(tanya)masalah di kijang kapsul

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

san_san
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Sun Mar 05, 2006 16:00

(tanya)masalah di kijang kapsul

Post by san_san »

alo bro semua gue mau cerita nih,kemarin tanggal 27-8-2006 gue jalan2 ke bandung,nah pas gue masuk ke tol cipularang kan enak tuh buat ngebut,nah pas lagi ngebut,mobil gue ada masalah:
1.kok mobil gue kalau di setiap RPM tinggi suara mesin kok kasar bangat ya,kaya di bagian mesin(P.STERING)bergetar soalnya gue dengar suaranya dari kanan bawah(p.stering kan ada di kanan bawah),di setiap gigi baik itu 1.2.3.4.5 selalu bunyi di rpm yang udah tinggi.

2. kok mobil gue gak ada tenaganya ya kalau nanjak,napasnya kaya udah abis,di tol cipularang kalau lagi jalan pendakian juga langsung ngedrop dan kecepatan langsung menurun.

3. kok mobil gue nggak nyaman sama sekali ya,ada solusi nya nggak shockbreker udah saya ganti semuanya(saya ganti 4 4nya)

minta tolong kepada smer semua untuk bantu saya,soalnya saya udah ke banyak bengkel tapi masalah ini ngak terselesaikan juga,yang ada cuman duit yang terbuang percuma tanpa ada perubahan)trimakasi atas bantuan semuanya.
san_san
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Sun Mar 05, 2006 16:00

Post by san_san »

aduh kacian bangat ya gue,kok belum ada yang replay ya,,,,hiz...hiz...hix.....hix...
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Bukan nggak mo nanggapin. Tapi alinea terakhir itu yg bikin gw "ciut". Udah bolak balik ke bengkel, masalah nya belum selesai. Kalo mekanik beneran aja nggak nemu, gimana gw mo nanggepin :D :D
anrandad1
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu Aug 24, 2006 0:49

Post by anrandad1 »

kijang na kijang apaan? bensin pa diesel?
Speed nge drop itu dari berapa ke berapa? 120 ke 100?
Soal bergetar di tol, kecepatanna berapa?
Biasa service na di mana?
Terus kondisi mobil standar ga?
Slayer
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Fri Mar 07, 2003 3:15
Location: Jakarta

Post by Slayer »

Dear SMer semua, gimana nih ada yg bisa dibantu..?

Buat bung san_san,
sayang sekali informasi anda kurang lengkap.
tapi dari cerita anda, saya coba ambil asumsi.

Mobil anda pasti kijang kapsul bensin (blm EFI).
1. Setiap RPM tinggi, mesin bergetar bisa akibat engine mounting yg sudah rusak. Tapi tidak dijelaskan timbul suaranya seperti apa.

2. Untuk mobil kijang kapsul bensin (yg blm EFI) memang untuk tanjakan selalu 'kedodoran' karena karakter mesinnya. Kompresi mesinnya rendah, sehingga dipakai dijalan yg menanjak selalu 'kedodoran'. Ada baiknya anda rutin tune up dibengkel langganan anda, supaya tidak terlalu kedodoran.

3. Anda telah ganti shockbreaker ke4nya tapi dengan merk & jenis apa, apakah sesuai dengan spesifikasi mobil tersebut.
Silver
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Mon Aug 16, 2004 1:50

Post by Silver »

Dulu saya juga mengalami problem seperti di Kijang 2.0 mesin tampak pincang dan tak bertenaga. Sudah ke bengkel untuk tune up dan hasilnya juga tidak membantu
Akhirnya saya curiga pada injectornya dan minta bengkel untuk ngecek fuel system dari fuel pump belakang sampai injector di intake system, ternyata satu injector sdh mati.

Sudah mulai banyak yg reply bung san_san, sekarang giliran anda yg jawab, getaranya seperti apa? Sama seperti rekan2 sebelumnya.
san_san
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Sun Mar 05, 2006 16:00

Post by san_san »

saya coba kasi info lg
1.suaraang muncul seperti ada sesuatu yang bergetar mengaung(tp bukan suara kipas karna saya telah mengganti kipas elektrik)

2.saya telah rutin tune up di bengkel2 non resmi maupun bengkel resmi

3.saya telah mengganti shockbreker yang memang standart toyota,karna saya menggantinya di auto2000 cab.pluit

4.kondisi mobil gue full standart

5.bodi mobil saya tidak bergetar,tapi suara mengaung yang menggangu kalau saya bawa mobil sampai rpm tinggi di setiap gigi,karna nggak mungkin kita ganti/oper gigi kalau rpm masih rendah,kalau saya mengoper/memindahkan gigi di rpm rendah.mesin mobil malah endut2tan

