Keajaiban disain

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Keajaiban disain

Post by mpoezz »

Keajaiban disain


(30/08/2006) - Menanggung hutang $20 miliar dan hanya 3 dari 48 model yang profitable, Nissan Motor Co. pada Juni 1999 itu, benar-benar raksasa sakit. Ketika Renault membeli 36% saham dan mengirimkan Carlos Ghosn, cerita Nissan berubah. Dengan dingin, dia merampingkan Nissan, memangkas pengeluaran, membunuh model yang merugi dan memperkenalkan filosifi Shift_ yang mengubah Nissan.

Nissan berhasil bangkit dan mendapatkan kembali reputasinya. Strategi Nissan meluncurkan model-model dengan disain baru berhasil menarik pembeli. Berita-berita tentang meningkatnya profit Nissan menjadi bukti sukses disain Nissan. Bagaimana disain menjadi panglima utama menggerakan kembali Nissan, diceritakan dengan sangat menarik oleh Tsunehiro Kunimoto (56), projet design director Nissan Motor Co. Ltd., didepan civitas akademika Fakultas Seni Rupa dan Design ITB di Bandung, Senin (28/8) dalam acara Nissan Design Forum. Kunimoto adalah orang dibalik disain semua model Nissan.

Design tidak hanya menyelamatkan Nissan. Akhir 90-an, Chrysler di selamatkan PT Crusier, model dengan disain retroklasik yang terbukti sukses mengerek penjualan. Sejak itu jagad otomotif USA heboh dengan wabah retroklasik. Semua produsen menawarkan model baru dengan sentuhan retro tapi tidak ada yang sesukses PT Cruiser. Ketika PT Cruiser makin redup, tahun 2004 Chrysler kembali mengguncang lewat sedan Chrysler 300. Lagi-lagi dengan disain yang unik dan beda dari arus utama saat itu dan sukses.

Disain juga menjadi penentu sukses Jaguar S-Class, Volvo, Audi dan banyak merk lain, tapi tidak ada yang sedramatis Nissan.

Carlos Ghosn memfokuskan penyelamatan Nissan lewat peluncuran model-model baru secara masif. Agar model yang dilempar diserap pasar, maka harus punya brand power yaitu unik, punya daya tarik (selanjutnya konsumen akan familiar dan dalam jangka panjang akan yakin dengan model/merk tersebut).

Mengapa bukan menekankan sisi engineering? Karena tampilan luar -eksterior maupun interior- menjadi hal pertama yang dilihat. Seperti kata Drs Y. Martinus P. Msn, dosen FSRD ITB, ketika konsumen mengasosiasikan gaya hidup dan ekpektasinya dengan tampilan luar itu, mereka akan membelinya. Lagi pula lebih mudah melahirkan disain-disain baru daripada mengembangkan platform baru yang sulit, lama dan mahal. Karena itulah, Nissan memangkas jumlah platform dan menggandakan model-model yang menggunakan platform yang sama.

Untuk melahirkan daya tarik unik itu, disainer Nissan menoleh kebelakang, kemasa lalu Nissan dengan segala nilai plus dan minusnya. Mereka juga mendiskusikan kelak Nissan akan seperti apa. Yang pada umumnya mengharapkan Nissan menghasilkan mobil yang melebihi ekspektasi konsumen. Nissan 1969 Fairlady Z menjadi inspirasi utama.

"Sebagai perusahaan Jepang kami juga menoleh ke nilai-nilai bangsa kami. Kami diskusikan nilai-nilai Jepang ('Japanese DNA') yang bisa diterima tidak saja orang Jepang tapi juga masyarakat global," kata Kunimoto yang didampingi Alfonso Albaisa, product chief designer of Nissan Motor Co.,Ltd. Diskusi-diskusi panjang itu kemudian melahirkan apa yang disebut Nissan DNA yaitu Refined, Clean, Iconic, Simplicity dan Fresh. Nilai-nilai itu mengejawantah dalam setiap model Nissan.

