[ask] pelicin untuk rantai motor
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 133
- Joined: Wed Nov 16, 2005 6:00
[ask] pelicin untuk rantai motor
bro bro sekalian.
saya mau tanya nih.
pelicin yang bagus untuk rantai motor apa ya?
kalau pakai oli :
1. kotor
2. debu sering nempel, untung kagak kerikil
3. dibersihin susah
4. daya lumas kurang bagus
jadi harus pakai apa ya?
kalau gemuk juga bikin semua nempel dan gak bagus.
cmiiw
trims bro atas solusinya.
saya mau tanya nih.
pelicin yang bagus untuk rantai motor apa ya?
kalau pakai oli :
1. kotor
2. debu sering nempel, untung kagak kerikil
3. dibersihin susah
4. daya lumas kurang bagus
jadi harus pakai apa ya?
kalau gemuk juga bikin semua nempel dan gak bagus.
cmiiw
trims bro atas solusinya.
-------------------------
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
- Location: Indonesia
Chainlube atw WD40 bisa dibeli di Ace Hardware.. atw di toko2 oli gede biasanya ada.
sebenernya antara Oli dan Gemuk masih lebih baik menggunakan Oli dengan catatan oli baru (bukan oli bekas)
masalah debu nempel itu sebenernya gpp, itu jadi bisa jadi tanda klo disitu masih ada pelumasnya kayak rante, as kickstarter dsb (bahkan baca di M+ klo nyuci motor, bagian2 yang mengandung pelumas pasti berdebu katanya jangan dicuci bersih, khawatir pelumasnya hilang dan kita lupa untuk melumasinya lagi stelah dicuci)
klo gw sih selama ini cukup pake oli baru aja (kebetulan masih ada oli baru dari dealer 6 botol, ketimbang ga dipake, gw pake buat ngelumasin rante aja)
sebenernya antara Oli dan Gemuk masih lebih baik menggunakan Oli dengan catatan oli baru (bukan oli bekas)
masalah debu nempel itu sebenernya gpp, itu jadi bisa jadi tanda klo disitu masih ada pelumasnya kayak rante, as kickstarter dsb (bahkan baca di M+ klo nyuci motor, bagian2 yang mengandung pelumas pasti berdebu katanya jangan dicuci bersih, khawatir pelumasnya hilang dan kita lupa untuk melumasinya lagi stelah dicuci)
klo gw sih selama ini cukup pake oli baru aja (kebetulan masih ada oli baru dari dealer 6 botol, ketimbang ga dipake, gw pake buat ngelumasin rante aja)
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Wed Jul 19, 2006 8:12
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
- Location: Indonesia
waduh merek apa yah? (ga tau juga nih merek2nya, mo nyebut ntar disangka promosi he3x...lagi pula klo menurut gw merek ga ngaruh, semuanya maen cocok2an aja kok.. bisa jadi menurut gw merek anu bagus, tapi menurut orang lain ga bagus) dateng aja ke ace hardware bro, liat2.. klo mo yakin yang bagus sih, biasanya harga ga bohong
(artinya yg paling mahal, biasanya yang paling bagus.. :-P, sama kan kayak motor juga gitu, klo mo murah bli aja vartex kayak gw, klo mo yang bagus bli CBR150 yang harganya 3 x lipat :-P)
(artinya yg paling mahal, biasanya yang paling bagus.. :-P, sama kan kayak motor juga gitu, klo mo murah bli aja vartex kayak gw, klo mo yang bagus bli CBR150 yang harganya 3 x lipat :-P)
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 133
- Joined: Wed Nov 16, 2005 6:00
bro budzaemon,
kalau saya pakai wd-40 dan motor dicuci tapi nggak nyentuh rantai dengan sabun pencuci, apakah wd-40-nya masih dapat melumasi dengan baik ya?
ataukah setiap mencuci harus pakai wd-40 lagi.
kalau antara wd-40 dan oli baru, mending pakai yang mana bro, demi keawetan rantai dan pelumasan yang baik.
trims bro.
kalau saya pakai wd-40 dan motor dicuci tapi nggak nyentuh rantai dengan sabun pencuci, apakah wd-40-nya masih dapat melumasi dengan baik ya?
ataukah setiap mencuci harus pakai wd-40 lagi.
kalau antara wd-40 dan oli baru, mending pakai yang mana bro, demi keawetan rantai dan pelumasan yang baik.
trims bro.
-------------------------
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
klo menurut sy..
WD-40 cepet kering; kurang bagus klo buat rante. sy udah pernah coba soalnya..
WD-40 cuma bagus buat melumasi engsel, atau klo mo buka baut/mur yg keras.
skrg ini sy pake oli bekas aja seminggu sekali; dikuas tipis2 aja biar gak belepotan ke mana2 waktu jalan.
klo pake chainlube..
sy blm pernah; harganya lumayan sih; tp buat sy klo duit segitu mendingan buat beli keperluan yg lain aja.
BTW..
ACE Hardware itu alamatnya dimana yah? klo d Jaxel ada gak?
sorry sy males klo pergi jauh2 buat beli sesuatu yg krg penting.
WD-40 cepet kering; kurang bagus klo buat rante. sy udah pernah coba soalnya..
WD-40 cuma bagus buat melumasi engsel, atau klo mo buka baut/mur yg keras.
skrg ini sy pake oli bekas aja seminggu sekali; dikuas tipis2 aja biar gak belepotan ke mana2 waktu jalan.
klo pake chainlube..
sy blm pernah; harganya lumayan sih; tp buat sy klo duit segitu mendingan buat beli keperluan yg lain aja.

