Tanya Lancer 90

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

santo904
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Fri Oct 06, 2006 9:07

Post by santo904 »

Salam Kenal buat bro semuanya.
gue baru aja daftar di forum ini, krn tertarik ada threat tentang DanGan 90.

gue baru setahun punya DanGan 89/90, waktu baru punya, gue coba geber emang kenceng tuh dangan, lari 150 km/jam enteng aja tarikannya di tol cipularang-purbalenyi.

beberapa bln yang lalu saat pagi-pagi gue idupin mesinnya tau-tau ilang tenaganya dan suara klep nya keras ngalahin metromini, langsung gue matiin tuh mesin, gue bawa ke bengkel sepupu gue, dan dia cek , dia bilang top down nya geser, dia juga nggak ngerti kenapa bisa begitu, trus dia setel deh secara manual, tuh mesin emang suaranya gak berisik lagi, cuma samphe sekarang performance nya nggak seperti dulu lagi, tarikannya jadi agak berat dan kadang suka ngelitik (padahal dulu yang namanya ngelitik nggak ada tuh).

Ada kah bro semua yang tau kenapa mobil gue bisa top down nya geser sendiri ? dan apa penyebabnya

Apakah bro semua bisa kasih pencerahan dimana bengkel yang bisa mbalikin performance DanGan gue seperti semula.

thanks sebelumnya
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

santo904 wrote:Salam Kenal buat bro semuanya.
gue baru aja daftar di forum ini, krn tertarik ada threat tentang DanGan 90.

gue baru setahun punya DanGan 89/90, waktu baru punya, gue coba geber emang kenceng tuh dangan, lari 150 km/jam enteng aja tarikannya di tol cipularang-purbalenyi.

beberapa bln yang lalu saat pagi-pagi gue idupin mesinnya tau-tau ilang tenaganya dan suara klep nya keras ngalahin metromini, langsung gue matiin tuh mesin, gue bawa ke bengkel sepupu gue, dan dia cek , dia bilang top down nya geser, dia juga nggak ngerti kenapa bisa begitu, trus dia setel deh secara manual, tuh mesin emang suaranya gak berisik lagi, cuma samphe sekarang performance nya nggak seperti dulu lagi, tarikannya jadi agak berat dan kadang suka ngelitik (padahal dulu yang namanya ngelitik nggak ada tuh).

Ada kah bro semua yang tau kenapa mobil gue bisa top down nya geser sendiri ? dan apa penyebabnya

Apakah bro semua bisa kasih pencerahan dimana bengkel yang bisa mbalikin performance DanGan gue seperti semula.

thanks sebelumnya
Hal semacam itu bisa terjadi jika tensioner pulley untuk timing belt sudah lemah. Jika udah lemah maka ada kemungkinan timing belt akan lompat 1 gigi atau lebih ... terutama waktu digeber ampai ke 150 kpj. Jika timing belt nya lompat ... ya tentu saja Top Down nya berubah ... bukan cuman geser ... kalau dibiarin (gak digenti tonsioner nya atau timing belt nya sekaligus) .... alamat bisa ganti mesin ... hehehehehe bukan nakut-nakutin ...
Image
User avatar
saptaaji
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 806
Joined: Thu Jun 15, 2006 3:58

Post by saptaaji »

santo904 wrote:Salam Kenal buat bro semuanya.
gue baru aja daftar di forum ini, krn tertarik ada threat tentang DanGan 90.

gue baru setahun punya DanGan 89/90, waktu baru punya, gue coba geber emang kenceng tuh dangan, lari 150 km/jam enteng aja tarikannya di tol cipularang-purbalenyi.

beberapa bln yang lalu saat pagi-pagi gue idupin mesinnya tau-tau ilang tenaganya dan suara klep nya keras ngalahin metromini, langsung gue matiin tuh mesin, gue bawa ke bengkel sepupu gue, dan dia cek , dia bilang top down nya geser, dia juga nggak ngerti kenapa bisa begitu, trus dia setel deh secara manual, tuh mesin emang suaranya gak berisik lagi, cuma samphe sekarang performance nya nggak seperti dulu lagi, tarikannya jadi agak berat dan kadang suka ngelitik (padahal dulu yang namanya ngelitik nggak ada tuh).