Sejak 2001 hingga kini, Nissan meluncurkan 33 model baru. Lalu mereka kembali meraih posisi dua besar di Jepang setelah sempat tersisih oleh Honda. Program Nissan 180 (tambahan penjualan 1 juta unit, mencapai operating margin 8 % dan hutang nol) yang dicanangkan 2001 dan berakhir 2005 berjalan sukses.

Proses disain Nissan

Alfonso Albaisa yang mengaku sangat terkesan dengan karya-karya disain mahasiswa FSRD ITB jadi bersemangat saat menjelaskan proses disain. Mantan design director di Nissan Design America ini memulai kuliahnya dengan konsep dan filosofi disain. Menurutnya, seni dan disain adalah cermin budaya masyarakat. Disain yang baik, menurutnya, harus berkoneksi dengan aspirasi dan impian-impian masyarakat. Karena budaya selalu bergerak dan berubah, disain harus menciptakan sesuatu yang baru.

Secara garis besar, proses disain dibagi jadi tiga tahap yaitu eksplorasi, persiapan dan produksi.

Tahap eksplorasi dilakukan lewat riset untuk menjaring apa yang di inginkan konsumen, profil konsumen, kehidupan sosialnya, harapan-harapannya dan banyak hal lain. Data-data itu menjadi basis designer dalam bekerja.

“Konsumen tidak tahu masa depan, lewat riset itu, designer menciptakan sesuatu yang baru yang di inginkan konsumen. Dan disainer harus membuat sesuatu yang tidak terbayangkan konsumen. Itu goal-nya,” tandas Albaisa yang juga membidani lahirnya Nissan Urge Concept.

Tahap persiapan diakui Albaisa adalah yang terberat, sulit, lama dan mahal. Banyak diskusi dan proposal sket yang harus dikaji. Tahapan ini dimulai dengan sket awal, yang biasanya hanya coretan-coretan di atas kertas yang menampilkan konsep dasar dari disan mobil.
Bila sket awal itu dinilai menarik dan menjanjikan, maka dimulailah pembuatan proposal sket. Banyak sekali proposal sket yang dibuat, sebanyak yang ditolak. Tapi sedikit demi sedikit final sket bisa dihasilkan.

Hasil ini menjadi acuan perancangan layout, dimana ukuran actual mobil dibuat. Seperti panjang, lebar, tinggi, jarak trak, dll. Demikian pula dimensi interior, ukuran dashboard, jarak panel control dengan pengemudi dll. Sangat rumit dan matematis sekali.

Dari sana, designer membuat computer grafik animation-nya yang menggambarkan seperti apa mobil itu kelak. Tahapan selanjutnya, adalah clay model, yaitu membuat model dengan skala 1:1 untuk memberi gambaran riil mobil itu.

Bekerja sama dengan divisi lain, prototipe model baru itu dibuat dan dilakukan serangkaian pengujian yang bila sukses model itu masuk ke tahap confirmation model. Tahapan itu juga berlaku untuk disian interior.

Rata-rata proses disain itu memakan waktu 14-15 bulan, tapi bisa lebih cepat atau lebih lama tergantung modelnya.
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Post by datsu »

Hahaha...gue liat tuh kuliahnya dan pamerannya di parkiran Campus Center Timur.... Lucu...padahal secara desain Nissan Indo cuman punya Teana dan X-Trail yang keren...sisanya gak bagus...
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
User avatar
ahbeng
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Wed Jun 29, 2005 0:12
Location: Jakarta Utara

Post by ahbeng »

interesting, seru juga yah di bagian yg mendesign concept car ^^ jadi pengen balik ke 3D lagi.. -_-
seru tuh waktu di kuliah wa anak2 indo dapet tugasnya bikin motor Honda yg kayak ducatti dari clay dgn skala 1:1 sayang ga boleh liat pas kerjanya gara2 itu jurusan Industrial Design :)

Nissan wa bilang masa depan cerah sekali sih kalo di pimpin oleh Mr.Ghosn terus
p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27