BTW..
ACE Hardware itu alamatnya dimana yah? klo d Jaxel ada gak?
sorry sy males klo pergi jauh2 buat beli sesuatu yg krg penting.
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Wed Jul 19, 2006 8:12
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 914
- Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
- Location: Jakarta
Bros...... mo ikutan nimbrung neey....
WD-40 atau cairan penetran lainnya TIDAK DIREKOMENDASIKAN untuk rantai/drive chain.
Cairan ini gunanya untuk "penetrasi", jadi bisa merusak seal2 karet yg ada didalam rantai/drive chain.
Gunakan "Chain Lube" yang memang dikhususkan untuk rantai/drive chain.
Merk-nya macam2 kok.... dari yg murah sampe yg mahal.
Gw sendiri pake merek G'Zox (jepang)... gw beli di Ace Hardware. Disana sendiri cukup banyak kok chain lube merek lain. Atau sambangin aja pusat2 penjualan oli, biasanya pasti jual chain lube juga kok.
Ace Hardware yang cukup lengkap itu adanya di Kelapa Gading atau Puri Indah Mall..... pokoknya puas deh kalo keliling2 disitu
dompet juga bisa ludes sih :p
WD-40 atau cairan penetran lainnya TIDAK DIREKOMENDASIKAN untuk rantai/drive chain.
Cairan ini gunanya untuk "penetrasi", jadi bisa merusak seal2 karet yg ada didalam rantai/drive chain.
Gunakan "Chain Lube" yang memang dikhususkan untuk rantai/drive chain.
Merk-nya macam2 kok.... dari yg murah sampe yg mahal.
Gw sendiri pake merek G'Zox (jepang)... gw beli di Ace Hardware. Disana sendiri cukup banyak kok chain lube merek lain. Atau sambangin aja pusat2 penjualan oli, biasanya pasti jual chain lube juga kok.
Ace Hardware yang cukup lengkap itu adanya di Kelapa Gading atau Puri Indah Mall..... pokoknya puas deh kalo keliling2 disitu

