POWER LOSS TIBA2
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 564
- Joined: Mon Jan 30, 2006 2:43
- Location: Jakarta Pusat
POWER LOSS TIBA2
Alow brothers, mo nanya neh mtr sy suka ilang powernya tiba2, suara knalpot jd lebih kenceng, tp rpm tetep naek kaya biasa, cuman tenaganya ilang, kaya mau mulai jln dr gigi2. nanti tiba2 dpt lg tenaganya. gak terlalu sering seh.
>kmrn tanya bengkel katnya ganti kampas kopling, bener bukan kira2, soalnya setau sy umur ampas kopling tuh lama deh. mtr sy 2003, 9200km.
>kmrn tanya bengkel katnya ganti kampas kopling, bener bukan kira2, soalnya setau sy umur ampas kopling tuh lama deh. mtr sy 2003, 9200km.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
boleh jadi ring seher minta ganti, ato maybe waktu pasang blok gak cukup kenceng, jadi kompresi bocor. Coba servis besar, liat blok n sehernya. Jangan lupa, itu busidah pernah ganti baru blom? bisa jadi busi dah mo mati. Ganti busi baru aja dulu kalo dah lama gak ganti. Kalo bis ganti busi baru masih begitu, baru angkat blok. Kalo masih gak bisa juga, jual murah aja ke gue!!! haha
Just Call Me Nichol !!!
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Mon Aug 21, 2006 17:28
- Location: sfr
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
- Location: JAKARTA
kanvas kopling abis biasanya motor mengalami slip atau RPM tinggi tp motor tidak bisa mencapai kecepatan max bisa juga disebut ilang power, trus ciri2nya lg klo kanvas kopling abis gigi susah untuk dioper baik turun atawa naik, coba loe stel dulu koplingnya, karena ada kemungkinan hanya dari stelan koplingnya aja, atawa loe cek karbu-nya mungkin kotor.
GW PUNYA HOBI OTOMOTIF, YA SAPA TAU KETEMU YG HOBI JG JD BISA TUKER PENDAPAT DALAM MODIFIKASI
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Mon Aug 21, 2006 17:28
- Location: sfr
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 137
- Joined: Wed Jul 06, 2005 8:07
- Location: Depok City
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
Re: POWER LOSS TIBA2
klo ga salah baca, kampas kopling jg bisa jd licin bro krn sudah terlalu lama. Jd spt sudah menjadi keras, makanya licin.kepin wrote:Alow brothers, mo nanya neh mtr sy suka ilang powernya tiba2, suara knalpot jd lebih kenceng, tp rpm tetep naek kaya biasa, cuman tenaganya ilang, kaya mau mulai jln dr gigi2. nanti tiba2 dpt lg tenaganya. gak terlalu sering seh.
>kmrn tanya bengkel katnya ganti kampas kopling, bener bukan kira2, soalnya setau sy umur ampas kopling tuh lama deh. mtr sy 2003, 9200km.
Btw, th 2003 9200km? ini udah ngelewatin "0" 1 lap ya?
atau blm?
soalnya motor gw blm setahun aja udah 10000km lebih

Nano Energizer - (Product of nanoTec International - Korea) dengan nano ceramic technology.
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 105
- Joined: Sun Jan 16, 2005 12:59
- Location: Middle java
Bro Kepin uda jadi ganti kanvas koplingnya belom?
Apa masalahnya bener langsung ilang setelah ganti kanvas kopling?
Soalnya motor gw juga ngalamin masalah serupa bro, tiba-tiba teriak tapi ga ada tenaga trus ada tenaga lagi, macem kayak kalo bro mau "wheelie" gt, tapi gw dulu mikirnya apa mungkin oli gw terlalu encer gitu? Soalnya motor gw juga pake Repsol 10w40. Dulu sempet tuh nanya ama bro Gauss, tapi dia belom pernah ngalamin masalah begini, nah pas gw tanya oli kalo ga salah inget dulu dia pake 15w atau 20w (wah gw lupa). Apa mungkin ini penyebabnya, soalnya motor gw ini tahun 2004, jarang dipake lagi, mosok secepat itu udah abis kanvas koplingnya?? Karena dari pengalaman, tiger gw aja dulu sampe 3 tahun baru ganti kanvas kopling padahal gw pakenya lebih sering..... hikz...
Mungkin ini yang namanya slip kopling ya?
Apa masalahnya bener langsung ilang setelah ganti kanvas kopling?