Ada kah bro semua yang tau kenapa mobil gue bisa top down nya geser sendiri ? dan apa penyebabnya

Apakah bro semua bisa kasih pencerahan dimana bengkel yang bisa mbalikin performance DanGan gue seperti semula.

thanks sebelumnya
ga dijelasin dangan apa ya? 150 kmj tuh jatah dangan bermesin sohc. dohc mah 200 msh bisa oum.. tp ati2 rontok.. hehehe...

kalo bener kata bro penyu timingnya loncat klo ga salah idle mesinnya jg naek turun ga stabil..

posisi dimana nih bro santo? bandung ya? bro digit tau kali tuh.. ato tlp temen gw di 08122344848 bilang aja tau dr mpu gondring.. :p
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Hal semacam itu bisa terjadi jika tensioner pulley untuk timing belt sudah lemah. Jika udah lemah maka ada kemungkinan timing belt akan lompat 1 gigi atau lebih ... terutama waktu digeber ampai ke 150 kpj. Jika timing belt nya lompat ... ya tentu saja Top Down nya berubah ... bukan cuman geser ... kalau dibiarin (gak digenti tonsioner nya atau timing belt nya sekaligus) .... alamat bisa ganti mesin ... hehehehehe bukan nakut-nakutin ...
Bener kata Pak PenyuTurbo, emangnya udah harus diganti tensioner dan timming belt-nya. Dulu temen gw yg pake Lancer Evo III pernah ngalamin jg, indikasinya spt kata bro saptaaji :
kalo bener kata bro penyu timingnya loncat klo ga salah idle mesinnya jg naek turun ga stabil..
Setelah diganti baru enak lagi dibawanya dan tenaga jg kembali normal.
santo904
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Fri Oct 06, 2006 9:07

Post by santo904 »

PenyuTurbo wrote: Hal semacam itu bisa terjadi jika tensioner pulley untuk timing belt sudah lemah. Jika udah lemah maka ada kemungkinan timing belt akan lompat 1 gigi atau lebih ... terutama waktu digeber ampai ke 150 kpj. Jika timing belt nya lompat ... ya tentu saja Top Down nya berubah ... bukan cuman geser ... kalau dibiarin (gak digenti tonsioner nya atau timing belt nya sekaligus) .... alamat bisa ganti mesin ... hehehehehe bukan nakut-nakutin ...
Thanks Bro PenyuTurbo, Bro Saptaaji dan Bro DigitALL
lokasi gue di Jakarta, Dangan DOHC 1600.
gue mau tanya lagi sama bro semua , di tutup timing belt pemilik yang lama memberi tulisan untuk ganti timing belt di km 160.000 dan menurut pemilik lama waktu ganti timing belt dia juga ganti tensionernya juga, sedangkan kilometer di speedometer mobil gue baru nyamphe 138.000 km an kurang. Apakah gue harus ganti lagi dua-duanya sebab gue nggak pengen ganti mesinnya 8). gimana caranya untuk mengetahui/tes dg pasti bahwa tensioner pulley nya sdh lemah ?

idle mesin dangan gue kalau nggak pake ac stabil di strip 1,1 kalau pake ac pas otomatiknya nyala trus turun sebentar ke 0,6 dan langsung balik 0,9 dan stabil, apakah ini dinamakan naik turun nggak stabil atau bagaimana Bro ? .

Maap ya Bro bolak balik nanya. thanks before
User avatar
saptaaji
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 806
Joined: Thu Jun 15, 2006 3:58

Post by saptaaji »

santo904 wrote:
PenyuTurbo wrote: Hal semacam itu bisa terjadi jika tensioner pulley untuk timing belt sudah lemah. Jika udah lemah maka ada kemungkinan timing belt akan lompat 1 gigi atau lebih ... terutama waktu digeber ampai ke 150 kpj. Jika timing belt nya lompat ... ya tentu saja Top Down nya berubah ... bukan cuman geser ... kalau dibiarin (gak digenti tonsioner nya atau timing belt nya sekaligus) .... alamat bisa ganti mesin ... hehehehehe bukan nakut-nakutin ...
Thanks Bro PenyuTurbo, Bro Saptaaji dan Bro DigitALL
lokasi gue di Jakarta, Dangan DOHC 1600.
gue mau tanya lagi sama bro semua , di tutup timing belt pemilik yang lama memberi tulisan untuk ganti timing belt di km 160.000 dan menurut pemilik lama waktu ganti timing belt dia juga ganti tensionernya juga, sedangkan kilometer di speedometer mobil gue baru nyamphe 138.000 km an kurang. Apakah gue harus ganti lagi dua-duanya sebab gue nggak pengen ganti mesinnya 8). gimana caranya untuk mengetahui/tes dg pasti bahwa tensioner pulley nya sdh lemah ?

idle mesin dangan gue kalau nggak pake ac stabil di strip 1,1 kalau pake ac pas otomatiknya nyala trus turun sebentar ke 0,6 dan langsung balik 0,9 dan stabil, apakah ini dinamakan naik turun nggak stabil atau bagaimana Bro ? .

