Tanya Lancer 90
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Fri Oct 06, 2006 9:07
Salam Kenal buat bro semuanya.
gue baru aja daftar di forum ini, krn tertarik ada threat tentang DanGan 90.
gue baru setahun punya DanGan 89/90, waktu baru punya, gue coba geber emang kenceng tuh dangan, lari 150 km/jam enteng aja tarikannya di tol cipularang-purbalenyi.
beberapa bln yang lalu saat pagi-pagi gue idupin mesinnya tau-tau ilang tenaganya dan suara klep nya keras ngalahin metromini, langsung gue matiin tuh mesin, gue bawa ke bengkel sepupu gue, dan dia cek , dia bilang top down nya geser, dia juga nggak ngerti kenapa bisa begitu, trus dia setel deh secara manual, tuh mesin emang suaranya gak berisik lagi, cuma samphe sekarang performance nya nggak seperti dulu lagi, tarikannya jadi agak berat dan kadang suka ngelitik (padahal dulu yang namanya ngelitik nggak ada tuh).
Ada kah bro semua yang tau kenapa mobil gue bisa top down nya geser sendiri ? dan apa penyebabnya
Apakah bro semua bisa kasih pencerahan dimana bengkel yang bisa mbalikin performance DanGan gue seperti semula.
thanks sebelumnya
gue baru aja daftar di forum ini, krn tertarik ada threat tentang DanGan 90.
gue baru setahun punya DanGan 89/90, waktu baru punya, gue coba geber emang kenceng tuh dangan, lari 150 km/jam enteng aja tarikannya di tol cipularang-purbalenyi.
beberapa bln yang lalu saat pagi-pagi gue idupin mesinnya tau-tau ilang tenaganya dan suara klep nya keras ngalahin metromini, langsung gue matiin tuh mesin, gue bawa ke bengkel sepupu gue, dan dia cek , dia bilang top down nya geser, dia juga nggak ngerti kenapa bisa begitu, trus dia setel deh secara manual, tuh mesin emang suaranya gak berisik lagi, cuma samphe sekarang performance nya nggak seperti dulu lagi, tarikannya jadi agak berat dan kadang suka ngelitik (padahal dulu yang namanya ngelitik nggak ada tuh).
Ada kah bro semua yang tau kenapa mobil gue bisa top down nya geser sendiri ? dan apa penyebabnya
Apakah bro semua bisa kasih pencerahan dimana bengkel yang bisa mbalikin performance DanGan gue seperti semula.
thanks sebelumnya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Hal semacam itu bisa terjadi jika tensioner pulley untuk timing belt sudah lemah. Jika udah lemah maka ada kemungkinan timing belt akan lompat 1 gigi atau lebih ... terutama waktu digeber ampai ke 150 kpj. Jika timing belt nya lompat ... ya tentu saja Top Down nya berubah ... bukan cuman geser ... kalau dibiarin (gak digenti tonsioner nya atau timing belt nya sekaligus) .... alamat bisa ganti mesin ... hehehehehe bukan nakut-nakutin ...santo904 wrote:Salam Kenal buat bro semuanya.
gue baru aja daftar di forum ini, krn tertarik ada threat tentang DanGan 90.
gue baru setahun punya DanGan 89/90, waktu baru punya, gue coba geber emang kenceng tuh dangan, lari 150 km/jam enteng aja tarikannya di tol cipularang-purbalenyi.
beberapa bln yang lalu saat pagi-pagi gue idupin mesinnya tau-tau ilang tenaganya dan suara klep nya keras ngalahin metromini, langsung gue matiin tuh mesin, gue bawa ke bengkel sepupu gue, dan dia cek , dia bilang top down nya geser, dia juga nggak ngerti kenapa bisa begitu, trus dia setel deh secara manual, tuh mesin emang suaranya gak berisik lagi, cuma samphe sekarang performance nya nggak seperti dulu lagi, tarikannya jadi agak berat dan kadang suka ngelitik (padahal dulu yang namanya ngelitik nggak ada tuh).
