Tanya color temp. Xenon utk daily driving & all weathe

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Tanya color temp. Xenon utk daily driving & all weathe

Post by Turboman »

Dear rekans :


Saat ini di pasaran terdapat berbagai jenis HID Xenon dengan berbagai
color temprature, utk daily driving biasanya orang menggunakan yg
sekitar 4500 K - 6000 K.

Saya ingin tahu lebih pasti antara Xenon 4500 K vs. 6000 K :

1. Utk cuaca jelek (hujan) apakah perbedaan daya tembus Xenon 4500 K
vs. 6000 K cukup jauh ataukah mirip2 ?

2. Xenon yg menempel di mobil bawaan dari pabrik rata2 Color
tempraturenya berapa ? 4100 K / 5000 K ?

3. Apakah benar seiring dengan usia pakai lampu, color temprature dr
bohlam Xenon makin lama makin naik ? yg tadinya 4500 K setelah di atas
2000 jam bisa menjadi hampir 5000 K ? (Ini baca dr artikel di internet)

4. Kalau dari bohlam halogen biasa lalu ganti ke Xenon, type yang akan
improve segala aspek mulai dr tingkat intensitas cahaya hingga
penetrasi cahaya saat hujan lebih baik pakai yg 4500 K ataukah yg 6000
K juga masih mumpuni ?


5. Buat yg ahli Fisika : mohon pencerahan fenomena yg terjadi dengan
cahaya lampu yg putih cenderung kebiruan (bahkan biru sedikit ungu :
8000 K ke atas) yang cenderung membias di saat hujan, apakah cahaya
tsb. mengalami dispersi / refraksi / pemecahan unsur2 warna spt bila
cahaya putih menembus prisma (jadi pelangi) ?


Mohon pencerahan & kalau bisa URL nya sekalian.


Many thanks in advance ^_^
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Post by tesna »

1. Dari yg saya baca2 di inet, 4300K give best output, lumens (internsitas cahaya) paling besar, jadi ya 4300K lebih bagus di cuaca buruk.

2. Mobil standard HID nya itu 4300K

3. Yg saya dengar sih memang begitu, tapi ga sejauh itu koq colorshift nya.

4. Seperti nomer 1, tp rada susah cari 4300K, kalaupun ada mahal. Tapi lebih baik lagi kalau headlamp nya diganti dgn model projector copotan dari mobil yg udah pake HID, jadi sinarnya fokus, sinarnya rata nyebarnya, tidak menyilaukan pengguna jalan yg lain. Biasanya klo headlamp yg aslinya halogen, dipasangin HID.. sinarnya jadi kacau balau, terutama jenis2 yg reflektornya gede en jenisnya H4. Kijang, Jazz, City, Vios adalah salah satu mobil2 yg klo lampu standarnya diganti HID, sinarnya bakalan ancur kemana2.. terang sih terang, tapi ga fokus.. malah keatas gitu sinarnya, bikin silau aja hehehe.

5. saya bukan ahli fisika, menurut pengalaman saya (saya pakai HID 6000K), sinarnya tuh jadi susah dipantulin klo lagi ujan. Kalau jalan nya ada garis2 nya yg masih baru sih enak, garis2nya tetep kliatan dgn jelas, malah kliatan nyala. tp klo aspal doang, ga ada garis2nya.. wuah.. gelap bener deh aspalnya. Kalau d depannya ada mobil atau object yg lain, itu sih masih keliatan jelas banget. Yg ga kliatan itu aspalnya. Soalhnya basah gitu, hitammm. Untungnya mobil saya msh ada foglamp, dan lampunya masih standard, jadi kalau hujan saya baru nyalakan foglamp nya, jadinya mayan membantu.
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Post by tesna »

oh iya, link forum hid yg mayan informative itu di http://www.hidplanet.com/forums/
User avatar
ahbeng
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Wed Jun 29, 2005 0:12
Location: Jakarta Utara

Post by ahbeng »

sedikit tambahan dari yg sudah lengkap penjelasan bos tesna

dulu mazda 6 wa pake 6000K (berprouektor) untuk lowbeam dan 8000K untuk Foglight ( berproyektor)

Warna 6000K wa itu putih ungu
Warna 8000K wa itu Biru

pada hari berkabut lampu HID itu sangat amat menyengsarakan (kabut Seattle lumayan tebel), karena visual kedepan kurang dari 2 meter jika wa tidak salah, bener2 serem pas ngendarain mobil wa pas foggy O_O;; jika ada pikiran untuk mengganti foglight menjadi HID sebaiknya jangan kecuali mata sang pengendara seperti burung hantu :P

setuju kalo yg 4100K-5000K itu paling terang, selebihnya sudah meredup (walaupun tetep lebih terang dari halogen jauh)
tapi yg paling cantik klo buat wa sih 8000K krn wa pecinta warna lampu biru hehehe

soal warna lampu berubah, mungkin tergantung merek yah, klo yg bagus banget kayak Hella asli, wa rasa dapat bertahan warna HIDnya (mungkin hanya redup sedikir dengan berlalunya waktu)
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Post by tesna »

kmaren lagi jalan ngelewatin bmw 530i yg baru.. pake bi-xenon... aduh kebanting abis deh xenon 6000k gw.. rasanya ky ga ada apa2nya hihihi. ehuehuehue ahhh pengen retrofit projector headlights nih...