(ask) volt stabilizer & Groundwire
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Mon Jul 31, 2006 11:19
(ask) volt stabilizer & Groundwire
ini alat kalo dipasang ke jazz idsi gw ngefek banget ngga si ? saat ini si di bagian mesin baru gw ganti air intake`nya ama header+muffler ...
bagusnya merk apaan ? gw pas di JCC kmrn liat merk XCS ver2.0 Hurricane ... trs pas jalan2 ke kemayoran ditawarin pake Pivot Raizin ( japan ) , quality lebih oke drpd xcs ( taiwan )
kalo pengen cari2 aksesoris gituan ke bengkel mana yah yg lengkap and murah ? ( Jkt )
thanks
PS: gw di kemayoran liad raizin harga 600rb , kalo yg ama groundwire`nya 675rb , gw serem itu barang asli apa palsu yah ...
bagusnya merk apaan ? gw pas di JCC kmrn liat merk XCS ver2.0 Hurricane ... trs pas jalan2 ke kemayoran ditawarin pake Pivot Raizin ( japan ) , quality lebih oke drpd xcs ( taiwan )
kalo pengen cari2 aksesoris gituan ke bengkel mana yah yg lengkap and murah ? ( Jkt )
thanks
PS: gw di kemayoran liad raizin harga 600rb , kalo yg ama groundwire`nya 675rb , gw serem itu barang asli apa palsu yah ...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Mon Jul 31, 2006 11:19
Wah.. kalo katanya bengkel Gut di Sby, fungsinya membuat keluaran power jadi rata, di dyno nampak grafiknya muyus, tidak kayak gigi gergaji naik turun... shg output power maksimal. Gue sih gak sempat mendeteksi khasiat XCS itu ya, karena masangnya bareng2 dengan pemasangan elemen filter udara JFC dan gak lama kemudian ganti busi Volker Iridium itu... setelah itu semua sih memang tarikan terasa lebih ringan.. tapi mungkin karena pengaruh / efek gabungan dari beberapa parts itu ya, lagipula pada saat hampir bersamaan velg gue ganti dengan yang lebih ringan dari standarnya, dan kap mesin dengan fiber glass jadi bobot total mobil pasti lebih ringan...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
VOLTAGE STABILIZER (Stabilisator Voltase ?)
Kenapa ?
Kembali ke Fungsi dari Aki
1. Menyediakan Voltase dan Arus Listrik untuk Motor Starter.
2. Menyediakan Voltase dan Arus Listrik untuk penyalaan mesin pada saat start.
3. Men-supply semua tanaga listrik, jika pengisian (charging) Aki dari Alternator tidak berfungsi/bekerja.
4. Memberikan tenaga listrik ekstra, jika beban penggunaan tenaga listrik berlebihan dan sumber tenaga dari alternator mengalami kekurangan. (Misalnya saja pemasangan sound system, HID, atau aksesori lain yang memerlukan tenaga listrik).
5. Bekerja sebagai sebuah "Stabilisator Tegangan" (Voltage Stabilizer) dalam sistim kelistrikan.
6. Men-Supply tenaga listrik kepada sistim alarm, jika diaktifkan.
Yang menjadi permasalahan adalah, (jika aki dipasang di dalam ruang mesin), Aki akan menderita akibat siklus beban panas yang terjadi dalam ruang mesin (panas waktu berjalan dan dingin jika mobil nggak dipakai). Adanya perubahan suhu/temperatur pada Aki/Battery, maka tegangan pada Aki akan mengalami perubahan sesuai dengan perubahan temperatur/suhu. Semakin tinggi tinggi suhu/temperatur Aki, maka Voltase (Tegangan) nya akan menurun. Dalam arti kata Tegangan pada Aki berfluktuasi mengikuti perubahan suhu/temperatur dalam ruang mesin. Dampak dari adanya fluktuasi tegangan pada Aki adalah :
1. Umur Aki akan menjadi lebih pendek (biasanya waktu garansi hanya satu tahun ... sedang untuk mesin diesel ... waktu garansi Aki hanya 6 bulan).