Soalnya motor gw juga ngalamin masalah serupa bro, tiba-tiba teriak tapi ga ada tenaga trus ada tenaga lagi, macem kayak kalo bro mau "wheelie" gt, tapi gw dulu mikirnya apa mungkin oli gw terlalu encer gitu? Soalnya motor gw juga pake Repsol 10w40. Dulu sempet tuh nanya ama bro Gauss, tapi dia belom pernah ngalamin masalah begini, nah pas gw tanya oli kalo ga salah inget dulu dia pake 15w atau 20w (wah gw lupa). Apa mungkin ini penyebabnya, soalnya motor gw ini tahun 2004, jarang dipake lagi, mosok secepat itu udah abis kanvas koplingnya?? Karena dari pengalaman, tiger gw aja dulu sampe 3 tahun baru ganti kanvas kopling padahal gw pakenya lebih sering..... hikz...
Mungkin ini yang namanya slip kopling ya?
There is sky above the sky...
-----------------------------------------------------------
SAVE THE WORLD FROM GLOBAL WARMING!!
http://worldsilentday.org
http://www.globalwarming.org/
-----------------------------------------------------------
SAVE THE WORLD FROM GLOBAL WARMING!!
http://worldsilentday.org
http://www.globalwarming.org/

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 564
- Joined: Mon Jan 30, 2006 2:43
- Location: Jakarta Pusat
blom bro, krm gw ke malay 3 minggu ini baru blk. kalo masalah oli kayanya ngak deh, soalnya dr pertama beli nih motor ud nelen oli 10 - 40 mulu (kalo gak repsol ya motul) & gak ada gejala ini.
2. sama bro pikir gw jg gtu masa cepet aj kamvas koplingnya abis. heheheheeh jadi pusing ya, cuman 2 hari ini ud gw pk ngapus seh gak kluar tuh keluhan. biasanay seh kluar.
2. sama bro pikir gw jg gtu masa cepet aj kamvas koplingnya abis. heheheheeh jadi pusing ya, cuman 2 hari ini ud gw pk ngapus seh gak kluar tuh keluhan. biasanay seh kluar.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 105
- Joined: Sun Jan 16, 2005 12:59
- Location: Middle java
Bener, memang terjadinya gak bisa diduga-duga kadang muncul, kadang normal. Aneh. Cm dl gw cari di cbrclub kok ga ada yang bermasalah seperti ini, trus ya gw diemin aja. Eh ga taunya ada thread yang topiknya ini... Dulu sempat nanya temen gw yang mekanik katanya ada masalah di blok koplingnya, mesti dibongkar dulu. Gw masih sayang aja kalo dibongkar-bongkar, masih baru sih :p. Padahal gw rasa per koplingnya termasuk keras juga di tangan. Saking bingung sampe-sampe gw ud beli kanvas kopling baru yang RMG punya. Tapi blom gw pasang tuh.. Abis kadang muncul kadang ga... bingung gw..gw takutnya kena piringannya kalo keseringan power loss gitu bro...
There is sky above the sky...
-----------------------------------------------------------
SAVE THE WORLD FROM GLOBAL WARMING!!
http://worldsilentday.org
http://www.globalwarming.org/
-----------------------------------------------------------
SAVE THE WORLD FROM GLOBAL WARMING!!
http://worldsilentday.org
http://www.globalwarming.org/

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
- Location: Anywhere in front of you
cara ngecek kopling yg udah minta diganti
1. kalo lagi "narik" pas ganti gigi, rpm lari duluan dibading akselerasi motor, setelah beberapa saat baru rpm balik ke rpm normal (sesuai ama kecepatan)
2. posisi diam, tekan rem depan, masukin gigi, lepas kopling pelan2, kalo sampe 1/2 kopling mesin blom mati, tandanya kopling dah minta diganti
kalo cara ini
"kanvas minta ganti cukup gampang caranya. Coba dr posisi netral, kopling teken dalem2, terus masuk gigi (kopling tetep diteken lho!). Kalo motor nyentak kenceng/ jalan berarti kopling minta ganti."
ini bukan cek kopling itu biasanya disebut kopling selip, ini biasanya sih masalah sama oli, sering kejadian sama motor yg biasa pake olinya mobil, soalnya oli mobil bakal bikin kopling lengket jadi gigi nggak mau lepas, sehingga terjadi sentakan pada waktu masukin gigi
1. kalo lagi "narik" pas ganti gigi, rpm lari duluan dibading akselerasi motor, setelah beberapa saat baru rpm balik ke rpm normal (sesuai ama kecepatan)
2. posisi diam, tekan rem depan, masukin gigi, lepas kopling pelan2, kalo sampe 1/2 kopling mesin blom mati, tandanya kopling dah minta diganti
kalo cara ini
"kanvas minta ganti cukup gampang caranya. Coba dr posisi netral, kopling teken dalem2, terus masuk gigi (kopling tetep diteken lho!). Kalo motor nyentak kenceng/ jalan berarti kopling minta ganti."