Ada kah bro semua yang tau kenapa mobil gue bisa top down nya geser sendiri ? dan apa penyebabnya
Apakah bro semua bisa kasih pencerahan dimana bengkel yang bisa mbalikin performance DanGan gue seperti semula.
thanks sebelumnya

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 806
- Joined: Thu Jun 15, 2006 3:58
ga dijelasin dangan apa ya? 150 kmj tuh jatah dangan bermesin sohc. dohc mah 200 msh bisa oum.. tp ati2 rontok.. hehehe...santo904 wrote:Salam Kenal buat bro semuanya.
gue baru aja daftar di forum ini, krn tertarik ada threat tentang DanGan 90.
gue baru setahun punya DanGan 89/90, waktu baru punya, gue coba geber emang kenceng tuh dangan, lari 150 km/jam enteng aja tarikannya di tol cipularang-purbalenyi.
beberapa bln yang lalu saat pagi-pagi gue idupin mesinnya tau-tau ilang tenaganya dan suara klep nya keras ngalahin metromini, langsung gue matiin tuh mesin, gue bawa ke bengkel sepupu gue, dan dia cek , dia bilang top down nya geser, dia juga nggak ngerti kenapa bisa begitu, trus dia setel deh secara manual, tuh mesin emang suaranya gak berisik lagi, cuma samphe sekarang performance nya nggak seperti dulu lagi, tarikannya jadi agak berat dan kadang suka ngelitik (padahal dulu yang namanya ngelitik nggak ada tuh).
Ada kah bro semua yang tau kenapa mobil gue bisa top down nya geser sendiri ? dan apa penyebabnya
Apakah bro semua bisa kasih pencerahan dimana bengkel yang bisa mbalikin performance DanGan gue seperti semula.
thanks sebelumnya
kalo bener kata bro penyu timingnya loncat klo ga salah idle mesinnya jg naek turun ga stabil..
posisi dimana nih bro santo? bandung ya? bro digit tau kali tuh.. ato tlp temen gw di 08122344848 bilang aja tau dr mpu gondring.. :p
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Bener kata Pak PenyuTurbo, emangnya udah harus diganti tensioner dan timming belt-nya. Dulu temen gw yg pake Lancer Evo III pernah ngalamin jg, indikasinya spt kata bro saptaaji :Hal semacam itu bisa terjadi jika tensioner pulley untuk timing belt sudah lemah. Jika udah lemah maka ada kemungkinan timing belt akan lompat 1 gigi atau lebih ... terutama waktu digeber ampai ke 150 kpj. Jika timing belt nya lompat ... ya tentu saja Top Down nya berubah ... bukan cuman geser ... kalau dibiarin (gak digenti tonsioner nya atau timing belt nya sekaligus) .... alamat bisa ganti mesin ... hehehehehe bukan nakut-nakutin ...
Setelah diganti baru enak lagi dibawanya dan tenaga jg kembali normal.kalo bener kata bro penyu timingnya loncat klo ga salah idle mesinnya jg naek turun ga stabil..
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Fri Oct 06, 2006 9:07
Thanks Bro PenyuTurbo, Bro Saptaaji dan Bro DigitALLPenyuTurbo wrote: Hal semacam itu bisa terjadi jika tensioner pulley untuk timing belt sudah lemah. Jika udah lemah maka ada kemungkinan timing belt akan lompat 1 gigi atau lebih ... terutama waktu digeber ampai ke 150 kpj. Jika timing belt nya lompat ... ya tentu saja Top Down nya berubah ... bukan cuman geser ... kalau dibiarin (gak digenti tonsioner nya atau timing belt nya sekaligus) .... alamat bisa ganti mesin ... hehehehehe bukan nakut-nakutin ...
lokasi gue di Jakarta, Dangan DOHC 1600.
gue mau tanya lagi sama bro semua , di tutup timing belt pemilik yang lama memberi tulisan untuk ganti timing belt di km 160.000 dan menurut pemilik lama waktu ganti timing belt dia juga ganti tensionernya juga, sedangkan kilometer di speedometer mobil gue baru nyamphe 138.000 km an kurang. Apakah gue harus ganti lagi dua-duanya sebab gue nggak pengen ganti mesinnya

idle mesin dangan gue kalau nggak pake ac stabil di strip 1,1 kalau pake ac pas otomatiknya nyala trus turun sebentar ke 0,6 dan langsung balik 0,9 dan stabil, apakah ini dinamakan naik turun nggak stabil atau bagaimana Bro ? .
Maap ya Bro bolak balik nanya. thanks before
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 806
- Joined: Thu Jun 15, 2006 3:58
klo gw pribadi, pas beberes mobil apa2 yg sekali jalan gw ganti sekalian. ganti pulley kalo gw ya sekalian ganti timingbeltnya aja... ongkosnya ga dua kali. namanya laher susah dites lemah ato kagaknya. dulu gw ampe 3 kali bongkar pasang altenator yg lahernya dah bunyi. dapet laher baru tp cacat semua. gile ampe gempor pinggang hrs ngolong bulak balik..santo904 wrote:Thanks Bro PenyuTurbo, Bro Saptaaji dan Bro DigitALLPenyuTurbo wrote: Hal semacam itu bisa terjadi jika tensioner pulley untuk timing belt sudah lemah. Jika udah lemah maka ada kemungkinan timing belt akan lompat 1 gigi atau lebih ... terutama waktu digeber ampai ke 150 kpj. Jika timing belt nya lompat ... ya tentu saja Top Down nya berubah ... bukan cuman geser ... kalau dibiarin (gak digenti tonsioner nya atau timing belt nya sekaligus) .... alamat bisa ganti mesin ... hehehehehe bukan nakut-nakutin ...