Maap ya Bro bolak balik nanya. thanks before
klo gw pribadi, pas beberes mobil apa2 yg sekali jalan gw ganti sekalian. ganti pulley kalo gw ya sekalian ganti timingbeltnya aja... ongkosnya ga dua kali. namanya laher susah dites lemah ato kagaknya. dulu gw ampe 3 kali bongkar pasang altenator yg lahernya dah bunyi. dapet laher baru tp cacat semua. gile ampe gempor pinggang hrs ngolong bulak balik.. :mad:

naik turun tuh pas idle ga ada kegiatan.. ga digas, ga nyalain apa2 selain mesin, gak disundul truk, ga parkir di pantai ancol dsb... :P

disini emang tempat tanya2... selama bisa jawab dan sok tau pasti gw jawab... oupsss... :roll: :P
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

saptaaji wrote:
santo904 wrote:
PenyuTurbo wrote: Hal semacam itu bisa terjadi jika tensioner pulley untuk timing belt sudah lemah. Jika udah lemah maka ada kemungkinan timing belt akan lompat 1 gigi atau lebih ... terutama waktu digeber ampai ke 150 kpj. Jika timing belt nya lompat ... ya tentu saja Top Down nya berubah ... bukan cuman geser ... kalau dibiarin (gak digenti tonsioner nya atau timing belt nya sekaligus) .... alamat bisa ganti mesin ... hehehehehe bukan nakut-nakutin ...
Thanks Bro PenyuTurbo, Bro Saptaaji dan Bro DigitALL
lokasi gue di Jakarta, Dangan DOHC 1600.
gue mau tanya lagi sama bro semua , di tutup timing belt pemilik yang lama memberi tulisan untuk ganti timing belt di km 160.000 dan menurut pemilik lama waktu ganti timing belt dia juga ganti tensionernya juga, sedangkan kilometer di speedometer mobil gue baru nyamphe 138.000 km an kurang. Apakah gue harus ganti lagi dua-duanya sebab gue nggak pengen ganti mesinnya 8). gimana caranya untuk mengetahui/tes dg pasti bahwa tensioner pulley nya sdh lemah ?

idle mesin dangan gue kalau nggak pake ac stabil di strip 1,1 kalau pake ac pas otomatiknya nyala trus turun sebentar ke 0,6 dan langsung balik 0,9 dan stabil, apakah ini dinamakan naik turun nggak stabil atau bagaimana Bro ? .

Maap ya Bro bolak balik nanya. thanks before
klo gw pribadi, pas beberes mobil apa2 yg sekali jalan gw ganti sekalian. ganti pulley kalo gw ya sekalian ganti timingbeltnya aja... ongkosnya ga dua kali. namanya laher susah dites lemah ato kagaknya. dulu gw ampe 3 kali bongkar pasang altenator yg lahernya dah bunyi. dapet laher baru tp cacat semua. gile ampe gempor pinggang hrs ngolong bulak balik.. :mad:

naik turun tuh pas idle ga ada kegiatan.. ga digas, ga nyalain apa2 selain mesin, gak disundul truk, ga parkir di pantai ancol dsb... :P

disini emang tempat tanya2... selama bisa jawab dan sok tau pasti gw jawab... oupsss... :roll: :P
Sebaiknya jangan begitu percaya dgn pemilik pertama, bisa aja dia bohong kan atau melebih2kan. Gw saranin lebih baik ganti dua2nya.
Masalah idle mesin saat AC dinyalakan itu normal. Memang saat AC nyala RPM turun dikit tp kembali normal lagi.
User avatar
gandalf
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: Sat Jul 10, 2004 17:53
Location: in the piston

Post by gandalf »

dulu pernah pake yg thn 91 tapi langsung jual

sampai sekarang masih terobsesi....

apalagi baca cerita2 diatas.......


asli gw teracun... hehehe
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Dangan euy

Post by mansetha »

:roll: mo nanya ni, walau ini forum kayaknya udah agak lama.... saya punya masalah dengan dangan GTi 1600 DOHC, saat sedang enak-enak jalan tiba-tiba tenaga hilang, tapi mesin tetep hidup. padahal sedang ditengah jalan tuh, akhirnya saya pake bensin campur deh, campur dorong... dipinggirin. kira2 apa ya penyebabnya, kata montir sensor nya ada yg rusak tuh... mohon pencerahan, trims...
mazonka
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: Sat Apr 29, 2006 18:32

Post by mazonka »

GTi 1600 dohc?
bukannya GLXi 1600 dohc oum
Std abis

bantu sodara jual tanah, ayo dicek ayo dicek
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=4572
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

mazonka wrote:GTi 1600 dohc?
bukannya GLXi 1600 dohc oum
Lancer (DanGan)keluaran 1988-1990 yg GTi itu 1600 cc, 1991-1994 yg GTi itu 1800cc.
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
mazonka
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: Sat Apr 29, 2006 18:32