2. Arus listrik dari sensor sensor yang ada dalam mesin yang dialirkan ke ECU (EMS) akan ikut berfluktuasi, sehingga output/feedback dari ECU ke sistim pencatuan BBM akan juga berfluktuasi. Ini yang dikatakan Bung Frontier, grafik dyno test akan keriting ... nggak mulus.
Solusinya :
a. Bisa menggunakan Voltage Stabilizer.
b. Bisa juga memindahkan tempat Aki dari ruang mesin ke ruang Bagasi Belakang, untuk menghindarkan diri dari adanya siklus beban panas. Mobil-mobil mewah keluaran baru (Merz, BMW, Volvo, Audi, dll), menempatkan Aki-nya di ruang Bagasi - deket ban serep. Dalam hal ini, keuntungan tambahannya, umur Aki akan bertambah panjang.
=====================================
Kenapa ?
Kembali ke Fungsi dari Aki
1. Menyediakan Voltase dan Arus Listrik untuk Motor Starter.
2. Menyediakan Voltase dan Arus Listrik untuk penyalaan mesin pada saat start.
3. Men-supply semua tanaga listrik, jika pengisian (charging) Aki dari Alternator tidak berfungsi/bekerja.
4. Memberikan tenaga listrik ekstra, jika beban penggunaan tenaga listrik berlebihan dan sumber tenaga dari alternator mengalami kekurangan. (Misalnya saja pemasangan sound system, HID, atau aksesori lain yang memerlukan tenaga listrik).
5. Bekerja sebagai sebuah "Stabilisator Tegangan" (Voltage Stabilizer) dalam sistim kelistrikan.
6. Men-Supply tenaga listrik kepada sistim alarm, jika diaktifkan.
Yang menjadi permasalahan adalah, (jika aki dipasang di dalam ruang mesin), Aki akan menderita akibat siklus beban panas yang terjadi dalam ruang mesin (panas waktu berjalan dan dingin jika mobil nggak dipakai). Adanya perubahan suhu/temperatur pada Aki/Battery, maka tegangan pada Aki akan mengalami perubahan sesuai dengan perubahan temperatur/suhu. Semakin tinggi tinggi suhu/temperatur Aki, maka Voltase (Tegangan) nya akan menurun. Dalam arti kata Tegangan pada Aki berfluktuasi mengikuti perubahan suhu/temperatur dalam ruang mesin. Dampak dari adanya fluktuasi tegangan pada Aki adalah :
1. Umur Aki akan menjadi lebih pendek (biasanya waktu garansi hanya satu tahun ... sedang untuk mesin diesel ... waktu garansi Aki hanya 6 bulan).
2. Arus listrik dari sensor sensor yang ada dalam mesin yang dialirkan ke ECU (EMS) akan ikut berfluktuasi, sehingga output/feedback dari ECU ke sistim pencatuan BBM akan juga berfluktuasi. Ini yang dikatakan Bung Frontier, grafik dyno test akan keriting ... nggak mulus.
Solusinya :
a. Bisa menggunakan Voltage Stabilizer.
b. Bisa juga memindahkan tempat Aki dari ruang mesin ke ruang Bagasi Belakang, untuk menghindarkan diri dari adanya siklus beban panas. Mobil-mobil mewah keluaran baru (Merz, BMW, Volvo, Audi, dll), menempatkan Aki-nya di ruang Bagasi - deket ban serep. Dalam hal ini, keuntungan tambahannya, umur Aki akan bertambah panjang.
=====================================

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
EARTHING OR GROUNDING
Orang Jepang lebih suka menggunakan kata "EARTHING", sedang orang amrik suka "GROUNDING".
Kwalitas dan efisiensi aliran energi listrik dalam arus lemah (DC), ditentukan oleh kwalitas earthing atau grounding dan juga jarak (distance). Standar Grounding untuk mobil biasanya hanya disambung pada body atau chasis mobil atau kadang-kadang ada juga dua kabel ground - satu ke body dan satu lagi ke alternator.
Untuk memperbaiki kwalitas dan efisiensi aliran energi listrik, digunakanlah grounding wire kit, berfungsi untuk meningkatkan kwalitas dan efisiensi komponen listrik pada mobil ... Injector ... Sensor-Sensor ... dsb. Jika kwalitas dan efisiensi komponen listrik ini meningkat, maka performance mobilpun akan meningkat.