lokasi gue di Jakarta, Dangan DOHC 1600.
gue mau tanya lagi sama bro semua , di tutup timing belt pemilik yang lama memberi tulisan untuk ganti timing belt di km 160.000 dan menurut pemilik lama waktu ganti timing belt dia juga ganti tensionernya juga, sedangkan kilometer di speedometer mobil gue baru nyamphe 138.000 km an kurang. Apakah gue harus ganti lagi dua-duanya sebab gue nggak pengen ganti mesinnya. gimana caranya untuk mengetahui/tes dg pasti bahwa tensioner pulley nya sdh lemah ?
idle mesin dangan gue kalau nggak pake ac stabil di strip 1,1 kalau pake ac pas otomatiknya nyala trus turun sebentar ke 0,6 dan langsung balik 0,9 dan stabil, apakah ini dinamakan naik turun nggak stabil atau bagaimana Bro ? .
Maap ya Bro bolak balik nanya. thanks before

naik turun tuh pas idle ga ada kegiatan.. ga digas, ga nyalain apa2 selain mesin, gak disundul truk, ga parkir di pantai ancol dsb...

disini emang tempat tanya2... selama bisa jawab dan sok tau pasti gw jawab... oupsss...


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Sebaiknya jangan begitu percaya dgn pemilik pertama, bisa aja dia bohong kan atau melebih2kan. Gw saranin lebih baik ganti dua2nya.saptaaji wrote:klo gw pribadi, pas beberes mobil apa2 yg sekali jalan gw ganti sekalian. ganti pulley kalo gw ya sekalian ganti timingbeltnya aja... ongkosnya ga dua kali. namanya laher susah dites lemah ato kagaknya. dulu gw ampe 3 kali bongkar pasang altenator yg lahernya dah bunyi. dapet laher baru tp cacat semua. gile ampe gempor pinggang hrs ngolong bulak balik..santo904 wrote:Thanks Bro PenyuTurbo, Bro Saptaaji dan Bro DigitALLPenyuTurbo wrote: Hal semacam itu bisa terjadi jika tensioner pulley untuk timing belt sudah lemah. Jika udah lemah maka ada kemungkinan timing belt akan lompat 1 gigi atau lebih ... terutama waktu digeber ampai ke 150 kpj. Jika timing belt nya lompat ... ya tentu saja Top Down nya berubah ... bukan cuman geser ... kalau dibiarin (gak digenti tonsioner nya atau timing belt nya sekaligus) .... alamat bisa ganti mesin ... hehehehehe bukan nakut-nakutin ...
lokasi gue di Jakarta, Dangan DOHC 1600.
gue mau tanya lagi sama bro semua , di tutup timing belt pemilik yang lama memberi tulisan untuk ganti timing belt di km 160.000 dan menurut pemilik lama waktu ganti timing belt dia juga ganti tensionernya juga, sedangkan kilometer di speedometer mobil gue baru nyamphe 138.000 km an kurang. Apakah gue harus ganti lagi dua-duanya sebab gue nggak pengen ganti mesinnya. gimana caranya untuk mengetahui/tes dg pasti bahwa tensioner pulley nya sdh lemah ?
idle mesin dangan gue kalau nggak pake ac stabil di strip 1,1 kalau pake ac pas otomatiknya nyala trus turun sebentar ke 0,6 dan langsung balik 0,9 dan stabil, apakah ini dinamakan naik turun nggak stabil atau bagaimana Bro ? .
Maap ya Bro bolak balik nanya. thanks before![]()
naik turun tuh pas idle ga ada kegiatan.. ga digas, ga nyalain apa2 selain mesin, gak disundul truk, ga parkir di pantai ancol dsb...
disini emang tempat tanya2... selama bisa jawab dan sok tau pasti gw jawab... oupsss...![]()
Masalah idle mesin saat AC dinyalakan itu normal. Memang saat AC nyala RPM turun dikit tp kembali normal lagi.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 57
- Joined: Sat Jul 10, 2004 17:53
- Location: in the piston
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
Dangan euy

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 154
- Joined: Sat Apr 29, 2006 18:32
GTi 1600 dohc?
bukannya GLXi 1600 dohc oum
bukannya GLXi 1600 dohc oum
Std abis
bantu sodara jual tanah, ayo dicek ayo dicek
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=4572
bantu sodara jual tanah, ayo dicek ayo dicek
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=4572
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 154
- Joined: Sat Apr 29, 2006 18:32
Oh iya berhubung ngebahas dan gan mo nanya nih boss
punya ortu di daerah ada DanGan 90 tulisannya GLXi kode mesin 4G61xxxx
Trus di dashboard ada kaya lambang mobil dgn 4 ban mendatar gitu gunanya buat apa yah?