6.mobil kijang saya type 1800cc bensin,LX

7.untuk tambahan saya,kalau power stering gue pasang yang copotan singapore,saya pasang di botak seng di jelambar raya

8.mesin mobil saya kalau di tol masih bisa lari sampai 140km/jam. tapi pada kecepan 90km/jam saya telah menggunakan gigi 5. dan suara ngaungan pada ruang mesin sudah mulai terdengar,alhasil saya jarang bawa sampai 90km/jam karna takut nanti terjadi sesuatu pada mesin mobil saya

sekian dl.kalau kurang lengkap bisa saya lanjutin lagi
mohon bantuian dari para SMer semua

btw mau tanya sekalian, kalau mau ganti platina ke cdi bagus di bengkel mana dan cdi merk apa,dan kisaran harga berapa? cdi yang saya maksud adalah cdi yang satu set dengan delkonya
dan kalau mau merubah dari kalbulator ke efi apakah banyak peruhan?berapa biayanya?dan di bengkel mana saya bisa merubahnya
trims sebelumnya
User avatar
tigor
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 358
Joined: Fri Feb 24, 2006 0:24

Post by tigor »

san_san wrote:saya coba kasi info lg
5.bodi mobil saya tidak bergetar,tapi suara mengaung yang menggangu kalau saya bawa mobil sampai rpm tinggi di setiap gigi,karna nggak mungkin kita ganti/oper gigi kalau rpm masih rendah,kalau saya mengoper/memindahkan gigi di rpm rendah.mesin mobil malah endut2tan

8.mesin mobil saya kalau di tol masih bisa lari sampai 140km/jam. tapi pada kecepan 90km/jam saya telah menggunakan gigi 5. dan suara ngaungan pada ruang mesin sudah mulai terdengar,alhasil saya jarang bawa sampai 90km/jam karna takut nanti terjadi sesuatu pada mesin mobil saya
Saya khawatir kipas radiator anda terbalik memasangnya.... :P
:oops: saya salah...kipasnya dah elektrik yah......
sorry
My gallery... http://tig0r.multiply.com/
JAUHKAN SUUD'ZON!!

Image
FARID
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: Sun Feb 19, 2006 14:12

Post by FARID »

coba ganti aja kampas kopling atau kalo pingin puas ganti innova
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Itu kijang kapsul udah EFI belum ? Kalau EFI biasanya ada Oxygen Sensor di sistem knalpotnya. Ada kemungkinan udah rusak ... perlu ganti sensornya.
Image
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Post by avansa »

Slayer wrote:Dear SMer semua, gimana nih ada yg bisa dibantu..?

2. Untuk mobil kijang kapsul bensin (yg blm EFI) memang untuk tanjakan selalu 'kedodoran' karena karakter mesinnya. Kompresi mesinnya rendah, sehingga dipakai dijalan yg menanjak selalu 'kedodoran'. Ada baiknya anda rutin tune up dibengkel langganan anda, supaya tidak terlalu kedodoran.
.
Pernah juga saya alami hal ini....Padahal udah ancang ancang di gigi 1,2 dan injak gas...bahkan sampai ke dasar,eh...nggak taunya malah berhenti di tengah tanjakan.... :mad: Bayangin semua penumpang panik...Huh repotnya mesti pakai ganjal... :cry: stater lagi ,asukin gigi satu,gas..eh gak mau jalan juga..buntu buntutnya mundur pelan pelan,putar haluan alias cari jalan alternatif lainnya....nasib... :(
su_minson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: Mon Aug 22, 2005 15:10
Location: Jakarta

Post by su_minson »

Menurut saya pemakai kijang taon 03 lsx 1.8 efi, pada saat menanjak tenaga mesin kedodoran walau kondisi pembakaran mesin bagus serta kondisi kopling bagus juga terjadi pada mobil saya sewaktu diKOPO (kawah putih) Bandung selatan, setelah dicek saya memutuskan mengganti filter bensin, filter udara serta penggantian oli beserta filternya kejadian mesin kedodoran saat nanjak tidak terjadi lagi.

Sedangkan kasus mesin mendengung pada kecepatan 90km/jam juga sama seperti yang saya alami tetapi kali ini saya mengalami hal ini di kecepatan 60-75 km/jam bunyinya seperti melengking tinggi itu diakibatkan rumah alternator retak (disekitar bearing) sehingga bunyi lengkingan diperkirakan dari bearing yang longgar.
no one's perfect