Point-Point Grounding :
1. BODY
2. ALTERNATOR
3. BLOK MESIN (ENGINE BLOCK)
4. INTAKE MANIFOLD
5. FUEL RAIL
6. FIRE WALL
7. AUTOMATIC TRANSMISSION (GEAR BOX)
8. STARTER MOTOR
9. ABS (Kalau ada)
========================
Orang Jepang lebih suka menggunakan kata "EARTHING", sedang orang amrik suka "GROUNDING".
Kwalitas dan efisiensi aliran energi listrik dalam arus lemah (DC), ditentukan oleh kwalitas earthing atau grounding dan juga jarak (distance). Standar Grounding untuk mobil biasanya hanya disambung pada body atau chasis mobil atau kadang-kadang ada juga dua kabel ground - satu ke body dan satu lagi ke alternator.
Untuk memperbaiki kwalitas dan efisiensi aliran energi listrik, digunakanlah grounding wire kit, berfungsi untuk meningkatkan kwalitas dan efisiensi komponen listrik pada mobil ... Injector ... Sensor-Sensor ... dsb. Jika kwalitas dan efisiensi komponen listrik ini meningkat, maka performance mobilpun akan meningkat.
Point-Point Grounding :
1. BODY
2. ALTERNATOR
3. BLOK MESIN (ENGINE BLOCK)
4. INTAKE MANIFOLD
5. FUEL RAIL
6. FIRE WALL
7. AUTOMATIC TRANSMISSION (GEAR BOX)
8. STARTER MOTOR
9. ABS (Kalau ada)
========================

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Mon Jul 31, 2006 11:19
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Mon Jul 31, 2006 11:19
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Bener koq Mr.frontier, ngga ada yang keliru.frontier wrote:Kalo XCS kan buatan Hurricane, kalo gak salah produsen kabel busi Blue Thunder .. mungkin memang dibuat di Taiwan under licensed... Khasiatnya kayak apa, Bung David Digitall Cihampelas Motor Bdg mungkin yang paling bisa njawab..

HURRICANE adalah produsen perlengkapan racing aftermarket, produknya antara lain XCS Electronic Voltage Stabilizer, Kabel busi racing, Filter Udara Racing (In-take), Tachometer, Jok Racing, dll.
Thanks Mr.frontier


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Mon Jul 31, 2006 11:19
Kayaknya sepaket tuh... dari unit XCS kabelnya konek ke mana aja yah ? Kayaknya lagi, kalo mesin sudah disetting maksimal, tinggal pasang aja XCS-nya, langsung berfungsi. Kecuali kalo ada penggantian sistem pasokan BBM (throttle body) dan udara (filter model open) barulah perlu disetting ulang. Bagusnya pasang2 aja semua performance parts termasuk I/H/E (intake-header-exhaust), lalu terakhir pasang Piggyback Computer, dan settingan akhir di Piggyback itu (jenis BBM pada saat setting/remap Piggyback yang akan diingat oleh Piggyback, jadi jangan ganti2 lagi.. (jangan gontaganti pertamax/premium).
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 299
- Joined: Thu Sep 15, 2005 16:51
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
XCS ver 2.0 udah sepaket dengan groundwirenya. Yang baru ada paket hemat tanpa groundwire. Sebaiknya beli yang sepaket.deadwood wrote:xcs ver2.0 itu sepaket ama groundwire`nya atau mesti dibeli terpisah ?
setelah xcs dipasang mesin perlu disetting ulang atau langsung berasa perubahannya ?
thx mr.digitall
Mesin tidak perlu disetting ulang dan perubahan langsung terasa. Seperti yang dikatakan oleh Mr.frontier dan bro Danny.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Konek ke intake manifold, engine blok, headlamp, silinder head, alternator, dan transmisi.frontier wrote:Kayaknya sepaket tuh... dari unit XCS kabelnya konek ke mana aja yah ? Kayaknya lagi, kalo mesin sudah disetting maksimal, tinggal pasang aja XCS-nya, langsung berfungsi. Kecuali kalo ada penggantian sistem pasokan BBM (throttle body) dan udara (filter model open) barulah perlu disetting ulang. Bagusnya pasang2 aja semua performance parts termasuk I/H/E (intake-header-exhaust), lalu terakhir pasang Piggyback Computer, dan settingan akhir di Piggyback itu (jenis BBM pada saat setting/remap Piggyback yang akan diingat oleh Piggyback, jadi jangan ganti2 lagi.. (jangan gontaganti pertamax/premium).