Post by mazonka »

Oh iya berhubung ngebahas dan gan mo nanya nih boss
punya ortu di daerah ada DanGan 90 tulisannya GLXi kode mesin 4G61xxxx
Trus di dashboard ada kaya lambang mobil dgn 4 ban mendatar gitu gunanya buat apa yah?
(posisi di tengah2 antara speedometer n rpm agak ke bawah)
Std abis

bantu sodara jual tanah, ayo dicek ayo dicek
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=4572
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Post by mansetha »

Dan Gan GTi 1600 DOHC itu keluaran tahun 89-90, yg GLX ada juga rupanya .... :D
User avatar
saptaaji
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 806
Joined: Thu Jun 15, 2006 3:58

Re: Dangan euy

Post by saptaaji »

mansetha wrote::roll: mo nanya ni, walau ini forum kayaknya udah agak lama.... saya punya masalah dengan dangan GTi 1600 DOHC, saat sedang enak-enak jalan tiba-tiba tenaga hilang, tapi mesin tetep hidup. padahal sedang ditengah jalan tuh, akhirnya saya pake bensin campur deh, campur dorong... dipinggirin. kira2 apa ya penyebabnya, kata montir sensor nya ada yg rusak tuh... mohon pencerahan, trims...
postingan lama... mudah2an dah rampung masalahnya... ini gejala saringan bensin dah mampet. ganti aja 1 set depan belakang. yg belakang adanya di tangki bensin.. ganti teh celup (istilahnya begitu krn mirip teh celup)
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Post by mansetha »

ok trims, eh mau tanya juga ttg aksesoris untuk dangan90 bisa di cari dimana yah, saya mo ganti sen depan ama blakang dengan yang lebih oce gitu...trims...
User avatar
saptaaji
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 806
Joined: Thu Jun 15, 2006 3:58

Post by saptaaji »

masalah loss powernya dah kelar bro?? apa sebabnya?

seinnya mau ganti orisinil ato yg rada2 modif gitu? buat mobil lama kyknya agak susah nyarinya.
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Ganti yg sein putih aja...
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Post by mansetha »

WP wrote:Ganti yg sein putih aja...
iya tuh mo pake yang itu, kira-kira bisa dicari dimana, kalo di atrium senen lengkap nggak buat sparepart dan gan'90. trims...
denyharb
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Wed May 09, 2007 3:36

Post by denyharb »

salam kenal buat semua...newbie neeh.... mumpung bahas tentang dangan, Gw punya lancer DanDan '91 1.8GTi.... mo-tanya2 mohon pencerahan:

1. kalo dah jalan 1jam, dan ac nyala, rpm mesin drop sampe mati2,.. tenaga drop banget.
2. dah ganti radiator baru 2ply, tapi koq masih sering overheat (fan nyala en waterpump baru).....
3. mesin susah starter,... kalo dipaksain starter...kayak mbrebet2 dulu trus keluar asap hitam bentar......

kirakira kenapa yah?.... thx en lam kenal buat semua
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3718
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Post by satyr »

wah jgn2 sensor AFM kena
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
denyharb
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Wed May 09, 2007 3:36

Post by denyharb »

AFM=AirFlow Meter yah boss??...hiks hiks hiks..

Ada yang tau harganya berapaan sekarang yah? bisa di repair gak seeh?...
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3718
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Post by satyr »

kalo di galant sih 4 jt

di corolla 1,5 jt... yah itulah mitsubishi :D
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
Vic_san
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Tue May 08, 2007 3:48

Post by Vic_san »

Hallo all bro...
permisi kenalan dan numpang tanya...
belum lama ini saya baru ambil Dan Gan GTi tahun 91, rencananya mo saya ganti timing beltnya...btw part apa aja yang sekalian diganti pada saat penggantian timing belt selain tensioner pulley
..btw apa lagi yang harus diganti ya..?
n berapa kira-kira biayanya..?
trus kira2 bengkel mana yang di recomend ma temen2 disini (jakarta khususnya)
sekian, terima kasih sebelumnya untuk info dan sarannya...
salam,
denyharb
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Wed May 09, 2007 3:36

Post by denyharb »

waaah gallant 4?... lancer 2an kali yah?... apa sama?...hikshikhiks....ganti mesin ajah kali yeee
mazonka
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: Sat Apr 29, 2006 18:32

Post by mazonka »

mansetha wrote:
WP wrote:Ganti yg sein putih aja...
iya tuh mo pake yang itu, kira-kira bisa dicari dimana, kalo di atrium senen lengkap nggak buat sparepart dan gan'90. trims...
lengkap oum, gw pernah mo beli malah ditanyain mau yg putih ato yg kuning
Std abis

bantu sodara jual tanah, ayo dicek ayo dicek
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=4572