ngelitik..dan gw rasa satria F150 pun masih 'bisa' dikasih premium..
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
frontier

Post by frontier »

Jazz VTEC Matic gue buatan 05, lokal, pake CC, jadi gue copot itu CC, supaya bisa nenggak premium, dan yang lebih penting supaya gas buang tidak terhambat, lari lebih kenceng... soal konsumsi per liter gue kurang peduli, yang penting kuuenceeeng......
User avatar
saptaaji
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 806
Joined: Thu Jun 15, 2006 3:58

Post by saptaaji »

frontier wrote:Jazz VTEC Matic gue buatan 05, lokal, pake CC, jadi gue copot itu CC, supaya bisa nenggak premium, dan yang lebih penting supaya gas buang tidak terhambat, lari lebih kenceng... soal konsumsi per liter gue kurang peduli, yang penting kuuenceeeng......
setojo... kepuasan tak terbayarkan.. :e-dance:
dado
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 505
Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
Location: JAKARTA

Post by dado »

mungkin asas kerja mesin mobil dengan motor (4 tak) pada prinsipnya hampir sama, yang bisa membedakan ukuran bensinnya yaitu besarnya CC (volume) mesin honda jazz kan 1500cc sedangkan satria hanya 150cc , klo menurut gw kenapa satria F150 dengan CBR harus menggunakan Pertamax mungkin mesinnya membutuhkan bensin dengan oktan yg tinggi agar performanya bagus, mungkin diisi dengan premium juga ngga masalah tapi tenaga tidak bisa maximal.
GW PUNYA HOBI OTOMOTIF, YA SAPA TAU KETEMU YG HOBI JG JD BISA TUKER PENDAPAT DALAM MODIFIKASI
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

koreksi Jazz blm DOHC.
http://www.hondajava.com/jazz06.html

nenggak premium karena diset seperti itu kompresinya dan ignition timing nya. (cmiiw)
anyway spec nya yg di minta premiumTT , dan err.. masih ada gitu? :twisted:
jadi org yg pakai premium-biasa mereka lepas Catalytic Converternya (u know, premium DT (dng timbal) bakal bikin mampet CC )

kalau satria-F nya timingnya dibuat telat bisa juga pakai premium
http://www.motorplus-online.com/articles.asp?id=7526
atau kompresinya diturunin.
Nano Energizer - (Product of nanoTec International - Korea) dengan nano ceramic technology.
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

dado wrote:mungkin asas kerja mesin mobil dengan motor (4 tak) pada prinsipnya hampir sama, yang bisa membedakan ukuran bensinnya yaitu besarnya CC (volume) mesin honda jazz kan 1500cc sedangkan satria hanya 150cc , klo menurut gw kenapa satria F150 dengan CBR harus menggunakan Pertamax mungkin mesinnya membutuhkan bensin dengan oktan yg tinggi agar performanya bagus, mungkin diisi dengan premium juga ngga masalah tapi tenaga tidak bisa maximal.
utk CBR, misal dipakai premium utk rpm rendah2 sih gpp. Tapi udah ada korban tuh pakai premium utk sering rpm tinggi2 (artinya ngebut) , gw lupa pistonnya atau stangpistonnya gitu..
Dua komponen tsb bergerak menuju TMA melawan ledakan yg terjadi lebih awal dari semestinya jika pakai Premium, scara terus menerus pada dlm jumlah yg tinggi.
Nano Energizer - (Product of nanoTec International - Korea) dengan nano ceramic technology.
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Eh, btw gw punya pertanyaan nih,

kalo Honda Jazz CVT kan lebih irit BBM daripada manualnya (tergantung cara bawanya juga sih), makanya biasanya lomba irit pakai yg CVT,

Gw baca di Otomotif katanya kalo motor CVT kaya Yamaha Mio justru ga bisa seirit transmisi biasa?
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong »

Yah itu dia..
istilahnya mobil aja' kan teknologinya lbh canggih drpd motor tp koq pake bbm premium msh gpp tp klo motor koq kesannya 'manja' gitu. harus pertamax ini dan itu. klo gak gitu mesinnya cepet rusak.

tp itu terserah ke orangnya jg sih.
dado
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 505
Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
Location: JAKARTA

Post by dado »

CVT motor ama mobil emang sama, bukannya beda, cuman namanya aja kan yg sama?
GW PUNYA HOBI OTOMOTIF, YA SAPA TAU KETEMU YG HOBI JG JD BISA TUKER PENDAPAT DALAM MODIFIKASI