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 54
- Joined: Thu Aug 03, 2006 2:13
- Location: Surabaya
Bro Danny, bro beli XCS ver 2.0 di mana ya ? and pasang nya di mana ?Danny wrote:aku mo sharing pengalaman tentang XCS,
aku make XCS yg ver.2.0,tentang hasilnya aku PUAS,tenaga mobil bertambah pesat,audio tambah enak,power window lancar,stater enteng,
aku setuju ma pendapat cak frontier.setuju cak?
trus, apa alat ini bisa di pake di semua mobil ???
fyi, mobil gua toyota corona 2.0 th.91
thanks
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 54
- Joined: Thu Aug 03, 2006 2:13
- Location: Surabaya
Berarti sesuai penjelasan dari bung penyuturbo, XCS ver 2.0 ini bisa juga memperbaiki kulitas kelistrikan ya ??? soalnya mobil gua juga ada kendala di kelistrikan juga, kaya lampu ga terang, trus dinamo starter kadang error harus di pancing pake kabel langsung ke aki.......
boleh juga nih di coba.......
thanks
boleh juga nih di coba.......
thanks
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 299
- Joined: Thu Sep 15, 2005 16:51
aku beli XCS di KNN MOTORSPORT di MANJEND SUNGKONO depan Pom bensin,sebenarnya di semua bengkel performa biasanya punya stock untuk alat beginian,tapi berhubung KNN adalah distributor semua product HURRICANE untuk daerah Jawa Timur aku beli di sana aja,soale semua bengkel pasti ngambil ke KNN,bisa langsung di pasang di sana,XCS adalah alat universal jadi bs untuk semua mobil.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 54
- Joined: Thu Aug 03, 2006 2:13
- Location: Surabaya
bro, kelupaan, kalo boleh tau harganya berapa ya ? berikut pasangnya ??Danny wrote:aku beli XCS di KNN MOTORSPORT di MANJEND SUNGKONO depan Pom bensin,sebenarnya di semua bengkel performa biasanya punya stock untuk alat beginian,tapi berhubung KNN adalah distributor semua product HURRICANE untuk daerah Jawa Timur aku beli di sana aja,soale semua bengkel pasti ngambil ke KNN,bisa langsung di pasang di sana,XCS adalah alat universal jadi bs untuk semua mobil.
thanks
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 299
- Joined: Thu Sep 15, 2005 16:51
kalo soal reggo aku ga iso ngasih saran,takut berubah,kalo aku sendiri waktu masang habis sktar 1jeti,soale groundwire standardnya<bawaan XCS>aku ganti dengan merk lain<arospeed>yg lebih baik sampeyan langsung ke KNN aja cak,lan konsultasi karo pak mamad<GM KNN>mungkin,n kalo mo ganti kabel kabel busi HURRICANE di sana juga ada,aku pake HURRICANE juga yg type R 10.mm winth ground cable,mantap cak,tarikan enteng,<aku dulu pesan sm cak Indar OMS,rencananya mo pake TRD tp ga nemu,aku sampe tanya ke distributornya di JKT ga dapet guga>kalo memang mo ganti bilang aja yg untuk CORONA.
mungkin masalah kelistrikan mobilnya bs teratasi
moga membantu.
Thanx!
mungkin masalah kelistrikan mobilnya bs teratasi
moga membantu.
Thanx!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Kalau mau lebih ekonomis (aka murah) ... bikin sendiri juga bisa. Beli aja kabel tembaga besar 4 AWG atau 8 AWG (American Wire Gauge) dan terminal sambungan. Potong-potong sesuai dengan panjang yang diinginkan (mengikuti jarak dari terminal negatif aki ke titik yang mau disambung ... alternator, gearbox, engine block, intake manifold, kompresor AC, Fire Wall, Body ... dsb ... dsb). ... Paling banter habis Rp 200,000.00.