Post by p4nd4 »

Image

picnya gw quote dari address di bawah ini

http://www.siregraph.com/home.shtml


karya model 3D anak bangsa nihh..patut diacungin jempol gede.... :e-clap:
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

Melanjutkan diskusi mengenai design mobil-2 Nissan...
Last edited by €lj€p€ on Mon Oct 22, 2007 12:25, edited 1 time in total.
Dari Solo ke Oslo
Image
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

buritan kyk CLS
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

speeedonya mantap!
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

steering wheel nya keliatan nyaman.. mmh.. leather nya seems so smoothhh...
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

steering wheelnya aneh juga kayunya di lingkaran bawah setir, biasanya kayu ditaro di lingkaran atas setir...... :?
Leonhearts
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN

Post by Leonhearts »

wow keren ya. Kapan masuk indo???
Saatnya konsumer lebih kritis.....beli sesuai dengan hati nurani...biarpun bermerek tapi mahal tidak sesuai harga.....dan jangan pernah dibohongin dengan alasan2 yang aneh lagi.....go konsumer Indonesia
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

^ bukannya masih mobil konsep?
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Leonhearts wrote:wow keren ya. Kapan masuk indo???
Tahon 1210 ... eh kebalik 2011 ...
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

johnlegend wrote:buritan kyk CLS
Bisa aja nih ....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Ada kemiripan ... mana yang lahir duluan
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

Risol1 wrote:steering wheelnya aneh juga kayunya di lingkaran bawah setir, biasanya kayu ditaro di lingkaran atas setir...... :?
biar ga kena jemur, kan sayang kalo kayu mahal kena jemur... :lol:
Image
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

PenyuTurbo wrote:Ada kemiripan ... mana yang lahir duluan
bos, jangan lupa SX4nya juga...kan mirip kepalanya... :lol:
Image
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

Hansen wrote:
PenyuTurbo wrote:Ada kemiripan ... mana yang lahir duluan
bos, jangan lupa SX4nya juga...kan mirip kepalanya... :lol:
mirip dari mana bro? dari hongkong? hehehhe
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Banyak yang udah mirip semua ... udah pada merger ...
Image
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

johnlegend wrote:
Hansen wrote:
PenyuTurbo wrote:Ada kemiripan ... mana yang lahir duluan
bos, jangan lupa SX4nya juga...kan mirip kepalanya... :lol:
mirip dari mana bro? dari hongkong? hehehhe
lampunya kan mirip kek ini...

tinggal dipasang lambang Mercy & pasang emblem CLS350 ato CLS 500 aja dah... :D

Image
User avatar
jojo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
Location: Jakarta

Post by jojo »

desain emang penting banget, karena percuma juga kalo mesin ok tapi desain jelek, gak bakalan gue pilih.
semoga selamat sampai duluan
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

penting mesin, kaki2 n interior nih..
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

johnlegend wrote:penting mesin, kaki2 n interior nih..
exterior ga termasuk niih? yakiiin??? :lol:

kalo mesin 2AZ-FE tapi luarnya Corolla generasi pertama mau kaga? :lol:



kalo gw sih semuanya penting... :oops:
Image
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

hehehe.. jgn se-extreme itu lah.. saya bilang secara general aja..

buat saya pribadi, exterior tidak lebih penting dari mesin n kaki2 n interior.. tapi bukan berarti tidak memberikan point penting lho.. hehehe..

gw mikir nya exterior yg nikmatin orang yg di luar mobil.. nah kl interior kaki2 n mesin.. yg nikmatin gw sndiri.. heehehhehe..
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Kalu bagi Nissan mungkin kurang penting. Soalnya mereka dah bisa bikin Skyline. Jadi untuk bikin mesin yg bagus, jelas ga susah. Sekarang tinggal konsentrasi di disain eksterior.

Ttg perbandingan photo, kyknya tetep bagusan buatan Benz ya. Lebih halus..
Accurate V5 Accounting System Consultant
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

harga jg "bagus"an benz.. hehehe