ini bukan cek kopling itu biasanya disebut kopling selip, ini biasanya sih masalah sama oli, sering kejadian sama motor yg biasa pake olinya mobil, soalnya oli mobil bakal bikin kopling lengket jadi gigi nggak mau lepas, sehingga terjadi sentakan pada waktu masukin gigi
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
cmiiw bro,hery_jul wrote: kalo cara ini
"kanvas minta ganti cukup gampang caranya. Coba dr posisi netral, kopling teken dalem2, terus masuk gigi (kopling tetep diteken lho!). Kalo motor nyentak kenceng/ jalan berarti kopling minta ganti."
ini bukan cek kopling itu biasanya disebut kopling selip, ini biasanya sih masalah sama oli, sering kejadian sama motor yg biasa pake olinya mobil, soalnya oli mobil bakal bikin kopling lengket jadi gigi nggak mau lepas, sehingga terjadi sentakan pada waktu masukin gigi
bukannya kalau oli mobil lebih licin karena menganut dry-clutch?
cmiiw, logically kalau lebih licin ya ngga jd bikin lengket.
anyway, utk gejala yg diatas (kopling diteken tapi motor nyentak pas msk gigi) biasanya di gw sih setelan kabel kopling kurang narik, jadi walaupun seolah2 kita udah teken dalem padahal masih rada2 "setengah kopling" ..
Nano Energizer - (Product of nanoTec International - Korea) dengan nano ceramic technology.
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 564
- Joined: Mon Jan 30, 2006 2:43
- Location: Jakarta Pusat
wah kayanya kalo yg buka 1/2 kopling, gak ada msh di mtr gw, soalnya mesin mati. tp kalo slip kopling seh pernah gak sering seh. kaget gw wkt itu dengan cepat tenega drop trus langsung dpt lagi.
kemaren lg pas gw mo ke kampus motor ud dorong ke depan, trus pas dinyalaain gak mau nyala, wah batal deh ikut kelas pagi, ud bongkar2 gak berhasil, akhirnya males deh ngampus pengen masukin motor ke rmh, eh pas dorong gak bisa maju, gak taunya posisi di gigi1 pantes aja kaga nyala HAHAHAHAHAHAHA
kemaren lg pas gw mo ke kampus motor ud dorong ke depan, trus pas dinyalaain gak mau nyala, wah batal deh ikut kelas pagi, ud bongkar2 gak berhasil, akhirnya males deh ngampus pengen masukin motor ke rmh, eh pas dorong gak bisa maju, gak taunya posisi di gigi1 pantes aja kaga nyala HAHAHAHAHAHAHA
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
- Location: Anywhere in front of you
ini bedanya oli mobil sama oli motoryoyoyo wrote:cmiiw bro,hery_jul wrote: kalo cara ini
"kanvas minta ganti cukup gampang caranya. Coba dr posisi netral, kopling teken dalem2, terus masuk gigi (kopling tetep diteken lho!). Kalo motor nyentak kenceng/ jalan berarti kopling minta ganti."
ini bukan cek kopling itu biasanya disebut kopling selip, ini biasanya sih masalah sama oli, sering kejadian sama motor yg biasa pake olinya mobil, soalnya oli mobil bakal bikin kopling lengket jadi gigi nggak mau lepas, sehingga terjadi sentakan pada waktu masukin gigi
bukannya kalau oli mobil lebih licin karena menganut dry-clutch?
cmiiw, logically kalau lebih licin ya ngga jd bikin lengket.
.
semua motor lokal disini, sistemnya menganut wet clucth, jadi kopling kerendem sama oli, nah kalo mobil kan pake sistem dry clucth, jadi oli cuman buat di mesin ajah, makanya formula di mobil makin licin makin bagus
nah di motor merek jepang yg pake sistem basah ini, kopling kerendem, mangkanye oli motor selalu ada standart JASO-nya, ini yg menyatakan kalo oli tsb cocok buat motor yg pake sistem wet clucth, jadi ada semacam komposisi di oli yg bikin kopling masih bisa neken flywheel dan dalam kondisi nggak selip/berputar tuh flywheel, jadi gigi masih bisa dimasukin
gitu lho ....
pernah ada kejadian, karena pengen gaya, seorang temen pake oli syntium dimotornya, alhasil giginya kagak bisa masuk !!!