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Wed Jun 21, 2006 15:39
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Mon Aug 22, 2005 15:10
- Location: Jakarta
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Wed Jul 19, 2006 8:12
- Location: Jakarta
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Tue Jun 27, 2006 12:04
- Location: SCBD - JKT
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Wed Jul 19, 2006 8:12
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 914
- Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
- Location: Jakarta
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
- Location: Indonesia
sori baru gabung lagi...
oh.. baru tau klo WD40 ga boleh ya buat rante?.. sip2 deh thx
untuk Bro Desuk, klo mo nyuci pake aer sabun kena rante juga gpp kok (buat ilangin tanah2, lumpur biar ga masuk ke gear) tapi abis gitu lumasin lagi... tapi klo lagi males ngelumasin rante ya sebaikya pas nyuci jgn sadis ampe rante disikat juga :-p
btw soal harga emang sih untuk ukuran kantong beberapa orang lumayan mahal (apalagi pegangguran kayak gw .. he3x..)makanay gw cukup pake oli baru aja (itupun oli gratisan dari dealer pas bli vartex yang ga gw pake)
oh.. baru tau klo WD40 ga boleh ya buat rante?.. sip2 deh thx
untuk Bro Desuk, klo mo nyuci pake aer sabun kena rante juga gpp kok (buat ilangin tanah2, lumpur biar ga masuk ke gear) tapi abis gitu lumasin lagi... tapi klo lagi males ngelumasin rante ya sebaikya pas nyuci jgn sadis ampe rante disikat juga :-p
btw soal harga emang sih untuk ukuran kantong beberapa orang lumayan mahal (apalagi pegangguran kayak gw .. he3x..)makanay gw cukup pake oli baru aja (itupun oli gratisan dari dealer pas bli vartex yang ga gw pake)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 371
- Joined: Thu Oct 03, 2002 2:55
Kalo pake oli gardan bisa juga Bro murah meriah dan safe untuk o-ring (seal di rantai). Bisa pake SAE90 atau SAE140 (gw sih pake RORED dr Pertamina). Kelemahannya bikin velg kotor ajah 
Untuk Chain Lube bisa juga pake Fuchs Silkolene isinya berupa busa yg mencari jika rantai dlm keadaan panas, velg juga ga kotor tp harganya hehehe gw beli sekitar 67rb-an di Toda.
Bukan promo yah gw cuman user biasa ajah. Peace

Untuk Chain Lube bisa juga pake Fuchs Silkolene isinya berupa busa yg mencari jika rantai dlm keadaan panas, velg juga ga kotor tp harganya hehehe gw beli sekitar 67rb-an di Toda.
Bukan promo yah gw cuman user biasa ajah. Peace

Warte nur Balde
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
Re: [ask] pelicin untuk rantai motor
pakai oli ga kotor2 banget koq. Kalau yg pakai semprotan oli memang jd terlalu banyak dan ya debu lebih cpt byk nempel.desuk wrote:bro bro sekalian.
saya mau tanya nih.
pelicin yang bagus untuk rantai motor apa ya?
kalau pakai oli :
1. kotor
2. debu sering nempel, untung kagak kerikil
3. dibersihin susah
4. daya lumas kurang bagus
jadi harus pakai apa ya?
kalau gemuk juga bikin semua nempel dan gak bagus.
cmiiw
trims bro atas solusinya.
A la gue sih:
- bersihin rantai pakai koran bekas (ini kalau udah terlalu byk penumpukan) . Gw menghindari zat2 spt minyak tanah dll yg bisa menyusup ke celah rantai dan menggelontor pelumas2 yg di dlm (pdhl penting bgt melumasi yg tdk terlihat)
- semprot pakai jetwasher (AKA steam ?? ..hehe.. mana sih uap/steam nya ?..hehehe)
- oli diaplikasikan dng kuas, diratakan tipis2, dan sedikit tebal di sisi dalam (sisi yang langsung bertemu dng sproket belakang).
Klo ga salah oli yg bisa utk rantai (dan tdk gampang ciprat) SAE 90 ,biasa utk gardan. Priority gw sih
1. chainlube
2. oli sae 20w-50 yg baru (jgn yg bekas krn kotor), oli sae 90
3. oli bekas

Nano Energizer - (Product of nanoTec International - Korea) dengan nano ceramic technology.
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Mon Aug 22, 2005 15:10
- Location: Jakarta