(posisi di tengah2 antara speedometer n rpm agak ke bawah)
punya ortu di daerah ada DanGan 90 tulisannya GLXi kode mesin 4G61xxxx
Trus di dashboard ada kaya lambang mobil dgn 4 ban mendatar gitu gunanya buat apa yah?
(posisi di tengah2 antara speedometer n rpm agak ke bawah)
Std abis
bantu sodara jual tanah, ayo dicek ayo dicek
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=4572
bantu sodara jual tanah, ayo dicek ayo dicek
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=4572
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 806
- Joined: Thu Jun 15, 2006 3:58
Re: Dangan euy
postingan lama... mudah2an dah rampung masalahnya... ini gejala saringan bensin dah mampet. ganti aja 1 set depan belakang. yg belakang adanya di tangki bensin.. ganti teh celup (istilahnya begitu krn mirip teh celup)mansetha wrote:mo nanya ni, walau ini forum kayaknya udah agak lama.... saya punya masalah dengan dangan GTi 1600 DOHC, saat sedang enak-enak jalan tiba-tiba tenaga hilang, tapi mesin tetep hidup. padahal sedang ditengah jalan tuh, akhirnya saya pake bensin campur deh, campur dorong... dipinggirin. kira2 apa ya penyebabnya, kata montir sensor nya ada yg rusak tuh... mohon pencerahan, trims...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 806
- Joined: Thu Jun 15, 2006 3:58
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Wed May 09, 2007 3:36
salam kenal buat semua...newbie neeh.... mumpung bahas tentang dangan, Gw punya lancer DanDan '91 1.8GTi.... mo-tanya2 mohon pencerahan:
1. kalo dah jalan 1jam, dan ac nyala, rpm mesin drop sampe mati2,.. tenaga drop banget.
2. dah ganti radiator baru 2ply, tapi koq masih sering overheat (fan nyala en waterpump baru).....
3. mesin susah starter,... kalo dipaksain starter...kayak mbrebet2 dulu trus keluar asap hitam bentar......
kirakira kenapa yah?.... thx en lam kenal buat semua
1. kalo dah jalan 1jam, dan ac nyala, rpm mesin drop sampe mati2,.. tenaga drop banget.
2. dah ganti radiator baru 2ply, tapi koq masih sering overheat (fan nyala en waterpump baru).....
3. mesin susah starter,... kalo dipaksain starter...kayak mbrebet2 dulu trus keluar asap hitam bentar......
kirakira kenapa yah?.... thx en lam kenal buat semua
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Wed May 09, 2007 3:36
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Tue May 08, 2007 3:48
Hallo all bro...
permisi kenalan dan numpang tanya...
belum lama ini saya baru ambil Dan Gan GTi tahun 91, rencananya mo saya ganti timing beltnya...btw part apa aja yang sekalian diganti pada saat penggantian timing belt selain tensioner pulley
..btw apa lagi yang harus diganti ya..?
n berapa kira-kira biayanya..?
trus kira2 bengkel mana yang di recomend ma temen2 disini (jakarta khususnya)
sekian, terima kasih sebelumnya untuk info dan sarannya...
salam,
permisi kenalan dan numpang tanya...
belum lama ini saya baru ambil Dan Gan GTi tahun 91, rencananya mo saya ganti timing beltnya...btw part apa aja yang sekalian diganti pada saat penggantian timing belt selain tensioner pulley
..btw apa lagi yang harus diganti ya..?
n berapa kira-kira biayanya..?
trus kira2 bengkel mana yang di recomend ma temen2 disini (jakarta khususnya)
sekian, terima kasih sebelumnya untuk info dan sarannya...
salam,
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Wed May 09, 2007 3:36
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 154
- Joined: Sat Apr 29, 2006 18:32
lengkap oum, gw pernah mo beli malah ditanyain mau yg putih ato yg kuningmansetha wrote:iya tuh mo pake yang itu, kira-kira bisa dicari dimana, kalo di atrium senen lengkap nggak buat sparepart dan gan'90. trims...WP wrote:Ganti yg sein putih aja...
Std abis
bantu sodara jual tanah, ayo dicek ayo dicek
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=4572
bantu sodara jual tanah, ayo dicek ayo dicek
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=4572